Pilih Kategori Artikel

Sudah Siap Nikah? Yuk, Susun Daftar Seserahan Pernikahan Budget 500 ribu hingga 2 Juta!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Seserahan adalah tradisi dalam pernikahan di Indonesia yang telah dilakukan secara turun-temurun. Biasanya, seserahan adalah bingkisan yang dibawa oleh keluarga pihak pengantin laki-laki untuk keluarga pihak pengantin perempuan sebagai tanda terima kasih dan penghormatan atas pernikahan yang akan dilangsungkan.

Terkadang, seserahan juga disamakan dengan hantaran pernikahan. Padahal, seserahan dan hantaran adalah dua tradisi yang berbeda dalam acara pernikahan di Indonesia. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. 

Perbedaan utama antara seserahan dan hantaran adalah pada siapa yang memberikan bingkisan dan pada saat apa bingkisan tersebut diberikan. Seserahan adalah bingkisan yang diberikan oleh pihak pengantin laki-laki kepada pihak pengantin perempuan, sementara hantaran adalah bingkisan yang saling diberikan oleh kedua belah pihak pengantin pada saat akad nikah dilaksanakan.

Di satu sisi, seserahan juga dianggap sebagai bukti kesanggupan pihak mempelai laki-laki untuk menghidupi calon mempelai perempuan yang akan menjadi istrinya kelak. Sementara itu, hantaran bisa diakatakan sebagai 'pengetuk pintu' atau oleh-oleh yang dibawa dan diberikan oleh pihak laki-laki maupun pihak perempuan untuk memperat silaturrahmi keduanya.  

wm_article_img
Fotografi: Massa Picture via Seserahan Indonesia

Seserahan bisa berisi makanan, perhiasan, uang, dan barang-barang lainnya. Tergantung kesepakatan dan tradisi serta adat istiadat yang digunakan. Sementara itu, hantaran lebih kasual, yakni berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari atau makanan dan kue-kue.

Sebagai salah satu bagian dari persiapan pernikahan, biaya untuk membuat seserahan perlu dipertimbangkan. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat seserahan bisa bervariasi, tergantung pada jenis barang yang akan dibeli dan kebutuhan masing-masing pasangan.

Untuk pernikahan sederhana dengan budget terbatas, kisaran harga untuk seserahan bisa mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Berikut ini adalah beberapa contoh barang yang biasanya masuk dalam seserahan pernikahan sederhana dan kisaran harganya:

  • Baju atau kain tradisional

Baju atau kain tradisional bisa menjadi salah satu pilihan untuk seserahan. Harga baju atau kain tradisional bisa bervariasi tergantung pada jenis bahan dan kualitasnya. Kamu bisa mengisi kotak seserahan dengan setelan kebaya dan batik, kain songket atau jenis kain khas dari daerahmu. Tentunya, untuk harga baju atau kain tradisional ini akan berbeda-beda, kamu bisa menyiapkan budget mulai dari 300 ribu hingga 1 juta rupiah. 

wm_article_img
Foto via Seserahan Indonesia

  • Makanan

Makanan bisa menjadi salah satu barang yang paling banyak diberikan dalam seserahan. Aneka kue tradisional hingga kue hantaran lamaran modern bisa jadi pemanis dalam kotak seserahan kamu. Harga makanan yang bisa dijadikan seserahan ini pun juga bervariasi, kamu bisa menyiapkan anggaran mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu rupiah. 

  • Buah-buahan

Buah-buahan segar juga bisa menjadi pilihan untuk seserahan yang sederhana namun memberikan semarak dalam box seserahanmu. Kamu bisa mengisi kotak seserahan dengan jeruk, apel, anggur dan aneka buah lainnya. Siapkan budget mulai dari 50 ribu hingga 200 ribu rupiah untuk buah-buahan ini.

wm_article_img
Fotografi: Imagenic via Seserahan Indonesia

  • Perhiasan

Jika kamu memiliki budget lebih, perhiasan seperti kalung, anting, atau cincin bisa menjadi pilihan untuk seserahan yang mewah. Harga perhiasan bisa bervariasi tergantung pada bahan dan kualitasnya. Yang umum, kamu bisa memberikan perhiasan berbahan perak hingga emas, kisaran harganya mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

  • Al-Quran 

Untuk pasangan muslim, Al-Quran juga bisa menjadi pilihan untuk seserahan pernikahan. Biasanya, diberikan sepaket dengan perlengkapan salat. Harga  Al-Quran mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Itu dia beberapa contoh seserahan sederhana yang bisa kamu siapkan untuk pernikahanmu nanti dengan modal 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Namun, perlu diingat bahwa kisaran harga yang disebutkan di atas hanya sebagai acuan. Harga seserahan juga bisa berbeda-beda tergantung pada keinginan dan kebutuhan masing-masing pasangan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan membuat anggaran khusus untuk seserahan dan mempertimbangkan dengan matang barang apa yang akan dibeli dan dengan kisaran harga berapa. Jika sudah, jangan lupa juga menghitung budget untuk kebutuhan pernikahan lainnya.

WeddingMarket siap membantumu mempersiapkan berbagai hal untuk mewujudkan pernikahan impian. Kunjungi laman WeddingMarket Store untuk menemukan vendor-vendor yang kamu butuhkan, serta baca juga artikel WeddingMarket untuk menambah inspirasi dan wawasanmu, ya! Semoga pernikahan kamu berjalan dengan lancar! 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...