Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Dekorasi Pelaminan Jawa, Menarik Namun Penuh Makna
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pelaminan ibaratkan sebagai istana bagi pasangan yang sedang menikah. Maka tak heran banyak pasangan yang mempersiapkan pelaminan dengan dekorasi yang unik agar kerajaan mereka terlihat menarik. Di Indonesia sendiri terdapat banyak adat yang bisa dijadikan inspirasi dekorasi pelaminan. Di antaranya seperti dekorasi pelaminan minang, dekorasi pelaminan sunda, dan tak lupa dekorasi pelaminan Jawa.

Dekorasi yang digunakan dalam pernikahan dengan konsep adat Jawa memang sangat memukau dan memiliki banyak makna. Hingga saat ini banyak pasangan yang tetap menggunakan dekorasi adat Jawa untuk pernikahannya. Adapun inspirasi dekorasi pelaminan Jawa yang bisa kamu gunakan nantinya ketika acara pernikahan adalah sebagai berikut:

Terlihat Klasik Dengan Gebyok Berwarna Coklat

wm_article_img
Foto: CaraPro on Pinterest

Secara umum, dekorasi pernikahan Jawa menggunakan gebyok sebagai latar belakang atau dekorasi inti dari pelaminan. Gebyok merupakan salah satu furniture khas dari Jawa yang terbuat dari kayu jati. Dalam dekorasi pernikahan, gebyok berfungsi sebagai penyekat ruangan. Jika kamu memperhatikan furnitur ini kamu akan menemukan beberapa ukiran khas dari Jawa seperti ukiran yang berbentuk tanaman kisah pewayangan hingga kaligrafi.

Salah satu dekorasi pelaminan Jawa ini memiliki nilai seni yang tinggi. Sebab, gebyok memiliki bermacam-macam ukiran yang sangat khas dengan adat Jawa. Bukan hanya itu, dari berbagai ukiran yang terdapat di gebyok ini memiliki makna tersendiri dan mampu untuk menggambarkan tujuan hidup manusia kesejahteraan harmonis dan hidup beriringan dengan alam serta kedamaian.

Biasanya gebyok yang digunakan sebagai dekorasi pelaminan merupakan gebyok berwarna coklat sehingga menampilkan nuansa tradisional. Layaknya dekorasi pada umumnya, penggunaan gebyok sebagai latar belakang atau dekorasi juga membutuhkan beberapa hiasan lainnya seperti bunga-bunga, lampu, dan berbagai ornamen lainnya. Warna bunga yang biasanya digunakan seperti putih, kuning dan merah.

Berkilau dengan Gunungan Jawa

wm_article_img
Foto: imgrum on Pinterest

Biasanya dalam setiap pernikahan yang menggunakan adat Jawa, pasti akan ada gunungan Jawa yang dijadikan sebagai hiasan dan pemanis dekorasi yang biasanya akan diletakkan dibagian samping pelaminan. Untuk memberikan kesan yang berbeda, kamu bisa menjadikan gunungan Jawa sebagai objek inti dari dekorasi pelaminan. Dalam hal ini, tentu golongan Jawa yang kamu gunakan bukan gunungan Jawa yang kecil melainkan gunungan Jawa yang berukuran besar.

Dekorasi pelaminan Jawa yang satu ini terlihat sangat memukau dan berkilau asalnya penggunaan gunungan Jawa berwarna gold sebagai latar belakang utama tentu akan memberikan kesan mewah. Untuk mempercantik dekorasi, kamu juga bisa menggunakan bunga berwarna-warni sebagai hiasan tambahan. Jangan lupa untuk menggunakan vas bunga dengan warna emas agar senada dan sesuai dengan warna gunungan Jawa.

Semakin Unik dengan Tema Rustic

wm_article_img
Foto: Heikamu.com

Meskipun menggunakan konsep adat bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan dekorasi selain dekorasi adat yang kamu gunakan. Salah satu contoh dekorasi pelaminan Jawa adalah dekorasi pelaminan rustic. Dekorasi dengan tema rustic sangat cocok untuk digunakan oleh pasangan yang menggunakan gaun kebaya khas Jawa.

Dekorasi rustic yang satu ini tentu wajib kamu coba. Pasalnya selain unik dan kekinian, dekorasi ini juga belum banyak digunakan oleh para pasangan pengantin yang menggunakan konsep Jawa. Layaknya dekorasi rustic pada umumnya, kamu bisa memilih dekorasi berupa kayu yang berwarna coklat yang dilengkapi dengan berbagai ornamen dan hiasan lainnya seperti bunga ranting-ranting daun dan lain sebagainya.

Dekorasi Rumah Tradisional

wm_article_img
Foto: dekorrumah.net on Pinterest 

Dekorasi pelaminan Jawa selanjutnya hampir sama seperti dekorasi pertama yang sudah dijelaskan di atas. Hanya saja meskipun sama-sama menggunakan gebyok sebagai latar belakang utama, namun dekorasi pelaminan yang satu ini menambahkan hiasan atau ornamen yang menyerupai rumah tradisional khas Jawa.

Dekorasi ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan pernikahan yang penuh dengan makna dan sedikit terlihat tradisional. Meskipun demikian, dekorasi ini sangat unik untuk digunakan dan tidak kaku.

Dekorasi Bernuansa Alam

wm_article_img
Foto: infokece.online

Berbeda dengan dekorasi rustic, dekorasi bertema alam yang satu ini bisa kamu selenggarakan secara indoor maupun outdoor. Untuk latar belakangnya, kamu bisa memanfaatkan bebatuan yang sudah tersusun secara rapi. Bukan hanya itu, jangan lupa untuk menambahkan berbagai ornamen lainnya seperti bunga bunga dan tanaman di sekitar latar belakang tersebut.

Konsep ini memang berbeda dari pelaminan versi Jawa pada umumnya. Namun dekorasi pernikahan tak selalu harus kuno, bukan?

Dekorasi Tradisional Minimalis

wm_article_img
Foto: Jasa Tukang

Perpaduan antara konsep tradisional dan minimalis yang lebih modern tentu akan menjadikan dekorasi yang satu ini akan sangat unik dan menarik. Bagaimana tidak penggunaan kayu sebagai latar belakang akan memberikan kesan tradisional. Namun karena adanya lampu kristal yang digantungkan, maka akan sangat terlihat cantik dan menawan.

Selain itu kamu bisa menggunakan latar belakang atau kursi dari kayu dengan warna coklat, agar terlihat tradisional dan sesuai dengan dekorasi pelaminan Jawa pada umumnya.

Dekorasi Semi Modern

wm_article_img
Foto: azkaanggunart.com

Tak kalah menarik dengan dekorasi yang sudah disebutkan diatas dekorasi semi modern sangat cocok untuk kamu coba dalam acara pernikahanmu. Pemilihan konsep dekorasi yang satu ini cukup menguntungkan bagi kamu. Pasalnya, jika kamu menggunakan dekorasi ini, maka kamu bisa tetap melestarikan konsep dekorasi adat namun sedikit dimodifikasi agar terlihat lebih modern.

Tak bisa dipungkiri bahwa dekorasi yang mengusung konsep semi modern ini banyak diminati oleh pasangan yang melangsungkan acara pernikahan. Dekorasi pelaminan Jawa ini sangat unik cara menggabungkan konsep tradisional dengan konsep modern sehingga menghasilkan dekorasi yang memukau dan sangat indah.

Dekorasi Bernuansa Putih

wm_article_img
Foto: desainrumahnya on Pinterest

Di masa yang sudah sangat modern ini, kamu pasti menemukan banyak sekali pernikahan adat Jawa yang menggunakan dekorasi dengan warna coklat sebagai latar belakang utamanya. Namun tahukah kamu bahwa dekorasi yang bernuansa putih juga sangat cocok digunakan dalam acara pernikahan dengan konsep adat Jawa.

Dalam dekorasi yang berwarna putih ini, kamu tetap bisa menggunakan gebyok sebagai latar belakang pelaminan. Hanya saja tidak berwarna coklat melainkan berwarna putih.

Jika kamu ingin mengurangi nuansa tradisional maka kamu bisa mengganti dengan latar belakang lain yang menyerupai dinding dan jangan lupa untuk menambahkan aksesoris atau ornamen yang mirip seperti jendela agar terlihat indah dan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan ornamen khas dekorasi pelaminan Jawa pada umumnya seperti bunga yang berwarna-warni.

Selain itu, kamu bisa menambah aksesoris lampu menjuntai di atas pelaminan dan lampu dengan bentuk yang beda di atas meja kecil. Nah, itu dia beberapa inspirasi dekorasi pelaminan untuk pernikahan Jawa yang bisa kamu jadikan sebagai acuan ketika ingin menikah nantinya. Semua dekorasi di atas sangatlah menarik untuk dicoba. 

Namun kamu juga harus memperhatikan konsep pernikahan, gaun yang dipakai, serta biaya yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar gaun, konsep dan dekorasi pelaminan Jawa tersebut akan senada atau serasi dan sesuai dengan biaya yang dimiliki.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...