Pilih Kategori Artikel

9 Desain Motif Henna Pengantin Muslimah yang Cantik, Ternyata Ada Maknanya, loh!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Henna pengantin muslimah adalah salah satu riasan yang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Selain pilihan desainnya yang cantik dan elegan, motif henna pengantin juga memiliki makna mendalam, loh. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai berbagai jenis dan motif henna pengantin agar kamu bisa memilih desain yang tepat sesuai konsep pernikahanmu. Yuk, simak selengkapnya!

Sejarah Singkat Henna Pengantin

Henna atau mehndi atau yang biasa disebut sebagai pacar di Indonesia adalah seni menggambar pada kulit tubuh yang sudah diterapkan berabad-abad yang lalu. Berasal dari Afrika Utara kemudian disebarkan oleh para pedagang hingga ke Teluk Arab, India, dan Asia.

Penyebaran pemakaian henna ini turut mempengaruhi desain henna seiring berjalannya waktu. Ini bisa ditelusuri di Maroko pada masa komunitas Berber nomaden. Desain henna sendiri selalu identik dengan motif liliran, pusaran, geometris, bunga, dan desain linier.

Bagaimana hukum pemakaian henna dalam Islam?

wm_article_img
Foto: hennabyatiey

Pemakaian henna sendiri telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan hadis dari A’isyah Radhiyallahu’anha di mana beliau mengisahkan ada wanita yang mengulurkan tangannya untuk memberikan surat kepada Nabi dari balik tabir. Namun Nabi tidak mengambil surat tersebut yang membuat seorang wanita tadi bingung dan menanyakannya kepada Nabi. 

Lalu Nabi menjawab, “Sungguh saya tidak tahu, apakah ini tangan perempuan atau laki-laki?”. Meskipun tidak akan bersentuhan langsung dengan wanita tersebut dan hanya menerima surat, namun Nabi masih berusaha menjaga kehormatan dan identitasnya dengan bersabda: ”Jika kamu seorang perempuan, seharusnya kamu ubah kukumu dengan henna.” (HR. Nasai 5089, Abu Daud 4166 dan dihasankan al-Albani). Jadi, pemakaian henna sendiri diperbolehkan dalam Islam. 

Lalu, apa tujuan pemakaian henna? Beberapa percaya bahwa pemakaian henna adalah simbol keberuntungan. Untuk pengantin muslimah, pemakaian henna sendiri dipercaya dapat menghindari kemandulan, membuat proses persalinan menjadi lebih mudah, membawa rezeki untuk keluarga, hingga membuat hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis.

Dengan kepercayaan inilah pemakaian henna pengantin marak digunakan agar mempelai wanita dan pasangannya mendapatkan hal-hal baik seperti yang disebutkan di atas.

Desain Henna Pengantin Muslimah

Kamu pasti tidak asing dengan berbagai desain henna tangan dan kaki yang beragam. Apakah semua desain ini memiliki makna yang berbeda? Yuk, kenali desain henna selengkapnya di bawah!

1. Desain Henna Maroko

wm_article_img
Foto: Mendhi by Roomana

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa desain henna bisa ditelusuri di Maroko. Desain henna Maroko sendiri memiliki karakteristik yang unik. Bahkan banyak yang percaya bahwa desain ini merupakan desain henna yang original dari Timur Tengah.

Desain geometris dan linier menjadi daya tarik tersendiri untuk motif henna ini. Dengan garis yang presisi dan rapi memberikan kesan menarik tersendiri.

2. Desain Henna Arab

wm_article_img
Foto: henna_soul_by_sn

Henna pengantin muslimah dengan desain Arab menjadi salah satu yang paling populer dan sering diminati. Desainnya yang simpel dengan garis sederhana, bunga, daun, titik, dan pola yang penuh menambah kesan elegan dan menawan. Kamu juga bisa bebas berkreasi motif untuk jenis desain henna pengantin muslimah ini.

Desain henna Arab yang sederhana mempercepat proses pembuatan, sehingga kamu bisa hemat banyak waktu dan tenaga.

3. Desain Henna India

wm_article_img
Foto: henna_soul_by_sn

Desain henna pengantin yang selanjutnya adalah henna India. Berbeda dengan henna Arab yang simpel, desain henna India memiliki pola yang lebih rumit. Polanya pun fokus pada bentuk gambar yang lonjong dan berlayer.

Henna India akan memenuhi tangan kamu dengan pola dan motif cantik hingga hampir tidak menyediakan ruang kosong di kulitmu. Desain henna ini juga menjadi pilihan banyak pengantin wanita karena polanya yang cantik dan unik.

4. Desain Henna Pakistan

wm_article_img
Foto: heana_by_khushi

Desain henna Pakistan merupakan kombinasi desain henna Arab dan India. Untuk itu desainnya lebih rumit dan kompleks. Ciri khas dari desain henna pengantin muslimah ini adalah adanya garis besar dengan henna hitam. Selanjutnya, kamu bebas untuk menggambar pola di sekitar garis tersebut dengan gambar yang kamu suka.

5. Desain Henna Afrika

wm_article_img
Foto: Hand of Fatima

Selanjutnya adalah desain henna Afrika yang memiliki kemiripan dengan desain henna Arab yang tidak terlalu berisi. Desain henna Afrika identik dengan bentuk geometris sederhana yang dihiasi dengan garis, kotak, dan titik. Untuk ruangnya sendiri tidak serenggang desain henna Arab, sehingga tetap menutupi kulit.

Makna Motif Henna

Tidak hanya terkenal di Timur Tengah, pemakaian henna yang sudah tersebar hingga ke Indonesia juga memiliki makna tersendiri sesuai budaya yang dianut, loh. Penggunaan henna di Aceh dipercaya sebuah simbol bahwa seorang istri adalah pelipur lara dan penerang dalam rumah tangga.

Menurut budaya Bugis, henna adalah simbol kesucian pengantin. Pemakaian henna sendiri bertujuan sebagai pengharapan agar prosesi pernikahan berjalan dengan lancar dan terhindar dari marabahaya.

Tidak hanya desainnya yang beragam, motif henna juga memiliki makna yang berbeda-beda, loh. Jadi penggunaan motif ini juga bisa menjadi harapan yang ditujukan kepada pasangan pengantin. Penasaran? Berikut beberapa motif yang paling umum digunakan oleh pengantin muslimah dan maknanya:

1. Motif bunga

wm_article_img
Foto: Mehandhi by Sahna

Motif henna pengantin muslimah yang banyak digunakan adalah motif bunga yang melambangkan kebahagiaan atas bersatunya kedua mempelai. Ada juga kepercayaan lain yang menyebutkan bahwa motif bunga berarti kesuburan dan harapan agar pasangan segera diberikan momongan.

2. Motif kuncup bunga

Berbeda dengan motif bunga, motif kuncup bunga juga memiliki makna tersendiri. Motif ini merupakan simbol kehidupan baru yang akan dijalani oleh pasangan dengan status baru mereka sebagai suami dan istri. Kuncup ini menggambarkan pertumbuhan suatu hubungan yang harus dirawat dengan baik agar tumbuh menjadi bunga mekar yang indah.

3. Motif kupu-kupu

wm_article_img
Henna by nuranishenna

Seperti yang kita ketahui, kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Untuk itu, motif ini menjadi simbol untuk wanita yang mengalami transformasi dari wanita lajang menjadi seorang istri.

4. Motif dedaunan atau tanaman rambat

Motif henna pengantin muslimah yang satu ini juga menjadi salah satu motif yang paling umum digunakan. Motif dedaunan atau tanaman rambat menggambarkan pengabdian, ketekunan, dan usia pernikahan yang langgeng hingga ujung usia.

5. Motif air

Desain gelombang air pada henna menggambarkan kesucian pasangan pengantin untuk menuju ke tahapan kehidupan yang baru.

6. Motif matahari

Matahari berperan sebagai pusat tata surya di galaksi yang kita diami dan memberikan kehangatan untuk setiap elemen di dalamnya. Untuk itu, motif ini menyimbolkan kekuatan cinta pasangan dan menebarkan kebahagiaan untuk orang-orang yang ada di sekitarnya.

7. Motif bulan dan bintang

Motif bulan dan bintang juga umum digunakan sebagai motif henna pengantin muslimah. Motif ini merupakan pengharapan agar pasangan segera diberikan keturunan. Namun jika bulan dan bintang digambar dengan sejajar, maka motif ini memiliki makna yang berbeda, yaitu harapan agar pasangan diberikan perlindungan dan kesehatan.

8. Motif paisley

wm_article_img
Foto via stylesgap

Motif paisley berbentuk seperti tetesan air mata besar berisi motif lain dengan ujung yang meliuk. Motif henna pengantin muslimah ini juga menyimbolkan keberuntungan dan kesuburan untuk pasangan pengantin.

9. Motif burung

Motif burung pada henna pengantin muslimah disimbolkan sebagai media untuk mengantarkan doa-doa kepada Tuhan.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai sejarah, desain, dan motif henna pengantin muslimah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menyempurnakan penampilan di hari bahagiamu. Kepoin juga artikel kami lainnya seputar persiapan pernikahan agar kamu bisa mewujudkan pernikahan impianmu bersama WeddingMarket!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...