Pilih Kategori Artikel

Serba-serbi Pengantin Muslimah: Tips Memilih Make Up, Hijab, Gaun, Hingga Sepatu Pengantin yang Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Para bride-to-be, khususnya calon pengantin muslimah apakah sudah punya gambaran untuk look pernikahan impianmu? Sudah tau makeup, hijab, model gaun dan sepatu pengantin seperti apa yang akan kamu kenakan untuk momen spesialmu nanti? Busana adat ataukah gaun modern yang tetap santun? Jika kamu masih bingung harus mulai dari mana, maka jangan beranjak kemana-mana, tetaplah menyimak ulasan dalam artikel ini agar kamu bisa menemukan wedding moodboard pengantin muslimah yang sesuai dengan impianmu. Yuk, kita mulai! 


1. Make Up Pengantin Muslimah

Berbicara mengenai riasan pengantin muslimah, khususnya yang mengenakan hijab, umumnya para bride memilih riasan sederhana yang tidak terlalu mencolok. Akan tetapi, tak ada salahnya juga untuk memberikan sentuhan make up bold yang membuat pengantin berhijab tampil manglingi. Pengantin muslimah dengan riasan adat umumnya akan lebih cocok dengan warna-warna tegas yang elegan guna menonjolkan bentuk wajah serta memperkuat pesona baju pengantin adat hijab yang dikenakan. 

Namun, banyak juga bride yang cenderung menyukai warna-warna soft yang terkesan lembut, anggun, serta memancarkan pesona kecantikan muslimah tersebut. Dalam memilih riasan pengantin hijab yang akan dipakai untuk hari istimewamu nanti, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya, kamu harus menyesuaikan riasan dengan gaya hijab serta warna hijab yang dikenakan. Baik itu makeup yang soft maupun bold.

Selain itu, pilihan MUA yang tepat juga akan sangat menentukan hasil make up pengantin yang paling sesuai dengan karaktermu. Sebagai referensi, ini dia beberapa inspirasi riasan pengantin hijab yang WeddingMarket rekomendasikan untukmu.

Flawless Look 

wm_article_img

 Make Up Pengantin Hijab | Deliafara

Flawless look menjadi salah satu pilihan riasan terbaik untuk pengantin muslimah. Make up pengantin dengan warna lembut ini terkesan sederhana tetapi masih elegan. Flawless look juga tak terlepas dengan make up yang simple dan minimalis. Tetapi dengan look minimalis tersebut, para pengantin muslimah justru terlihat lebih elegan dan cantik. 


Korean Look Make Up

wm_article_img Make Up Pengantin Hijab | Deliafara

Make up pengantin muslimah bergaya Korea juga bisa kamu tambahkan ke dalam moodboard-mu. Make up pengantin hijab ini terkesan segar dan sangat manis, sangat cocok kamu gunakan bersama dengan gaun pengantin muslimah berwarna pastel yang lembut. Warna lipstik juga sangat berpengaruh pada riasan pengantin hijab.


Jika kamu takut warna lipstik yang terang membuat riasanmu terlalu mencolok, ombre lips bisa jadi pilihan terbaik. Gunakan warna lipstik yang terang pada bagian bibir dalam, sedangkan untuk bagian bibir luar gunakan warna yang lebih lembut. Seimbangkan riasan ombre di bibirmu dengan riasan bulu mata yang dibuat lentik, agar penampilanmu terlihat lebih menawan. 


Make up Bold

wm_article_img

 Make Up Pengantin Hijab | Deliafara

Jika ingin tampil manglingi dengan riasan sedikit mencolok, maka kamu bisa mencontoh make up pengantin hijab ini. Pemilihan warna lipstik berwarna merah terang membuat penampilanmu terlihat cetar, tapi tetap elegan dengan polesan wajah yang natural. Kombinasikan lipstik merah di bibir dengan warna foundation yang agak sedikit gelap, agar riasan tidak terlihat menor. Gaya make up bold pengantin hijab bisa manglingi namun tetap terkesan santun.


2. Gaun Pengantin Muslimah

Busana yang dikenakan oleh mempelai pengantin pasti akan menjadi pusat perhatian di acara pernikahan. Pengantin muslimah pun demikian. Meskipun kerap kali bingung memilih gaun pengantin muslimah syar’i yang cocok digunakan dengan hijab, para pengantin hijab tetap bisa  kok menemukan model gaun pernikahan  impian.


Mau gaun pengantin simple elegan berpotongan sederhana, ball gown dress ala princess ataupun baju adat tertentu yang tertutup, semua bisa jadi pilihan terbaik untuk busana pernikahanmu. Nah, model gaun pengantin muslimah seperti apa yang akan kamu pilih? Berikut ada beberapa referensi untukmu. Jangan lupa tambahkan ke dalam wedding moodboard-mu! 


Busana Pengantin Muslimah Adat

wm_article_img

 Make Up Pengantin Solo Putri Hijab Paes | Deliafara

Mengenakan busana pengantin adat adalah kebanggaan bagi wanita Indonesia, tak terkecuali bagi pengantin muslimah yang berhijab. Sebagai contoh, baju pengantin adat Jawa hijab lengkap dengan rias paes yang menjadi ciri khas pengantin wanita Jawa. Jangan takut akan terlihat aurat, sebab baju pengantin muslimah adat Jawa kini telah dimodifikasi agar dapat juga dikenakan oleh kamu yang berkerudung.


Ada pula baju pengantin adat Jawa yang dibuat dengan model kerah tinggi ataupun dengan manset berwarna senada sehingga tetap tertutup dengan sempurna. Riasan paes yang identik dengan sanggul pun dapat dibuat dengan penutup kepala atau inner hijab khusus pengantin adat Jawa hijab, sehingga kamu tak perlu menanggalkan kerudungmu ketika mengenakan riasan ini. 


Busana Kebaya Modern dengan Mahkota Adat

wm_article_imgKebaya Pengantin Muslimah Modern dengan Mahkota Adat | Laksmi Muslimah

Pengantin muslimah juga bisa tampil cantik dan anggun dalam nuansa mewah, dengan memadukan kebaya modern bersama unsur tradisional menggunakan mahkota pengantin adat. Sebagai contoh, paduan cantik suntiang Minang dan suntiang Palembang pada gambar pengantin muslimah ini. Aura kemewahan berpadu warna lembut yang indah tetap menjadikan sang pengantin tampil bersahaja, bukan? Berbagai model kebaya pengantin modern pun dapat dipilih para muslimah berhijab untuk melengkapi tampilan elegannya di hari nan spesial.

Pilihan warna untuk kebaya pengantin modern kini juga sangat bervariatif. Kamu bisa memadupadankan aneka warna favoritmu seperti kebaya berwarna lavender dengan hijab senada dan mewahnya sentuhan mahkota pengantin adat bernuansa emas dan perak.  Jika ingin tampil lebih glamor, kebaya modern warna merah maroon, gold dan warna-warna bold lainnya juga tak kalah cantik untuk di-mix and match dengan hijab. 

Gaun Pengantin Muslimah Modern 

wm_article_imgwm_article_imgGaun Pengantin Muslimah Modern | Laksmi Muslimahbyayudyahandari

Tentu saja seorang pengantin wanita tidak akan pernah melupakan setiap detail dari pernikahannya, salah satunya adalah busana pengantin yang dikenakannya. Sewaktu kecil, kamu mungkin mempunyai impian untuk tampil dengan gaun pengantin ala barbie atau wedding ball gown bak princess? Tentu saja kamu bisa mewujudkannya kendati pun kini penampilanmu tertutup. Hijab bukanlah halangan untuk para wanita muslimah mewujudkan wedding gown impiannya.

Berbagai model gaun internasional pun bisa jadi opsi untuk dipilih. Kamu lebih suka gaun pengantin bergaya Victorian yang mewah dan glamor, gaun pengantin Korea yang simple dan elegan, ataukah gaun pengantin ala India yang semarak? Pilihan sepenuhnya ada di tanganmu! Model apapun tentu bisa dimodifikasi agar dapat menjadi gaun pengantin muslimah syar'i. Para desainer lokal pun sudah banyak yang mengeluarkan karya gaun pengantin muslimah elegan yang tak kalah dengan gaun-gaun desainer mancanegara.

wm_article_imgGaun Pengantin Muslimah | byayudyahandari

3. Hijab dan Hiasan Mahkota Pengantin Muslimah

Membahas soal hijab, rasanya kurang lengkap apabila tidak menambahkan aksesoris pengantin hijab mahkota untuk membuat penampilanmu semakin menawan. Mahkota biasanya dikenakan untuk mempercantik tatanan rambut atau sanggul pengantin. Namun, untuk para pengantin muslimah hijab bisa menyematkan mahkota ini di atas kerudung sehingga membuat bride tampil semakin anggun. Bagaimana cara memadupadankan aksesoris pengantin hijab mahkota? Berikut inspirasinya untukmu.

Mahkota Pengantin Adat 

wm_article_imgwm_article_imgPengantin Muslimah Hijab | Laksmi Muslimah | Deliafara

Berbanggalah menjadi wanita Indonesia, sebab ada berbagai pilihan untuk kamu kenakan di pernikahan yang berkonsep adat. Rias pengantin adat dari berbagai daerah di Indonesia punya ciri khasnya masing-masing dan umumnya memiliki kesan mewah dan glamor bak bangsawan kerajaan. Seperti rias pengantin adat Minang dengan mahkota suntiang yang beratnya bisa mencapai 6 kg.

Ada juga mahkota pengantin adat Sunda, siger yang cantik menawan. Aesan gede dan aesan paksangkociri khas pengantin adat Palembang. Masyarakat Batak Mandailing juga punya bulang yang memiliki bentuk seperti tanduk bertingkat dan berlapiskan emas, serta masih banyak lagi mahkota pengantin adat di Indonesia yang indah dengan keunikannya masing-masing.

Mahkota Pengantin

wm_article_imgwm_article_imgMake Up Pengantin Hijab | Deliafara

Mahkota pengantin hijab adalah salah satu benda wajib yang sangat membantu untuk membuat penampilanmu semakin menawan. Kamu bisa memilih mahkota pengantin yang berukuran besar maupun kecil. Jika kamu memakai hijab yang dikreasikan bertumpuk, maka mahkota kecil yang tersemat di atas kepalamu sudah cukup.

Mahkota dengan ukuran kecil ini sering disebut dengan tiara. Ukurannya yang kecil membuatnya hanya perlu disematkan di atas kepala. Hati-hati ketika memakai tiara kecil ini, pastikan kamu menyematkannya dengan kuat agar tidak mudah jatuh saat dikenakan. Tampilan sederhananya cukup menambah keanggunanmu sebagai pengantin muslimah.

Ada juga jenis mahkota yang cukup besar, yang bisa membuat penampilan pengantin hijab semakin menawan. Tentunya, mahkota berukuran besar akan memberi kesan lebih glamor dan mewah. Apalagi jika kamu memilih mahkota dengan desain permata berkilauan. Tidak hanya soal ukuran, mahkota yang kamu pakai juga harus seimbang dengan gaun pernikahan milikmu.

Jika desain gaun pengantin mewah dengan penuh dekorasi yang berkilau, mahkota yang memiliki banyak permata berkilau pada dekorasinya akan semakin memberi statement pada penampilanmu, meskipun kerudung yang dikenakan hanya polos saja. Namun, jika hijab yang kamu kenakan sudah ramai dengan dekorasi seperti payet, lace atau bordir, kamu hanya perlu memakai mahkota yang simple agar penampilan terlihat seimbang.

Aksesoris Pengantin Hijab

wm_article_imgwm_article_imgPengantin Muslimah Hijab | Laksmi Muslimah | deliafara

Berbagai aksesoris pengantin hijab lainnya juga bisa kamu kenakan untuk menghias kerudungmu. Dengan headpieces khusus yang ditempel di bagian depan seperti headband ini, gaya pengantin muslimah hijab menjadi semakin edgy. Ornamen yang menghiasi kerudung juga menambah kemewahan pada hijab maupun gaun pengantin simple yang dikenakan.

Model headpieces pengantin muslimah ini cocok buat kamu yang menginginkan konsep pernikahan bertema modern chic, rustic, atau bohemian. Sebenarnya ada banyak sekali model aksesoris kepala yang bisa disematkan di kerudung. Nah, kamu hanya perlu mix and match saja dan mencoba mana yang paling pas dengan gaun pengantin muslimah yang dikenakan.

4. Sepatu Pengantin

wm_article_img

Sepatu Pengantin: Langkah by Linalee

Sepatu pengantin wanita umumnya terkesan feminin, bukan? Berhak tinggi, dihiasi payet atau ornamen-ornamen indah dan berkilau sehingga tampak begitu cantik. Tentu saja pengantin muslimah juga bisa menggunakan sepatu pengantin wanita yang seperti itu. Namun, pemilihan sepatu pengantin wanita saat ini nyatanya lebih fleksibel.


Jika kamu tidak nyaman dengan sepatu berhak tinggi, sepatu pengantin wanita hak pendek pun juga bagus untuk dikenakan bersama dengan gaun pengantin muslimah hijab pilihanmu. Tak begitu berbeda dengan sepatu pengantin wanita pada umumnya, berikut ini beberapa rekomendasi model sepatu pengantin muslimah untuk momen spesialnya.

wm_article_img

Sepatu Pengantin | Sachlirene Tfota
Demikianlah serba-serbi pengantin muslimah hijab yang bisa kamu tiru untuk momen pernikahanmu nanti. Gaya mana yang cocok dengan konsep pernikahan impianmu, tentunya kamu yang paling mengetahuinya. Selain referensi di atas, masih banyak lagi inspirasi-inspirasi pernikahan lainnya yang pernah WeddingMarket ulas dalam artikel-artikel khusus. Sebagai contoh, referensi rias  pengantin adat Jawa hijab, baik dengan paes maupun tanpa paes.

Tak hanya artikel saja, di WeddingMarket store kamu juga bisa melengkapi segala kebutuhan pernikahan yang diperlukan, mulai dari catering, venue, fotografi, MUA dan tentunya gaun pengantin untuk momen istimewamu. Yuk, cek sekarang!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...