Pilih Kategori Artikel

Mengulik Pernikahan Konsep Outdoor di Pantai yang Intim namun Santai, Berikut Tips Menggelarnya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Siapa yang punya mimpi menggelar pernikahan dengan latar deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang syahdu? Pernikahan konsep outdoor di pantai memang sudah populer sejak lama. Konsep ini memberikan sentuhan santai, tapi juga megah sekaligus. Jika kamu menginginkan untuk menggelar pernikahan dengan konsep intimate yang dekat dengan alam, pantai akan menjadi venue yang sangat cocok.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menggelar pernikahan di pantai. Beberapa tips juga bisa diterapkan untuk membuat acara pernikahan lebih lancar dan berkesan. Simak, yuk, selengkapnya!

Kelebihan dan kekurangan menggelar pernikahan di pantai

wm_article_img
Foto via Sweetbella Decoration

Sebelum memutuskan untuk menggelar pernikahan di pantai dan menyimak tipsnya, beberapa kelebihan dan kekurangan ini mungkin akan membantumu dalam mempertimbangkan kembali pemilihan wedding venue ini.

Kelebihan

1. Keindahan alam

Hal yang satu ini menjadi kelebihan utama saat menggelar pernikahan di pantai. Keindahan alam dengan langit biru yang berpadu dengan ombak akan membuat acara pernikahanmu tak terlupakan dengan latar yang menakjubkan.

2. Suasana yang lebih santai

Walaupun suasana pantai akan memberikan kesan yang megah karena pemandangannya, atmosfer ala liburan akan mencairkan suasana dan membuatnya lebih santai.

3. Dekorasi yang cenderung minimalis

Pemandangan yang sudah indah membuatmu tidak perlu menambahkan dekorasi yang berlebihan. Cukup tambahkan kursi untuk tamu dan arch yang dihias dengan bunga-bunga minimalis saja sudah membuat venue terlihat indah.

4. Hasil foto yang indah

Komposisi warna biru dan putih yang berpadu serta sentuhan manis dari bunga-bunga yang ditambahkan membuat hasil foto pernikahan akan terlihat indah. Hal ini akan menjadi kenangan yang sangat manis, bukan hanya untuk pengantin saja, tapi juga bagi para tamu yang datang.

5. Paket pernikahan

Banyak lokasi pantai yang menyediakan paket pernikahan dengan layanan katering, fotografi, hingga dekorasi yang akan membuat perencanaan menjadi lebih mudah.

6. Pilihan gaun

Saat menggelar pernikahan di pantai, kamu bisa memilih gaun yang lebih ringan dan tidak terlalu formal. Gaun yang nyaman bisa dipilih dalam acara ini.

7. Bisa sekaligus bulan madu

Sebagai seseorang yang sibuk bekerja, kamu mungkin hanya mendapatkan waktu cuti terbatas. Dengan mengadakan pernikahan di pantai, kamu dan pasangan bisa langsung melanjutkan berbulan madu di tempat yang sama dan mengeksplorasi sekitarnya.

wm_article_img
Venue: Pandawa Cliff Estate Bali

Kekurangan

1. Cuaca yang tidak terduga

Cuaca di pantai sering kali tidak terduga sehingga harus ada plan B jika tiba-tiba terjadi perubahan cuaca, seperti terjadi hujan atau angin yang kencang.

2. Logistik dan akses

Biasanya pantai terletak di tempat yang cenderung jauh dari kota atau tempat yang mempersiapkan kebutuhan pernikahan. Oleh sebab itu, logistik dan akses akan lebih sulit daripada menggelar pernikahan di venue yang biasa. Beberapa tamu dengan keterbatasan tertentu juga mungkin akan kesulitan untuk ke lokasi.

3. Keterbatasan fasilitas

Beberapa pantai mungkin tidak memiliki fasilitas lengkap, seperti listrik dan air bersih yang bisa digunakan. Jika ada, mungkin saja akan ada tambahan biaya yang diberlakukan.

4. Kurang privasi

Pantai yang privat mungkin akan memiliki biaya yang lebih mahal. Sementara pantai yang terbuka untuk umum biasanya akan dikunjungi oleh para wisatawan walaupun ada area yang sudah disewa. Hal ini membuat kurangnya privasi pada pernikahanmu.

5. Masalah busana

Pasir dan angin akan menciptakan sebuah masalah baru untuk pengantin maupun para tamu yang datang karena akan sedikit banyak mengganggu penampilan.

6. Biaya tambahan

Beberapa pantai memerlukan biaya izin khusus. Biaya transportasi atau akomodasi tambahan juga mungkin diperlukan untuk tamu yang datang dari luar kota.

Tips menggelar pernikahan di pantai

wm_article_img
Foto via Bali Chemistry Wedding

Jika sudah mantap untuk menggelar pernikahan di pantai setelah membaca beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut, beberapa tips berikut ini bisa diterapkan untuk mendapatkan pernikahan yang lebih berkesan.

1. Pemilihan lokasi

Pemilihan pantai akan menjadi hal penting dalam menggelar pernikahan di sana. Usahakan untuk memilih pantai yang tidak terlalu sulit untuk diakses. Jika lokasi jauh dari rumah keluarga pengantin maupun para tamu, usahakan untuk mencari pantai yang menyediakan akomodasi di sekitarnya. 

Pastikan juga bagaimana perizinannya. Apakah ada syarat khusus yang harus dipenuhi, seperti batasan jumlah tamu hingga jam melangsungkan pernikahan. Kemudian, buat reservasi supaya kamu bisa mengunci tanggal pernikahan.

3. Pertimbangkan musim

Jangan memilih musim hujan untuk menggelar pernikahan di pantai. Meskipun pernikahan mungkin tetap bisa dilangsungkan, akan ada lebih banyak hal untuk dipersiapkan. Hal ini akan memperumit persiapan pernikahanmu. Usahakan untuk menggelar acara pernikahan di musim kemarau sehingga meskipun cuaca panas, tetap akan ada angin sepoi-sepoi. Luangkan waktu untuk melakukan riset mengenai hal yang satu ini.

4. Dekorasi sederhana

wm_article_img
Dekorasi: Designmill Co.

Seperti yang kita tahu, pemandangan pantai sudah cantik dengan berbagai hal di sekitarnya. Hal ini sebenarnya akan mempermudah kita untuk menambahkan sedikit saja dekorasi. Pilih kursi berwarna putih yang dihias dengan bunga-bunga kecil atau pita berwarna senada. Hias aisle dengan tiang-tiang pendek yang dihias dengan bunga berwarna pastel. Kemudian, bagian pelaminan bisa dihias dengan arch yang didekorasi menggunakan kain berwarna putih dan bunga-bunga yang cantik.

5. Akomodasi tamu

wm_article_img
Fotografi: Iluminen

Jika ada tamu yang datang dari luar kota, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyediakan akomodasi bagi mereka. Jangan lupa untuk menginformasikan hal ini pada sata mengundang sehingga mereka mengetahuinya lebih awal. MInta juga untuk mengkonfirmasi kedatangan jauh hari supaya lebih gampang untuk mengatur booking dan lain-lain.

6. Sediakan payung atau tenda di sekitar venue

Meskipun mungkin venue pernikahan bersifat terbuka dan outdoor, tidak ada salahnya untuk menaruh payung atau tenda bagi para tamu yang ingin berteduh setelah lama berada di bawah sinar matahari. Jika digelar di siang hari, kamu juga bisa menyiapkan tabir surya untuk menghindari terjadinya gangguan pada kulit yang mungkin terjadi karena kontak lama dengan matahari.

7. Lakukan eksplorasi sebelum hari-H

wm_article_img
Fotografi: Axioo Bali

Kamu harus memanfaatkan area pernikahan sebaik mungkin terutama untuk berfoto. Eksplorasi tempat sekitar pantai sehingga kamu bisa menemukan spot terbaik untuk mengabadikan momen pernikahanmu selain di pantai tempat menggelar pernikahan itu sendiri.

Jangan lupa juga untuk merekam momen demi momen selama acara pernikahan dengan menggandeng fotografer dan videografer profesional yang sudah terbiasa dengan venue pernikahan di pantai.

8. Pemilihan musik

Pastikan kamu menggunakan sound system yang bisa menjangkau keseluruhan tamu yang datang sehingga suaramu tidak tenggelam dalam suara ombak. Sementara untuk pemilihan musik, kamu bisa memilih musik yang lebih santai dan cocok dengan suasana pantai untuk hiburannya.

Musik akustik dengan ukulele, beach classic, musik folk, atau bahkan sentuhan musik reggae akan cocok untuk mengiringi pernikahan di pinggir pantai.

9. Kenakan pakaian yang sesuai

wm_article_img
Foto via Aisle Project

Walaupun kamu bisa mengenakan pakaian yang lebih santai pada saat menikah di pantai, usahakan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Pilih pakaian yang ringan, tapi tidak terlalu terbuka karena angin yang mungkin akan kencang. Jangan lupa untuk mempertimbangkan panjang gaun karena pasir pantai yang mungkin akan tersangkut di gaunmu. Begitu pula dengan sepatu. Mengenakan sepatu berhak mungkin akan sedikit menyulitkan sehingga kamu bisa memilih flat shoes yang lebih nyaman. Pilih warna yang aman seperti warna putih untuk pakaian dan sepatu tersebut.

10. Pengelolaan sampah

Ingat bahwa sampah yang berada di pantai mungkin akan terbawa air dan akhirnya mengotori lautan, lalu akan mengganggu biota laut. Sediakan tempat sampah yang cukup dan peringatkan para tamu yang datang untuk membuang sampah sesuai dengan tempatnya.

Untuk mengurangi sampah, usahakan untuk menggunakan perlengkapan yang bisa digunakan kembali alih-alih memilih yang sekali pakai, terutama untuk perlengkapan makan dan minum. Pengelolaan sampah dekorasi juga menjadi hal penting yang harus didiskusikan dengan vendor.

Nah, itu dia tips menggelar pernikahan konsep outdoor di pantai yang akan berkesan sepanjang masa. Meskipun mungkin persiapannya akan sedikit lebih sulit daripada menyiapkan pernikahan biasanya, dijamin pernikahan ini akan lebih terkenang karena pemandangan yang indah dan suasana yang berbeda dari biasanya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...