Pilih Kategori Artikel

Seberapa Penting Bridesmaid dalam Pesta Pernikahan? Yuk, Kita Kupas Alasannya!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menggelar pesta yang dihadiri oleh orang-orang tersayang memang memberikan kebahagiaan tak terdefinisi. Apalagi saat kamu akan melangkah menuju fase hidup berikutnya dengan meresmikan status hubungan cinta bersamanya.

Tentunya, kamu dan dia ingin hari bahagia tersebut dilihat oleh orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat. Dimana kamu dan pasangan akan mengucap janji suci sehidup semati hingga maut memisahkan. Kehadiran mereka menjadi penyemangat yang bisa menghilangkan segala kegugupan. 

Keluarga dan sahabat memiliki peran berbeda di hari pernikahan. Jika keluarga memastikan acara berjalan dengan lancar, maka sahabat terdekat memiliki tugas menemani kamu dan pasangan. Sebagai bonusnya, sahabat kamu juga bisa membantu keluarga menyukseskan acara pernikahan.

Seberapa Penting Bridesmaid dalam Pesta Pernikahan?

wm_article_img
Foto: via Archiera Brides

Banyak pasangan menjadikan sahabat mereka sebagai pengiring pengantin atau bridesmaid. Seharusnya, menjadikan sahabat terdekat sebagai bridesmaid bukanlah sebuah kewajiban. Namun, berbeda dengan sekarang ini, bridesmaid sudah seperti keharusan bagi semua pengantin.

Terkadang, hal ini menjadi beban tersendiri. Menghadirkan bridesmaid memang masih menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang. Sepenting apa, sih, mereka? Bukankah mereka hanya sekumpulan orang yang memakai seragam sama dan berkumpul di samping pengantin? Apa sebenarnya tugas mereka?

Mungkin pertanyaan tersebut sering terbesit di pikiran kamu ketika menghadiri pesta pernikahan. Hal itu terjadi karena kamu melihat para bridesmaid yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. 

Supaya kamu tidak bingung lagi, coba simak beberapa tugas bridesmaid yang telah dirangkum oleh WeddingMarket dan putuskan apakah mereka layak menjadi bagian khusus dari sebuah acara pernikahan.

Bridesmaid: Sudah ada sejak zaman Romawi Kuno

wm_article_img
Fotografi: Askar Photography

Ternyata, bridesmaid ini bukan merupakan tren baru, loh. Pengiring pengantin sudah ada sejak zaman Romawi Kuno! 

Pengiring pengantin pada masa itu memiliki tugas berkali-kali lipat lebih berat. Mungkin kalau kamu hidup di masa Romawi Kuno, kamu akan berpikir berkali-kali untuk menerima tawaran menjadi bridesmaid.

Berbeda dengan sekarang, bridesmaid di zaman Romawi Kuno diundang untuk mengecoh para roh jahat atau orang-orang dengan niat tidak baik kepada pengantin. Bridesmaid terdiri dari 10 orang yang mengenakan busana seperti pengantin.

Bridesmaid diberi tugas sebesar ini karena dulunya perjalanan pengantin menuju ke tempat pasangannya cukup jauh. Dengan adanya pendamping, mereka yang berniat jahat akan terkecoh dan sulit menemukan pengantin sebenarnya.

Kembali ke masa sekarang, menjadi bridesmaid merupakan sebuah kebanggaan. Karena mereka merupakan orang luar yang tidak memiliki hubungan seperti keluarga dengan pengantinnya. Orang-orang yang terpilih menjadi bridesmaid pun terbatas. Pengantin hanya memilih mereka yang dekat dengannya.

Bridesmaid: Punya tugas dan peran sendiri

wm_article_img
Fotografi: Maximus Picture

Karena banyaknya pro dan kontra, sebelum memutuskan untuk mengundang sahabat menjadi para pengiring pernikahan, coba kamu simak dulu apa saja tugas dan peran mereka berikut ini:

  1. Membantu persiapan pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Askar Photography

Umumnya, bridesmaid diperankan oleh para wanita muda yang menjadi sahabat dekat pengantin. Karena usia dan kedekatan tersebut, bridesmaid bisa membantu kamu mempersiapkan pernikahan.

Mereka bisa membantu memberikan ide konsep pernikahan, memperkenalkan dengan vendor profesional, memberi rekomendasi riasan wajah atau busana yang cocok, dan lainnya. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa hectic sendiri, karena ada sahabat yang siap membantu. 

Jika memang sahabat-sahabat dekat kamu sudah menjalankan peran pertama ini dengan baik, kamu memiliki satu alasan untuk mengundang mereka menjadi bridesmaid di hari pernikahan nanti.

  1. Mempersiapkan bridal shower

wm_article_img
Foto: via Archiera Brides

Walaupun tidak banyak yang mengadakan acara ini, bukan berarti bridal shower ga penting-penting amat. Adanya bridal shower, suasana pernikahan kamu akan semakin terasa. Karena, bridal shower merupakan perayaan lepasnya masa lajang kamu.

Adanya acara ini akan membuat semangat kamu meningkat. Kamu dan teman-teman akan seru-seruan memainkan banyak game untuk terakhir kalinya sebelum menyandang status sebagai istri orang.

Mungkin saja setelah menikah nanti kamu dan sahabat sulit untuk sekadar bertemu, apalagi bermain seperti biasanya. Kira-kira sahabatmu berencana mengadakan bridal shower, nggak?

  1. Memberikan dukungan mental

wm_article_img
Foto: via Archiera Brides

Poin ketiga inilah salah satu peran terbesar seorang bridesmaid. Karena merupakan orang-orang terdekat kamu, tentu mereka mengetahui segala keluh kesah dan perasaanmu. 

Dengan begitu, mereka bisa menghibur kamu selama acara pernikahan berlangsung dan memberikan dukungan untuk mengusir kegugupan. Mereka juga bisa menjadi pembawa kebahagiaan di saat kamu lelah mempersiapkan pernikahan.

  1. Melayani pengantin

wm_article_img
Foto: via Archiera Brides

Bridesmaid bukan hanya tempat mencurahkan isi hati tetapi mereka juga harus melayani pengantin di hari pernikahannya. Bukan melayani seperti yang kamu pikirkan, ya. Salah satu cara mereka melayani adalah dengan memastikan pengantinnya tidak kelaparan.

Biasanya, di tengah hebohnya acara pernikahan, pengantin wanita dan pria bisa saja lupa untuk makan hingga akhirnya kelelahan. Kamu pasti pernah, kan, lihat beberapa kali pengantinnya mengalami kelelahan dan akhirnya pingsan?

Nah, inilah yang harus diperhatikan bridesmaidnya. Jika kamu memutuskan untuk memiliki bridesmaid, pastikan mereka bersedia menjadi pelayanmu seharian. Bukan hanya memperhatikan makan pengantin, bridesmaid juga harus menjaga barang-barangnya dan memastikan mereka selalu ingat untuk tersenyum.

Bridesmaid juga membantu pengantin wanita untuk bersiap-siap sambil menenangkannya. Coba tanya dulu ke sahabat kamu, apakah mereka siap melakukannya?

Karena, banyak pengantin merasa kecewa dengan bridesmaidnya sendiri. Mereka tidak membantu pengantin dan asik sendiri dengan dunianya. Bridesmaid seperti inilah yang membuat banyak orang salah sangka dan akhirnya menganggap para pengiring pengantin hanya menambah biaya pernikahan.

  1. Membantu kelancaran acara

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Buat kamu yang tidak menggunakan wedding planner atau organizer untuk menyukseskan acara, memiliki bridesmaid akan sangat membantu. Bahkan, sahabat-sahabatmu bisa membantu kamu mengurangi biaya pernikahan, loh!

Mereka bisa membantu kamu menjadi pembawa acara, menerima tamu, menjaga hidangan, atau kegiatan lain yang membutuhkan tambahan orang dan biaya. Dengan begitu, bridesmaid tidak hanya serombongan orang dengan warna seragam yang sama. 

Di samping itu, mendapatkan peran yang akan menyukseskan acara juga pasti membuat sahabatmu merasa lebih istimewa. Artinya, kamu sudah menganggap mereka seperti keluarga sendiri. Keberadaan mereka juga bisa membuat kamu lega, karena para bridesmaid tersebut akan bertanggungjawab atas tugasnya masing-masing.

Alasan bridesmaid tidak diperlukan

Karena kita akan membahas seberapa pentingnya bridesmaid, tidak adil kalau hanya mengungkap peran dan manfaat mereka. Berikut 3 alasan mengapa bridesmaid nggak perlu-perlu amat:

  1. Pertimbangan biaya

wm_article_img
Fotografi: Ivan Mario

Sekarang ini, mengundang bridesmaid berarti kita sudah siap menambah biaya busana, make up, dan hairdo untuk mereka. Maka dari itu, banyak pasangan memilih tidak menggunakan pengiring pengantin untuk mengurangi biaya pernikahan mereka. 

Jika kamu punya sahabat yang super pengertian, mereka tidak akan merasa hal ini menjadi masalah. Namun, terkadang para sahabatlah yang ngebet mengajukan dirinya. So, kamu bisa diskusi dengan mereka juga, ya!

  1. Mengurangi beban pikiran

wm_article_img
Foto: via Archiera Brides

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak jarang para sahabat mencalonkan dirinya menjadi pengiring pengantin. Bagi beberapa orang, hal ini menjadi beban pikiran mereka. Nggak cocok sama kamu yang anti ribet. 

  1. Ingin pesta pernikahan yang intim dan private

wm_article_img
Fotografi: Faralljibrill Official

Mengundang bridesmaid sepertinya kurang cocok ketika kamu mengadakan pesta pernikahan yang intim. Karena, tamu undangan merupakan orang-orang terdekat saja. Menjadikan beberapa orang dari mereka sebagai bridesmaid mungkin akan menimbulkan perasaan cemburu tamu lainnya. Maka dari itu, lebih baik bridesmaid ditiadakan dan kamu bisa fokus mengurus detail pernikahan lainnya.

Oke, setelah tahu peran bridesmaid dan alasan mengapa mereka tidak terlalu diperlukan, bagaimana pendapat kamu? Apakah bridesmaid memang penting? Sebab, selain bridesmaid, ada juga groomsmen yang menjadi pendamping pengantin pria. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...