Pentingnya Dokumentasi Pernikahan dari Vendor Fotografi dan Videografi - Wedding Market

Pentingnya Dokumentasi Pernikahan dari Vendor Fotografi dan Videografi

24 Jan 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 1166
Pentingnya Dokumentasi Pernikahan dari Vendor Fotografi dan Videografi

Pernikahan merupakan momen yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Pernikahan sendiri merupakan impian setiap orang dan tidak jarang di Indonesia mereka rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta bahkan milyaran hanya demi menggelar pernikahan. Hal ini sendiri memang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat pernikahan yang megah dan mewah. Dengan dekorasi yang super indah serta penampilan pasangan yang sempurna pastinya menjadi sorotan mata para tamu undangan. Untuk itu pentingnya membuat dokumentasi pernikahan.

Membuat pernikahan yang bagus memang bukanlah hal yang mudah. banyak sekali persiapan yang harus dilakukan oleh kedua pasangan agar momen tersebut menjadi sempurna dan layak untuk dikenang. Ibaratnya pernikahan adalah sebuah kelahiran dan merupakan proses memulai hidup baru hal ini membuat banyak pasangan sangat terobsesi membuat pernikahan sesuai impian mereka. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan mulai dari memilih gaun pengantin, dekorasi, dokumentasi, undangan, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam persiapan pernikahan adalah dokumentasi. Hal ini haru menjadi perhatian yang detai karena pernikahan adalah momen kamu dang pasangan akan tampil ‘Wah’ bagai raja dan ratu dalam sehari, maka dari itu harus ada dokumentasi akan hal ini. Untuk itu sangat penting membuat dokumentasi dalam pesta pernikahan.

Alasan Membuat Dokumentasi


Dengan pernikahan yang super megah dan menawan serta membuat banyak tamu undangan tercengang dengan pernikahan kamu dan pasangan, pastinya harus ada yang mendokumentasikannya. Bukan tanpa alasan bahwa mengabadikan momen pernikahan merupakan sesuatu yang penting. Pastinya kamu dan pasangan ingin momen terpenting dalam hidup diabadikan dengan baik dan sesuai keinginan. Dengan persiapan yang matang tentunya semua momen akan tertangkap kamera dan diabadikan dengan baik. Berikut ini alasan pentingnya membuat dokumentasi pernikahan.

  1. Momen spesial

Setiap orang pastinya memiliki momen yang spesial dengan orang-orang yang disayang. Salah satu momen spesial tersebut adalah pada saat pernikahan. Saat pernikahan pastinya sangat spesial karena tangis haru, kebahagiaan dan keceriaan akan larut dalam satu waktu yang sangat cepat. Jika telat sedikit saja maka momen berharga tersebut akan hilang. Disinilah peran seorang fotografer untuk mendokumentasikan prosesi pernikahan kamu dan pasangan. Hal ini agar setiap momen yang berjalan cepat bisa didapatkan lewat jepretan kamera dan momen spesial tersebut bisa kamu dan pasangan ingat selalu.

  1. Kenangan abadi

Pesta pernikahan kamu dan pasangan pastinya akan berlalu dengan begitu cepat. Dihari tersebut tentunya kamu tidak dapat menyaksikan seluruh momen yang terjadi secara detail. Untuk itu dengan bantuan fotografer dan hasil tangkapan kameranya akan membantu kamu untuk menyaksikan kenangan yang terlewatkan tersebut. Mungkin pada saat melihatnya kamu akan tersenyum sendiri melihat ekspresi wajah kamu dan pasangan setiap melewati proses pernikahan tersebut. Setiap peristiwa dan bagian yang ada dalam pernikahan akan menjadi kenangan yang membahagiakan dan tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen tersebut.

  1. Dokumentasi seumur hidup

Setiap hasil foto dan video yang diabadikan dapat dinikmati oleh kamu dan pasangan. Tetapi pihak keluarga kamu atau dari pasangan pastinya juga ingin menikmati momen-momen bersejarah tersebut. Setiap foto dan video harus terekam dengan sempurna karena bisa menjadi dokumentasi seumur hidup.. Maka jadikan momen penting ini sebagai buku sejarah pada kehidupan kamu dan pasangan. Untuk itu kamu juga harus membagikan hasil foto atau video pernikahan kepada keluarga besar agar merekan juga dapat menikmati momen kebahagiaannya.

  1. Momen Emosional

Dengan mengabadikan setiap momen pada saat pernikahan pastinya akan sangat bermakna untuk kamu dan pasangan. Dengan bantuan vendor foto pernikahan dapat membuat foto atau video menjadi lebih romantis dan sangat emosional. Mungkin ketika kamu dan pasangan melihat lagi hasil dari dokumentasinya maka kan meneteskan air mata bahagia melihat pernikahan yang berjalan sesuai dengan rencana.

  1. Pencegah pertengkaran

Semua pasangan pastinya ingin rumah tangga mereka berjalan dengan baik dan selalu lancar. Namun namanya pernikahan pastinya ada saja momen dimana kamu dan pasangan akan bertengkar. Itulah yang dinamakan sebagai bumbu dari pernikahan. Dengan adanya dokumentasi pernikahan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah pertengkaran atau mendamaikan pada saat bertengkar. Melihat kembali momen-momen indah pada saat pernikahan bisa membantu kamu dan pasangan untuk bangkit dari keterpurukan dan masalah yang ada. Jadi itulah manfaat memutar kembali kenangan bahagia pada saat pernikahan. Tentunya hal ini bisa mempererat hubungan atau menyelawatkan pernikahan dari ambang kehancuran.

Tips memilih vendor foto pernikahan untuk dokumentasi


Setelah mengetahui alasan pentingnya membuat dokumentasi pernikahan hal yang harus kamu dan pasangan lakukan selanjutnya adalah memikirkan apa yang harus dilakukan untuk merekam momen-momen berharga pada saat pernikahan terjadi. Salah satu cara yang bisa mempermudah kamu dan pasangan mengabadikan momen berharga tersebut adalah dengan menggunakan jasa vendor foto pernikahan. Kebutuhan akan vendor foto pernikahan harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari agar semua yang diinginkan berjalan dengan optimal.

Menemukan vendor foto pernikahan sebenarnya tidaklah mudah. Walaupun sebenarnya banyak sekali pilihan tetapi kamu dan pasangan harus memilih yang terbaik agar dokumentasi pernikahan berjalan baik. Tentunya kamu tidak mau bila nantinya momen-momen berharga pada saat pernikahan tidak tertangkap dengan sempurna. Oleh karenanya memilih vendor foto pernikahan merupakan hal yang penting. Berikut ini tips memilih vendor foto pernikahan yang harus kamu ketahui.

  1. Memilih vendor foto yang terpercaya

Setiap momen yang terjadi dalam pernikahan kamu dan pasangan pastinya ingin diabadikan dengan sempurna, untuk itu memilih vendor foto pernikahan terpercaya harus dilakukan. Jika kamu belum mengetahui vendor mana yang akan kamu pilih sebaiknya bisa dilakukan mengan mencarinya di internet, teman dekat, atau dari iklan tentang vendor foto yang bisa mengabadikan pernikahan kamu dengan baik. Pastikan juga bahwa vendor foto pernikahan yang mau pilih berpengalaman dan profesional di bidangnya. Untuk itu kamu bisa melihat dari testimoni dan hasil yang pernah dikerjakan oleh vendor tersebut sebelumnya.

  1. Sesuaikan dengan budget

Jangan lupa untuk mendiskusikan tentang budget yang kamu dan pasangan punya dengan vendor foto pernikahan. Biasanya mereka menawarkan beberapa paket yang sesuai dengan budget. Cobalah untuk meminta potongan harga agar bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan. Menyesuaikan budget pernikahan penting agar kamu tidak menguras kocek terlalu dalam hanya untuk satu vendor karena pastinya terdapat keperluan-keperluan lain yang lebih penting dalam urusan pernikahan.

  1. Memahami paket yang ditawarkan

Pastikan bahwa kamu dan pasangan memahami apa saja yang didapatkan dipaket foto yang telah kamu pilih. Selain itu kamu harus memperhatikan berapa lama waktu fotografer akan bekerja pada saat acara pernikahan, berapa album foto yang akan didapatkan, ada videonya atau tidak, dan masih banyak lainya. Memahami paket yang ditawarkan sangat penting agar kamu dan pasangan mengetahui apa saja timbal balik yang akan didapatkan jika kamu memilih paket tersebut.

  1. Kedekatan dengan fotografer

Pada kenyataannya, salah satu vendor yang paling sering berhubungan baik secara verbal ataupun teks ialah vendor foto pernikahan. Untuk itu kamu dan pasangan juga harus memiliki insting yang kuat apakah vendor foto pernikahan tersebut dapat diajak berkomunikasi dengan baik atau hanya sekadar menjalankan profesinya. Hal ini menjadi penting karena vendor foto pernikahan perlu mengarahkan dan bermain mood dengan calon pengantin untuk mendapatkan ekspresi foto yang maksimal. Selain itu juga bisa memilih fotografer yang kamu inginkan untuk mendokumentasikan pernikahan kamu dan pasangan. Membangun kedekatan dengan vendor ataupun sang fotografer merupakan hal yang penting.

  1. Tanyakan teknis dalam penggunaan alat

Jika kamu atau pasangan mengerti tentang dunia fotografi tidak ada salahnya untuk menanyakan detail-detail teknis seperti alat yang akan digunakan. Namun jika kamu merupakan orang yang awam dengan hal-hal tersebut melihat portofolio dari vendor foto menjadi pilihan terbaik. Ketika kamu dan pasangan melihat hasil fotonya maka disitu dapat menentukan apakah hasil fotonya telah sesuai dengan standar yang telah kamu tetapkan. Jika telah sesuai jangan ragu lagi untuk memilih vendor tersebut untuk mengabadikan momen-momen penting kamu dan pasangan selama pernikahan.

  1. Menandatangani Kontrak

Setelah kamu merasa cocok dengan salah satu vendor foto pernikahan, sangat disarankan membuat kontrak tertulis yang berisikan mengenai kesepakatan antara kamu dan vendor foto tersebut. Baca dulu baik-baik tentang isi kontrak yang ada, cobalah membuat perbandingan dengan kontrak dari perusahaan lain sebelum kamu menandatangani kontrak tersebut. Pastikan semua keinginan kamu dan pasangan tertulis dengan jelas di kontrak tersebut agar tidak ada perselisihan yang terjadi di kemudian hari.

  1. Pertimbangkan juga membuat dokumentasi video

Biasanya jasa vendor foto pernikahan juga menawarkan satu paket dengan pembuatan video. Untuk itu kamu dan pasangan juga harus melihat hasil video buatan vendor tersebut terlebih dahulu. Bicarakan juga video seperti apa yang kamu harapkan agar mengetahui kesanggupan si vendor. Jika kamu memilih vendor yang sama dalam pembuatan video, maka mintalah harga spesial karena telah memilih paket foto dan video sekaligus. Dengan membuat dokumentasi pernikahan melalui video tentunya dapat menjadikan hal menarik agar momen tersebut gampang untuk di kenang.

Konsep foto untuk dokumentasi pernikahan


Tentunya saat pernikahan kamu ingin momen tersebut dapat diabadikan sebaik mungkin agar dapat menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Dengan Dokumentasi pernikahan membuat hal krusial seperti itu dapat dilakukan dengan benar. Seperti yang dibahas di atas memilih vendor foto pernikahan yang tepat memang sangatlah penting dan harus dipertimbangkan. Selain itu konsep foto menjadi salah satu hal yang tak kalah penting untuk kamu dan pasangan pertimbangkan. Berikut ini adalah konsep dalam pengambilan foto yang sedang populer dikalangan fotografer dan bisa menjadi inspirasi untuk dokumentasi pernikahan di acara kamu dan pasangan.

  1. Drone

Drone merupakan salah satu peralatan canggih yang cara penggunaanya dengan menerbangkan kamera dan tentunya akan menangkap momen-momen yang bagus dari segala arah. drones sendiri bisa dibilang seperti mainan helikopter yang ditanamkan kamera untuk menggambil gambar dari ketinggian. Benda ini sangat populer sekarang untuk mendokumentasikan pernikahan baik dalam bentuk video ataupun foto.

  1. Film photography

Salah satu  yang sudah ada sejak zaman dulu namun sekarang tren lagi adalah film kamera. Banyak orang yang memilih mengabadikan momen mereka menggunakan kamera tempo dulu ini dikarenakan foto yang dihasilkan oleh kamera ini memiliki tone warna klasik yang tentunya akan sangat unik. Namun kelemahan kamera ini kamu tidak bisa melihat hasilnya secara cepat karena ada proses pencucian fil terlebih dahulu.

  1. Gaya foto editorial

Meniru gaya pada masalah mode juga banyak ditiru oleh para pasangan pengantin pada saat sesi foto prewedding. Gaya foto editorial bisa sangat maksimal dalam segala aspek, dari tata gaya, pemilihan lokasi, sampai busana. Jenis foto seperti ini sangat cocok untuk kamu dan pasangan kamu yang senang menjadi pusat perhatian. tentunya hal ini bagus untuk menjadi dokumentasi pernikahan yang bisa kamu dan pasangan kenang selamanya.

  1. Alami

Jika kamu tidak suka dengan foto dengan editan yang berlebihan, maka kamu akan menyukai jenis yang alami. Meskipun ada beberapa calon pengantin yang ingin foto pernikahan mereka melewati aplikasi editing terlebih dahulu namun tidak jarang juga ada yang lebih suka dengan yang alami. Untuk itu keputusan ada di tangan kamu ingin membuat foto alami atau melalui prosesi editing. Jika kamu orang yang menghargai pengambilan foto alami dengan kontras yang sudah sesuai tanpa tambahan apapun.

  1. Monokromatik

Kalau kamu dan pasanganmu tidak tahu banyak mengenai fotografi namun tetap ingin terlihat stylish dan klasik, maka jenis foto monokromatik cocok untuk kamu. Selain mendramatisir gambar, foto hitam putih juga salah satu pilihan aman untuk kamu. Selain itu pada saat memilih foto dengan tema hitam putih pastinya akan memberikan kesan yang berbeda yang akan didapatkan oleh kamu dan pasangan.

Apakah perlu dokumentasi pernikahan berupa video?


Dokumentasi bisa dibilang sebai salah satu sejarah perjalanan hidup dan ini bisa juga berlaku pada saat acara pernikahan. Dokumentasi pernikahan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan karena mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Biasanya pasangan melakukan dokumentasi melalui foto.

Namun akhir-akhir ini banyak sekali pasangan yang ramai mendokumentasikan pernikahan mereka melalui video. Video pernikahan sekarang bisa dibilang menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dokumentasi bahkan berkembang menjadi undangan pernikahan yang di unggah ke sosial media. Lalu apakah perlu membuat dokumentasi video pernikahan? Cobalah untuk menyimak hal-hal berikut ini.

  1. Video pernikahan bisa merekam lebih detail

Jika membuat dokumentasi pernikahan dalam bentuk foto hanya bisa kamu kenang dalam keadaan tidak bergerak, maka lain halnya dengan video pernikahan. Lewat rekaman video tentunya akan lebih detail karena benar-benar menampilkan suasana dan atmosfer pernikahan pada waktu itu. Mulai dari rangkaian acara, momen emotional hingga momen lucu akan diabadikan lewat video dan pastinya akan terekan lebih jelas. Tentunya ini akan mempermudah kamu dan pasangan bila ingin mengenang masa-masa itu kembali.

  1. Memerlukan biaya lebih

Ketika kamu membuat video pernikahan pastinya akan memerlukan biaya yang lebih. Bila biasanya hanya membutuhkan jasa foto pernikahan sekarang juga membutuhkan jasa video yang sudah pasti akan menambah biaya pengeluaran. Biasanya harga video pernikahan akan terpisah dengan harga foto prewedding atau wedding. Namun kamu bisa mengakalinya dengan mencari vendor yang sekaligus bisa menangani dokumentasi pernikahan baik foto ataupun video dengan meminta harga lebih murah.

  1. Wedding teaser

Jika zaman dulu video pernikahan hanya difungsikan sebagai dokumentasi pribadi saja, tentunya hanya sang pengantin dan keluarga saja yang bisa melihat proses persiapan pernikahannya. Akan tetapi dengan adanya sosial media video pernikahan sudah berkembang menjadi lebih multifungsi. Ini membuat video pernikahan bisa jadi sebagai salah satu cara mengundang tamu undangan ataupun menjadi wedding teaser.

  1. Kenang-kenangan terbaik

Melewati masa pernikahan yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup tentunya sesuatu saat kamu dan pasangan ingin mengenang masa-masa itu. Momen indah pada saat pernikahan akan sangat berbeda bentuk fisiknya dengan keadaan sekarang. Dengan dokumentasi pernikahan menggunakan video kamu dan pasangan bisa memperlihatkan bukti sejarah pernikahan kalian ke pada anak cucu kelak.

Dengan menemukan vendor yang tepat, dokumentasi pernikahanmu tentunya akan menjadi 'harta karun' yang berharga untuk masa depan kamu dan pasangan. Kamu bisa membuka kembali dokumentasi tersebut untuk dibuka bersama pasangan, teman, atau bahkan anak-anakmu kelak. Untuk menemukan vendor dokumentasi pernikahan terbaik, kamu bisa mencarinya di Wedding Market!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us