Pilih Kategori Artikel

Ide Gaun Pesta Muslim yang Buatmu Tampil Mempesona
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Gaun pesta muslim menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menggunakan tema resepsi islami atau syar'i. Berbagai model dan desain kini sudah sangat banyak dan mudah untuk didapatkan. Akan tetapi, selera setiap calon pengantin berbeda-beda sehingga tidak semua model cocok untuk semua pengantin. 

Setiap akan melangsungkan acara pernikahan pastinya kamu akan memilih dan menentukan model untuk gaun yang akan digunakan. Beberapa diantaranya juga tak jarang membuat dan memilih desainnya sendiri sehingga gaun yang akan digunakan lebih eksklusif. Untuk dress muslim biasanya memiliki berbagai ketentuan sesuai syariat. 

Misalnya tidak menerawang, tidak ketat, dan tidak berlebihan. Beberapa konsep modern atau tradisional sebenarnya bisa kamu pilih karena pada dasarnya sebagian besar tidak menyalahi ketentuan tersebut. Namun, kembali lagi dengan kenyamanan, apakah lebih percaya diri dengan model A atau model B. 

Gaun pesta muslim kini sudah semakin beragam. Budaya yang berkembang juga turut mempengaruhi apa yang saat ini digunakan termasuk desain gaun pengantin. Untuk acara resepsi desain yang digunakan biasanya lebih bervariasi dan berbeda-beda. Sementara untuk akad nikah relatif sama dan tidak terlalu banyak menambahkan variasi. 

Kamu juga bisa menggunakan beberapa ide desain yang cukup menarik berikut ini yang bisa membuat momen pernikahanmu menjadi tak terlupakan. 

1. Tulle Lapis 

wm_article_img

Foto: loveangeldress

Kain tulle juga bisa kamu gunakan pada konsep yang lebih islami. Kamu tak perlu khawatir karena bahan ini bisa tetap tertutup dan tidak menerawang meskipun bahannya sangat tipis dan transparan. Kamu harus pandai memilih kualitas atau tingkatan kain dari tulle ini dan pilihlah yang paling tebal dan tidak terlalu menerawang. 

Sebagai antisipasinya kamu bisa menggunakan kain tulle secara berlapis atau layer. Dengan begitu, gaun pesta muslim ini tidak akan begitu menerawang dan tampak lebih tebal. Kamu juga bisa menambahkan jenis kain lain seperti satin atau sejenisnya untuk menambah kesan anggun dan cantik dari gaun ini. 

Untuk desainnya kamu bisa menggunakan model A Line atau payung. Dengan begitu, kain tulle ini akan tampak lebih cantik dan jatuh menjuntai di tubuh penggunanya. Kamu bisa menggunakan hijab yang lebih tebal namun memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan warna bahan utamanya yaitu kain tulle tadi. 

Bentuk bagian lengannya bisa kamu variasikan misalnya bergelembung atau melebar. Diskusikan dengan penata busana agar hasilnya lebih cantik lagi. Pastikan kamu menggunakan bahan tulle dengan kualitas yang paling bagus agar hasilnya lebih menutup dan tentunya gaun pesta muslim ini tidak menerawang. 

2. A Line Brokat 

wm_article_img

Foto: dhgate

Penggunaan bahan brokat juga akan membuat acara pernikahanmu menjadi tak terlupakan. Brokat yang dijahit sedemikian rupa menjadi dress berbentuk huruf A ini akan menjadi dress yang anggun dan mempesona. Kamu bisa nampak lebih tinggi dan berisi jika menggunakan model atau desain seperti ini. 

Bagian dalamnya harus menggunakan jenis kain lain yang lebih tebal atau sebagai puring. Nantinya, kain brokat ini tidak akan menerawang dan tetap menutupi bagian tubuh sang pengantin. Gunakan warna yang cukup modern seperti dusty pink, mocca, biru muda atau warna lainnya yang lebih modern. 

Kain brokat pada model gaun pesta muslim ini akan terlihat detail dan jelas terutama pada bagian bawah. Kamu juga tak harus melebihkan ukuran bagian bawahnya agar nampak menjuntai atau menyapu. Tinggi gaunnya juga bisa hanya sebatas kakimu saja. Hal ini tetap tidak mengurangi keindahan gaun ini saat dikenakan. 

Gunakan brokat dengan detail yang lebih modern dan sederhana. Jangan gunakan model atau motif yang berukuran besar dan padat karena hasilnya akan kurang menarik. Jika ada pilih motif yang berukuran kecil-kecil namun cukup padat dan seragam. Pastikan bentuk motifnya seragam dan tidak terlalu banyak variasinya. 

3. Gaun Capes

wm_article_img

Foto: tanyabridal

Gaun model ini juga cukup unik dan tetap menampilkan kesan muslimah bagi seorang pengantin. Gaun pesta muslim ini menonjolkan penambahan kain di bagian bahu hingga menutupi dada. Kamu tak perlu menggunakan hijab yang panjang menutup dada karena bagian tersebut sudah tertutupi oleh capes. 

Desain seperti ini cukup modern terlebih jika kain yang digunakan juga sangat tepat. Kamu bisa menggunakan bahan brokat atau kain polos biasa untuk bagian capes. Bagian bawahnya bisa kamu buat mengembang ataupun lurus. Keduanya tetap cantik dengan menggunakan capes ini. Kamu bisa memilih salah satunya yang sesuai seleramu. 

Dress ini bisa membuatmu tampil percaya diri karena menutupi bagian dada yang memang seharusnya tertutupi. Desain gaun pesta muslim ini akan membuatmu tampil lebih modis dan elegan. Meskipun tidak menggunakan riasan wajah yang mencolok, kamu tetap bisa tampil menonjol dengan menggunakan capes ini. 

Gunakan capes hanya sampai sebatas bawah dada saja. Jangan terlalu bawah karena hasilnya tidak akan begitu menarik. Kamu bisa lebih percaya diri dan tentunya menjadi pusat perhatian para tamu undangan yang hadir di acara pernikahanmu. Gunakan hijab dan hiasan yang simple agar tidak terlalu mencolok atau berlebihan. 

4. Kebaya Lurus 

wm_article_img

Foto: dhgate

Muslimah juga bisa menggunakan kebaya saat acara pernikahan dengan konsep yang syar'i. Kamu bisa menggunakan potongan kebaya lurus yang tidak melebihi batas kaki. Gaun pengantin muslimah ini tetap cantik dan mempesona meskipun menggunakan kebaya yang kental dengan konsep adat dari suatu daerah. 

Kamu tetap bisa menggunakan hijab menutup dada dengan dipadukan bunga melati dan mahkota yang simple. Hasilnya kamu akan menjad pengantin yang syar'i namun sangat mengesankan. Kamu pasti akan tampil manglingi dan berbeda dari biasanya. Pilih ukuran yang sedikit lebih longgar agar tidak nampak ketat. 

Kamu bisa memilih warna yang lebih cerah dan soft untuk desain ini. Pastikan untuk tidak memilih warna yang terlalu gelap atau terlalu terang. Nantinya kamu akan nampak terlalu menonjol bahkan berlebihan. Apalagi konsep yang kamu gunakan ialah konsep yang syar'i. Kurang afdhol rasanya jika menggunakan warna yang berlebihan. 

Gaun pesta muslim ini bisa dengan mudah kamu jumpai di seluruh penata busana modern maupun khusus muslimah. Gaun ini cocok untuk acara akad nikah maupun resepsi. Kamu bisa tampil modis dan tak terlupakan dengan kebaya lurus ini. Pilih motif kebaya yang sederhana agar kamu lebih terlihat elegan. 

Itulah beberapa ide desain untuk gaun pengantin muslim yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menjahit secara langsung atau menggunakan gaun yang sudah jadi di vendor yang kamu pilih. Pastikan semuanya memenuhi ketentuan dan aturan yang sesuai dengan pemahamanmu agar kamu bisa tampil percaya diri.  

Desain gaun pesta muslim bisa diadaptasi dari desain modern maupun tradisional. Jika memadukan keduanya pun tidak masalah. Bahkan gaun tersebut akan membuat acara pernikahanmu tidak terlupakan karena menggunakan busana yang cantik dan anggun. Jangan lupa gunakan riasan yang sesuai dengan busananya. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...