Pilih Kategori Artikel

Tips dan Trik Memilih Gaya Rambut Pengantin Wanita Sesuai Bentuk Wajah
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Riasan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan pada persiapan pernikahan. Riasan ini bisa berupa riasan wajah, aksesoris yang akan digunakan, dan gaya rambut pengantin wanita. Semua jenis dan gaya riasan perlu kamu pertimbangkan sebaik mungkin agar mampu memancarkan kecantikan secara maksimal.

Pada kesempatan kali ini, WeddingMarket akan membagikan inspirasi gaya rambut pengantin wanita yang bisa kamu pilih sesuai bentuk wajah. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu dapat menonjolkan fitur terbaik wajah untuk menghasilkan visual yang memesona. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Gaya Rambut Pengantin Wanita

wm_article_img
Hairdresser: Woko S.

Ketika membicarakan tentang gaya rambut pengantin wanita, mungkin hal pertama yang terlintas di pikiranmu adalah model sanggul. Namun, seiring berkembangnya tata rias pengantin, model rambut pengantin wanita juga turut mengalami perubahan sesuai dengan selera.

Mulai dari gaya rambut yang diurai sederhana hingga hairdo dengan kepang yang rumit dan cantik. Semua ini bisa kamu pilih sesuai selera dan sesuai dengan bentuk wajah agar kamu semakin cantik dan elegan di hari pernikahan.

Berikut adalah beberapa saran gaya rambut pengantin wanita yang bisa kamu pilih sesuai dengan bentuk wajah:

Bentuk wajah oval

wm_article_img
Foto via Marlene Hariman

Untuk yang memiliki bentuk wajah oval, kamu sangat beruntung karena bentuk wajah ini cocok untuk menggunakan berbagai macam gaya rambut pengantin wanita. Mau disanggul, dikepang, atau digerai sederhana aja? Bisa banget!

Jika wajah kamu terlalu lonjong, maka bisa menambahkan poni untuk memberikan kesan bentuk wajah yang lebih proporsional. Panjang poninya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan tampilan yang diinginkan. Kamu bisa memangkas poni sepanjang alis atau di atas alis. Kamu juga bisa menyeimbangkan bentuk wajah dengan gaya rambut up style di bagian atas atau samping.

Hindari tatanan rambut dengan mengikatnya terlalu tinggi dan ketat di bagian sisi kepala karena hanya akan membuat wajah terlihat semakin panjang. Hindari juga meluruskan rambut karena bentuk wajah akan terlihat semakin lonjong. Buat rambut terlihat ikal atau tambahkan gelombang pada rambut untuk membuat tampilan wajah semakin menawan.

Bentuk wajah bulat

wm_article_img
Hair Stylist: Yemima Egytha

Memiliki bentuk wajah bulat cukup menantang untuk diberikan riasan karena akan selalu ada kecenderungan untuk terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan gaya rambut pengantin dengan tatanan rambut kuncir kuda. Model rambut ini memberikan ilusi tulang pipi yang lebih tinggi dan tajam.

Kamu juga bisa menambahkan volume di bagian atas kepala dengan menyasak rambut. Jika rambut kamu tipis, kamu bisa hairspray agar rambut terlihat lebih mengembang dan membuat tampilan wajah semakin proporsional. Atau kamu juga bisa memakai sanggul yang dipasang di belakang leher untuk memberikan kesan wajah yang lebih lonjong.

Hindari pemilihan gaya rambut pengantin wanita yang lurus dan rata karena model rambut ini hanya akan membuat wajah kamu terlihat semakin bulat.

Bentuk wajah persegi

wm_article_img
Foto via hairstylecamp

Wajah persegi terkenal dengan fitur wajah yang tegas dan menonjol. Bagian rahang dan pipi yang tajam, membuat penampilan kamu terlihat tegas tanpa banyak usaha. Untuk itu, kamu membutuhkan gaya rambut pengantin wanita yang bisa melembutkan bentuk wajahmu.

Kamu bisa menggunakan gaya rambut dengan sanggul rendah dan beberapa anak rambut yang membingkai wajah untuk mengalihkan perhatian dari bentuk rahang yang tajam. Model rambut yang bergelombang juga bisa membantu melembutkan tampilan wajahmu dengan baik.

Kamu juga bisa menggunakan gaya rambut pengantin wanita dengan mengurai rambut saja. Namun pastikan untuk memilih belahan rambut pada sisi kepala untuk membantu mengurangi kesan wajah yang lebar. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan poni dengan panjang hingga di bawah alis untuk menyeimbangkan bentuk wajah.

Jika ingin mengurai rambut secara simpel, hindari untuk membelah rambut di tengah karena hanya akan menonjolkan tulang pipi. Hindari juga mengikat rambut ke atas dengan ketat karena hal ini hanya akan menonjolkan area rahang dan tulang pipimu yang tajam.

Bentuk wajah hati

wm_article_img
Hairdresser: Woko S.

Selain bentuk wajah oval, bentuk wajah hati juga menjadi salah satu bentuk wajah yang paling mudah untuk dirias rambutnya. Dengan area dahi yang lebar dan meruncing ke bagian dagu, kamu bisa tampil semakin cantik dan mewah di hari pernikahan. Berikan sentuhan berupa helaian rambut ikal di sekitar wajah dan sepanjang garis rahang untuk menonjolkan tulang pipi dan memberikan kesan dagu semakin lebar.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai model poni untuk menutupi jidat yang lebar dan memberikan kesan dagu yang lebih lebar pula. Kamu cukup menghindari gaya rambut yang disisir sepenuhnya ke belakang karena hanya akan menonjolkan bentuk dahi yang lebar.

Bentuk wajah berlian

wm_article_img
Hairdo by Noey_makeup

Bentuk wajah diamond atau berlian merupakan kombinasi bentuk wajah persegi dan hati. Dengan tulang pipi yang tinggi dan bentuk wajah dengan sudut yang tajam, kamu perlu memilih gaya rambut pengantin wanita yang dapat melembutkan fitur wajah ini.

Tata rambut dengan ketinggian yang cukup pada sisi kepala untuk menyeimbangkan tulang pipi dan menonjolkan tulang rahang agar kamu dapat tampil mempesona. Model rambut yang bergelombang juga bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan wajah semakin lembut dan menawan.

Cukup hindari mengikat seluruh rambut ke belakang dan memakai busana pengantin yang terlalu ketat karena ini hanya akan membuat tampilan kamu terlalu kasar dan tajam.

Aksesoris Gaya Rambut Pengantin Wanita

Untuk memperindah gaya rambut pengantin wanita, kamu juga bisa menggunakan aksesoris tambahan pada rambut, loh. Berikut adalah beberapa aksesoris rambut yang biasa digunakan untuk melengkapi riasan pengantin wanita:

Bridal veil

wm_article_img
Foto via Hian Tjen

Kamu bisa menggunakan bridal veil atau tudung yang berupa jaring transparan dari bahan tile. Untuk ukuran panjangnya sendiri beragam. Ada yang hanya sebatas dagu, bahu, punggung, hingga yang menjuntai hingga kaki. Kamu bisa memilih ukuran panjangnya sesuai dengan baju pengantin yang dipakai.

Tiara 

wm_article_img
Foto via Hian Tjen

Buat penampilan semakin mewah dan elegan dengan menambahkan tiara pada tatanan model rambut pengantin wanita. Untuk bahan, desain, warna, dan ukurannya sendiri beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan konsep pernikahan.

Bunga 

wm_article_img
Hair Stylist: Yemima Egytha

Ada juga hiasan bunga yang dapat kamu sematkan pada rambut. Hiasan ini akan sangat cocok digunakan jika kamu melangsungkan pernikahan di luar ruangan. Jadi akan ada kesan lebih dekat dengan alam dan tampil natural.

Untuk bunganya sendiri kamu bisa menggunakan bunga asli yang masih segar atau menggunakan bunga imitasi. Namun agar tampilan bunga tetap cantik hingga ujung hari, kami sarankan agar kamu menggunakan bunga palsu yang tidak akan layu sebagaimana bunga asli.

Bulu 

wm_article_img
Foto via pinterest

Hiasan bulu juga menjadi salah satu hiasan gaya rambut pengantin wanita yang tidak kalah populer. Untuk ukuran, desain, atau warnanya juga bisa kamu sesuaikan dengan konsep pernikahan yang diterapkan. Sentuhan bulu pada rambut ini akan memperlihatkan sisi anggun dan elegan pada penampilanmu.

Itu dia beberapa tips memilih gaya rambut pengantin wanita sesuai bentuk wajah dan aksesoris rambut yang dapat kamu gunakan di hari bahagia. Mana gaya rambut dan aksesoris yang paling cocok buat kamu? Baca juga artikel lainnya seputar riasan untuk pernikahan selengkapnya di WeddingMarket biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...