Pilih Kategori Artikel

Mengenal Konsep Pernikahan Infinity Garden yang Fresh dan Ceria
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Jika dahulu hanya ada pernikahan yang memiliki konsep tradisional, nasional, atau internasional saja, kini ada semakin banyak tema turunan yang lebih spesifik dari beberapa konsep pernikahan tersebut. Salah satu yang paling populer adalah pernikahan dengan tema garden party. Di tahun 2023 ini, ada tema lanjutan yang lebih spesifik lagi, yaitu infinity garden.

Tema infinity garden terdiri dari kata infinity yang berarti tak terbatas dan garden yang berarti taman atau kebun. Jadi, maksud tema ini secara singkat adalah pernikahan dengan konsep taman yang menghampar tanpa batas. 

Lalu, seperti apa penerapan dari konsep ini dalam pernikahan sungguhan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Elemen pernikahan infinity garden

Jika mendengar namanya, kamu mungkin akan langsung membayangkan hamparan taman yang luas dengan bunga-bunga di atasnya. Bayangan kamu bisa jadi tidak salah. Berikut ini beberapa elemen yang harus ada di pernikahan dengan tema infinity garden.

1. Warna pernikahan

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Pernikahan dengan tema infinity garden identik dengan warna-warna bunga yang cerah. Ada banyak sekali bunga yang ada di dunia ini, tapi beberapa pilihan warna ini bisa dipertimbangkan untuk menjadi palet warna acara pernikahan.

  • Magenta

Pantone menentukan warna di tahun 2023 ini adalah magenta. Tak ada salahnya menggunakan warna ini untuk warna tema pernikahanmu juga. Apalagi magenta memiliki arti berani, gembira, dan optimis yang cocok digunakan untuk menyongsong kehidupan baru setelah menikah.

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

  • Pink

Pink atau merah muda merupakan warna dari banyak bunga. Warna ini merupakan pilihan yang cocok karena melambangkan suasana romantis, bahagia, santai, dan lemah lembut.

  • Ungu

Warna ungu sering disalahpahami padahal sebenarnya warna ini memiliki arti yang positif, lo. Ungu melambangkan keanggunan dan kebijaksanaan. Warna ini juga banyak ditemui di hamparan taman, mulai dari bunga lavender, camas lily, hingga hydrangea.

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

  • Oranye

Warna oranye merupakan warna cerah yang memberikan elemen kebahagiaan ke dalam pernikahan. Warna ini ternyata juga memiliki makna lain, yaitu kehangatan dan gairah.

2. Pemilihan lokasi

Dari kata tidak terbatas itu sendiri, kita akan membayangkan hamparan luas dari taman bunga sehingga beberapa tempat ini bisa dipilih untuk dijadikan venue pernikahan.

  • Taman atau kebun asli

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Kamu bisa menggunakan taman atau kebun asli untuk mendapatkan venue yang ideal. Bunga-bunga di belakangnya akan memberikan pemandangan indah dan nuansa alami. Dengan demikian, kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi tambahan.

  • Venue pernikahan outdoor

wm_article_img
Venue: The Ritz-Carlton Bali

Jika kamu tidak memiliki akses ke taman atau kebun, pernikahan bisa digelar di luar ruangan yang biasanya disediakan oleh beberapa vendor. Pastikan untuk menyewa tempat dengan luas yang cukup untuk mewujudkan mimpimu menggelar pernikahan dengan konsep infinity garden.

  • Kebun botani

Kebun botani biasanya bisa dikunjungi untuk sekadar melihat tanaman maupun berlibur. Namun, siapa sangka tempat ini bisa menjadi tempat unik untuk menggelar acara pernikahan. Berbagai jenis tanaman yang berbeda bisa menjadi latar belakang yang unik pada acara pernikahanmu.

  • Ballroom atau restoran

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Tenang saja, kamu tetap bisa menggelar pernikahan ini di dalam ruangan dengan konsep ini. Namun, usahakan untuk menggelar di ruangan yang luas seperti di ballroom hotel. Jika menggelar di restoran, pertimbangkan untuk memilih restoran dengan akses ke luar ruangan yang memiliki pemandangan bunga-bunga.

3. Dekorasi

Dekorasi dari acara pernikahan ini tentu saja terdiri dari berbagai bunga-bunga yang menghampar. Beberapa detail ini juga bisa ditambahkan ke dalam pernikahan infinity garden.

  • Bunga dan tanaman hias

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Bunga adalah unsur utama dalam pernikahan dengan tema ini. Sebaiknya gunakan bunga segar alih-alih bunga sintetis untuk membuat konsep semakin paripurna. Padukan beberapa warna seperti magenta, pink, ungu, dan oranye untuk warna yang segar. Kamu bisa menaruh bunga-bunga ini untuk latar belakang, hiasan meja, hingga hiasan lorong. Selain bunga, elemen lain seperti rerumputan dan tanaman lain bisa ditambahkan.

  • Pintu gerbang

Untuk menyambut tamu yang datang seolah mereka memasuki taman, kamu bisa membuat pintu gerbang yang indah dengan elemen dekoratif seperti bunga gantung, hiasan daun yang menjalar, atau bunga-bunga lainnya.

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

  • Jalan setapak dengan batu

Kamu bisa menghias bagian lorong atau pijakan tamu untuk berjalan dengan menyusun batu-batu. Untuk menambah kesan dramatis, lampu kecil juga bisa ditambahkan di sepanjang jalur ini.

  • Lentera dan lampu gantung

wm_article_img
Stylist: Tea Rose Wedding Designer

Salah satu dekorasi yang identik dengan taman adalah lampu-lampu yang biasanya ditaruh di beberapa titik. Lampu ini akan cocok ditaruh di venue pernikahan apabila acara digelar dari sore ke malam hari atau di dalam ruangan.

  • Kursi taman

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Untuk memaksimalkan acara pernikahan ini, kamu bisa mengganti kursi yang biasa dipakai dengan bangku taman yang dihias dengan cantik. Tamu yang duduk di sini bisa merasakan seolah mereka sedang benar-benar di taman.

  • Cermin

Cermin akan mempercantik dekorasi ruangan. Selain itu, cermin juga memiliki fungsi yang lain, yaitu membuat taman terlihat lebih luas karena pantulan yang diberikannya.

  • Bunga di plafon

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Jika ruangan tidak terlalu luas, kamu bisa mengakali dekorasi dengan menggantung bunga-bunga di bagian plafon. Pilih warna-warna yang menyala untuk membuat para tamu yang datang merasa benar-benar berada di tengah-tengah taman bunga ketika memasuki area pernikahan.

  • Hiasan meja

Ada beberapa meja yang biasanya digunakan dalam pernikahan. Meja untuk menerima tamu, meja makan untuk konsep round table dan meja untuk prasmanan. Bunga yang rimbun akan cocok digunakan untuk centerpiece. Bunga tersebut bisa ditaruh begitu saja atau ditaruh di dalam vas. 

4. Baju pernikahan dan dress code

wm_article_img
Foto via Behind The Vows

Jika venue pernikahan dan dekorasi sudah ditata dengan bagusnya, kini pengantin harus menyesuaikan pakaian yang akan dikenakan. Bukan hanya pengantin saja, tamu yang datang sebaiknya juga menyesuaikan apa yang akan mereka kenakan dengan dress code yang dicantumkan.

wm_article_imgwm_article_img

Foto via Behind The Vows

  • Pengantin wanita

  • Gaun: Gaun panjang atau midi dengan motif alam atau bunga. Warna-warna yang cerah bisa dipilih untuk tema ini.

  • Bahan: Pilih bahan lembut seperti sutra atau sifon.

  • Aksesori: Hiasan mahkota yang terbuat dari bunga asli atau gelang dari bunga-bunga bisa dikenakan.

  • Pengantin pria

  • Jas: Jas ringan atau pakaian semi formal dengan warna netral seperti abu-abu atau warna cerah bisa dipilih.

  • Kemeja: Kemeja lengan panjang juga akan cocok dengan tema ini.

  • Dasi: Dasi dengan motif bunga atau warna yang serasi dengan gaun bisa dipilih.

  • Aksesori: Topi akan memaksimalkan penampilan.

  • Dresscode tamu

  • Tamu bisa mengenakan pakaian dengan motif yang sesuai dengan tema.

  • Warna yang dipilih bisa warna cerah sesuai tema seperti pink, ungu, dan oranye.

  • Pilih pakaian semi formal, tapi tidak terlalu kasual.

5. Musik dan hiburan

wm_article_img
Fotografi: Axioo Bali

Musik dan hiburan menjadi salah satu yang akan membangun mood selama pernikahan berlangsung. Kamu bisa menyediakan hiburan ini dalam berbagai bentuk.

  • Musik live

Pertunjukan musik secara live dalam bentuk band atau akustik bisa dihadirkan. Mereka bisa memainkan lagu-lagu romantis atau lagu country yang membuat tamu seperti berada di desa.

  • Penyanyi solo

Untuk membuatnya lebih sederhana, kamu juga bisa mengundang seorang penyanyi solo untuk menyanyikan daftar lagu yang ingin dibawakan ke acara pernikahanmu.

  • Open mic atau karaoke

Jika ingin membuat acara pernikahan menjadi lebih santai, kamu bisa mengajak tamu untuk berpartisipasi dengan menyumbang lagu di acara pernikahanmu.

  • Game dan kembang api

Selain musik, game merupakan cara yang bagus untuk mencairkan suasana pernikahan. Jika pernikahan digelar hingga malam hari, kembang api bisa digunakan sebagai properti yang membuat pernikahanmu semakin berkesan.

6. Kue pengantin

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind The Vows

Kue pengantin untuk pernikahan infinity garden wedding juga menjadi salah satu hal yang akan menarik perhatian, karena pemotongan kue merupakan salah satu prosesi penting dalam acara pernikahan. 

  • Motif bunga dan daun

Bunga dan daun akan menjadi elemen yang harus ada dalam kue pernikahanmu. Motif ini bisa ditaruh di permukaan kue maupun sebagai topping.

  • Palet warna

wm_article_img
Kue pengantin: Sweetsalt

Palet warna yang dipilih bisa disesuaikan dengan palet warna yang dipilih untuk pernikahan. Rasanya pun juga bisa disesuaikan, misalnya jika berwarna oranye, kue bisa dibuat dengan rasa lemon.

  • Bentuk bertingkat

Kamu bisa memilih kue yang bertingkat untuk memberikan bentuk yang sesuai dengan tema, misalnya bentuk taman dengan tangga batu. Selain itu, tekstur kue juga bisa dibuat layaknya rumput atau kerikil.

  • Topping 3 dimensi

Selain topping yang berbentuk bunga atau daun, topping bisa berbentuk 3 dimensi seperti miniatur pohon, burung kecil,  atau miniatur pengantin yang sedang berjalan di taman.

  • Kue mini

Selain kue pernikahan yang besar untuk dipotong, kue kecil dengan hiasan yang berbeda bisa ditaruh sebagai makanan untuk tamu.

Itu dia beberapa elemen yang harus diperhatikan saat akan menggelar pernikahan dengan tema infinity garden. Wujudkan keinginanmu dengan konsep yang fresh dan ceria bak di hamparan taman yang berwarna-warni. 

Ingin tahu lebih banyak tentang tema pernikahan ala Infinity Garden yang menakjubkan? Kamu dan pasangan bisa mengunjungi WeddingMarket Fair pada 4-5 November 2023 nanti, di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Menggabungkan konsep pernikahan nasional dan tradisional, pameran pernikahan yang satu ini akan memanjakan kamu dengan menghadirkan 100+ booth vendor pernikahan terbaik dari 15+ kategori.

Selain itu, ada berbagai keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh setiap transaksi yang dilakukan seperti hadiah langsung dari vendor, voucher diskon, freebies, serta grand prize berupa sepeda motor, smartphone, paket honeymoon, staycation voucher di hotel bintang lima hingga perhiasan berlian. Tak hanya itu saja, kamu dan pasangan pun bisa test food hidangan pernikahan dari vendor-vendor catering terbaik, gratis loh! Cukup daftarkan dirimu dan pasangan melalui tautan di sini!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...