Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Macam-macam Hantaran Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika berbicara mengenai hantaran, maka ini besar kaitannya dengan acara pernikahan. Ternyata, banyak sekali macam-macam hantaran yang bisa diberikan untuk calon pasangan kamu. Hantaran disini bisa dalam konteks perhiasan, makanan, atau benda berguna yang lainnya.

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi hantaran yang cocok untuk diberikan saat pesta pernikahan maupun sebelumnya? Simak ulasan lenkap daftar rekomendasi hantaran yang bisa membuat pasangan senang di bawah ini.

1. Seperangkat Alat Sholat

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Hantaran pernikahan yang direkomendasikan pertama adalah seperangkat alat sholat. Dalam hal ini, alat sholat bisa meliputi mukenah, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an. Seperangkat alat sholat ini memberikan makna yang paling dalam mengenai tulusnya seseorang kepada pasangannya. Pada umumnya seperangkat alat sholat juga digunakan sebagai mas kawin pernikahan

2. Seperangkat Emas

wm_article_img
Foto: instagram.com/seserahandarihati

Rekomendasi yang selanjutnya adalah seperangkat emas. Kamu bisa memberikan perhiasan kepada pasangan entah itu kalung, cincin, gelang, dan lain sebagainya. Usahakan ketika membeli perhiasan Anda sudah memperkirakan ukuran yang cocok untuk pasangan. Ini dikhususkan untuk gelang dan cincin.

Beri tempat perhiasan yang romantis dan istimewa untuk mahar pernikahan emas. Salah satunya box kayu yang berkesan rustic berbentuk bulat seperti contoh di atas. 

3. Sepatu

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Apakah kamu pernah melihat hantaran sepatu? Ini sangat lumrah diberikan kepada pasangan pengantin. Hantaran pernikahan sepatu biasanya dikemas dengan unik dan mewah. Dalam pemilihan hantaran ini, kamu harus mengetahui nomor sepatu dari pasangan. Banyak orang yang mengajak pasangannya secara langsung untuk menentukan pilihan sepatu.

Ini dikarenakan banyak sekali kasus ukuran sepatu tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Solusi terbaik dalam membeli hantaran ini memang dengan mengajak pasangan secara langsung.

4. Skincare

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Hantaran pernikahan skincare juga sangat direkomendasikan untuk acara kamu. Skincare disini lengkap mulai dari facial wash, toner, serum, cream, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang juga akan memberikan skincare yang digunakan pasangannya. Ini bertujuan agar lebih bermanfaat dan bisa terpakai secara maksimal.

5. Makeup

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Setelah skincare, makeup juga seringkali dijadikan sebagai hantaran pernikahan. Makeup disini meliputi eyeshadow, lipstick, blush on, dan peralatan lainnya. Hantaran makeup pasti akan terlihat sangat mewah dan elegan. Hantaran Makeup memang wajib untuk dibawa dan diberikan untuk pasangan kamu.

6. Perlengkapan Mandi

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Hantaran pernikahan perlengkapan mandi jangan sampai terlupa kamu berikan kepada pasangan. Perlengkapan mandi ini meliputi sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk, dan lain sebagainya. Perlengkapan mandi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bisa dikatakan bahwa hantaran perlengkapan mandi akan sangat berguna dan digunakan oleh pasangan kamu.

7. Pakaian Dalam

wm_article_img
Foto: instagram.com/seserahandarihati

Seserahan pakaian dalam juga bisa kamu berikan kepada pasangan. Pakaian dalam disini meliputi lingerie, baju tidur, celana dalam, dan semacamnya. Untuk jenis mahar pernikahan ini, lebih baik kamu berbicara terlebih dahulu kepada pasangan. Ini terkait mengenai ukuran dan juga model yang disukai. 

Setelah itu, barang-barang yang sudah dibeli bisa langsung dihias dalam kotak seserahan. Hias dengan aksesoris yang cantik agar terlihat unik dan elegan.

8. Kerudung

wm_article_img
Foto: instagram.com/hantarannyagitaisk

Kerudung juga merupakan salah satu hantaran pernikahan yang menarik. Seperti yang diketahui jika jenis-jenis kerudung sangat banyak. Mulai dari segi empat, pasmina, hingga kerudung instan. Kerudung dijadikan sebagai hantaran biasanya di model cantik membentuk bunga atau semacamnya.

Memberi hantaran berupa kerudung memang sangat bermanfaat. Hadiah hantaran ini bisa digunakan oleh pasangan kamu dalam keseharian.

9. Tas

wm_article_img
Foto: instagram.com/bouquet.hantaran

Seperti yang diketahui jika seorang wanita sangat menyukai tas yang elegan. Oleh karena itu, pemilihan tas sebagai hantaran memang sangat tepat untuk dipilih. Kamu bisa memilih tas untuk kegiatan formal maupun nonformal. Ini tergantung pada kegiatan pasangan kamu. Seperti contoh ketika pasangan kamu adalah seorang wanita karir maka berikan tas yang bisa dibuat pergi ke kantor.

10. Buah-Buahan

wm_article_img
Foto: instagram.com/smerbak.store

Buah-buahan juga kerap kali terlihat di dalam susunan hantaran pernikahan masyarakat Indonesia. Buah yang biasanya digunakan untuk hantaran antara lain apel, pir, jeruk, dan anggur. Kemas buah secara rapi di keranjang dan rapikan dengan plastik buah. Ketika kamu bisa menyusun buah dengan baik maka hantaran pasti akan terlihat mewah.

11. Makanan

Hantaran pernikahan berupa makanan juga direkomendasikan. Biasanya, makanan yang dimaksud disini adalah snack ataupun jajanan khas daerah. Kamu bisa menyesuaikan makanan yang akan dijadikan hantaran berdasarkan makanan khas daerah kamu. Ini bertujuan agar tidak melupakan khas daerah. Disisi lain, jika pasangan Anda orang yang jauh dari wilayah daerah Anda makan makanan ini akan mempunyai perkenalan terkait hal yang khas dan baru.

12. Bunga

wm_article_img
Foto: instagram.com/seserahandarihati

Bunga juga menjadi hal penting dalam pemberian hantaran pernikahan. Berikan hantaran bunga sebagai simbol pernikahan Anda agar tetap abadi dan wangi. Bunga yang dijadikan sebagai hantaran ini bebas dan tidak ada pengecualian. Kamu juga bisa memberikan bunga hiasan sebagai hantaran agar bisa bertahan lama.

Berikan bunga yang bisa menumbuhkan suasana romantis dalam acara pernikahan kamu. Pasangan kamu pasti akan senang melihat dan menerimanya.

Bagaimana Cara Memilih Hantaran untuk  Pernikahan?

wm_article_img
Foto: instagram.com/cameoframe

Setelah mengetahui macam-macam hantaran, kini kamu harus mengetahui bagaimana cara memilih hantaran pernikahan. Berikut tips memilih hantaran pernikahan

1. Menyesuaikan dengan Ukuran Pasangan Pengantin

Jika kamu ingin memberikan hantaran pernikahan seperti baju, sepatu, dan perhiasan maka sesuaikan dengan ukuran pasangan. Kamu bisa langsung mengajak pasangan untuk membeli hantaran untuk pernikahan. Jangan pernah malu untuk mengajak diskusi pasangan terkait pembelian hantaran.

Ini dikarenakan banyak kasus pemberian hantaran yang tidak muat dan akhirnya tidak digunakan oleh pasangan. Pasalnya hantaran bisa dibilang sebagai mahar pernikahan. Jika terdapat kejadian seperti itu, maka tentu saja uang yang digunakan untuk membeli hantaran akan terkesan sia-sia.

2. Memilih Cita Rasa yang Khas

Dalam memilih hantaran pernikahan, kamu juga harus memilih makanan atau buah yang mempunyai cita rasa yang khas. Kamu bisa memberikan makanan atau kue khas dari daerah asal pasangan atau kamu sendiri. Biasanya makanan dan kue khas daerah mempunyai makna dalam yang baik untuk pasangan pengantin.

3. Menyesuaikan Budget Hantaran

Kamu juga harus budget yang dimiliki untuk hantaran pernikahan. Perkirakan barang apa saja yang akan dibeli dan diberikan untuk pasangan. Anda juga bisa berdiskusi terkait hal ini dengan keluarga terutama orang tua atau saudara. Jangan terlalu memaksa untuk memberikan barang mewah kepada pasangan kamu.

Ini dikarenakan dalam konteks hantaran, semua barang yang diberikan oleh pihak pria bersifat legawa dan memang diperuntukkan untuk pasangannya. Jadi, kamu juga harus mengontrol maksimal budget yang akan dikeluarkan untuk membeli budget hantaran.

Itulah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi macam-macam hantaran pernikahan. Kamu juga dapat memahami mengenai tips dalam membeli hantaran. Perlu diketahui jika hantaran pernikahan merupakan sesuatu yang dianggap sakral atas pemberian pihak pria ke wanita. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kualitas dan kuantitas barang yang dijadikan hantaran.

Untuk calon pengantin pria, berikan hantaran dengan barang-barang yang berkualitas baik dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dalam pemberian hantaran juga harus didasari rasa yang ikhlas dan tulus. Disisi lain, untuk calon pengantin wanita juga harus merasa senang dan bersyukur atas hantaran yang sudah diberikan oleh pihak pasangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...