Berapa Kisaran Harga Dekorasi Pernikahan?

18 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 106
Berapa Kisaran Harga Dekorasi Pernikahan
Foto: Liputan 6

Dalam sebuah acara pernikahan tentunya semua hal yang ada bersangkutan akan direncanakan dengan sebaik mungkin. Dimulai dari tema, hidangan, undangan, tata rias, busana,  tamu undangan, dekorasi, hingga harga dekorasi pernikahan tidak luput dari pertimbangan apakah sesuai dengan budget.  Pastikan jika Kamu ingin menikah semua hal yang menyangkut tetek bengek pernikahan harus diurus orang yang tepat.

Pernikahan meriah nan syahdu sudah pasti menjadi impian para wanita termasuk Kamu. Semuanya pasti sudah Kamu rancang dengan sangat cermat sampai pada pemilihan vendor yang akan Kamu gunakan. Berbagai konsep pernikahan yang ada pastikan sesuai dengan tema, agar tidak melenceng jauh. Beberapa hal yang harus Kamu perhatikan sebelum mengecek harga pada vendor sebagai berikut.

1. Tema dan konsep pernikahan

Disetiap pesta pernikahan tema dan konsep merupakan satu hal yang berjalan secara beriringan dan wajib dibicarakan terlebih dahulu, dimana ada konsep disitu ada tema dan begitu pula sebaliknya. Pemilihan teeema harus dipadu padankan dengan konsep, seperti tema  pernikahan tradisional yang cocok dengan konsep indoor atau tema garden party selaras  dengan konsep outdoor.

2. Tata busana pengantin

Ketika pemilihan tema dan konsep selesai selanjutnya beralih pada busana yang akan dikenakan oleh pengantin dan keluarga serta brassmaid. Busana yang dipilih harus sesuai dengan tema dan konsep yang diusung. Misalnya tema yang dipakai adalah ala cinderella, Kamu harus menggunakan busana pengantin ala cinderalla dengan nuansa biru dan putih yang meriah.

3. Lokasi pernikahan

Sebelum menanyakan harga dekorasi pernikahan tentukan dulu dimana lokasi yang akan Kamu gunakan, serta tidak lupa sesuaikan dengan tema dan  konsep yang ada. Biasanya penggunaan lokasi bisa dirundingkan dengan vendor atau serahkan semuanya pada vendor, tapi tidak ada salahnya jika Kamu ingin mengusulkan lokasi yang ingin dijadikan sebagai saksi sejarah perjalanan cintamu.

Selanjutnya beralih pada harga yang harus kita keluarkan, setelah beberapa poin tentang apa yang harus Kamu lakukan sebelum mendealkan persyaratan yang ada. Harga yang harus Kamu keluarkan tergantung tema dan konsep kelas apa yang pakai. Pernikahan dengan konsep tradisional namun glamour terkadang menghabiskan biaya ratusan juta. Pemilihan vendor yang tepat membuatmu aman jika ada masalah dengan harga dekorasi pernikahan yang dikeluarkan.

Harga untuk dekorasi ini sebenarnya bemacam-macam tergantung pada vendor masing-masing. Biasanya tarif harga dimulai dari harga puluhan juta keatas, penggunaan harga yang mahal terkadang berasal dari dekorasi jenis apa yang Kamu pilih, misalnya dalam konsep yang kamu gunakan harus mendatangkan barang impor seperti bunga, maka tarif biaya bisa sampai puluhan juta. 

Pastikan tarif harga yang digunakan tidak jauh dengan budget yang kamu tawarkan atau kamu miliki, terkadang penggunaan barang yang sulit juga bisa membuat harga yang diminta semakin besar. Untuk itu pastikan jika Kamu ingin menikah lihatlah dulu barang tersebut sulit ddicari atau mudah ditemukan sehingga bisa dijadikan untuk memilih ornament lain namun dengan harga dekorasi pernikahan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Rincian Harga Dekorasi Pernikahan


Penggunaan perincian harga untuk dekorasi pernikahan sangat penting karena Kamu akan mengetahui budget yang akan dikeluarkan serta Kamu juga bisa menentukan mana yang penting dan mana yang tidak begitu penting untuk diletakkan pada dekorasi pernikahanmu agar menghemat pengeluaran tentunya sesuai arahan vendor. 

Rincian dekorasi dimulai dari dekorasi pelaminan, dekorasi gedung, hingga lighting itu sangat penting karena semua itu termasuk dalam rincian harga. Penataan lighting yang pas serta penempatan beberapa ornament yang menarik memeliki kesan yang unik tidak membuatmu merasa rugi telah mengeluarkan harga sedemikian.Berikut perincian harga dekorasi pernikahan yang mungkin bisa menjadi refrensi.

  • Dimulai dari harga 10 jt  Kamu sudah bisa mendapat kan hasil dekorasi yang sangan bagus dengan penataan Bunga, lampu LED, pelaminan, karpet dan kursi. Juga tersedia beberapa tempat swafoto yang sangat intagramable, untuk bunga Kamu bisa menggunakan bunga segar sebagai bahan dekorasi. Tentunya inilah harga yang sangat nyaman bagi Kamu yang mungkin hanya mengundang keluarga terdekat saja.
  • Selanjutnya yaitu harga 30 jt, penggunaan pada harga ini termasuk pada dekorasi pelaminan, penerima tamu, 6 standing flower yang cantik  dan tempat kotak uang atau angpao.  Harga dekorasi pernikahan sebanyak 30 jt ini bisa Kamu tentukan lokasi yang diinginkan seperti outdoor atau indoor.
  • Untuk penggunaan dekorasi pernikahan gedung 3D atau 4D harga yang harus kamu keluarkan bisa mencapai kisaran harga 100 jt keatas, dengan beberapa ornament yang menarik serta beberapa standing flowers yang menghiasi dekorasi pesta pernikahanmu. Dan juga beberapa kursi. 
  • Banyaknya tamu undangan juga bisa mempengaruhi harga dekorasi itu sendiri, karena para vendor juga menghitung luasnya tempat dan harus berapa standing flower yang harus digunakan. Kisaran harga untuk standing flowers bisa dari harga Rp. 100.000,00 per pcs, tergantung jenis standing flower apa yang Kamu gunakan
  • Untuk harga dekorasi pernikahan tema outdoor juga bisa memakan banyak biaya  karena masih menggunakan tenda-tenda yang dimana hitungan harganya dimulai dari satuan meter dari tenda tersebut, misalkan biaya sewa permeternya Rp. 200.000,00. Panjang tenda yang kamu gunakan adalah 15 m x 15 m = 225 m, maka untuk tenda Rp. 200.000,00. X 225 m = Rp. 45.000.000,00 . 
  • Sekarang ini dalam acara pernikahan terdapat photobooth untuk para tamu yang hadir, kisaran harga yang digunakan yaitu mulai Rp. 750.000,00. Hingga jutaan tergantung vendor yang Kamu pakai. Untuk peralatan dalam photobooth bisa menaruh topi, kostum, kacamata atupun beberapa bunga disamping.

Untuk setiap konsep dekorasi pernikahan yang diusung tentunya memiliki harga yang berbeda, tergantung tipe apa yang digunakan ataupun vendor mana yang digunakan. Jika Kamu menggunakan vendor pernikahan diluar daerah Kamu, maka masih ada tambahan transportasi untuk menuju daerahmu. 

Apalagi jika mengusung tema pernikahan dengan konsep glamour dan penuh ornamen dekorasi berwarna emas atau berlian apalagi sampai menggunakan emas atau berlian  asli, itu bisa mencapai ratusan juta bahkan miliyaran rupiah hanya untuk pernikahanmu. Pastikan pilihlah konsep yang menarik dengan perpaduan warna yang sedap dipandang mata.

Pemilihan tema dengan konsep tradisional terkadang juga sangat mengesankan, beberapa vendor dekorasi ada yang menyiapkan tema pernikahan adat yang sangat mmenarik dari yang sederhana dan elegan hingga mewah namun tak terkesan norak. Kamu tinggal memilih konsep yang sesuai dengan tema yang diusung serta pastikan budget yang ada.

Biasanya vendor yang Kamu pesan sudah menyiapkan beberapa paket wedding mulai dari kisaran harga puluhan juga hingga ratusan atau bahkan miliyaran rupiah bisa kamu pilih dengan kualitas yang bagus tentunya. Sebagai calon pemakai jasa kamu bisa merundingkan harga dekorasi pernikahan dengan vendor yang Kamu gunakan.

Nah itulah tadi ulasan mengenai harga dekorasi pernikahan yang bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan berapa biaya yang harus kamu gunakan. Hindari beberapa penggunaan barang dalam dekorasi yang tidak perlu supayya lebih mengurangi pengeluaran!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket