Pilih Kategori Artikel

Belum Banyak yang Pakai, Ini 10 Ide Undangan Pernikahan Unik dan Anti Pasaran!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tak hanya berfungsi sebagai pemberi kabar bahagia, undangan juga menjadi satu hal yang menambah rasa penasaran tamu akan wujud perhelatan nantinya. Karena itu, alangkah baiknya jika pemilihan tema dan desain undangan telah kamu persiapkan dengan matang. 

Bagi beberapa orang, memilih desain undangan pernikahan yang cocok cukup memusingkan. Hal ini biasa terjadi karena mereka pun harus menyesuaikan dengan tema resepsi yang telah dirancang. Di samping itu, undangan juga dapat dikatakan sebagai salah satu memorable part dari momen pernikahan.

Nah, kali ini WeddingMarket akan memberikan 10 ide undangan pernikahan unik dan tak pasaran. Beberapa di antaranya bahkan terinspirasi dari objek umum yang jarang digunakan sebagai desain undangan. Simak, yuk!

1. Cantik dan Segarnya Sekotak Flora di Balik Undangan Akrilik

wm_article_img
Foto: Ngulik Akrilik Invitation

Siapa yang mengira bahwa bunga dan dedaunan hanya dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi? Ya, kedua elemen alami ini pun bisa menghiasi undangan pernikahan yang diukir di atas akrilik. Susun rangkaian bunga atau dedaunan di dalam kotak kemudian tutup dengan undangan akrilik yang telah dibuat. Unik, bukan? Ide undangan satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menggelar konsep intimate wedding

2. Undangan Berbentuk Kupon Voucher yang Super Simple

wm_article_img
Foto via southboundbride.com

Buat kamu yang anti ribet dan basa-basi, undangan satu ini bisa jadi pilihanmu. Layaknya kupon voucher, undangan ini hanya dibuat dari sepotong kertas berukuran mini yang kemudian dibalut dengan amplop. Selain modelnya yang simple, undangan ini juga tak akan menghabiskan banyak budget sehingga cocok sekali jika kamu berikan pada teman-teman terdekat. 

3. Penyuka Traveling? Undangan Gaya Paspor Jawabannya

wm_article_img
Foto: Samawa Weddingcard

Jika kamu dan pasangan gemar ber-traveling ria, undangan satu ini bisa jadi jawaban. Manfaatkan bentuk paspor yang lengkap dengan tiket pesawat, menjadi media isi undangan pernikahan. Lambang garuda memang sengaja dipertahankan agar konsep traveling dari undangan bergaya paspor tetap terpancar. Walaupun begitu, kamu juga boleh mengkreasikannya sesuai selera.

4. Makin Cinta Lingkungan dengan Undangan Berbahan Recycle

wm_article_img
Foto: Cameo

Siapa sangka kertas daur ulang terlihat begitu estetik ketika diwujudkan menjadi undangan? Tak hanya memancarkan sifatnya yang elegan, ketika kamu memilih menggunakan undangan recycle, itu berarti kamu juga telah berperan besar untuk menjaga lingkungan. Terlebih lagi, kamu pun tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencetak undangan pernikahan. Less paper, less budget, pollution.

5. Lucu dan Minimalis dengan Undangan Origami

wm_article_img
Foto via doublehappinesscreations.com

Kertas undangan yang lebar bukan lagi problem ketika diaplikasikan menjadi origami. Lipatan-lipatan pada undangan ini menjadikannya tampil unik layaknya kerajinan tangan. Kamu pun bebas menentukan model lipatan sesuai keinginan, dengan catatan pastikan agar undangan tetap mudah untuk dibuka-tutup. 

6. Jas dan Gaun Pengantin dalam Undangan

wm_article_img
Foto: Jual Undangan Hardcover

wm_article_img
Foto via outfittrends.com

Undangan satu ini memang terlihat biasa, tampak seperti model undangan pernikahan pada umumnya. Namun, rupanya belum banyak yang menerapkan bentuk jas dan gaun pengantin ke dalam undangan pernikahan. Kombinasi bentuk dan warna monokrom antara keduanya menghasilkan undangan yang manis dan simple. 

7. Klasik dengan Undangan Model Vinyl

wm_article_img
Foto via etsy.com

Berencana menggelar resepsi pernikahan bertema vintage? Mungkin ide undangan satu ini bisa sekali kamu jadikan referensi karena belum banyak digandrungi. Dari sekian banyak bentuk segi empat, undangan satu ini unik karena bentuk lingkarannya. Cukup manfaatkan tumpukan kaset CD bekas dan desain hingga menyerupai vinyl. Selain unik, anggaranmu pasti juga bisa dihemat, bukan?

8. Indahnya Fantasi dengan Undangan dalam Botol Estetis

wm_article_img
Foto via etsy.com

Cantik dan mewah, inilah undangan dalam balutan botol yang estetis. Tema resepsi outdoor-mu akan begitu bersinar dengan ide satu ini. Tak hanya pada outdoor party, kesan fantasi pada resepsi bertema negeri dongeng juga makin tergambar.  Beberapa hiasan kering dan pasir halus pun membuat undangan botol ini makin terlihat menawan. 

9. Simple tapi Berkelas, Gunakan Saja Desain Koran

wm_article_img
Foto: The McGinnity Room

Ragu untuk memanfaatkan ide koran sebagai desain undangan pernikahan? Wajar saja, mengingat desain koran yang terlalu biasa dan tanpa hiasan sedikit pun. Tapi coba lihat contoh undangan berikut. Layaknya headline koran dengan tinta hitam khasnya, undangan pernikahan satu ini benar-benar anti mainstream. Setiap kolom teksnya terisi dengan elemen-elemen kalimat undangan. Bahkan hasil foto prewedding juga sekaligus menggantikan peran hiasan dari ornamen undangan pada umumnya. 

10. Makin Fresh Layaknya Bingkisan dalam Balutan Daun

wm_article_img
Foto via breecraft.wordpress.com

Lipatan kertas yang disematkan ke dalam amplop memang merupakan karakter undangan pada umumnya. Agar terlihat beda dan menarik, tambahkan saja sampul yang serupa dengan bentuk daun. Tempelkan sampul di balik kertas undangan dengan posisi diagonal, lalu lipat setiap sisinya hingga membentuk persegi. Sangat cocok untuk tema pernikahan berkonsep garden party, kan?

Jadi, mana ide undangan yang berhasil menarik perhatianmu? Pilih satu dari sepuluh ide undangan unik di atas yang selaras dengan tema resepsi hari pernikahanmu. Apapun desain undangan yang akan kamu pilih nantinya, jangan lupa untuk mengkomunikasikan detail-detailnya dengan vendor kepercayaan. 

Pertimbangkan berapa banyak budget yang akan kamu keluarkan untuk mencetaknya. Banyaknya undangan yang akan dibagikan pun turut berperan sebagai estimasi jumlah katering pada hari H. Oleh karena itu, maksimalkan setiap fungsi undangan agar resepsi pernikahan ideal yang kamu idam-idamkan bisa terwujud dengan spesial.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...