Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Venue Pernikahan Outdoor
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat kamu mempersiapkan pernikahan banyak hal yang harus kamu siapkan dengan matang. Mulai  dari pemilihan tanggal, venue, tema dan yang lainnya. Saat tanggal pernikahan sudah ditetapkan saatnya kamu memilih venue yang sesuai dengan konsep yang kamu inginkan, kalau konsep pernikahan kamu memilih outdoor berikut tips memilih venue pernikahan outdoor. 

Dengan kamu menentukan konsep pernikahan terlebih dahulu, kamu akan mengetahui persiapan dan venue yang dibutuhkan, karena akan terdapat beberapa rangkaian acara yang hanya bisa dilakukan di indoor saja dan juga sebaliknya.

Kedua venue baik di indoor ataupun outdoor sama-sama mempunyai keunggulan dan juga kekurangannya, namun itu semua kembali lagi sesuai dengan konsep yang sudah disepakati bersama dengan pasangan dan keluarga. 

Sekarang ini konsep pernikahan outdoor sedang banyak digemari, karena dengan melangsungkan pernikahan di outdoor  dapat membuat suasana lebih leluasa karena berada di area luar ruangan.Saat kamu memilih konsep pernikahan outdoor banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan lebih banyak, berikut tips memilih venue pernikahan outdoor:

1. Memperhatikan Musim dan Cuaca

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah musim dan cuaca di tanggal pernikahanmu. Hal ini harus kamu pertimbangkan dengan baik karena pernikahan kamu akan diselenggarakan di luar ruangan untuk kenyamanan keluarga dan tamu undangan.

Jika kamu ingin melangsungkan pernikahan dengan tema outdoor sebaiknya pernikahan dilangsungkan pada musim panas, karena musim ini mempunyai resiko yang sedikit jika dibandingkan dengan mengadakan pernikahan di musim hujan.

Tentunya kamu tidak ingin moment bahagia kamu dan pasangan akan terkendala karena hujan. Selain itu dengan suasana yang cerah proses dokumentasi akan berjalan lancar dan mudah. 

Waktu pelaksanaanpun bisa kamu pertimbangkan, jika mengusung konsep garden party cocok diselenggarakan pada pagi, sore atau malam hari, dan jangan dilaksanakan di siang hari karena cuaca akan terik dan para tamu undangan akan terkena sinar matahari langsung.

2. Memastikan Akses Lokasi Terjangkau

Setelah kamu mempertimbangkan musim dan cuaca hal selanjutnya adalah memilih venue yang aksesnya dapat terjangkau dari kedua belah pihak, atau jika kamu dan pasangan berbeda kota atau domisili kamu bisa memilih tempat yang dekat dengan kamu.

Selain itu akses menuju lokasi wedding venue pun harus kamu pertimbangkan dengan baik, dan harus mudah diakses oleh para tamu undangan, jadinya kamu harus memilih tempat yang strategis agar dapat memudahkan bagi semua pihak.

3. Menyesuaikan dengan Konsep Pernikahan

wm_article_img
Foto: Allef Vinicius from Unsplash

Tips memilih venue pernikahan outdoor selanjutnya sesuaikan dengan budget. Pernikahan di outdoor akan lebih mudah dan fleksibel untuk di laksanakan baik dengan menggunakan konsep modern ataupun tradisional. Kamu bisa membuat pernikahan dengan konsep outdoor minimalis, outdoor rustic, atau yang lainnya, atau kamu juga bisa menyesuaikan konsep dengan venue baik konsep di pantai, di taman, di café atau yang lain.

4. Memeriksa Fasilitas yang Disediakan

Selanjutnya yang harus diperimbangkan adalah memeriksa fasilitas yang disediakan di tempat tersebut, meskipun kamu menyelenggarakan pernikahan di outdoor kamu tetap harus memerhatikan fasilitas agar acara kamu berjalan dengan lancar.

Kamu bisa memeriksa tempat yang kamu pilih mempunyai kapasitas yang mampu menampung tamu undangan, tersedia kamar mandi yang bersih, tempat parkir yang luas untuk tamu undangan, sistem keamanan yang terpercaya dan fasilitas yang lainnya.

5. Memastikan Venue Mempunyai Aula atau Ruangan Khusus

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi hujan yang tiba-tiba, tips memilih venue pernikahan outdoor kamu bisa memilih venue yang mempunyai aula atau ruangan khusus yang bisa digunakan jika tiba-tiba hujan turun mendadak, sehingga para tamu tetap akan bisa menikmati pesta pernikahan kamu dengan nyaman.

6. Sesuaikan dengan Budget

wm_article_img
Foto: Ben Rosett from Unsplash

Wedding venue yang sering digunakan biasanya sudah bekerja sama dengan beberapa vendor pernikahan, sehingga mereka akan menyediakan paket dengan harga yang lebih terjangkau. Akan tetapi jika kamu menyelenggarakan pernikahan di tempat yang belum bekerja sama dengan vendor pernikahan, kamu bisa mencarinya secara terpisah.

Jika venue dan vendor pernikahan yang kamu dapatkan terpisah, kamu bisa mengkomunikasikan dengan baik mengenai konsep dan keinginan kamu kepada kedua belah pihak tersebut, agar mereka bisa bekerja sama untuk merancang pernikahan yang terbaik.

7. Pesan Tempat Lebih Awal

Setelah kamu merasa cocok baik dengan pihak venue maupun vendor, kamu bisa melakukan segera pemesanan, karena jika mendadak memesannya dikhawatirkan venue yang kamu inginkan sudah dipesan oleh orang lain.

Selain itu juga jika jauh hari kamu sudah memesan venue pernikahan menunjukan persiapan yang matang, sehingga pihak venue dan vendor tidak akan meragukan itikad baik kamu dan pasangan, dan juga persiapan yang dilakukan akan lebih cermat dan tepat.

Nah itu dia beberapa tips memilih venue pernikahan outdoor yang harus kamu ketahui sebelum menentukan venue outdoor untuk pernikahan yang akan kamu langsungkan. Ketahui juga venue pernikahan outdoor Jakarta terhits yang bisa kamu andalkan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...