Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Baju Pengantin Korea Warna Putih dari 15 K-Drama yang Hits
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Baju pengantin menjadi salah satu hal esensial yang harus dipersiapkan dengan detail, apalagi untuk calon pengantin perempuan. Gaya dan warna akan menjadi hal yang harus disesuaikan dengan bentuk tubuh hingga tema pernikahan. Biasanya, gaun yang dikenakan untuk acara pernikahan akan memiliki warna putih. Selain kesan suci dan elegan, warna ini juga memiliki kesan minimalis. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dengan modelnya.

Salah satu referensi yang bisa kamu gunakan adalah baju pengantin Korea yang bisa kamu lihat melalui beberapa drama. Berikut ini beberapa di antaranya. Simak sampai habis, ya!

1. Gaun vintage Sung Bora di Drama Reply 1988

wm_article_img
Foto via Pinterest

Sesuai dengan judulnya, latar dari drama Korea yang satu ini adalah tahun 1988 sehingga pakaian yang dikenakan pun terkesan vintage jika dilihat sekarang. Salah satunya adalah gaun yang dikenakan oleh Sung Bora. Ia mengenakan gaun berwarna putih ivory. Potongan bagian bahu yang dipilih adalah square neck yang mengekspos bagian leher, tapi tetap menutupi lengan bagian atasnya.

Sementara itu, model lengan menonjolkan kesan vintage yang kuat pada gaun ini dengan bentuk bell sleeves. Bagian bawah pun membentuk ball gown dengan petticoat yang membuatnya mengembang. Melengkapi penampilan ini, Bora mengenakan veil dengan ukuran yang tidak terlalu panjang.

2. Two pieces wedding dress Song Ma-rin dari Drama Tomorrow, with You

wm_article_img
Foto via Pinterest

Shin Min-ah selalu tampil menggemaskan, termasuk di drama Tomorrow, with You. Pada adegan pernikahannya, ia mengenakan gaun yang tidak biasa. Jika biasanya gaun pernikahan hanya terdiri dari satu potong saja, gaun yang satu ini terdiri dari dua potong, yaitu atasan dan bawahan. Atasan gaun ini terbuat dari bahan lace dengan lengan pendek dan potongan crop top.

Sementara, bagian bawahnya adalah rok mermaid yang memiliki ciri khas ketat pada bagian atas dan mengembang di bagian bawah seperti ekor ikan duyung. Ia juga mengenakan veil di rambutnya yang ditata half up half down yang memberikan kesan kasual. 

3. Gaun minimalis dan elegan ala Seo Dal-mi di Startup

wm_article_img
Foto via sbsstar.net

Startup adalah salah satu drama yang sempat ramai dengan visual pemain kelas A. Bagian foto pernikahan Seo Dal-mi dan Nam Do-san ini juga mencuri perhatian. Di sini Dal-mi tampak mengenakan dress putih berpotongan lurus tanpa tambahan embel-embel hiasan di permukaannya. Bagian bahu dibuat square neck.

Yang menarik adalah bagian lengan yang memiliki model cape dengan dua layer yang menambah volume bagian ini. Tampilan minimalis ini semakin paripurna dengan pemilihan tiara yang juga berukuran kecil.

4. Simple A-line dress Yoon Ji-ho di Because This is My First Life

wm_article_img
Foto via Koreaboo

Pernikahan ini merupakan pernikahan kontrak yang dilakukan supaya kedua pemeran utama bisa tinggal bersama sehingga lebih menghemat pengeluaran untuk membayar rumah tersebut. Makanya, pakaian yang dikenakan dalam pernikahan pun terkesan sederhana. Meskipun minimalis, gaun berbentuk A-line ini tetap terlihat elegan. Walaupun tidak ada hiasan maupun motif, pusat perhatian justru bisa dialihkan ke mahkota tumbuhan yang membuatnya terlihat tidak berlebihan.

5. Gaun indah yang dreamy milik Kim Mi-so dari What’s Wrong with Secretary Kim

wm_article_img
Foto via Pinterest

Gaun yang dikenakan oleh Kim Mi-so dari What’s Wrong with Secretary Kim ini memberikan kesan anggun dan dreamy. Potongan off shoulder dengan kain tile, bagian atas gaun yang dibordir berbentuk bunga, dan bagian bawah yang mengembang berbentuk A-line membuat tampilannya sangat memesona. Headpiece yang digunakan untuk menempelkan veil dari bahan kain tile juga melengkapi penampilan dreamy mempelai ini.

6. Gaun lace yang cantik Cha Yu-ri dari Hi, Bye Mama

wm_article_img
Foto via Pinterest

Drama yang satu ini sukses menguras air mata bagi penontonnya. Namun, tak bisa dimungkiri gaun pernikahan yang dikenakan oleh Cha Yu-ri terlihat sangat cantik. Gaun ini sebenarnya memiliki potongan yang sederhana dengan lengan pendek. Namun, motif tiga dimensi yang menutupi seluruh bagian membuat gaun ini terlihat cantik dan naik kelas. Baju pernikahan ini bisa dipadukan dengan veil maupun sekadar rambut yang terurai.

7. Ruffle dress ala Ji Eun-tak dari Guardian: The Lonely and Great God

wm_article_img
Foto via Pinterest

Gaun yang dikenakan oleh Ji Eun-tak pada drama Korea Guardian: The Lonely and Great God ini tampak sederhana dengan bahan yang jatuh. Bahan ini bisa membingkai tubuhnya yang ramping dan tinggi. Sementara itu, supaya gaun tidak terlihat membosankan, aksen ruffle ditambahkan di bagian bawahnya. Sementara bagian bahu ditambahkan layer cape dengan warna transparan. Pada saat adegan pernikahan, Eun-tak melengkapi tampilan ini dengan mahkota tumbuhan yang cantik.

8. Gaun shiny ala Da-kyung di The World of The Married

wm_article_img
Foto via Pinterest

Meskipun menceritakan tentang perselingkuhan, drama ini juga memberikan inspirasi gaun pernikahan yang cantik. Gaun yang dikenakan Da-kyung ini dibuat dari kain satin yang membuatnya terlihat bersinar. Bagian bahu dibuat off shoulder, sementara bagian bawahnya dibuat mengembang dengan model mermaid

9. Gaun yang chic ala Do Bong-soon di Strong Girl Bong-soon

wm_article_img
Foto via Pinterest

Jika biasanya gaun pernikahan memiliki panjang sampai mata kaki atau bahkan melebihinya, gaun yang dikenakan oleh Do Bong-soon ini justru memiliki panjang asimetris di mana bagian depan hanya sepanjang lutut dan bagian belakangnya menjuntai ke belakang. Meskipun begitu, gaun ini memiliki panjang lengan hingga siku yang membuatnya terlihat tidak terlalu terbuka. Potongan gaun ini bisa dipilih untuk pernikahan semi formal dan cocok untuk seseorang yang memiliki bentuk tubuh petite. Tentu saja, tinggi badan juga perlu ditopang oleh sepatu dengan sol dan hak yang tinggi.

10. Gaun v-neckline ala Ko Mi-ho di Big Mouth

wm_article_img
Foto via Pinterest

Yoona memiliki wajah yang anggun dan cantik paripurna sehingga apapun yang dikenakannya akan terlihat cantik. Contohnya saat ia memerankan Ko Mi-ho dan mengenakan gaun polos yang memiliki model v-neck ini. Bagian bawahnya dibuat menjuntai, tapi lengannya dibuat sederhana dengan potongan pendek. Ia juga mengenakan headpiece berbentuk tiara untuk memasang veil polos dari kain tile.

11. Gaun memesona ala Hye-jin dari Hometown Chachacha

wm_article_img
Foto via imdb

Hye-jin digambarkan sebagai wanita kota yang senang mengenakan pakaian bermerek. Di pernikahannya, ia mengenakan gaun yang memesona dengan detail ruffle. Sementara itu, bagian leher sebenarnya dibuat dengan strap tipis, tapi ditutup dengan kain tile yang membentuk lengan dengan model balon. Kain ini juga digunakan untuk membuat veil yang menjadi hiasan kepala.

12. Gaun berbentuk blazer Na Jeong-seon dari drama VIP

wm_article_img
Foto via dispatch.co.kr

Bosan dengan gaun panjang dengan potongan bahu dan bagian leher yang biasa? Mungkin ini saatnya kamu meniru gaya Na Jeong-seon dari drama VIP ini. Alih-alih mengenakan gaun, ia memakai 2 pieces terdiri dari atasan blazer dan bawahan rok selutut dengan aksen ruffle yang cantik. Warna kedua piece ini sama, yaitu ivory yang membuatnya tampak serasi. Sementara itu, veil yang juga memiliki warna yang sama dibentuk pita besar yang membuat penampilannya unik.

13. Ballgown dengan pita besar ala Cheon Sa-rang di King The Land

wm_article_img
Foto via instagram/celebs_fashion_style

Kali ini Yoona yang berperan sebagai Cheon Sa-rang menggabungkan kesan elegan dengan lucu dalam satu busana yang dikenakan dalam pernikahannya di King The Land. Ia mengenakan ball gown yang menjuntai hingga ke bagian belakang.  Square neck tanpa lengan ini memberikan sentuhan playful. Ditambah lagi bagian pita yang ditaruh di bagian depan gaun. Gaun yang polos pun terlihat unik dan menyenangkan untuk dilihat. Untuk mengimbanginya, veil dengan motif titik-titik polkadot juga ditambahkan.

14. Gaun dengan motif 3 dimensi ala Pyo In-sook di The One and Only

wm_article_img
Foto via allkpop

Jauh dari kesan polos, gaun yang dikenakan oleh Pyo In-sook di The One and Only ini justru terlihat menarik dengan motif yang timbul. Jika diperhatikan lebih detail, motif ini berbentuk seperti kelopak bunga, tapi juga sekaligus mirip tetesan air. Bukan hanya pada baju, motif yang sama juga dikenakan untuk bagian veil. Melengkapi gaun dengan lengan pendek ini, sarung tangan yang menutupi hingga bagian wrist juga dikenakan.

15. Gaun unik dengan kerah ala Gang Seo-heo di Sisyphus: The Myth

wm_article_img
Foto via HanCinema

Gaun yang dikenakan Gang Seo-ho di Sisyphus: The Myth memiliki beberapa aksen unik. Pertama bagian neckline yang dibuat dengan kerah. Kemudian, bagian lengan dibuat dengan model puffed sleeve yang memberikan sentuhan vintage. Sementara itu, sisanya gaun memiliki bentuk A-line yang cantik. Kesan elegan tetap didapatkan dari pemilihan bahan kain dari satin yang berkilau.

Nah, itu dia beberapa inspirasi gaun pernikahan Korea yang dikenakan di beberapa judul drama. Meskipun semuanya memiliki warna putih, modelnya tetap berbeda-beda sehingga memberikan kesan yang berbeda-beda pula. Kamu bisa menggunakan gaun pernikahan ini sebagai referensi yang disesuaikan dengan tema pernikahan dan kesan yang ingin kamu tampilkan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...