Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Baju Pernikahan Warna Hijau, Tampil Anggun dan Menawan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dalam pernikahan gaya internasional, biasanya pengantin perempuan identik dengan gaun pernikahan berwarna putih yang melambangkan kesucian dan kemurnian. Sementara itu, jika pernikahan digelar dengan adat tradisional, baju yang dikenakan akan lebih beragam bentuknya sesuai tradisi. Biasanya setiap daerah juga memiliki kepercayaan akan warna yang dipilih sebagai baju pernikahan. Namun, kini ada semakin banyak pilihan model dan warna pakaian menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan preferensi calon pengantin yang akan mengenakannya.

Salah satu warna cantik yang juga memiliki makna mendalam adalah warna hijau, yakni melambangkan pertumbuhan, kesuburan, serta harapan-harapan baik. Nah, berikut ini adalah beberapa inspirasi baju pernikahan berwarna hijau dalam berbagai model yang bisa kamu sontek saat menikah nanti. Simak yuk selengkapnya!

1. Kebaya hijau dipadukan dengan suntiang emas

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Galih Prakarsa

Suntiang adalah aksesori kepala adat Minangkabau yang biasa dikenakan saat menikah. Biasanya pengantin Minang akan mengenakan baju kurung dan kain songket saat menikah. Namun, kini makin banyak pengantin yang mengenakan kebaya modern yang masih dipadukan dengan bawahan kain songket. Kebaya dengan train ini menjadi jawaban saat kamu ingin membuat pakaian panjang menjuntai, tapi bukan gaun. Warna hijau yang dipilih bisa dipadukan dengan payet warna emas yang sesuai dengan warna suntiang untuk membuatnya terlihat semakin mewah.

2. Kebaya dengan train tiga dimensi

wm_article_img
Kebaya pengantin oleh Ronauli Liu

Kebaya kurung yang satu ini tampak mewah, elegan, unik, dan vibrant sekaligus. Warna hijau yang dipilih sebagai dasar adalah dusty pine green, kemudian dipadukan dengan warna-warna yang lain pada benang dan hiasan yang ditambahkan. Aksen unik dari kebaya yang satu ini adalah bagian train yang dibuat detachable. Kainnya yang semi transparan dihias dengan berbagai hiasan, seperti kristal, payet, mutiara, hingga swarovski. Baju mewah ini bisa mengimbangi aksesori emas yang dikenakan pengantin.

3. Kebaya dengan train bordir 

wm_article_img
Kebaya oleh Myrna Myura

Sekilas, kebaya ini mungkin mirip dengan yang sebelumnya karena juga memiliki detachable train yang unik. Namun, terdapat beberapa perbedaan, yaitu warna kebaya yang satu ini adalah edamame green. Selain itu, detail aksen yang ada di bagian train adalah bordiran dengan payet yang memiliki motif bunga-bunga dan beberapa motif lain. Selain itu, kebaya ini dikenakan di pernikahan dengan adat Jawa sehingga warna yang dipilih juga tampak harmonis dengan warna bunga melati sebagai hiasan kepala. 

4. Kebaya klasik dengan modifikasi yang elegan

wm_article_img
Kebaya pengantin oleh Gugi Nugraha

Pengantin yang mengenakan paes biasanya memakai kebaya beludru berwarna hijau yang lebih pekat untuk pakaiannya. Namun, warna hijau ini ternyata bisa disesuaikan supaya lebih modern dengan pilihan yang lebih terang. Begitupun dengan bahan kebaya yang dipilih. Tambahan hiasan payet berwarna silver dan rose gold juga membuat kebaya ini semakin tampak mewah. Jangan lupa tambahkan bawahan batik untuk mendapat kesan anggun yang semakin paripurna.

5. Baju kurung dengan modifikasi

wm_article_img
Kebaya pengantin modern oleh Dinda Firdausa Kebaya

Baju kurung yang satu ini tampak berbeda karena dibuat dengan modifikasi model yang terlihat asimetris di bagian bawahnya. Memilih warna kebaya hijau lime dengan payet warna yang sama menciptakan keserasian dengan aksen selendang tulle berwarna lebih terang yang disangkutkan pada bagian sampingnya. Hal ini untuk mengimbangi songket berwarna emas yang senada sehingga tidak tampak berlebihan.

6. Baju kurung simpel dengan layer

wm_article_img
Kebaya oleh Myrna Myura

Meskipun pemakaian train sedang menjadi tren di kalangan kebaya modern, kamu bisa membuat baju kurung dengan potongan sampai lutut saja, kok. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, kamu bisa membuat potongan asimetris di bagian depan serta menambahkan layer untuk kesan yang unik. Baju kurung pun menjadi terlihat simpel, tapi tetap terlihat menyenangkan untuk dilihat.

7. Kebaya tunik ala Madura

wm_article_img
Kebaya oleh Puji Antari Brides

Kebaya tunik memiliki bentuk yang simpel, tapi kamu bisa membuatnya naik kelas dengan menambahkan detail payet berwarna hijau dengan beberapa shade warna yang berbeda seperti ini. Tambahan aksen belt di pinggang akan membuat siluet tubuhmu semakin terbentuk sehingga bisa membuatmu tampak lebih ramping.

8. Kebaya hijau sage dengan aksen kain tulle

wm_article_img
Kebaya pengantin oleh Renzi Lazuardi

Warna hijau sage sedang menjadi tren belakangan ini. Kamu juga bisa menerapkannya ke dalam warna pakaian pengantinmu. Model pakaian dengan potongan high neck akan cocok untukmu yang mengenakan hijab. Supaya tidak membosankan, kamu bisa menambahkan aksen kain tulle yang menjuntai dari bahu. Cukup hias bagian bawahnya saja, kesan simpel dan elegan akan sukses kamu dapatkan.

9. Baju bodo yang meriah

wm_article_img
Baju pengantin Bugis oleh Myrna Myura

Baju bodo adalah baju adat Makassar yang memiliki ciri khas bentuknya yang longgar. Baju ini sebenarnya juga memiliki ciri khas bentuk lengannya yang biasanya pendek. Namun, kini sudah banyak dimodifikasi, salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi lengan panjang. Modelnya pun kali ini dibuat lebih ramai dengan detail payet berwarna emas dan merah yang menyesuaikan dengan bunga sebagai hiasan rambut. Aksen wiru pada atasan bagian bawah juga membuatnya terlihat semakin unik.

10. Baju bodo klasik dengan lipa sabbe

wm_article_img
Baju pengantin oleh Beblooms Wedding

Jika baju adat Makassar yang sebelumnya memiliki banyak modifikasi, baju bodo yang satu ini hanya dimodifikasi bagian lengan yang dibuat panjang. Atasan ini dipadukan dengan bawahan lipa sabbe yang merupakan kain sarung tenun yang biasanya menggunakan benang sutra dan memiliki corak yang khas. Atasan dan bawahan ini terlihat menarik karena memiliki warna senada, yaitu hijau dan emas. 

11. Baju Pengantin Koto Gadang yang menawan

wm_article_img
Baju Pengantin Koto Gadang oleh Ronauli Liu

Pakaian adat Sumatera Barat ini memiliki ciri khas tingkuluak talakuang yang berupa penutup kepala berbentuk persegi panjang, biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan pakaian yang dikenakan. Sementara itu, biasanya baju Koto Gadang yang dikenakan memiliki warna merah. Namun, kini ada juga yang membuatnya dengan berbagai macam warna, termasuk hijau mint yang segar seperti ini. Untuk menonjolkan kesan mewah, berbagai hiasan dan aksesori berwarna emas bisa ditambahkan.

12. Baju beludru khas Paes Putri

wm_article_img
Kebaya Jawa bludru oleh AnchaWedding

Baju beludru yang dikenakan oleh pengantin Jawa biasanya berwarna hitam atau hijau. Bentuknya adalah kutubaru yang bagian bawahnya dibuat sampai lutut atau lebih panjang. Jika mengenakan hijab, bagian dada bisa ditutupi menggunakan manset yang memiliki warna senada dengan pakaian yang dikenakan. Pakaian ini memiliki aksen hiasan dalam bentuk bordir yang dibuat dengan benang emas yang cocok dengan aksesori yang dikenakan dan cunduk mentul di kepala.

13. Kebaya klasik dengan potongan fit body

wm_article_img
Kebaya pengantin oleh Sanggar Kinang

Jika ingin tampil secara elegan dengan potongan simpel, kebaya klasik fit body ini akan cocok dikenakan. Payet yang dipilih pun cukup yang memiliki warna senada dengan kebaya. Cukup pasangkan dengan bawahan batik, maka tampilan yang anggun ini sudah bisa didapatkan. Jangan lupa pasangkan juga dengan hijab dan sepatu yang memiliki warna hijau juga, ya.

14. Gaun berwarna hijau olive

wm_article_img
Gaun kebaya pengantin oleh Sanggar Kinang

Selain berbagai pakaian tradisional yang unik dan cantik, ada juga baju pengantin hijau dalam bentuk gaun yang bisa kamu kenakan. Untuk membuatnya lebih nyaman, kamu bisa membuat gaun dengan model A atau fit di bagian atas dan longgar di bagian bawahnya. Untuk tampilan elegan, kamu bisa menggabungkan warna hijau olive yang menjadi dasar gaunmu dengan pernak-pernik dan aksesori berwarna silver. 

Nah, itu dia beberapa baju pernikahan dengan berbagai model yang memiliki warna hijau yang bisa kamu sontek sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan bentuk tubuhmu supaya bisa mendapatkan penampilan terbaik, ya. Selain itu, jangan lupa untuk banyak-banyak berdiskusi dengan penjahit atau desainer busana pernikahan kamu. Temukan juga berbagai vendor gaun pernikahan terbaik di WeddingMarket store. Semoga menemukan baju pernikahan impianmu ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...