Pilih Kategori Artikel

15 Inspirasi Pose Foto Pengantin, Lebih Luwes dan Anti Canggung
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan adalah momen istimewa yang diharapkan hanya sekali seumur hidup bagi setiap pasangan. Oleh sebab itulah, momen ini harus diabadikan untuk diingat lagi satu tahun, sepuluh tahun, atau berpuluh-puluh tahun ke depan. Salah satu caranya adalah dengan menangkapnya dalam bentuk foto atau video. Banyak foto yang diambil candid selama prosesi berlangsung, tapi banyak juga yang mengharuskan pasangan pengantin berpose dengan sadar kamera untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Sayangnya, tidak semua orang bisa luwes melakukan pose foto karena tidak biasa berada di hadapan kamera sehingga hal ini harus dipersiapkan juga. Ekspresi wajah, posisi tangan, gaya kaki, semuanya bisa serba canggung. 

Jika kamu merasa seperti itu juga, mungkin kamu memerlukan referensi untuk melakukan pose foto pengantin di depan kamera. Tenang, beberapa referensi ini mungkin bisa kamu pakai sebagai inspirasi. Simak yuk selengkapnya!

1. Berlari bergandengan

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Pose ini bisa dilakukan di lorong hotel atau di luar ruangan dari ruang ganti menuju venue acara. Pose berlari sambil bergandengan tangan ini menunjukkan bahwa kalian berdua sudah siap untuk menyongsong kehidupan baru, yaitu pernikahan. Namun, perhatikan juga pakaian saat melakukan pose ini, ya. Pakaian adat biasanya memiliki model sempit di bagian bawahnya sehingga harus hati-hati saat melakukan pose ini.

2. Bergandengan dari belakang

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Jika kamu tak terlalu percaya diri berfoto dengan kelihatan wajah, gaya foto pengantin yang satu ini wajib dipertimbangkan. Pilih background yang memiliki pemandangan bagus seperti kaca jendela hotel yang lebar atau jika venue pernikahan memiliki view yang bagus, kamu juga bisa memanfaatkannya. Untuk menambahkan kesan romantis, kamu bisa melakukan pose bergandengan tangan bersama pasangan.

3. Bergandengan dan bertatapan

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Gaya yang satu ini adalah pose standar yang bisa dilakukan oleh hampir semua pengantin. Kamu dan pasangan bisa berjalan berdua menyusuri aisle dengan bergandengan. Jangan lupa untuk tersenyum lembar menandakan betapa bahagianya kalian setelah resmi menikah. Lalu, jangan lupa untuk saling menatap dengan dalam. Selain membuat hasil foto lebih romantis dan natural, kalian berdua juga bisa menghindari menatap kamera. Cocok untuk si canggung di depan kamera.

4. Wine toast

wm_article_img
Fotografi: Nocture

Kadang kala pose menjadi canggung karena posisi tangan yang sering membuat bingung. Hal ini bisa diatasi dengan bantuan properti, seperti bunga atau gelas. Makanya, kamu dan pasangan bisa berpose melakukan wine toast untuk mengurangi kecanggungan pose tangan. Ini adalah salah satu gaya foto pengantin di pelaminan yang bisa diambil tanpa pengantin perlu sadar kamera.

5. Mencium kening

wm_article_img
Fotografi: Manakala Project

Salah satu gaya foto pengantin yang tak boleh ketinggalan adalah pose mencium kening. Pose ini sarat akan kesan romantis yang akan membuat siapa pun yang melihatnya ikut berbunga-bunga. Selain membiarkan tangan berada di samping tubuh masing-masing, pasangan juga bisa memegang lengan atas atau pundak untuk membuat foto semakin natural.

6. Pose kocak dengan lidah menjulur

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Kamu dan pasangan orang yang kocak? Jika demikian, kalian mungkin tidak akan kesulitan saat di hadapan kamera. Namun, jika tidak ingin terlihat berlebihan, kamu dan pasangan bisa meniru gaya ini. Pengantin laki-laki bisa duduk di kursi sambil menjulurkan lidah dan pengantin perempuan bisa menunduk sambil mencium pipi pasangan. Selain kocak, foto ini tetap terlihat manis apalagi dengan bunga yang dibawa oleh pengantin wanita.

7. Pamer buku nikah

wm_article_img
Fotografi: Capture Your Moment

Selain menunjukkan cincin, salah satu pose foto yang tak boleh ketinggalan adalah menunjukkan buku nikah yang membuktikan bahwa kalian berdua telah menjadi pasangan yang sah. Namun, biasanya pose ini hanya dilakukan dengan berdiri berdampingan dan menunjukkan buku dengan satu tangan dan posisi tubuh yang menghadap ke kamera saja. Padahal, kalian berdua bisa berpose dengan memegang buku nikah menggunakan dua tangan, lalu mendekatkan wajah supaya terlihat lebih mesra, lo.

8. Sama-sama menghadap ke samping

wm_article_img
Fotografi: Cappio Photography

Jika biasanya pasangan sama–sama menghadap ke depan atau justru berpose berhadapan, kini kamu dan pasangan bisa menghadap menyamping ke arah yang sama. Supaya tidak menimbulkan kesan bermusuhan, pengantin perempuan bisa menggandeng mesra lengan pasangannya. Jika ingin pengantin perempuan yang berada di depan, pengantin laki-laki bisa memegang pinggang pasangan. Jangan lupa bawa buket bunga supaya hasil fotomu semakin cantik.

9. Merapikan baju

wm_article_img
Fotografi: Cappio Photography

Pose ala candid yang sebenarnya dilakukan secara sadar juga bisa menjadi inspirasi hasil foto yang natural. Kamu bisa berpura-pura memasangkan aksesori seperti dasi atau korsase pada pakaian pasangan. Jangan lupa melakukannya sambil tersenyum lebar untuk menunjukkan bahwa kalian sedang berbahagia. Foto ini bisa diambil di tempat persiapan pengantin. Kamu dan pasangan juga bisa melibatkan keluarga untuk membuat foto ini menjadi lebih hidup.

10. Mengangkat bunga dengan bahagia

wm_article_img
Fotografi: Cappio Photography

Untuk menghindari kesan canggung dan bingung, kamu dan pasangan bisa menggerakkan semua tubuh ketika berfoto, misalnya pengantin perempuan mengangkat buket bunga tinggi-tinggi sambil meliuk seperti ini. Pengantin laki-laki  bisa menatap ke arah pengantin perempuan supaya bisa tetap memberikan sentuhan romantis. Kemudian, jangan lupa untuk tetap bergandengan tangan, ya~

11. Menatap, tapi berjarak

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Kamu dan pasangan mungkin bukan tipe orang yang nyaman berfoto dengan memperlihatkan kemesraan sehingga rasanya sulit jika harus berfoto dengan menempel. Tenang, kamu dan pasangan tetap bisa mendapatkan hasil foto manis walaupun ada jarak di antara kalian berdua. Pun, kalian tidak perlu berdiri berhadapan. Pengantin perempuan bisa membelakangi pasangan, tapi tetap menengok untuk memberikan tatapan yang hangat. Sementara itu, pengantin laki-laki bisa berada di belakangnya dan membalas tatapan dari pasangan.

12. Berfoto di tangga bersama para bridesmaid

wm_article_img
Fotografi: Thepotomoto Photography

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari canggung adalah berfoto bersama orang lain, termasuk para bridesmaid. Manfaatkan area yang juga bisa membuatmu terhindar dari kebingungan untuk bergaya seperti tangga. Area ini tidak pernah salah karena kamu bisa menggunakannya untuk ‘memamerkan’ train dari gaunmu yang panjang juga.

13. Hanya salah satu yang menghadap kamera

wm_article_img
Fotografi: Dinamika Cerita

Mungkin hanya salah satu dari kalian yang merasa canggung di depan kamera, sementara yang lain cukup percaya diri. Nah, kamu bisa menyontek pasangan ini. Salah satu saja yang menghadap kamera dengan senyum yang lebar dan salah satu yang lain bisa membelakangi kamera dan menampakkan punggungnya saja. Foto ini juga bisa menimbulkan kesan misterius dari pasanganmu, lo.

14. Menari bahagia

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Menari adalah sebuah cara menyenangkan untuk menunjukkan betapa bahagianya kamu dan pasangan karena akhirnya bisa mengikat janji suci untuk selamanya. Foto ini membuatmu dan pasangan terlihat lebih fun karena acara pernikahan yang biasanya sudah digelar dengan banyak prosesi yang serius sehingga hasil fotomu tidak monoton. Tidak hanya bisa dilakukan di outdoor, kamu dan pasangan juga bisa melakukannya di dalam ruangan.

15. Pose yang sedikit dilebih-lebihkan

wm_article_img
Fotografi: Dinamika Cerita

Hasil foto yang natural sudah banyak didapatkan dengan cara candid. Makanya, tak ada salahnya jika kamu ingin membuat foto pernikahan dengan sedikit dilebih-lebihkan untuk hasil yang lebih menarik. Misalnya, cara jalan di aisle seperti pada contoh foto di atas. Hasilnya bisa tampak lebih fun, kamu dan pasangan juga tak perlu canggung lagi saat ada aba-aba dari fotografer.

Nah, sekarang kamu sudah tak perlu bingung lagi bagaimana melakukan pose foto pengantin di pelaminan, ruang ganti, maupun ruang hotel. Semoga dengan beberapa inspirasi tersebut kamu dan pasangan bisa lebih luwes dalam mengabadikan momen sekali seumur hidup tersebut.

Kunjungi pameran pernikahan internasional dan tradisional Indonesia, WeddingMarket Fair. Kamu bisa melengkapi seluruh kebutuhan pernikahan karena akan ada 100+ booth vendor pernikahan terbaik lainnya dari 15+ kategori.

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2023  di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, para pengunjung pun akan disuguhi berbagai keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut: 

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize 
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Free test food

Dengan mengusung tema "Fairy Tale in The Ocean" pastinya pameran pernikahan unik ini sayang untuk dilewatkan. Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara gratis di tautan ini. Tiket tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, segera daftarkan dirimu ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...