Pilih Kategori Artikel

12 Inspirasi Undangan Pernikahan Modern dengan Kreasi Wadah Amplop yang Elegan dan Keren
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Semakin maraknya digitalisasi di berbagai bidang, kini undangan pernikahan pun lebih banyak dikirimkan melalui pesan online. Hal ini tidak masalah dilakukan karena lebih hemat budget, efisien, dan bisa dikreasikan dengan berbagai format. 

Namun, bagi beberapa orang, undangan fisik memiliki makna yang terasa lebih dalam dan memberikan kesan personal yang lebih baik. Melalui undangan ini, kalian juga bisa berkreasi untuk memberikan kesan tersebut.

Undangan fisik bisa dikreasikan sedemikian rupa, lo. Mulai dari bentuk, pemilihan font, pemilihan warna, hingga wadah atau amplopnya. Meletakkan undangan di dalam amplop tidak hanya membuat undangan lebih rapi, tapi info di dalamnya juga lebih terlindungi sehingga aman saat dikirim melalui orang lain atau kurir.

Lalu, seperti apa undangan modern dengan amplop yang bagus? Beberapa contoh berikut ini mungkin bisa kamu jadikan inspirasi. Simak, yuk, selengkapnya!

1. Undangan berbentuk kubah

wm_article_img
Desain: Duarana Invitation & Design

Undangan yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Biasanya amplop memiliki bentuk persegi dengan tutup terlipat berbentuk segitiga, tapi yang satu ini bentuk amplop mengikuti bentuk isi undangan yang membuatnya terlihat unik. 

Font undangan dibuat mirip dengan huruf Arab yang membuatnya mengikuti konsep undangan secara keseluruhan. Tak hanya itu, undangan ini juga memiliki aksen unik dalam bentuk hiasan dari rangkaian benang berwarna emas. 

Pemilihan warna emas dan putih yang dipadukan memberikan kesan modern dan mewah sekaligus pada undangan ini.

2. Undangan berwarna sage yang segar

wm_article_img
Desain: Vinas Invitation

Warna sage belakangan ini sedang menjadi tren. Selain pada pakaian, warna ini ternyata juga tampak cantik diterapkan pada undangan. Bentuknya bisa dipilih jika ingin kesan yang simpel, tapi tetap berbeda dari bentuk undangan konvensional yang biasanya. 

Amplop dari undangan ini memiliki bentuk yang sejenis dengan isinya, tapi bagian lurusnya dibuat lebih panjang. Di dalamnya, beragam isi bisa ditaruh. Selain undangan yang mengandung informasi kapan pernikahan dilakukan, kamu bisa menambahkan detail melalui kertas lain untuk membuatnya lebih beragam, misalnya guest card dan peta menuju lokasi.

3. Undangan cantik dengan warna lilac

wm_article_img
Desain: Vinas Invitation

Undangan ini memiliki beberapa kesan sekaligus saat pertama dilihat, seperti mewah, cantik, hingga dreamy. Sebenarnya dari segi bentuk, undangan ini mungkin tampak sangat sederhana. Namun, pemilihan desain yang membuatnya naik kelas. Desain dengan konsep marble dan sentuhan emas membuat undangan ini tampak begitu mahal. Sementara itu, warna lilac memberikan sentuhan manis pada undangan.

4. Undangan mewah seperti sertifikat

wm_article_img
Desain: Vinas Invitation

Ketika menerima dan baru melihat bagian amplop saja, penerima undangan ini akan merasakan kesan mewah dari pemilihan warnanya. Pemilihan warna marun dengan tinta emas membuat amplop ini seakan terbuat dari bahan kulit yang mahal. 

Kemudian, setelah dibuka, sebaiknya buat undangan di dalamnya juga memiliki visual yang tidak menghianati amplop yang sudah mewah. Di sini, undangan didesain seolah sertifikat sehingga ketika dilihat rasanya seperti mendapatkan penghargaan.

5. Undangan dengan tema galaksi

wm_article_img
Desain: Vinas Invitation

Galaksi dan bintang-bintang sering menjadi konsep bagi banyak hal. Kamu juga bisa memasukkannya menjadi konsep undangan apalagi jika pernikahanmu juga akan digelar dengan konsep yang sama.

Kamu bisa memperlihatkannya sejak dari amplop, tapi bisa juga membuat amplop polosan saja. Saat dibuka, calon tamu akan menemukan undangan indah dengan konsep galaksi tersebut. Untuk membuatnya semakin paripurna, kamu juga bisa menambahkan fakta-fakta trivia seputar astrologi.

6. Amplop unik dengan laser cutting

wm_article_img
Desain: Vinas Invitation

Jika biasanya amplop dibuat sepenuhnya tertutup bahkan dengan seal, konsep yang satu ini berbeda. Kamu bisa membuatnya sedikit terbuka dengan membuat bagian belakang amplop didesain dengan laser cutting yang memiliki bentuk unik. 

Pastikan bagian dalam undangan yang ditampakkan akan pas dengan bagian tersebut, ya. Jika tidak ingin ada informasi yang bocor, sebaiknya tampilkan bagian polos pada undangan atau kamu malah bisa menaruh gambar yang cocok.

7. Amplop yang bolong di tengah

wm_article_img
Desain: CC Card Wedding Card Specialist

Undangan unik yang satu ini memiliki konsep yang mirip dengan yang sebelumnya. Bedanya, jika amplop undangan yang sebelumnya memiliki potongan dengan motif yang rumit dan masih memiliki tutup, yang satu ini benar-benar memiliki lubang di bagian tengahnya sehingga informasi di dalamnya bisa langsung terbaca. Wadah undangan ini juga bisa memberikan kesan seperti frame dengan motif bunga yang unik di tepiannya.

8. Undangan vintage Jawa

wm_article_img
Desain: Duarana Invitation & Design

Menggabungkan antara konsep Jawa dan tradisional bisa dilakukan sejak dari pemilihan undangan. Buat amplop dengan motif etnik di permukaannya. Sementara itu, bagian belakang dan bagian dalam amplop bisa dibuat dengan desain foto pemandangan pedesaan zaman dulu dengan warna kertas yang memberikan efek lawas. Pemilihan warna kertas ini juga bisa diterapkan pada kertas undangan di dalamnya.

9. Undangan dengan konsep songket Minang

wm_article_img
Desain: Duarana Invitation & Design

Warna merah merupakan salah satu dari tiga warna di Minangkabau yang memiliki makna berani dan tahan uji. Makanya, kamu akan sering melihat warna ini di pernikahan-pernikahan adat Minangkabau. 

Undangan ini juga menggunakan warna tersebut yang dipadukan dengan motif songket yang membuatnya semakin menarik. Motif tersebut dibuat dalam warna emas sehingga undangan terlihat lebih mewah.

10. Undangan yang berbunga-bunga

wm_article_img
Desain: Fabled Papery

Undangan yang satu ini menonjolkan motif bunga-bunga pada setiap sisinya. Amplop dibuat berwarna emas polos, sementara di sisi dalamnya memiliki motif yang sama dengan motif pada kertas undangan. Pemilihan warna biru tua dengan bunga berwarna pink dan ungu membuat undangan ini begitu tampak harmonis.

11. Undangan klasik, tapi juga modern

wm_article_img
Desain: Duarana Invitation & Design

Undangan yang satu ini memiliki warna-warna cerah yang membuat hati ikut berbunga-bunga saat melihatnya. Isinya memiliki warna biru dan hijau lengkap dengan motif bunga yang besar. Kemudian, amplopnya memiliki warna merah dengan logo layaknya simbol kerajaan. Desainnya dibuat layaknya surat penting yang dikirim dari jauh, lengkap dengan perangko yang menempel di pojok amplop.

12. Undangan dengan amplop dari kain flanel

wm_article_img
Desain: Kuda Laut Invitation

Alih-alih menggunakan amplop dari kertas, undangan yang satu ini menggunakan amplop dengan bahan kain flanel. Penutupnya pun bukan dari seal atau lem, tapi dibuat dengan kancing yang dikatupkan menggunakan benang. Jika acara sudah lewat, amplop ini tetap bisa digunakan oleh penerimanya untuk fungsi yang lain, seperti pouch.

Dengan amplop yang sudah semenarik itu, kamu bisa membuat desain undangan yang simpel saja tanpa banyak motif atau hiasan yang berlebihan. Yang paling penting adalah informasi dapat tersampaikan dengan baik. Pilihan warna monokrom akan cocok untuk si pecinta minimalis.

Beberapa undangan dengan amplop tersebut bisa diterapkan agar undanganmu lebih aman saat diterima para calon tamu. Tak hanya itu, informasi yang bersifat pribadi juga tidak akan bocor saat kamu menitipkannya pada orang lain atau menggunakan jasa kurir untuk mengantarkannya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...