Yuk Kenalan Lebih Dalam dengan Wedding Organizer

21 May 2020 | By Wedding Market | 89
Yuk Kenalan Lebih Dalam dengan Wedding Organizer
Foto: Fedora Organizer

Salah satu hal yang kerap menjadi pertimbangan para calon pengantin adalah pemilihan wedding organizer. Pastinya setiap orang menginginkan pernikahannya berjalan lancar. Namun sebelum memilih ada baiknya kamu mengetahui arti wedding organizer sebelum kamu mencari tahu apa saja tugas dan jenisnya.

Wedding organizer sendiri terdiri atas dua kata yaitu wedding dan organizer. Kata wedding berarti sebuah pernikahan. Sementara kata organizer artinya pengatur. Tentu saja jika dilihat artinya secara harafiah wedding organizer merupakan orang yang mengatur sebuah pernikahan.

Dengan kata lain, wedding organizer bukan hanya jasa yang diberikan seseorang kepada klien. Kamu juga bisa menjadikan keluarga atau kerabat sebagai wedding organizer di pernikahan kamu. Namun, kamu harus mengerti bahwa mungkin mereka tidak punya kemampuan yang professional.

Maka banyak calon pengantin, termasuk kamu yang mencari jasa wedding organzier untuk membantu kamu melakukan persiapan pernikahan hingga melangsungkan pernikahan saat hari H tiba. Jasa ini sebenarnya sangat luas cakupan dan jenis jasa yang diberikan.

Arti Wedding Organizer dan Tugasnya


Terkadang banyak orang yang juga salah mengartikan wedding organizer ini. Sebab, ada beberapa jenis jasa dari wedding organizer yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Wedding organizer tidak serta merta mengurus semua pernikahan kamu loh. 

Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pernikahan pasangan. Maka jangan dulu merasa takut menggunakan jasa wedding organizer. Sebab arti wedding organizer juga luas dengan berbagai jenisnya. Jangan sampai kamu salah mengartikan jasa satu ini.

Jenis Wedding Organizer 

Nah setelah mengetahui jasa wedding organizer secara umum, sekarang saatnya memahami jenisnya terlebih dahulu. Berbagai kategori wedding organizer umumnya dibagi berdasarkan tugas yang dilakukan. Jadi, ini bisa menjadi panduan bagi kamu yang akan memilih vendor pernikahan

1. Jasa Wedding planner

Banyak orang yang merasa kesulitan dalam mempersiapkan pernikahannya. Selain karena faktor kesibukan dan waktu, banyak calon yang bingung memilih vendor dan pilihan yang tepat untuk hari bahagia. Maka dari itu, ada jenis layanan wedding organizer yang bisa membantu kamu dalam persiapan.

  • Perencanaan anggaran

Biasanya layanan ini disebut dengan wedding planner. Sesuai namanya, planner artinya orang yang pekerjaannya merencanakan. Kamu akan mendapatkan pendampingan untuk proses persiapan. Dengan bantuan wedding planner, kamu bisa mendiskusikan segala konsep pernikahan yang ingin kamu lakukan.

Setelah itu, tim wedding planner akan coba melakukan rencana anggaran. Kamu bisa menggunakan dua metode. Pertama, kamu bisa memberikan perkiraan budget sehingga tim wedding planner bisa memperkirakan apakah budgetnya mencukupi atau tidak.

Pada metode ini, wedding planner akan memilihkan vendor yang sesuai dengan budget. Pastinya juga tetap mendapatkan layanan yang prima. Kedua adalah kamu bisa membebaskan tim planner membuat budget. Biasanya planner akan menyesuaikan dengan konsep yang akan kamu bawa.

  • Timeline kerja

Langkah selanjutnya adalah soal timeline pengerjaan. Kamu pastinya mempersiapkan pernikahan dalam kurun waktu tertentu. Ada yang 6 bulan sebelum hari H bahkan ada yang satu tahun sebelumnya. Nah, biasanya wedding planner akan menentukan target setiap bulannya.

Ingat meskipun kamu menyewa jasa wedding planner, tidak berarti kamu bisa lepas tangan karena merasa sudah menjadi tugas planner. Kamu juga akan tetap membantu misalnya dengan berkomunikasi dengan keluarga serta meluangkan waktu untuk bertemu dengan vendor yang akan kamu pakai.

  • Pemilihan vendor

Setelah kamu sepakat dengan timeline dan anggaran, saatnya untuk proses pemilihan vendor. Biasanya planner akan memberikan berbagai pilihan yang bisa kamu pilih. Kamu akan ditemani bertemu dengan para vendor hingga akhirnya menentukan pilihan.

Dalam prosesnya kamu akan melakukan uji coba seperti makanan, baju hingga make up. Kamu boleh memberikan masukan atau kriteria vendor seperti apa yang kamu inginkan. Tim planner juga akan memberikan masukan supaya bisa sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu ingin bawa sejak awal.

Setelah sudah mendapatkan semua vendor, planner akan memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Biasanya juga akan ada technical meeting untuk mempertemukan semua vendor. Sesuai namanya, pelaksanaan pernikahan tentu tidak diurus jika kamu hanya mengambil jasa ini.

2. One-Day Wedding Service

Berbeda dengan planner, jasa satu ini justru hanya akan kamu pakai selama satu hari alias pada saat hari H saja. Tapi kamu tak perlu khawatir sebab kamu akan tetap mendapatkan jasa persiapan namun memang tidak selengkap saat mengambil paket planner.

  • Rapat dengan Vendor dan Keluarga

Jenis jasa ini sebenarnya paling banyak dipakai orang. Biasanya ketika orang sudah mendapatkan semua vendor kemudian bingung karena sulit untuk menyelaraskan satu sama lain. Maka dari itu, jasa ini sangat dibutuhkan. Kamu akan dibantu untuk koordinasi antar vendor dan juga keluarga.

Biasanya tim one-day wedding service ini akan mencatat apa saja yang disediakan oleh vendor yang kamu pesan serta bagaimana peran keluarga dalam pernikahan. Indonesia masih punya kebudayaan pernikahan yang melibatkan keluarga. Maka ini sangat penting.

  • Mengatur saat Hari H

Tentu saja tugas utama dari seorang jasa one-day wedding ini adalah pada saat hari H. Tim akan menemani kamu dan pengantin dari pagi hari saat make-up sampai resepsi selesai. Selain itu, tim juga sudah memantau pengerjaan dekor di venue yang biasanya di mulai H-1.

Tim ini akan memastikan semua berjalan sesuai dengan rundown dan apa yang sudah dirapatkan sebelumnya. Selain itu, kamu tak perlu khawatir soal jumlah makanan dan lainnya. Sebab tim ini akan sigap mengecek dan mengurus segala kendala yang terjadi di lapangan.

3. Jasa Wedding Organizer Lengkap

Terakhir adalah jasa yang melibatkan seluruhnya mulai dari proses persiapan hingga pelaksaanaan. Biasanya wedding organizer yang punya paket lengkap sangat cocok bagi kamu yang bebas repot. Kamu tinggal memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebenanrya ada banyak keuntungan jika kamu mengambil paket seperti ini. Kamu akan mendapatkan harga paket dengan gedung dan hal lain secara keseluruhan. Jadi kamu tak perlu lagi bingung bila ada hal yang terlewat. Semuanya sudah dicover dalam paket yang lengkap. 

  • Persiapan

Dalam proses persiapan ini biasanya lebih mudah karena kamu akan langsung bertemu dengan pilihan vendor yang biasanya saling bekerja sama. Kamu tinggal memilih range budgetnya saja. Pastinya wedding organizer dengan paket lengkap sudah siap dengan berbagai macam pilihan. 

Persiapan tak hanya soal pemilihan vendor saja. Semua teknis saat hari H akan diurus oleh tim. Maka dari itu, banyak yang memilih jenis paket ini karena sudah bisa membantu teknis hari H dan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari baik dengan vendor maupun keluarga.

  • Pelaksanaan

Pastinya pelaksanaan akan sama dengan jasa one-day wedding service. Maka ini bisa menjawab arti wedding organizer sebenarnya. Jasa ini akan mengatur pernikahan secara keseluruhan. Mulai dari persiapan hingga teknis pelaksaan pada saat hari H.

Nah, kamu sudah tidak bingung lagi bukan mengenai arti wedding organizer itu sendiri. Saatnya kamu menemukan vendor wedding organizer yang tepat! Yuk temukan vendor wedding organizer yang terpercaya dan professional, disini.


Artikel Terkait