Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Foto Makeup Pengantin Betawi yang Kental akan Tradisi
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara mengenai pernikahan tentunya tidak akan ada habisnya, terutama apabila bahasan mengenai pernikahan adat. Sebagai pemilik suku bangsa paling beragam di dunia, Indonesia memang mempunyai banyak sekali adat yang juga mempengaruhi terhadap kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam hal pernikahan, mungkin kamu sudah pernah melihat foto makeup pengantin Betawi yang pastinya mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Sebenarnya, adat Betawi ini banyak memadukan antara adat Tionghoa, Barat, dan juga Cina sehingga lahirlah adat Betawi yang bisa dibilang sangat unik. Bahkan, keunikannya pun juga tergambar dalam riasan pengantin dan busana pengantinnya juga. Penyebutan untuk riasannya saja sudah unik, yaitu ‘’Dandanan Care Haji’’ untuk mempelai pria, dan ‘’Dandanan Care None Pengantin Cine’’ untuk mempelai perempuannya.

1. Dandanan Care None Pengantin Cine

wm_article_img
Foto: yuniardi_jaya from Shopee

Pakaian yang dikenakan oleh pengantin perempuan ini terdiri dari dua bagian yang terpisah, yaitu bagian atas yang disebut dengan tuaki, dan bagian bawah yang disebut dengan padanan tuaki. Tuaki merupakan suatu pakaian blus yang bisa kamu pilih modelnya apakah ingin model shianghai dari budaya Cina atau model kurung dari budaya Melayu.

Baju tuaki ini di dalam foto makeup pengantin Betawi pastinya akan terlihat dengan jelas mempunyai banyak motif hiasan emas dan juga manik-manik baik pada bagian lengan, sekitar dada, maupun pada ujung baju. Kemudian, tuaki ini dipadukan dengan padanan tuaki yang berbentuk rok melebar ke bawah sampai menyentuh ujung mata kaki.

Padanan tuaki ini biasanya akan mengikuti model dari tuakinya sendiri, bahkan cenderung lebih polos karena pada tuaki sudah terlalu ramai. Kemudian, ada juga yang dinamakan teratai, yang merupakan penutup dada serta bahu. Biasanya menggunakan bajan beludru bukan dari bahan satin seperti tuaki.

Teratai ini mempunyai motif bunga tanjung yang terdiri dari rangkaian daun teratai kecil yang disatukan menjadi susunan daun teratai yang melingkar besar. Dikarenakan pakaiannya sendiri cenderung menggunakan warna-warna yang cerah, sehingga untuk makeup-nya lebih disarankan untuk menggunakan makeup flawless agar tidak saling tubrukan antara busana dan makeup. 

2. Riasan Rambut Pengantin Perempuan

wm_article_img
Foto: yukohandayani

Jika kamu memperhatikan foto makeup pengantin Betawi dengan teliti, kamu akan melihat bahwa riasan rambut pengantin perempuan menggunakan sanggul rambut buatun atau konde cepol tetapi tanpa menggunakan sasakan sama sekali. Yang mana hanya dibentuk menjadi 3 tingkat lingkaran yang dikuatkan dengan tusuk konde. Tusuk konde ini berbentuk huruf lim (Arab) yang menggambarkan keesaan Allah.

3. Siangko Bercadar

wm_article_img
Foto: Nia Make up & Wedding Package

Yang menjadi ciri khas lain dari pengantin Betawi adalah menggunakan siangko yang bercadar. Siangko bercadar ini mempunyai warna emas dengan hiasan batu permata yang panjangnya 30 cm. Setelah siangko bercadar, kemudian dipasang mahkota atau sigar yang mempunyai motif bunga yang juga dipenuhi dengan permata. Siangko bercadar ini mempunyai makna sebagai kesucian dari seorang gadis yang akan menikah.

4. Kembang Goyang, Kembang Kelapa, dan Kembang Besar sebagai Riasan Rambut

wm_article_img
Foto: sewabusanabetawi

Dalam foto makeup pengantin Betawi, pastinya kamu melihat bahwa pengantin perempuan akan semakin dipercantik terutama pada area kepala, sehingga banyak sekali aksesoris kepala yang diterapkannya. Selain sanggul dan cadar, ada juga kembang goyang yang menjadi riasan rambut yang jumlahnya ada sekitar 20 buah. 

Kemudian riasan rambut ini disandingkan dengan kembang kelapa yang berjumlah 2 sampai 4 buah yang diletakkan di samping sanggul. Tidak lupa juga diterapkan kembang besar atau kembang gede atau dikenal juga sebagai Phoenix yang jumlahnya ada sebanyak 4 buah. Phoenix ini bentuknya seperti hiasan burung hong yang terkenal di Tionghoa sana.

5. Perhiasan Leher dan Tangan

wm_article_img
Foto: Ayu Arumsari

Selain ada teratai yang menutupi bahu dan dada, jika kamu memperhatikan foto makeup pengantin Betawi dengan seksama, maka kamu juga akan melihat adanya kalung yang digunakan oleh mempelai perempuan. Kalung ini disebut dengan istilah kalung tebar, yang digunakan tepat di atas teratai. 

Kemudian, pada bagian lengannya, seorang mempelai perempuan akan menggunakan gelang listring dan gelang selendang mayang yang akan menghiasi lengan tangannya agar telrihat lebih glamour. Ada juga cincin emas berhiaskan permata yang disematkan di jari mempelai perempuan tersebut. 

6. Dandanan Care Haji

wm_article_img
Foto: commons.wikimedia.org

Selanjutnya kita ulas seperti apa tampilan dari mempelai pria yang menikah dengan mengusung adat Betawi ini. Mempelai pria akan mengenakan jubah yang berwarna cerah serta mengenakan penutup kepala yang biasanya terbuat dari sorban. Sorban yang digunakan biasanya berwarna emas dengan tambahan manik-manik yang cerah.

Nah, itulah dia serangkaian busana dan riasan yang harus dikenakan oleh calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan dengan adat Betawi. Dikarenakan sudah banyak aksesoris yang digunakan, maka untuk makeup-nya sendiri lebih baik menggunakan makeup flawless, agar kamu tetap tampil natural dalam foto makeup pengantin Betawi yang banyak mengadopsi berbagai budaya ini.

Yuk, cari jasa makeup pengantin terbaik hanya di WeddingMarket sekarang juga. Mudah, serba online, dan nyaman.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...