Pilih Kategori Artikel

7 Contoh Tenda Dekorasi Pernikahan Paling Menarik dan Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tenda dekorasi pernikahan merupakan sebuah tenda yang biasa digunakan saat akan melangsungkan prosesi pernikahan. Tenda ini bukan hanya berfungsi sebagai dekorasi pernikahan saja, tetapi akan menunjukkan seberapa besar dan megahnya upacara pernikahan yang akan kamu dan pasangan lakukan nanti.

Ada beberapa contoh tenda yang seringkali digunakan dalam sebuah dekorasi pernikahan, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Tenda Kutub atau Kerucut

wm_article_img
Foto: O'malley Photographers

Tenda kutub merupakan salah satu jenis tenda untuk dekorasi pernikahan yang sangat cocok digunakan ketika musim hujan atau berangin. Seperti namanya, benda ini berbentuk kerucut di setiap ruas tertentu agar tetap berdiri kokoh dan acara pernikahan bisa berjalan secara lancar tanpa dihalangi oleh cuaca yang menghadang.

Biasanya, tenda kutub bisa digunakan untuk kamu dan pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahan dengan mewah. Setiap sisi tenda akan ditutupi oleh kain yang memiliki motif agar bisa dibentuk menyerupai jendela dan pintu.

Warna yang ditentukan dalam dekorasi tenda ini bukan hanya satu warna saja, melainkan dua warna yang mana warna utamanya adalah berwarna putih dengan kombinasi warna lain untuk memberikan kesan mewah dan elegan.

2. Tenda Party Kanopi

wm_article_img
Foto: homedaz.com

Jika kamu dan pasangan ingin melangsungkan pesta pernikahan outdoor atau di luar ruangan, maka penggunaan tenda party kanopi sangat cocok untuk kamu gunakan. Pasalnya, tenda jenis ini sudah memiliki desain khusus yang akan disesuaikan dengan tema pesta pernikahan kamu sendiri, baik itu tema pernikahan simple, sederhana, mewah, dan masih banyak lagi.

Tenda party kanopi memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah untuk melindungi tamu undangan dari terik matahari.  Namun, jika kamu ingin melangsungkan pesta pernikahan pada malam hari, maka tenda party kanopi yang digunakan bisa dilengkapi dengan lampu-lampu hias gantung dengan warna lembut, sehingga menambahkan kesan menawan serta elegan.

3. Tenda Rentang

wm_article_img
Foto: vttent.com

Tenda rentang sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin melangsungkan pesta pernikahan mewah di siang hari. Biasanya, tenda rentang selalu digunakan dalam konsep pernikahan outdoor untuk melindungi tamu undangan yang datang dari terpaan sinar matahari. 

Dalam pemasangannya, jenis tenda ini hanya memiliki satu tiang penyangga sebagai pusat dari semua kain yang akan diikat di berbagai sudut sisi secara menyilang.

Kain yang digunakan bisa memiliki warna sama atau dikombinasikan sesuai dengan tema pernikahan kamu dan pasangan. Untuk hasilnya sendiri, tidak akan diragukan lagi karena jenis tenda ini sangat populer dan seringkali digunakan dalam berbagai pesta pernikahan.

4. Tenda Frame

wm_article_img
Foto: soehannahall.com

Tenda dekorasi pernikahan ini sangat cocok untuk kamu gunakan ketika akan melangsungkan pesta pernikahan di rumah atau luar rumah. tenda frame memiliki harga sewa standar alias tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Hasil dari tenda ini sangat menarik dan menambah kesan elegan di hari pernikahan kamu dan pasangan. 

Dalam proses dekorasinya, biasanya tenda frame akan dipasang sendiri oleh pihak vendor yang kamu gunakan karena membutuhkan banyak orang agar tenda bisa dipasang dengan kuat dan sempurna. Hal ini dikarenakan rangka yang digunakan memiliki ukuran besar dan sangat berat jika hanya dilakukan oleh beberapa orang saja.

Tenda ini sangat cocok kamu gunakan jika ingin mengundang banyak tamu undangan karena memiliki diameter yang luas sekali. Selain dari ukurannya, tenda frame memiliki keuntungan lain, yaitu mudah dipadukan dengan dekorasi lainnya yang sudah kamu tentukan sebelum memutuskan untuk menggunakan tenda.

Beberapa ornamen hiasan yang bisa dipadukan dengan tenda frame diantaranya, hiasan bunga gantung, lilin, lampu warna warni, serta masih banyak lainnya. Tentu saja, kesan dari para tamu akan sangat memuaskan karena tenda ini tidak akan membuat gerah, malah akan membuat nyaman para tamu undangan yang semakin siang semakin banyak berdatangan.

5. Tenda Pop Up Kanopi

wm_article_img
Foto: Norman & Blake

Jika kamu dan pasangan ingin melangsungkan pernikahan kasual di luar ruangan, maka tenda pop up kanopi bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, tenda jenis ini mampu digunakan di berbagai luar ruangan yang sangat luas seperti, taman, kebun, pantai, dan masih banyak lagi. Selain itu, tenda ini sangat mudah dirakit dan tidak sulit dalam penempatannya di setiap tempat yang akan dijadikan sebagai penerimaan tamu undangan.

Tenda ini memiliki ukuran beragam, mulai dari panjang tiga meter, empat meter, lima meter dan sebagainya. Dikarenakan ukurannya yang terbatas, tenda ini hanya bisa digunakan di dalam ruangan saja dan tidak cocok untuk penggunaan di dalam rumah. selain itu, di bagian dalam tenda, kamu bisa menambahkan beberapa kursi untuk para tamu undangan agar bisa bersantai sembari menikmati hidangan resepsi pernikahan serta menonton acara pernikahan itu sendiri.

6. Tenda Transparan dengan Dekorasi Salur dan Lampu Hias

wm_article_img
Foto: dhresource.com

Jenis tenda untuk dekorasi wedding ini cocok digunakan bagi kamu yang akan melangsungkan pernikahan di depan rumah dengan pekarangan luas. Apabila pekarangan rumah kamu tidak luas, maka kamu bisa melangsungkan resepsi pernikahan di luar gedung yang memiliki halaman luas dan menggunakan tenda ini.

Tenda jenis transparan sangat cocok digunakan pada siang atau malam hari tergantung konsep pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Disini, kamu bisa memasang kain yang memiliki warna elegan untuk ditata dalam bentuk salur serta lampu hias berwarna sama dengan kain yang digunakan. 

Selain itu, kamu bisa menambahkan ornamen lainnya seperti, dedaunan hijau segar, bunga-bunga yang indah serta masih banyak lagi. Tenda jenis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengundang banyak tamu undangan agar datang ke pesta pernikahan kamu dan pasangan tersebut.

Untuk acara yang akan dilangsungkan pada malam hari, maka kamu bisa menggunakan konsep twilight menggunakan tenda transparan untuk menghidupkan lampu yang bersinar di malam hari dengan kesan romantis. Konsep ini sudah termasuk ke dalam dekorasi tenda modern untuk pernikahan mewah nan elegan di luar ruangan. Untuk hasil lebih baik, kamu bisa menambahkan aromatherapy agar para tamu undangan merasa nyaman dan menyukai konsep pernikahan yang disajikan.

7. Tenda Putih dengan Rumput Sintetis

wm_article_img
Foto: Justin & Mary

Bagi kamu yang ingin mendatangkan suasana natural dalam pernikahanmu, maka kamu bisa menggunakan kombinasi tenda dengan kain berwarna putih, serta rumput sintetis untuk menambahkan kesan naturalnya dalam ornamen dekorasi pernikahan.

Jenis tenda ini biasa digunakan dalam pernikahan di luar ruangan atau dalam ruangan karena cocok digunakan di keduanya. Selain itu, tenda jenis ini sangat memberikan kesan kebahagiaan dan keharmonisan pasangan pengantin, sehingga membuatnya mampu menciptakan moment-moment berharga ketika acara sedang berlangsung.

Itulah beberapa contoh tenda dekorasi pernikahan yang bisa kamu gunakan di acara pesta pernikahan nanti. Kamu dan pasangan bebas memilih tenda mana yang akan digunakan, pastinya setelah disesuaikan dengan konsep pernikahan yang akan dilakukan, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...