Pilih Kategori Artikel

4 Jenis Venue Nikah yang Bisa Menjadi Referensi Bagi Para Calon Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mengadakan acara pernikahan yang sempurna tentu menjadi keinginan setiap orang. Ada berbagai persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari mulai dari mempersiapkan venue nikah hingga busana pernikahan.

Berbagai persiapan ini sering dilakukan sejak jauh-jauh hari karena persiapan-persiapan tersebut membutuhkan berbagai hal kecil dan melibatkan beberapa pihak sehingga persiapan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Salah satu persiapan yang sering dilakukan paling awal adalah memilih tempat pelaksanaan acara.

Pemilihan tempat acara ini biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah tamu undangan, biaya, hingga konsep pernikahan. Di Indonesia sendiri saat ini telah tersedia berbagai jenis tempat pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan berdasarkan kriteria yang kamu miliki. Adapun beberapa jenis tempat pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya:

1. Hotel

wm_article_img
Foto: rilueda on iStock

Tempat pernikahan pertama yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu memilih venue nikah adalah hotel. Hotel sendiri sering dijadikan sebagai salah satu venue nikah terutama bagi pasangan pengantin yang ingin memiliki pesta pernikahan yang cukup private.

Hotel sering dijadikan tempat pernikahan oleh beberapa kalangan seperti kalangan menengah ke atas. Saat mengadakan acara pernikahan di hotel, kamu bisa menggunakan berbagai konsep pernikahan yang kamu inginkan. Hanya saja konsep pernikahan yang bisa kamu gunakan di tempat ini terbatas pada konsep pernikahan indoor saja.

Hampir setiap hotel menyediakan ballroom yang bisa digunakan oleh pihak luar untuk mengadakan acara-acara penting seperti seminar, hingga acara pernikahan. Kamu bisa meminta bantuan kepada tim wedding organizer yang telah kamu pilih untuk melakukan survei mengenai harga dan fasilitas yang dimiliki oleh hotel tertentu.

Namun mayoritas wedding organizer biasanya telah memiliki paket penawaran tertentu yang bisa kamu pilih termasuk dengan lokasi pengadaan acaranya. Beberapa wedding organizer biasanya telah bekerja sama dengan beberapa hotel sehingga saat kamu minta rekomendasi hotel untuk acara pernikahan, wedding organizer bisa langsung memberikan beberapa saran tanpa harus melakukan survei terlebih dahulu.

Namun satu hal yang harus kamu perhatikan saat kamu ingin mengadakan acara pernikahan di hotel adalah venue nikah yang satu ini memiliki kapasitas yang terbatas. Hal inilah yang membuat kamu harus benar-benar selektif memilih hotel yang akan digunakan.

Namun beberapa hotel juga sering menyediakan area outdoor, seperti area swimming pool atau rooftop yang bisa digunakan sebagai tempatpernikahan outdoor di Jakarta maupun kota lainnya. Kamu hanya perlu mempertimbangkan dengan matang lokasi yang akan kamu gunakan dan mengkomunikasikan dengan baik bersama wedding organizer yang kamu pilih.

2. Gedung Serbaguna

wm_article_img
Foto: gppc.co.id

Selain hotel, salah satu wedding venue yang banyak digunakan di kalangan masyarakat adalah gedung serbaguna. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki gedung serbaguna yang bisa digunakan sebagai salah satu pilihan tempat untuk mengadakan acara pernikahan.

Gedung serbaguna ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk disewakan kepada beberapa pihak yang mengadakan acara-acara yang membutuhkan lokasi yang besar dan terbuka. Gedung Serbaguna juga biasanya memiliki parkiran yang cukup besar kapasitas tamu undangan yang diterima di tempat ini cukup banyak.

Venue nikah yang satu ini juga banyak dipilih karena beberapa alasan diantaranya lokasi gedung yang cenderung mudah dicapai dan dekat dengan pemukiman. Dengan beberapa pertimbangan ini, gedung serbaguna dinilai tepat digunakan sebagai tempat mengadakan acara sakral pernikahan bagi berbagai kalangan hingga kalangan menengah kebawah.

Selain itu, harga sewa gedung serbaguna juga biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa hotel. Inilah yang menjadi pertimbangan utama bagi kalangan yang memilih untuk mengadakan acara pernikahan di gedung serbaguna.

Bagi kamu yang ingin melaksanakan acara pernikahan dengan mewah namun enggan menyewa hotel, maka kamu bisa memilih gedung serbaguna sebagai pilihan utama. Pasalnya gedung serbaguna di desain dengan desain sangat polos sehingga kamu bisa membuat berbagai dekorasi sesuai dengan seleramu.

3. Taman

wm_article_img
Foto: TankGoodnessPhoto on iStock

Taman atau kebun saat ini menjadi salah satu venue nikah yang mulai banyak dilirik berbagai kalangan. Konsep garden party saat ini memang sedang menjadi konsep yang banyak digunakan di masyarakat. Konsep outdoor ini biasanya dilaksanakan di taman atau kebun yang cukup luas.

Namun sebenarnya jarang ada vendor pernikahan yang hanya menyediakan tempat berupa taman untuk disewakan. Mayoritas penyedia tempat pernikahan yang satu ini akan menyewakan tempat lengkap dengan lokasi indoor berupa gazebo atau ruangan khusus. Ruangan-ruangan ini biasanya digunakan oleh calon pengantin dan keluarga untuk merias atau merapikan makeup selama acara berlangsung.

Beberapa kalangan yang memilih venue pernikahan di taman juga biasanya mempertimbangkan beberapa hal seperti kapasitas tamu undangan, hingga pemandangan yang ada disekitar taman. Budget yang harus dikeluarkan untuk menyewa dan mendekorasi venue nikah ini juga sering menjadi pertimbangan paling utama.

Bagi kamu yang ingin mengadakan acara pernikahan dengan konsep outdoor, kamu bisa mewujudkan impian tersebut dengan menyewa lokasi taman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Pastikan taman yang dipilih sesuai dengan keinginanmu agar acara pernikahanmu bisa berjalan dengan sempurna.

4. Restauran

wm_article_img
Foto: Coral222 on iStock

Konsep pernikahan saat ini memang sangat beragam, mulai dari tradisional, internasional, garden party hingga standing party. Tidak jarang beberapa kalangan yang ingin suasana pernikahannya lebih santai dan bersahabat sehingga lebih memilih konsep standing party.

Konsep standing party sendiri biasanya dilakukan dengan urutan acara yang berbeda dengan konsep pernikahan lainnya. Jika biasanya para tamu undangan akan berbaris untuk bersalaman dengan kedua mempelai, konsep pernikahan ini sering dilakukan dengan cara para mempelai yang mendatangi para tamu undangan.

Konsep ini dinilai lebih santai dari konsep pernikahan lainnya sehingga sering dilakukan dengan memilih venue pernikahan berupa restaurant. Restauran saat ini juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat mengadakan pernikahan untuk beberapa konsep pernikahan termasuk standing party. Konsep pernikahan yang cenderung santai dinilai sangat cocok jika diadakan di restaurant yang memiliki aura hangat dan kekeluargaan.

Beberapa restauran juga sengaja membangun atau memperluas restaurantnya agar bisa menjadi salah satu pilihan tempat pernikahan. Saat kamu memilih untuk mengadakan pernikahan di restaurant, kamu bisa memilih konsep indoor maupun outdoor. Hal ini karena mayoritas restaurant yang menyediakan area untuk pernikahan juga menyediakan area rooftop atau pool sehingga konsep outdoor juga bisa dilaksanakan.

Dekorasi yang dibutuhkan saat mengadakan acara pernikahan di restaurant juga cenderung tidak terlalu sulit karena restaurant sendiri biasanya sudah memiliki desain interior yang indah. Hal ini bisa lebih mengefektifkan budget pernikahan yang akan kamu gunakan.

Itulah beberapa venue pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan saat mempersiapkan pernikahan. Saat memilih wedding venue, kamu bisa juga mempertimbangkan berbagai hal seperti budget yang dimiliki. Kamu bisa mengkomunikasikan kemampuan budget yang kamu miliki beserta pilihan venue yang dimiliki dengan tim wedding organizer yang telah kamu pilih.

Dengan mengkonsultasikan hal ini bersama wedding organizer, kamu bisa mendapatkan pilihan venue nikah terbaik yang sesuai dengan budget pernikahanmu. Dengan pemilihan gedung pernikahan yang tepat, kamu bisa mengadakan pernikahan sempurna yang sesuai dengan impianmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...