Pilih Kategori Artikel

Ide Mix and Match Jas Pengantin Pria Hitam untuk Pernikahan Modern, Biar Makin Keren!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap pernikahan pastinya banyak hal yang ingin disempurnakan dan dibuat berkesan di setiap detailnya. Mulai dari dekorasi, undangan, tema pernikahan, hingga pakaian yang nantinya akan dikenakan.

Detail untuk gaun pernikahan wanita biasanya lebih bervariasi namun bagaimana untuk jas mempelai pria yang kadang luput dari perhatian? Umumnya, warna jas pengantin pria hitam dipilih karena kesan klasik, formal dan maskulin.

Nah, apabila kamu masih bingung mencari ide untuk jas pernikahan dengan nuansa warna hitam, serta ingin tampil maskulin namun tidak mau meninggalkan sisi romantis dan intimate? Jangan khawatir, WeddingMarket akan memberikan rekomendasi mix and match yang menarik untukmu! Meski menggunakan setelan jas berwarna hitam, ternyata ada banyak variasi yang bisa dipilih, lo!

  • Three pieces suit

wm_article_img
Foto: aliexpress.com

Three piece suit merupakan salah satu konsep klasik yang masih sering digunakan dalam jas pernikahan modern. Konsep ini menggunakan tiga rangkap pakaian. Layer pertama biasanya kemeja berwarna putih, abu, atau hitam. Kemudian layer kedua adalah vest tanpa lengan yang warnanya senada dengan layer ketiga atau jas lengan panjang dan juga celana panjang. Selain terlihat lebih classy, tampilan ini akan memudahkan untuk menyesuaikan dengan gaun mempelai wanita.   

  • Black Tuxedo

wm_article_img
Tuksedo: SAS Designs

Tuxedo dan three piece suit kadang terlihat sama, karena memang secara sekilas keduanya tampak tak jauh berbeda. Namun, perbedaan keduanya terletak di bahan dan juga desain. Tuxedo modern memiliki look  yang cukup formal. Dengan detail yang lebih tajam, tuxedo membuat karakter pengantin lebih kuat dan berkesan pada hari pernikahannya. 

Jika three piece suits bisa dikombinasikan dengan kemeja apapun, lain halnya dengan tuxedo yang lebih banyak dikombinasikan dengan kemeja yang lebih formal dan anggun.  Tak heran jika tuxedo sering digunakan pada tema-tema pernikahan yang lebih kuat. 

  • Velvet Black Attire 

wm_article_img
Velvet black suit: Moss

Merupakan salah satu jas yang menggunakan kain beludru tipis, dan memberikan efek dovey. Velvet black attire sering kali dipadukan dengan sepatu boot simpel yang memberikan kesan santai namun tetap mengesankan. 

Dasi yang digunakan juga merupakan jenis dasi yang sederhana, seperti dasi kupu-kupu. Jas jenis ini biasanya digunakan pada tema pernikahan yang romantis dan manis. Layer pertama yang sebaiknya digunakan pada jenis jas ini berwarna putih polos atau abu abu, lalu dipadukan dengan celana yang senada.

Dengan menggunakan jenis jas ini, pengantin pria lebih terlihat sisi gentle, ramah dan penyayang. Jas ini akan sangat berkesan apabila disandingkan dengan gaun wanita dengan jenis warna yang terang. 

Jika info di atas sudah membahas terkait jenis-jenis jas yang sering kali digunakan dalam pernikahan modern, sekarang mari kita bahas jenis mix and match untuk tampilan pengantin pria yang lebih chic. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sudah punya aksesori tertentu dan hobi dalam berkreasi! 

  • Setelan kemeja hitam dengan vest

wm_article_img
Suit: Moores Clothing

Menggunakan vest tanpa lengan ternyata juga bukan ide buruk untuk dicoba. Vest dengan warna gelap, dipadukan dengan kemeja hitam atau biru, akan memberikan energi yang menarik. 

Selanjutnya, tambahkan boutonniere sebagai aksesoris untuk memberikan sentuhan romantis dan berkesan pada saat acara. Kombinasi ini cocok dengan gaun mempelai wanita berwarna cerah pastel.

  • Setelan jas hitam kombinasi abu-abu

wm_article_img
Foto: DHgate

Kombinasi warna seringkali digunakan, baik menggunakan tuxedo, suits, ataupun velvet attire. Jika black and white biasanya digunakan untuk tema pernikahan klasik, maka dalam pernikahan modern kamu bisa mencoba padu padan yang lebih beragam.

Untuk memberikan kesan yang lebih ‘wah’, kamu bisa menggunakan warna selain hitam-putih, misalnya abu-abu atau silver. Selain itu, bisa pula menyesuaikan dengan warna gaun pengantin wanita ataupun tema pernikahan secara keseluruhan.

Jangan lupa selipkan satu tangkai mawar pada saku jas, yang tentu saja akan menambah kesan yang sakral dan manis. Konsep seperti ini sangat mudah dilakukan sendiri sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dari koleksi pakaian lamamu. Sebagai pertimbangan, kamu bisa baca artikelnya disini

  • Kombinasi hitam dan merah maroon

wm_article_img
Foto: Friar Tux

Perpaduan merah dan hitam dengan warna hitam lebih dominan, memberikan nuansa romantis sekaligus maskulin. Perpaduan seperti ini akan sangat cocok untuk pengantin yang memilih tema pernikahannya sedikit rustic dan menantang. 

Perpaduan ini akan sangat pas apabila gaun mempelai wanita tidak jauh dari warna merah dan hitam sehingga terlihat lebih match satu sama lain. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan warna hitam pada jas, dengan dasi dan selipan sapu tangan berwarna merah. Model seperti ini juga cocok untuk jas pengantin muslim.

  • Tuksedo hitam, dasi hitam, dan kemeja hitam 

wm_article_img
Foto: FD Photography

Tuksedo dengan dasi kupu-kupu dan kemeja hitam pastinya akan membuat pengantin pria terlihat menawan. Setelan seperti ini akan menambah kesan maskulin dan manis secara bersamaan. Dengan busana pernikahan yang satu ini, pengantin pria akan menjadi pusat perhatian. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, kamu bisa menyandingkannya gaun pengantin wanita dengan warna ceria dan cerah. Velvet tuxedo yang terlihat lembut cukup menjadi pelengkap sisi manis pengantin pria, maka dari itu setelan jas seperti ini akan cocok dengan tema pernikahan yang ceria, enerjik, dan tenang.

  • Padankan setelan jas dan topi fedora

wm_article_img
Foto via onewed

Mix and match jas pengantin pria hitam lainnya adalah dengan topi fedora, menunjukkan kesan ceria untuk pengantin pria. Kamu bisa memilih kemeja dengan berbagai warna seperti Ivory, yakni merupakan warna off-white yang mirip seperti warna gading pada gajah. 

Jika pernikahanmu menggunakan konsep internasional atau western, maka pemilihan warna ini sangat cocok untukmu. Pasalnya, budaya Barat biasa menggunakannya dalam pernikahan formal karena mengandung makna kemurnian cinta.  

Setelan semi formal ini sangat cocok untuk pengantin yang memilih tema pernikahannya casual wedding terutama pada ruangan outdoor yang bisa menjadi pelengkap suasana. Agar tidak boring, kamu pun juga bisa menambahkan dasi bermotif yang coraknya disamakan dengan gaun pengantin wanita. 

Topi bisa digunakan sebagai aksesori yang akan menambah pesona pengantin pria. Tampilan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk calon pengantin yang ingin terlihat santai namun tidak meninggalkan kesan sakral pernikahan.

  • All Black Outfit

wm_article_img
Foto: Montagio Custom Tailoring

Black on black adalah salah satu setelan yang cukup berani dimana pengantin pria menggunakan kemeja hitam, jas hitam, dan dasi yang biasanya menyesuaikan dengan gaun pengantin wanita. Untuk menambah sedikit warna kombinasi, kamu bisa menggunakan sepatu boots berwarna coklat. 

Tema yang cocok untuk jas ini adalah tema pernikahan yang glamor, romantis, dan memberikan kesan yang elegan. Disarankan untuk disandingkan dengan gaun wanita dengan sedikit ornamen timbul berwarna putih. Pengantin wanita juga bisa mengenakan gaun berwarna coklat dengan motif glittery membuat kesan yang serasi dengan jas pengantin pria.  

Nah, itu tadi beberapa referensi untuk kamu yang masih bingung menentukan setelan jas untuk pernikahan impian. Menarik bukan? Perlu diperhatikan, jangan sampai memenuhi keinginan diluar kemampuan demi gengsi sehingga tidak dapat esensi dari sakralitas pernikahan itu sendiri. Juga usahakan, jas yang akan digunakan serasi dengan gaun mempelai wanita agar terlihat harmonis dan tidak berusaha mengungguli satu sama lain. Selamat mencoba!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...