Pilih Kategori Artikel

Apa Saja Job Desk Wedding Organizer?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika hendak melangsungkan pernikahan, biasanya banyak orang menggunakan jasa wedding organizer. Dengan menggunakan jasa wedding organizer, persiapan pernikahan bisa diatur dengan lebih mudah, sebab perencanaan dan pengorganisasian dilakukan oleh tim yang sudah professional. Namun tahukah kamu bahwa ada job desk wedding organizer pada masing-masing bagian timnya?

Meski terlihat sederhana, ternyata dalam wedding organizer banyak orang yang dibagi dalam tim dengan spesialisasi khusus. Dengan begitu, semua aspek dalam pernikahan dapat dikerjakan secara maksimal tanpa waktu yang lama. 

Jika kamu hendak menggunakan jasa wedding organizer untuk persiapan pernikahan, mengetahui job desk yang mereka miliki akan membantu kamu memperkirakan biaya dan layanan mereka. Kamu juga bisa memperkirakan dengan siapa kamu akan berdiskusi untuk topik tertentu seputar pernikahan. 

Job Desk Tim Persiapan

Tim pertama adalah tim persiapan yang terbagi ke dalam dua bagian lagi, yakni wedding planner dan one day wedding service, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • One Day Wedding Service

Tim persiapan ini hanya akan mengurusi pernikahanmu di hari H saja, sehingga semua aspek ada di tempatnya dan berjalan dengan lancar. Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, menggunakan layanan wedding organizer yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kalau kamu menggunakan jasa mereka, job desk wedding organizer ini hanya akan membantumu mengelola aspek-aspek dalam pernikahan. Sedangkan kamu yang akan bertugas untuk memilih vendor dan tema yang hendak digunakan untuk pesta atau akad pernikahan. 

  • Wedding Planner

Untuk tim persiapan yang satu ini, kamu akan menerima layanan total dalam mempersiapkan dan melangsungkan pernikahan. Dalam artian, kamu bisa tetap duduk tenang dan menerima jadi pesta pernikahan yang hendak dilangusngkan. Wedding planner tidak hanya bertugas mengatur acara, ia juga memilihkan vendor yang tepat untuk digunakan. 

Jika kamu menggunakan wedding planner, kamu tidak harus bertemu dengan vendor untuk mempersiapkan dan mendiskusikan aspek pernikahan, akan ada perwakilan yang menggantikanmu. Setelahnya, ia akan memberitahukan kepadamu mengenai hasil dari diskusi yang telah dilakukan. 

Job Desk Wedding Organizer Team Pelaksana

wm_article_img

Job desk wedding organizer tidak hanya untuk tim perencana saja, ada tim pelaksana yang memastikan semua bagian sukses dan tidak ada yang terlewat. Berikut adalah pembagian tugas wedding organizer yang ada di bagian tim pelaksana, diantaranya adalah:

  • Pendamping Pengantin

Untuk kamu yang menggunakan jasa mereka, pendamping pengantin akan membantumu sejak pagi untuk mempersiapkanmu sebaik mungkin. Ia akan membantumu melakukan makeup dan memastikan hasilnya baik, membantu fotografer dan mengurus kebutuhan pribadimu. 

Kamu juga bisa menggunakan pendamping pengantin untuk membawakan dompet dan ponselmu, sebab ia akan mengikutimu kemanapun kamu akan pergi. Ia juga bisa membantumu berkomunikasi dengan tim lain, sehingga semua rencana berjalan lancar. 

  • Konsumsi

Setiap acara pernikahan tentu tidak lepas dengan tim konsumsi, ynag akan mengatur catering dan jumlah makanan yang hendak disediakan. Untuk bagian konsumsi, biasanya akan disediakan lebih dari satu tim untuk menjaga agar bagian ini tidak berantakan. 

Job desk wedding organizer bagian konsumsi adalah mengatur makanan dan minuman catering yang sudah kamu pesan. Ia juga mengatur bagian-bagian makanan, seperti prasmanan, bagian dessert, hingga bagian minuman untuk disajikan ke tamu undangan. 

  • Stopper

Kalau kamu menggunakan konsep salaman di pelaminan, kamu wajib menggunakan stopper untuk memastikan semua dalam keadaan baik dan sesuai rencana. Ia akan mengatur proses jalannya foto dan membantu fotografer. 

Ia juga akan membantu area pelaminan dalam keadaan rapi selama proses pengambilan gambar atau video dilakukan. Jika kamu hendak melangsungkan wedding toast atau pelemparan bunga, maka ia akan membantu proses dan jalannya kegiatan tersebut. 

  • Perlengkapan

Setiap pernikahan tentunya membutuhkan perlengkapan untuk melangsungkan acara, dari perlengakapan sound system, persiapan instalasi listrik, penataan meja dan kursi hingga persiapan pelaminan. Semua aspek tersebut akan dipersiapkan oleh tim perlengkapan yang jumlahnya bisa disesuaikan. 

Job desk wedding organizer bagian ini tidak hanya mengatur peralatan saja, ia juga mengadakan berbagai peralatan untuk memastikan bahwa proses pernikahan dapat berjalan sesuai dengan rencana. 

  • Penerima Tamu

Kamu bisa memilih untuk menggunakan bagian wedding organizer ini atau tidak, sebab biasanya bagian penerima tamu diisi oleh teman dekat atau pihak keluarga. Namun kamu tetap bisa menggunakan penerima tamu untuk memastikan bahwa bagian tersebut berjalan dengan lancar. 

Apalagi jika tamu yang kamu undang untuk pernikahan cukup banyak, kamu harus memastikan mereka dilayani dengan baik. Pennerima tamu juga bisa digunakan untuk menjemput dan menjamu tamu khusus dan VIP. 

Itulah berbagai penjelasan mengenai job desk wedding organizer yang ada di acara pernikahan. Ketika kamu menggunakan jasa wedding organizer, pastikan kamu memilih yang sudah berpengalaman dan terpercaya, dengan begitu, acara pernikahan dapat berjalan sesuai rencana!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...