Kenapa Harus Memilih Paket Pernikahan? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya - Wedding Market

Kenapa Harus Memilih Paket Pernikahan? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

18 Jun 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 169
Kenapa Harus Memilih Paket Pernikahan?
Fotografi: Iluminen

Dear calon pengantin, apakah kamu masih bingung mau memilih paket wedding atau menentukan sendiri vendor-vendor untuk acara pernikahanmu nanti? Sebelum memutuskan pilihan mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, ada baiknya  ketahui terlebih dahulu ya apa kelebihan dan kekurangan dari sistem paket pernikahan yang sering ditawarkan oleh vendor. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Apa Kelebihan Paket Wedding?


1. Lebih Efisien Waktu

Bagi pasangan calon pengantin yang sibuk bekerja atau memiliki waktu terbatas, memilih vendor pernikahan satu per satu akan menjadi pekerjaan rumah yang cukup merepotkan. Duh, kebayang dong harus mengumpulkan informasi tentang vendor sebanyak itu? Kemudian menghubungi satu per satu, buat janji bertemu, belum lagi di sela-sela itu kamu juga harus mempersiapkan printilan pernikahan lainnya, seperti membuat daftar tamu yang harus diundang, memilih panitia persiapan pernikahan dan lain sebagainya.

Nah, dengan adanya paket pernikahan, kamu tak perlu bersusah payah sedemikian rupa. Sebab, umumnya dalam satu paket wedding sudah mencakup segala kebutuhan untuk persiapan pernikahanmu. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan berapa jumlah tamu undangan serta anggaran yang dimiliki. Sebagai contoh all in package dari WeddingMarket, di dalamnya sudah mencakup wedding organizer, venue, catering, dekorasi, fotografi, entertainment, MC, hingga cincin kawin. Dari segi waktu maupun tenaga, pastinya hal ini jauh lebih efisien, bukan?

2. Harga Paket Pernikahan Relatif Lebih Murah

Apabila kamu tak punya cukup waktu mencari tahu informasi mengenai vendor satu per satu untuk berburu harga termurah, pilihan paket pernikahan bisa menjadi solusi praktis. Sebab, kamu hanya tinggal membandingkan saja inclusion yang ditawarkan dengan harga yang dipatok untuk masing-masing paket tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menarik kesimpulan paket mana yang paling menguntungkan untukmu. Tak hanya itu, harga sistem paket ini terkadang masih bisa dinego, loh! Kamu bisa mencoba menawar kepada wedding organizer yang akan kamu gunakan dan menanyakan apakah ada diskon atau bonus untukmu. Jika sudah cocok, maka bisa langsung deal, deh!

3. Ada Koordinator yang Mengurusnya


Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh ketika kamu memilih paket pernikahan adalah tidak perlu berurusan secara pribadi satu per satu dengan vendor-vendor yang terlibat. Kamu bisa sedikit lega karena semuanya sudah ada yang mengurus. Sebab, dalam satu paket pernikahan yang kamu pilih, minimal nanti akan ada satu orang yang menjadi koordinator dari semua vendor-vendor. Dengan  demikian, kamu hanya perlu menyampaikan keinginanmu dan mengecek satu orang ini untuk memastikan sejauh mana progress persiapan pernikahanmu. Kemudian ia akan menyampaikannya kepada seluruh vendor sesuai dengan instruksi yang kamu berikan. Biasanya, penanggung jawab tersebut berasal dari pihak wedding organizer (WO).

Hal ini juga berlaku ketika ditemui masalah atau ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Kamu bisa mengajukan komplain kepada koordinator acaramu, nanti ia yang akan meneruskannya kepada PIC (person in charge) atau penanggung jawab dari vendor yang bermasalah tersebut. Sistem paket ini cocok sekali buat kamu yang tak mau ribet tapi tetap ingin pesta berjalan lancar dan terorganisir. Apalagi, buat kamu yang belum pernah punya pengalaman mengurus suatu acara. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mempercayakannya pada orang yang sudah berpengalaman seperti pihak WO.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Paket Pernikahan


Meskipun sistem paket pernikahan menawarkan banyak keuntungan untuk para calon pengantin, akan tetapi kamu dan pasangan juga harus tetap berhati-hati dalam menentukan, ya! Pastikan betul kamu telah benar-benar memahami isi paket tersebut sebelum memutuskan untuk memilihnya. Jangan langsung tergiur hanya dengan tawaran paket pernikahan murah. Tanyakan dengan jelas fasilitas apa yang akan didapat, vendor yang terlibat, bolehkah mengganti vendor jika tidak ingin menggunakan vendor rekanan dalam paket tersebut, bagaimana ketentuan pembayarannya, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus jadi bahan pertimbangan kamu dan pasangan sebelum melakukan best deal

Apakah ada kekurangan paket pernikahan? Kamu akan menjawabnya sendiri


Pada dasarnya, ada dua macam sistem paket sering ditawarkan oleh vendor-vendor pernikahan, paket yang fleksible dan paket yang terikat. Pada penawaran paket fleksible, kamu diperbolehkan untuk menggunakan vendor rekanan ataupun tidak sesuai keinginanmu. Harga paket pun bisa disesuaikan dengan vendor-vendor yang kamu pilih saja. Misalnya, vendor dekorasi A menawarkan paket dekorasi sekaligus fotografer dan kue pengantin seharga 55 juta rupiah. Jika kamu tidak ingin mengambil kue pengantin dari vendor ini, maka harga yang dibayarkan akan dikurangi seharga kue pengantin itu. Sehingga, kamu cukup membayar sesuai dengan yang kamu gunakan saja. 

Sementara itu, untuk paket wedding yang terikat, kamu tidak bisa lagi menggoyang harga yang sudah ditetapkan. Meskipun, pada saat realisasinya kamu tidak menggunakan vendor rekanan dalam paket tersebut. Harga yang ditetapkan adalah fix price yang tak bisa diotak-atik lagi. Jikalaupun kamu ingin menggunakan vendor pilihanmu sendiri di luar paket, opsinya bukan mengurangi harga yang harus dibayarkan, melainkan mungkin vendor tersebut akan mengalihkan dana yang tak terpakai dengan menambah kuantitasnya.

Sebagai contoh, kamu memilih paket pernikahan lengkap untuk 200 tamu undangan seharga 100 juta rupiah dari sebuah WO. Paket tersebut mencakup WO, gedung pernikahan, catering, fotografer, dekorasi dan MUA. Mungkin kamu sudah punya pilihan MUA sendiri, jadi tak akan mengambil vendor rekanan dalam paket ini. Maka, harga yang harus dibayarkan tetaplah 100 juta rupiah, tetapi sebagai kompensasinya WO akan mengalihkan dana yang tak terpakai untuk elemen lainnya. Misalnya menambahkan jumlah catering sesuai harga jasa MUA yang tak digunakan. Apakah hal tersebut akan merugikanmu? Tentunya, masih bisa didiskusikan antara kamu dengan WO. 


Jadi, apakah memilih paket pernikahan lebih menguntungkan? Semuanya, tergantung kebutuhan. Kembali lagi, keputusan akhir ada di tanganmu. Apapun yang kamu pilih, mau itu menggunakan jasa vendor secara terpisah atau memilih paket nikah all in, yang pasti harus dipikirkan baik-baik ya! Jangan lupa ketahui juga 3 Hal yang Jadi “Modal” Saat Memilih Paket Pernikahan, sebagai referensi agar kamu tak salah pilih paket pernikahan murah di Jakarta maupun kota-kota lainnya. Demikianlah, semoga pernikahanmu berlangsung dengan lancar, ya!

Wujudkan Pernikahan Impianmu bersama WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?