Pilih Kategori Artikel

Langgeng Berumah Tangga, Ini Keuntungan Kursus Pranikah!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan, ada kalanya untuk melakukan test kesehatan terlebih dahulu. Tepat setahun yang lalu, pihak KUA mulai untuk memaksimalkan Suscatin atau kursus calon pengantin. Apa sih keuntungan kursus pranikah?

Banyak sekali istilah yang digunakan dalam penyebutan Suscatin seperti bimbingan, sekolah, pembinaan, konseling, hingga penataran pranikah. Semua penyebutan berbeda namun inti dalam kandungannya pun sama yaitu memberikan wawasan terhadap calon pengantin yang ingin membangun rumah tangga agar kelak siap dalam urusan lahir batin. Terutama dalam urusan mencegah perceraian. Karena banyak sekali kasus perceraian karena tak bisa mengendalikan ego dalam dirinya dan tak memikirkan bagaimana nasib kedepan.

Belum semua KUA memberlakukan Suscatin, ada juga yang hanya memberlakukan secara isidental dan tak terprogram. Nah, kalau KUA kamu sudah memberlakukan program tersebut, sempatkan waktu untuk datang karena dampaknya sangat positif untuk kamu dan pasangan.

Berikut ini loh keuntungan kursus pranikah yang akan kamu dapati:

1. Menyatukan visimu dengan pasangan agar menjadi satu tujuan dalam membina rumah tangga

Secinta dan sesayangnya kamu dengannya tetaplah kalian dua kepala yang dijadikan satu. Banyak sekali perbedaan pendapat terutama dalam memandang sebuah pernikahan. Ada yang menikah untuk mendapatkan berkah, ada yang menikah untuk menutup gengsi, ada yang menikah untuk ingin punya anak dan sebagainya. perbedaan inilah yang harus disamakan terlebih dahulu sebelum bersama. Dengan mengikuti Suscatin untuk menyatukan visi dan misimu dengan pasangan. Kalau begitu, semua hal yang kalian inginkan mudah untuk dicapai, kan?

2. Mengetahui peran dan tugas masing-masing

Saat mempelai laki-laki telah menerima ijab kabul dari wali mempelai wanita, artinya sudah siap untuk menanggung rumah tangga bersama. Mempelai lelaki siap untuk menggantikan peran seorang ayah bagi istrinya. Begitupun mempelai wanita yang berpindah peran sebagai istri. Dalam rumah tangga, baik istri maupun suami mempunyai peran masing-masing agar harmonis dan terjaga. Jadi, Suscatin akan membahas semua hal yang akan dialami dalam berumah tangga. Tidak melulu soal suami yang akan menafkahi istri dan istri yang akan melayani suami. Itu memang sudah menjadi kodrat alam.

3. Teliti dalam mengurus keuangan

Keuntungan kursus pranikah bisa dalam perihal keuangan. ini sangat penting untuk di bahas kedua belah pihak pasangan sebelum menikah. Isu ini memang sering terjadi penyebab pasangan suami istri melakukan perceraian. Penting sekali dalam membicarakan tentang kondisi finansial saat ini dari kedua belah pihak pasangan, bagaimana mengatur keuangan, siapa yang boros dalam penggunaan uang, pandai dalam menabung, sampai siapa yang menggampangkan dalam memegang keuangan rumah tangga nantinya. Dalam Suscatin, kamu dan pasangan akan mendapatkan penjelasan seputar keuangan yang akan kamu terapkan nantinya agar kelak bisa mengontrol keuangan dengan baik.

4. Memahami kesehatan reproduksi

Setelah ijab kabul dan sah sebagai pasangan suami istri, berhubungan intim secara halal sudah sangat di nanti. Di sinilah kamu akan memahami kesehatan reproduksi. Sangat diharapkan kamu dan pasangan dalam berhubungan intim secara sehat dan tidak sembarangan. Jika kamu ingin hamil lebih cepat, perhatikan mengenai masa subur, vaksin, dan juga pilihan alat kontrasepsi. Masih banyak info terkait kesehatan reproduksi yang penting kamu pelajari. Namun, dengan hal-hal yang sederhana ini bisa kamu dapati di Suscatin. Keuntungan kurus pranikah yang satu ini sangat bermanfaat bukan?

5. Kemampuan menyelesaikan masalah

Tidak ada rumah tangga yang perjalanannya sangat mulus. Ada saja terjangan yang menghampiri baik itu skala kecil maupun besar. Perbedaan pendapatpun adalah hal yang sering terjadi, juga masalah komunikasi yang kurang lancar satu sama lain. konselor Suscatin akan memberikan pengarahan terkait konflik yang terjadi sehingga kamu dan pasangan akan lebih bijak dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Dari sekian keuntungan kursus pranikah di atas, salah satu tujuannya yaitu menekan angka perceraian. Namun kembali lagi pada kamu dan pasangan seberapa komitmen untuk menerapkan ilmu yang sudah dijelaskan dalam Suscatin.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...