Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Konsep Nikah Berdasarkan 16 MBTI dan Cara Mempersiapkannya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Apakah kamu familier dengan tipe kepribadian yang dibuat oleh Myers-Briggs? Tes ini populer dengan nama MBTI dan sering digunakan oleh orang untuk lebih mengenali dirinya. Ternyata tipe personality ini juga akan memengaruhi beberapa hal. Salah satunya adalah ketika merencanakan sesuatu, mulai dari liburan hingga pernikahan. 

Setiap personality memiliki caranya sendiri-sendiri. Bukan hanya saat proses menyiapkannya saja, MBTI juga akan memengaruhi hasil dari perencanaan tersebut dalam bentuk konsep nikah. Misalnya, jika kamu memiliki kepribadian yang introverted, kemungkinan pernikahanmu akan digelar dengan lebih intim dan waktu yang tidak terlalu lama. 

Mengetahui hal ini akan mengurangi stres yang tidak perlu saat mempersiapkan pernikahan hanya karena kamu tidak mengetahui cara yang paling cocok dengan dirimu. Berikut ini adalah cara mempersiapkan pernikahan sesuai dengan MBTI. Simak sampai habis, ya!

1. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

wm_article_img

Seseorang yang memiliki kepribadian ISTJ cenderung menyukai perencanaan yang matang dan sistem yang jelas. Makanya, penting untuk membuat perencanaan dengan terstruktur dan terorganisir. Daftar tugas dan timeline harus disusun dengan jelas. Efisiensi adalah nomor satu sehingga undangan, dekorasi, hingga susunan acara harus dibuat sedetail mungkin.

Meskipun begitu, penting untuk fokus pada hal-hal yang penting dan menghindari tambahan yang tidak perlu. Tema yang cocok untuk ISTJ adalah pernikahan klasik dan tradisional yang diadakan di gedung atau ballroom yang elegan.

2. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

wm_article_img

Saat mempersiapkan pernikahan, ISFJ akan mempertimbangkan segala sesuatu berdasarkan sifatnya yang hangat dan memikirkan segalanya menggunakan sudut pandang para tamu. Mereka akan menciptakan kesan yang menyenangkan dengan suasana yang hangat dan ramah terdiri dari dekorasi yang nyaman dan makanan enak. Detail kecil yang membuat para tamu merasa dihargai seperti suvenir khusus dan ucapan terima kasih yang dipersonalisasi akan cocok dengan kepribadian ini.

Untuk membuat pernikahan semakin personal, konsep pernikahan yang pas adalah pernikahan kecil dan intim dengan orang-orang terdekat.

3. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

wm_article_img

Kreatif dan sentimental adalah dua kata sifat yang bisa mendeskripsikan seseorang dengan MBTI yang satu ini. Biasanya akan ada visi unik yang diwujudkan dalam pernikahan. Dekorasi artistik dan estetis akan menciptakan suasana indah pada pernikahan. Sentuhan sentimental seperti memasang foto keluarga atau memilih menu makanan yang memiliki cerita di baliknya bisa ditambahkan. Pidato dan tulisan yang menyentuh hati akan semakin melengkapi acara ini.

Tidak ada konsep acara khusus untuk pribadi dengan sifat INFJ. Kreativitas dan cerita yang dimiliki biasanya akan membawa pernikahan memiliki konsepnya tersendiri.

4. INTJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

wm_article_img

INTJ biasanya memiliki sifat yang ambisius dan inovatif. Rencana pernikahan harus dibuat dengan strategis dan matang. Hal ini akan membawa pengantin ke dalam pernikahan yang sempurna. Riset dilakukan dengan menyeluruh dan jelas. Namun, jika kamu memiliki MBTI ini, sebaiknya tidak terlalu ketat dalam menggunakan sisi logis ini saat persiapan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih indah, kamu bisa menggunakan sedikit perasaan dalam pembuatan keputusan. Pemilihan tempat yang eksklusif dengan tema yang lebih modern dan elegan akan cocok dengan sifat INTJ. 

5. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

wm_article_img

ISTP biasanya menyukai sesuatu yang praktis, fleksibel, dan tidak terlalu kaku. Oleh sebab itu, mereka akan cenderung fokus pada hal-hal yang esensial dan menghindari hal rumit yang kurang perlu. Meskipun begitu, elemen petualangan dan hal-hal yang menyenangkan juga tidak bisa ditinggalkan. 

Untuk konsep pernikahan yang cocok, pertimbangkan untuk menggelar pernikahan dengan tema kasual dan santai, seperti pernikahan yang digelar outdoor atau di pantai. 

6. ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

wm_article_img

Para ISFP memiliki sifat yang mengikuti arus, fleksibel, dan fokus pada saat ini. Hal ini membuat mereka tidak muda stres saat mempersiapkan pernikahan. Namun, sebaiknya perencanaan tetap harus dibuat supaya semuanya tetap bisa di-track

Untuk membuat pernikahan bisa mengekspresikan kepribadian ISFP, buat suasana yang intim dan penerangan lembut dengan musik yang menyenangkan. Pilih dekorasi yang alami dengan banyak bunga dan elemen organik. Detail yang personal dan kreatif juga bisa ditambahkan.

7. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

wm_article_img

Memiliki tingkat empati dan kreativitas yang tinggi, para INFP bisa membuat pernikahan dengan romantis, dreamy, tapi tetap peduli pada lingkungan sekitar. Pernikahan yang mewujudkan imajinasi, tapi tetap dengan realistis bisa diwujudkan.

Kamu bisa menggelar pernikahan di alam dengan konsep eco-friendly. Dekorasi dengan elemen kreatif yang membuat area semakin romantis akan memberikan nuansa dreamy yang diinginkan.

8. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

wm_article_img

Orang-orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki pendekatan yang rasional, logis, dan analitis. Sayangnya, kadang mereka akan lebih fokus pada hal-hal yang terlalu detail padahal melihat gambaran besar pernikahan juga tak kalah penting. Pernikahan yang intim dan privat akan cocok yang mana pengantin hanya mengundang orang-orang terdekat supaya mereka tidak kewalahan.

Sementara itu, untuk tema spesifik yang bisa dilakukan adalah tema modern dan minimalis. Namun, kamu juga bisa menyisipkan elemen inovatif dan unik di dalamnya. 

9. ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

wm_article_img

Fun” adalah sebuah kata yang menggambarkan para ESTP. Biasanya mereka akan ditemui di pesta-pesta yang meriah. Makanya, acara besar yang penuh dengan energi dan kesenangan akan cocok dengan kepribadian ini. Pernikahan ini akan cocok dilakukan di area outdoor dengan lokasi yang luas. Untuk membuat para tamu senang, jangan lupa untuk menyiapkan aktivitas yang seru dan interaktif. 

Tema garden party dalam skala yang besar akan cocok digelar dari siang hingga malam hari. Kamu juga bisa menyediakan ruang untuk hal-hal yang bisa dilakukan secara spontan, misalnya mengundang teman-teman untuk mengucapkan kesan dan pesan mereka.

10. ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

wm_article_img

ESFP adalah orang-orang yang memiliki pemikiran out of the box dan berpikir satu langkah lebih maju dari semuanya. Bukan tak mungkin acara yang digelar ternyata akan membuat tren baru di dunia pernikahan. Kamu bisa membuat pesta besar yang penuh warna dengan dekorasi yang cerah. Masukkan berbagai jenis musik dan hiburan untuk memberikan sajian yang beragam bagi tamu. Jangan lupa untuk melakukan interaksi dan beramah-tamah seperti sifatmu biasanya.

11. ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

wm_article_img

Sebagai sosok yang optimis dan antusias, persiapan pernikahanorang-orang ENFP  akan lebih menyenangkan. Jiwa kreatif yang bersarang di dalam dirinya akan membuat pernikahan sangat berkesan. Namun, bukan hanya ingin membuatnya menjadi acara yang menyenangkan, si ENFP juga memikirkan detail yang bermakna dan spesial.

Kamu bisa menggunakan dekorasi unik yang mencerminkan kepribadianmu dan pasangan. Kamu pun bisa menyertakan aktivitas yang interaktif, tapi juga membuat pidato atau janji yang emosional dan menginspirasi.

12. ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

wm_article_img

Sosok yang satu ini memiliki keinginan untuk selalu menjadi pribadi yang autentik. Setiap pernikahan tentu akan membuat pasangan pengantin outstanding. Namun, si ENTP ingin terlihat outstanding dengan cara mereka sendiri. Selain dari segi konsep dan dekorasi itu sendiri yang mencerminkan kepribadian. Kamu juga bisa membuat pidato yang menghibur dan penuh dengan humor.

13. ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)

wm_article_img

ESTJ adalah seorang perencana yang sangat baik. Mereka akan mampu membuat perencanaan yang detail dan terorganisir. Hal ini akan menghindarkannya dari stres berlebihan karena persiapan pernikahan. Susunan acara selama pernikahan berlangsung juga akan berjalan dengan rapi dan lebih tepat waktu. 

Tema yang cocok untuk si ESTJ adalah konsep tradisional dan elegan. Namun, jika ingin melakukan beberapa hal secara DIY untuk pernikahan dalam skala yang lebih kecil, mereka juga bisa melakukannya dengan baik.

14. ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)

wm_article_img

Kadang-kadang ESFJ memiliki kecenderungan untuk lebih fokus pada mementingkan kebahagiaan dan perasaan orang lain alih-alih dirinya sendiri. Padahal, yang perlu diingat adalah acara pernikahan merupakan momen bahagia untuk pengantin itu sendiri. Memadukan kedua hal ini akan membuat acara pernikahan lebih hangat.

Selain membuat pesta pernikahan yang penuh perhitungan dengan memikirkan kesenangan tamu, kamu juga bisa menciptakan pernikahan yang memiliki sentuhan personal dengan hal-hal yang membuatmu merasa bahagia.

15. ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

wm_article_img

Sebagai seseorang yang memiliki sifat antusias dan idealis, ENFJ bisa menciptakan sebuah pernikahan yang mampu menunjukkan dirinya dan mengekspresikan rasa cinta melalui berbagai elemen yang ada. Pilihan elemen ini harus sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki.

Tema yang akan cocok untuk pernikahan si ENFJ adalah tema-tema tradisional atau heritage wedding yang memiliki berbagai makna di setiap prosesinya. Pernikahan ini bisa digelar di dalam gedung tua atau bangunan tradisional.

16. ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)

wm_article_img

Memiliki sifat kepemimpinan yang tinggi, ENTJ akan membuat persiapan pernikahan dengan ambisius. Hal-hal yang terjadi secara tidak terduga tidak akan membuatnya goyah dan tetap fokus pada penyelesaian. 

Tema yang elegan dan eksklusif dengan detail yang memperhatikan berbagai hal dengan kualitas tinggi adalah pernikahan yang cocok dengan kepribadian ENTJ.

Meskipun masih banyak yang menyangsikan keakuratan MBTI, tes ini cukup bisa mengidentifikasi sifat–sifat seperti apa saja yang dimiliki seseorang sehingga bisa digunakan sebagai cara untuk mengetahui persiapan dan konsep pernikahan seperti apa yang cocok untuknya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...