Pilih Kategori Artikel

Larangan Calon Pengantin Sebelum Menikah, Hindari Jika Ingin Pernikahan Lancar!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat membicarakan tentang persiapan menikah, biasanya kita akan lebih fokus dengan hal apa saja yang harus dipersiapkan. Mulai dari memilih venue dan vendor hingga melakukan perawatan ini itu. Namun, kita sering kali melupakan hal-hal yang sebaiknya kita hindari. Padahal, kalau diremehkan bisa jadi hal tersebut akan membawa dampak yang buruk juga saat hari pernikahan telah tiba.

Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan fisik maupun sesuatu yang menyinggung mental, beberapa hal ini sebaiknya dihindari jika ingin hari bahagiamu berjalan lancar sesuai dengan keinginan. Apa saja larangan calon pengantin sebelum menikah tersebut? Simak yuk selengkapnya!

Hal yang harus dihindari berkaitan dengan fisik

wm_article_img
Foto: pexels/Karolina Grabowska

Ada banyak pilihan perawatan yang biasanya ditawarkan sebelum acara pernikahan. Namun, hanya sedikit yang menyinggung mengenai apa saja yang sebaiknya dihindari supaya penampilan dan kekuatan fisik akan tetap bagus di hari pernikahan.

1. Operasi besar atau tindakan medis yang memerlukan pemulihan lama

Jika kamu merencanakan operasi besar atau tindakan medis yang memerlukan pemulihan yang lama, sebaiknya pertimbangkan kapan akan melakukannya. Jika harus dilakukan sesegera mungkin sebelum menikah, jangan lupa untuk menyiapkan waktu yang cukup untuk pemulihan. 

Ingat bahwa kamu juga masih harus mempersiapkan banyak hal untuk pernikahanmu yang sebaiknya dilakukan ketika dalam kondisi yang sehat. Sementara itu, apabila waktu pernikahan sudah semakin dekat, diskusikan dengan dokter apakah memungkinkan untuk melakukannya setelah menikah jika kondisi tubuh masih tidak terlalu terganggu.

2. Diet ekstrem atau kehilangan berat badan yang berlebihan

wm_article_img
Foto: pexels/Karolina Grabowska

Kebanyakan orang ingin tampil menawan dan sempurna di hari pernikahan kelak. Tak jarang banyak yang memaksakan diri untuk menjalani diet ketat supaya bisa mendapatkan tampilan yang diidam-idamkan. Namun, jika ingin melakukannya, kamu juga harus paham dampak apa saja yang akan dihadapi. Jangan sampai saat mendekati hari-H, kamu malah merasakan sakit dan tidak bisa tampil maksimal. Lebih baik lakukan pola makan yang sehat dan seimbang.

3. Kelelahan yang berlebihan

Usahakan agar tidak terlalu stres atau lelah saat menjelang pernikahan. Persiapan pernikahan bisa menjadi masa-masa yang sibuk dan banyak menguras energi, tetapi penting untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Jadi, jangan lupa untuk istirahat.

4. Perubahan gaya atau warna rambut yang drastis

Kadang mungkin muncul keinginan untuk melakukan perubahan pada dirimu untuk tampil manglingi di hari pernikahan. Jika kamu ingin melakukan perubahan besar pada gaya atau warna rambut, pertimbangkan untuk melakukannya dengan waktu yang cukup sebelum pernikahan digelar. Jadi, kamu bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dan makin percaya diri.

5. Mencoba makeup atau skincare baru

wm_article_img
Foto: pexels/Sora Shimazaki

Hindari mencoba produk makeup atau perawatan kulit yang baru ketika sudah mendekati tanggal pernikahan. Beberapa produk dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah kulit yang tidak diinginkan. Mengingat wajahmu yang akan menjadi sorotan, hal ini bisa riskan untuk dilakukan.

6. Mencabut gigi atau perawatan gigi yang intensif

Jika kamu perlu menjalani prosedur pencabutan gigi atau perawatan gigi lainnya yang rumit, pertimbangkan jadwalnya agar tidak terlalu dekat dengan acara pernikahan. Hal ini penting untuk kenyamanan makan dan penampilan kamu nantinya.

7. Kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol berlebihan

Kebiasaan merokok atau konsumsi alkohol berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mentalmu. Hal ini juga dapat memengaruhi hubungan dengan pasangan. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, pertimbangkan untuk mencari dukungan atau bantuan untuk berhenti atau mengurangi konsumsinya.

8. Mengonsumsi obat atau suplemen berlebihan

wm_article_img
Foto: pexels/Ready Made

Saat sedang sakit atau merasa tidak enak badan, memang sebaiknya kamu sesegera mungkin menanganinya supaya aktivitas tidak terganggu. Namun, hindari mengonsumsi obat-obatan atau suplemen dalam jumlah yang berlebihan sebelum pernikahan. Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mentalmu. Akhirnya, persiapan pernikahanmu pun akan terganggu.

9. Kurang tidur

Pastikan kamu tidur yang cukup selama persiapan pernikahan. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu. Kamu juga akan terlihat tidak fit dan kusam saat acara pernikahan berlangsung.

Hal yang harus dihindari berkaitan dengan mental dan sosial

wm_article_img
Foto: pexels/Ketut Subiyanto

Selain hal-hal yang bersifat fisik yang harus dihindari, ada juga larangan dalam bentuk mental dan sosial jika ingin pernikahanmu berlangsung dengan lebih mulus. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Terlalu fokus pada pernikahan besar-besaran

Terkadang, fokus yang terlalu banyak pada pernikahan mewah atau acara besar-besaran dapat mengaburkan makna sebenarnya dari pernikahan itu sendiri. Hindari terlalu stres atau terlalu sibuk dengan persiapan pernikahan karena menginginkan sesuatu yang megah.

2. Mengambil utang yang tidak perlu

wm_article_img
Foto: pexels/Mikhail Nilov

Hindari mengambil utang dalam jumlah besar untuk pernikahan jika jumlah tersebut tidak sesuai dengan situasi keuanganmu. Memulai pernikahan dengan utang yang berat dapat memberikan tekanan ekstra. Belum lagi, fase bulan madu pada pernikahan yang seharusnya menyenangkan malah bisa jadi sudah dipenuhi pertengkaran karena adanya sumber konflik.

3. Menunda diskusi tentang hal yang penting

Jangan menunda diskusi penting dengan pasanganmu, seperti rencana keluarga, nilai-nilai, atau tujuan hidup. Sebaiknya bicarakan hal-hal ini sejak awal agar kamu dan pasangan memiliki pemahaman yang jelas dan tujuan yang sama.

4. Berhubungan dengan teman toksik

Jika kamu memiliki teman atau kenalan yang beracun atau berpotensi merusak hubungan yang kamu jalani, pertimbangkan untuk menjauh dari mereka atau menetapkan batasan yang sehat saat berinteraksi dengan mereka.

5. Memiliki konflik yang tidak selesai

Cobalah untuk menyelesaikan konflik atau masalah dalam hubunganmu sebelum menikah. Memasuki pernikahan dengan konflik yang belum terselesaikan dapat menciptakan ketegangan yang tidak perlu.

6. Melakukan pertemuan romantis dengan orang lain

wm_article_img
Foto: pexels/Katerina Holmes

Hindari pertemuan dengan lawan jenis lain selain pasangan kamu, termasuk hindari pertemuan dengan mantan kekasih atau teman dekat yang mungkin menjadi sumber konflik atau ketidakpercayaan pasangan.

7. Merasa terlalu stres atau khawatir

Persiapan pernikahan bisa menjadi masa-masa yang sibuk dan melelahkan, tetapi jangan biarkan stres atau kecemasan mengambil alih. Cobalah untuk tetap tenang dan nikmati prosesnya.

8. Merasa terlalu cemas terhadap detail-detail kecil

Meskipun detail-detail pernikahan merupakan sesuatu yang penting, jangan biarkan kekhawatiran tentang hal-hal kecil dan sepele mengganggu hari-harimu. Fokus saja  pada momen yang penting dan nikmati pernikahanmu.

10. Sulit berkomunikasi dengan pasangan

Meskipun ada banyak persiapan yang harus dilakukan, jangan sampai berhenti berkomunikasi dengan pasanganmu. Ceritakan jika ada sesuatu yang terjadi dan jangan dihadapi sendirian.  Ingat bahwa acara pernikahan dan kehidupan setelahnya adalah milik kalian berdua.

11. Mengabaikan perawatan diri

Ingatlah untuk merawat diri sendiri selama persiapan pernikahan. Bukan hanya fisik saja, tapi juga mental. Ambilah jeda bila memungkinkan, manjakan diri dengan makan enak atau melakukan perawatan tubuh sesekali untuk membuat dirimu lebih santai.

Ingat, jangan hanya mengingat apa saja hal yang harus kamu persiapkan untuk menikah, tapi ingat juga beberapa larangan sebelum menikah tersebut sehingga kondisi fisik maupun mentalmu akan tetap maksimal saat hari pernikahan tiba nantinya.


Foto cover: freepik

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...