Pilih Kategori Artikel

Lihat Cantiknya Makeup Adat Betawi yang Menampilkan Sisi Feminim
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika melangsungkan pernikahan, penggunaan konsep tertentu dimaksudkan untuk membuat penampilan mempelai menjadi lebih menarik. Kalau kamu tertarik melangsungkan pernikahan dengan konsep adat, apalagi untuk mereka yang merupakan suku Betawi, makeup adat Betawi ini harus kamu perhatikan dengan benar.

Riasan pengantin khas Betawi memiliki ciri khas yang tidak bisa kamu temukan di suku lain yang ada di Indonesia, bahkan di Pulau Jawa sekalipun di tempat mereka tinggal. Antara suku Betawi, Sunda dan Jawa yang mendiami Pulau Jawa memiliki keunikan dan makeupnya sendiri ketika melangsungkan acara pernikahan.

Inilah berbagai informasi penting mengenai makeup atau tata rias yang sering digunakan dalam pernikahan adat Betawi. Kamu bisa mengaplikasikan berbagai tata rias tersebut, dan membuat penampilanmu semakin cantik ketika hari pernikahan berlangsung. Makeup adat Betawi memiliki ciri yang khas, sebab hadirna suku Betawi diikuti oleh hadirnya budaya lain yang ada disana. Budaya Betawi sendiri dipengaruhi oleh etnik Cina, Arab, dan juga India, yang merupakan suku luar Indonesia.

Sebab letak Jakarta dan sekitarnya yang dekat dengan pesisir, bukan tidak mungkin mereka menjadi tempat singgah beragam budaya selama masa perdagangan di era lampau. Inilah yang menyebabkan pakaian pengantin Betawi memiliki ciri khas yang unik, karena mengaburkan konsep suku lain dan membuatnya menjadi sesuatu yang baru.

Kamu bisa menemukan berbagai riasan khas Cina seperti naga berwarna emas, pemakaian burung hong untuk aksesori, hingga motif dalam aksesori lain yang dikenakan oleh pengantin wanita. Sedangkan untuk pengaruh Arab, kamu akan menemukannya lebih banyak di mempelai pria, yang terlihat dari jubah yang dikenakan.

Ciri Khas Makeup Adat Betawi

wm_article_img
Foto: mahligai-indonesia.com

Setelah mengetahui sejarah mengenai suku Betawi, ada baiknya kamu mengetahui pula apa ciri khas yang menjadi ciri khas pernikahan Betawi. Dengan mengetahui ciri khas tersebut, kamu bisa melakukan makeup pengantin adat Betawi yang lebih maksimal.

1. Model Riasan Besar

Pilihan pertama yang bisa kamu gunakan adalah gaya riasan besar, yakni terlihat dengan penggunaan siangko. Siangko merupakan mahkota yang dikenakan oleh mempelai wanita selama proses pernikahan berlangsung.

Bentuk siangko cukup unik, yakni dilengkapi dengan penutup yang menyerupai cadar, sehingga memberikan penampilan yang lebih anggun pada mempelai wanita. Di bagian kiri dan kanan mahkota tersebut juga terdapat dua pasan burung sebagai hiasan.

2. Aksesori Kemban Kalepe

Selain mengunakan riasan mahkota, mempelai wanita dari suku Betawi juga menggunakan kembang kalepe sebagai hiasan. Kembang kalepe tersebut dimaksukan untuk membuat mahkota yang dikenakan menjadi lebih meriah.

Selain kemban kalepe, mempelai wanita juga menggunakan kembang goyang dan kembang rumput. Kedua kembang tersebut memiliki makna yang penting, sehingga sering dimasukkan sebagai aksesori sanggul khas dari Betawi.

3. Makeup untuk Pengantin Pria

Tak hanya wanita, makeup pengantin Betawi juga diaplikasikan kepada mempelai pria. Makeup tersebut Bahkan, mereka juga disediakan pakaian dengan model gamis mirip dengan gaya busana khas Arab.

Baju pengantin Betawi tersebut dilengkapi dengan kerah Shanghai, sehingga cocok dikombinasikan dengan kain yang longgar dan dipadukan dengan jubah berwarna gelap dengan selendang. Nantinya selendang tersebut akan disampirkan ke bagian bahu untuk membuat penampilan semakin gagah.

4. Mempelai Pria Menggunakan Mahkota

Tidak hanya mempelai wanita saja yang menggunakan mahkota, mempelai pria dalam adat Betawi juga menggunakan mahkota. Namun mahkota yang digunakan berbeda, bentuknya mirip dengan penutup kepala khas haji yang terbuat dari surban.

Mahkota tersebut memiliki bentuk mirip dengan surban yang digulung, kemudian disatukan dan dipasang beberapa aksesoris tambahan. Diantara aksesoris tersebut adalah bunga melati, mawar, dan aksen bunga cempaka untuk bagian atasnya.

Gaya Makeup dan Berpakaian yang Digunakan Pengantin Betawi

wm_article_img
Foto: sewabusanabetawi

Setelah mengetahui gaya khas pengantin dengan makeup adat betawi, ada baiknya kamu juga mengetahui berbagai riasan lain yang sering dipakai. Untuk penampilan mempelai wanita, biasanya riasan yang diguankan adalah riasan khas Cina.

Riasan tersebut sering disebut sebagai Riasan Besar Dandanan Care None Pengantin Cine. Ia menjadi gaya khas dari suku Betawi yang memiliki sejarah dan hubungan baik dengan masyarakat Cina pada masa lalu. Tampilan yang dikenakan oleh mempelai wanita nanti memiliki aksen khas Cina dengan kearifan lokal.

Untuk pakaian yang digunakan, kebanyakan menggunakan bahan yang terbuat dari satin. Sebab selain lebih nyaman digunakan, ia juga memiliki pilihan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan bahan yang lain. Nantinya mempelai wanita juga akan mengunakan rok panjang dengan model duyung untuk melengkapi tampilan.

  • Perhiasan yang Dikenakan

Kamu yang hendak menggunakan gaya makeup adat Betawi ini nantinya akan dikenakan berbagai aksesorid dan perhiasan yang cantik. Untuk mempelai wanita, biasanya mereka akan mengenakan gelang listing, sanggul dengan hiasan ronje melati, serta kalung emas yang lebar.

  • Riasan yang Dipakai

Kemudian ke bagian riasan wajah, kamu tetap bisa menggunakan riasan dengan adat Betawi secara sederhana. Namun kamu akan disarankan menggunakan warna yang kemerahan untuk pemakaian lipstick maupun blush on.

Penggunaan warna merah tersebut dipercaya akan membuat penampilan mempelai wanita semkain cantik. Namun jika hendak menggunakan riasan, pilih warna yang tidak terlalu tebal karena akan terlihat mencolok dan bertabrakan dengan mahkota yang kamu kenakan.

  • Pakaian Adat Betawi Klasik

Kalau kamu ingin menampilkan penampilan yang berbeda, menggunakan gaya makeup klasik juga bisa dilakukan. Gaya makeup Betawi ini cukup unik, sebab kamu akan menggunakan Tuaki, model pakaian dan gaya makeup klasik Betawi.

Gaya klasik ini memiliki kemiripan dengan adat Melayu alih-alih adat Cina sebagaimana gaya pakaian pengantin perempuan sebelumnya. Makeup adat Betawi yang satu ini juga tidak berbeda jauh, sebab kamu akan menggunakan pakaian dengan gaya yang lebih sederhana dan elegan.

Masih banyak makeup tradisional Betawi yang bisa kamu telusuri, sampai saat ini gaya khas Betawi masih banyak digunakan untuk melangsungkan pernikahan. Kamu bisa menarik kesimpulan bahwa menikah dengan gaya tradisional tetap akan membuatmu terlihat  cantik dan menawan.

Apalagi dengan gaya khas Betawi, rasanya tidak sulit untuk mencari MUA dengan kemampuan merias mempelai wanita dan pria untuk pernikahan adat ini. Untuk riasan sendiri, Betawi tidak memberikan pakem yang khusus, sehingga banyak perias dan mempelai bisa melakukan eksplor dengan kemampuan makeup yang dimilki.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai makeup adat Betawi yang bisa kamu terapkan. Jika kamu merupakan generasi dari suku tersebut, melangsungkan pernikahan dengan konsep adat bisa menjadi pilihan. Selain menyajikan tampilan yang berbeda di hari pernikahan, kamu bisa menjadi salah satu orang yang melestarikan adat suku dalam rangkaian kehidupan sehari-hari.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...