Pilih Kategori Artikel

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Jika Ingin Membuka Tabungan Bersama Pasangan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebagian besar, pasangan di Indonesia yang menggelar pesta pernikahan yang dibiayai oleh orang tua. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau ada calon pengantin yang lebih memilih untuk menggunakan uang pribadinya. Lalu, bagaimana untuk membuka tabungan bersama pasangan?

Untuk menggelar sebuah pesta pernikahan, sebelumnya di antara kedua belah pihak keluarga telah menentukan kesepakatan siapa yang memberikan porsi lebih besar. Namun sekarang ini, tidak sedikit di antara calon pengantin yang tidak ingin orangtuanya terbebani oleh biaya pernikahan.

Makanya, kini banyak sekali para calon pengantin yang berjuang keras lebih keras agar bisa mengumpulkan dana untuk membiayai pesta pernikahannya hasil dari keringat kerja kerasnya sendiri.

Menurut sebagian besar para calon pengantin, untuk membiayai sendiri pesta pernikahan yang ingin di gelar merupakan sebuah kebanggan tersendiri yang dimiliki dari setiap individu. Tak hanya itu, tetapi juga dari kalian akan bisa lebih leluasa dalam menentukan konsep pernikahan dibandingkan jika kalian yang di biayai oleh orang tua.

Dengan langkah untuk membuka tabungan bersama atau joint account merupakan salah satu solusi bagi calon pengantin yang ingin mengumpulkan dana pernikahan secara bersama. Teknisnya adalah para calon pengantin bisa datang ke bank mana saja dan membuka rekening seperti biasanya.

Bolehkah Membuka Tabungan Bersama Pasangan?

wm_article_img

Foto: Money Under 30

Disebabkan rekening tersebut atas nama berdua, maka kalian harus menandatangani surat persetujuan di atas materai. Hal ini sebenarnya masih menjadi hal yang tidak lazim karena dianggap calon pengantin tersebut belum terikat.

Pada dasarnya, rekening bersama boleh saja namun memiliki resiko yang cukup dengan mengundang konflik karena belum ada kepastian apakah calon pengantin tersebut akan tetap melaksanakan pesta pernikahan atau takdir berkata lain.

Beda halnya jika kamu sudah merasa yakin dengan pasangan kamu dan topik pembahasannya ke arah ke arah yang lebih serius, seperti pernikahan. Maka, tidak ada salahnya jika kamu membuka tabungan bersama dengan pasangan kamu.

Ketika kamu ingin membuka tabungan bersama, kalian harus menerapkan 5 tips di bawah ini. Semoga bermanfaat dan disimak dengan baik ya, ladies.

1. Rencanakan target mengenai dana dan waktu

Tips pertama yang bisa kamu terapkan ketikan ingin membuka tabungan bersama pasangan untuk membiayai pesta pernikahan sendiri. Dari awal, lebih baik kalian berdiskusi mengenai bagaimana rencana awal target yang ingin kalian capai mengenai dana dan jangka waktu dalam menabung.

Setiap orang yang ingin membuka tabungan, tentunya memiliki tujuan tersendiri. Nah, tentukan itu semua dari awal. Apakah kalian menabung untuk keseluruhan biaya pesta pernikahan yang ingin di gelar, pembelian cincin kawin, atau hanya untuk biaya honeymoon.

Ketiga poin di atas memang semuanya membutuhkan uang untuk mewujudkannya, apalagi jika diantara kalian ada yang memiliki wedding dreams tertentu. Tentunya, membutuhkan budget pernikahan yang tidak sedikit, kan?

Dengan kalian mengetahui target dana dan waktu sedari awal, maka kalian bisa memperkirakan besaran dana yang disisihkan tiap bulannya yang di simpan ke rekening bersama. Besaran dana yang disisihkan tidak perlu sama besar perbulannya, namun siapa yang memiliki pendapatan lebih besar boleh memberikan lebih banyak. Itu kembali pada kesepakatan yang telah kalian buat.

2. Rencana lain jika tidak terealisasikan

Dari awal kalian ingin membuka tabungan bersama, bukan hanya membicarakan besaran target dan waktu pengumpulan dana yang direncanakan. Tetapi, kalian juga harus berani membicarakan hal yang tidak diinginkan itu terjadi.

Apabila kalian tidak jadi menikah, lalu apa rencana lain yang bisa kalian lakukan? Mau dikemanakan uang yang ada dalam rekening bersama tersebut. Apakah uang tabungan tersebut akan di bagi dua? Atau masuk ke salah satu rekening diantara kalian?

Memang, sebagian besar calon pengantin yang ingin hal tersebut di atas terjadi. Sebesar apapun usaha yang kalian lakukan untuk bersama, itu semua kembali pada sang Illahi. Dialah yang menentukan. Kalian cukup sabar dan tetap berdoa.

Mungkin, kalau memang akhirnya kalian tidak jadi menggelar pesta pernikahan, menjadi salah satu mimpi buruk yang tak pernah kalian pikirkan. Namun, hal seperti itu harus dibicarakan secara jelas dan terbuka sejak awal. Jangan terlalu tutup mata dengan kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja.

3. Utamakan untuk saling terbuka dan jujur satu sama lain

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka tabungan bersama adalah keterbukaan dan kejujuran. Dua hal tersebut merupakan sebuah hal yang sangat penting dan dibutuhkan ketika berhubungan dengan masalah uang.

Seringkali uang menjadi pemicu pertengkaran sebagian besar orang yang semestinya tidak perlu diributkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi, maka simpan kartu atm dan tinggalkan di tempat yang aman. Tidak terlalu penting untuk kalian bawa kemanapun kalian berada.

Itulah tujuannya agar siapapun yang memiliki wewenang untuk memegang kartu ATM, tidak akan tergoda untuk menyalahgunakan uang bersama tersebut.

4. Utamakan disiplin

Dalam membuka tabungan bersama, sangat penting sekali sikap disiplin yang kalian tanamkan dalam diri masing-masing. Kalian bisa meminta kepada bank untuk membuat transfer atau pemindahbukuan otomatis dari rekening pribadi kamu ke rekening bersama setiap bulannya.

Jika tidak, kamu yang harus secara disiplin menyisihkan pendapatan kamu sesuai dengan target yang sudah kalian diskusikan sedari awal

5. Hemat pangkal kaya

Nah, inilah tips terakhir yang harus kamu lakukan jika ingin membuka rekening bersama. Masih ingat slogan “hemat pangkal kaya?” yaps, slogan ini harus kalian terapkan, ya. Kalian berdua harus bisa membedakan mana keinginan dengan kebutuhan.

Kini, target dan tujuan yang kalian inginkan sudah berada di satu jalur yang sama. Itu artinya mau tidak mau kalian harus saling berpengang teguh pada apa yang sudah kalian rencanakan. Sehingga kamu harus fokus untuk mengumpulkan biaya pernikahan.

Dalam situasi dan kondisi seperti ini, lebih baik untuk sementara waktu kalian harus mengurangi jajan atau belanja yang sebenarnya tidak terlalu perlu dan boros, khususnya kaum wanita.

Itulah ulasan mengenai 5 tips yang harus kalian terapkan jika ingin membuka tabungan bersama pasangan untuk membiayai pesta pernikahan sendiri. Tak jarang calon pengantin memiliki prinsip yang seperti ini. Tak sedikit pula dari kaum wanita yang masih memiliki rasa gengsi yang terlalu besar. Itulah mengapa harus diberi apresiasi karena tidak mudah untuk melakukannya.

Rekening bersama ini selain membantu kalian untuk mengumpulkan dana pernikahan, juga berguna untuk kalian saling belajar dan mengenal satu sama lain mengenai bagaimana prinsip dalam mengatur keuangan masing-masing.

Prinsip seperti inilah akan sangat berguna untuk kalian menjalani rumah tangga. Di mana dalam mengatur keuangan yang baik akan menjadi salah satu kunci keberhasilan berumah tangga. Selamat mencoba ya, ladies! semoga pernikahan kamu lancar dan tidak ada kendala.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...