Pilih Kategori Artikel

Menikah dengan Konsep Nautical, Tema Laut yang Unik
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Semakin ke sini, kita bisa membuat pernikahan semakin berkesan dengan berbagai ide yang kreatif dan beragam. Rasanya kita tak akan pernah kehabisan ide karena ada banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi. Jika kamu juga ingin membuat acara pernikahan yang terlihat berbeda dan unik, coba gali dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, jika kamu dan pasangan menyukai hal-hal yang berbau laut, pernikahan dengan konsep nautical akan cocok untuk kalian berdua. 

Pernikahan dengan konsep nautical adalah tema yang terinspirasi dari elemen-elemen laut yang misterius dan menarik. Tema ini sangat cocok untuk pasangan yang menyukai laut, pantai, atau aktivitas air. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menikah dengan tema yang satu ini. Simak yuk selengkapnya!

  1. Menentukan lokasi

wm_article_img

Menentukan lokasi yang tepat merupakan sebuah hal utama yang paling penting dan harus segera dilakukan setelah mendapatkan tanggal untuk acara pernikahan. Lokasi ini yang akan menciptakan suasana secara keseluruhan. 

Ada beberapa lokasi yang akan cocok dipilih untuk konsep pernikahan nautical, seperti pantai yang memiliki pasir putih dengan latar belakang laut serta dilengkapi angin sepoi-sepoi yang berhembus sepanjang acara. Resort atau restoran di tepi laut juga akan menjadi pilihan lokasi yang pas. Biasanya ada banyak tempat seperti ini yang akan menyediakan paket pernikahan dengan pemandangan laut yang indah. 

Tentu saja kamu harus mempertimbangkan juga untuk menggelar pernikahan tema nautical di dek kapal. Pilihan yang satu ini akan memberikan pengalaman yang unik dan eksklusif bagimu maupun para tamu yang datang. Terakhir, kamu juga bisa menggelar pernikahan di dalam ruangan asal dengan dekorasi yang sesuai.

  1. Dekorasi dengan tema laut

wm_article_img

Lokasi sudah cocok, saatnya menambahkan dekorasi yang akan membuat lokasi pernikahanmu semakin kental dengan nuansa nautical. Untuk mewujudkan hal ini, ada beberapa elemen yang harus kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Palet warna

Gunakan berbagai warna yang terinspirasi dari laut, seperti biru laut, putih, dan navy. Buat warna ini dominan ketika kamu memadukannya dengan warna yang lainnya. 

  • Properti bertema laut

Jangkar, kemudi kapal, tali tambang, jaring ikan, dan kerang bisa digunakan sebagai dekorasi utama untuk menghiasi area pernikahan. Kamu bisa menaruh berbagai properti ini di beberapa spot, mulai dari gate masuk, photoboth, hingga di pelaminan.

  • Meja dan kursi

Usahakan untuk menggunakan meja dan kursi yang terbuat dari bahan alami, seperti kayu. Tutup meja dengan kain berwarna biru dan putih, serta tambahkan centerpiece seperti miniatur kapal, kerang, atau bintang laut.

  • Bunga

Bunga merupakan salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan dalam dekorasi pernikahan tema apapun, termasuk nautical. Gunakan bunga berwarna putih, biru, atau pastel dengan tambahan elemen hijau seperti daun palem atau dedaunan lainnya. Sementara itu, untuk buket, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bunga karang.

  • Pencahayaan

Pencahayaan juga tak kalah penting, apalagi jika pernikahanmu digelar di sore hingga ke malam hari. Gunakan lampu string berwarna putih atau biru untuk memberikan efek pencahayaan yang lembut dan romantis. Lampu dengan bentuk ubur-ubur atau benda laut lainnya juga bisa dipertimbangkan.

  1. Pakaian

wm_article_img

Bukan hanya pakaian miliki pengantin saja yang sebaiknya disesuaikan dengan tema, tapi para tamu yang datang pun sebaiknya juga mengenakan dresscode yang sesuai. Berikut ini detail pakaian yang bisa dipertimbangkan.

  • Pengantin wanita

Untuk pengantin wanita dalam pernikahan bertema nautical, pilihlah gaun berwarna putih atau ivory dengan detail renda yang elegan dan lembut. Kamu bisa menambahkan aksen biru laut pada sabuk atau pita gaun. Pilih model gaun yang flowy dan nyaman, seperti A-line atau gaun berpotongan empire untuk menyesuaikan dengan suasana tepi laut. Tambahkan aksesori bertema laut seperti hiasan rambut berbentuk kerang atau bintang laut. Jangan lupa pilih sepatu berwarna netral atau biru untuk melengkapi penampilan.

  • Pengantin pria

Pilih setelan berwarna biru tua atau putih yang elegan dan klasik. Kombinasikan dengan kemeja putih atau biru muda. Pilih dasi panjang atau dasi kupu-kupu dengan motif nautical, seperti garis-garis atau jangkar untuk menambah sentuhan tema. Sepatu loafers atau boat shoes berwarna netral atau sesuai setelan akan melengkapi penampilan. Aksesori tambahan seperti pin berbentuk jangkar atau kemudi kapal dapat memberikan sentuhan akhir yang sempurna.

  • Bridesmaid dan groomsmen

Bridesmaids bisa memakai gaun biru yang elegan dengan tambahan aksesori yang masih berkaitan dengan tema nautical. Sementara itu, groomsmen bisa mengenakan setelan biru atau putih dengan dasi yang senada. Aksesori juga bisa dikenakan, tapi tidak perlu berlebihan supaya pengantin tetap bisa menjadi pemeran utama.

  • Dresscode untuk tamu

Untuk dress code tamu pernikahan bertema nautical, pilih warna-warna biru laut, putih, navy, dan pastel. Tamu wanita bisa mengenakan gaun ringan berwarna biru dengan aksesori bertema laut seperti headband kerang dan sandal dengan warna netral. Para pria sebaiknya memakai setelan atau kemeja biru tua atau kemeja biru muda dipadukan dengan celana khaki atau linen. Sementara itu,  anak-anak bisa mengenakan gaun pastel atau setelan biru muda yang nyaman dan sesuai tema.

  1. Undangan dan suvenir

wm_article_img

Awal kreativitasmu bisa ditumpahkan ke dalam dua hal ini. Pertama adalah undangan. Undangan bisa didesain dengan elemen-elemen laut seperti gambar kapal, jangkar, atau ombak. Pilih font yang menyerupai tulisan tangan untuk kesan personal. Kemudian, untuk suvenir, pilih suvenir yang unik dan sesuai tema seperti miniatur kapal, botol pasir pantai, lilin beraroma laut, atau hiasan kerang.

  1. Menu makanan laut

Makanan juga akan mengambil peran penting dalam acara pernikahan. Makanan yang lezat dan sesuai dengan konsep pernikahan akan meninggalkan kesan yang bagus pula. 

Makanan

  • Seafood platter: Piring besar berisi berbagai jenis makanan laut seperti udang, kerang, tiram, dan lobster yang disajikan dengan saus lemon dan mentega.

  • Ikan panggang: Ikan segar yang dipanggang dengan bumbu rempah-rempah, disajikan dengan sayuran panggang dan kentang.

  • Sup kerang: Sup krim kental berisi kerang, kentang, dan sayuran yang disajikan dalam mangkuk roti yang memberikan cita rasa khas laut yang lezat.

Minuman

  • Piña olada: Minuman tropis yang terbuat dari rum, jus nanas, dan santan, disajikan dengan hiasan irisan nanas dan cherry untuk sentuhan tropis.

  • Macam-macam cocktai: Minuman bersoda yang segar yang dicampur dengan berbagai buah-buahan.

Makanan dengan bahan dari laut tentu akan sangat cocok dengan suasana, tapi sebaiknya sediakan juga makanan-makanan lain untuk menetralkan rasa amis yang mungkin muncul.

  1. Musik dan hiburan

Pilih musik yang menenangkan dan menyenangkan, seperti suara ombak atau musik akustik dengan tema laut. Kamu juga bisa menyewa band yang memainkan musik reggae atau island music untuk menambah kesan tropis dan membuat acara semakin festive. Sediakan permainan atau aktivitas bertema laut untuk tamu, seperti photo booth dengan aksesori maritim atau permainan di tepi pantai.

  1. Rangkaian acara

wm_article_img

Acara pernikahan biasanya sudah memiliki pakem yang tinggal diikuti saja. Namun, kamu bisa juga memodifikasinya agar sesuai dengan tema pernikahanmu. Rangkaian pernikahan bisa dibuat dengan upacara pernikahan yang digelar di pantai, acara santai yang diisi dengan berfoto bersama dan menikmati minuman segar dengan makanan ringan, dan makan malam yang juga diisi dengan hiburan serta dansa pertama pengantin. Di antara acara tersebut, kamu juga bisa menyisipkan permainan unik yang berhubungan dengan laut, seperti berburu harta karun.

  1. Perhatikan cuaca

Saat menentukan tanggal, ada baiknya untuk memperhatikan musim yang cocok untuk menggelar pernikahan dengan tema nautical, terutama jika akan menggelarnya di luar ruangan seperti pantai. Ketika sudah mendekati acara, jangan lupa untuk memeriksa ramalan cuaca dan menyiapkan cuaca cadangan jika cuaca tidak mendukung, seperti menyediakan tenda atau lokasi indoor. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan jika menggelar pernikahan di pantai adalah terjadinya pasang surut air laut. Jangan sampai ombak tiba-tiba menyerang ketika acara sedang berjalan.

  1. Koordinasi dan komunikasi yang baik

Pilih vendor yang berpengalaman dalam menggelar acara bertema nautical. Diskusikan secara detail tentang tema dan ekspektasi yang kamu miliki. Berikan informasi yang jelas kepada tamu mengenai dress code, lokasi, dan waktu acara. Jika perlu, beri tahu juga bagaimana para tamu bisa sampai ke lokasi, apakah ada transportasi tertentu yang disediakan atau akses lainnya.

Menggelar acara dengan konsep pernikahan nautical yang unik akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi para tamu yang datang. Konsep ini akan cocok untuk kalian pasangan yang memiliki profesi yang berhubungan dengan laut atau sekadar menyukai kehidupan laut. 


Foto Cover: Dekorasi: Stupa Caspea | Fotografi; Venema Pictures

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...