Rekomendasi Menu Prasmanan Masakan Padang yang Enak dan Lezat Untuk Pernikahan - Wedding Market

Rekomendasi Menu Prasmanan Masakan Padang yang Enak dan Lezat Untuk Pernikahan

15 Jun 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 568
Rekomendasi Menu Masakan Padang Favorit Untuk Prasmanan Pernikahan
Foto: Lezzeti Food Services

Berbicara tentang kuliner Indonesia yang beraneka ragam, memang tak ada habisnya. Mulai dari ujung paling barat hingga timur, hidangan nusantara menawarkan cita rasa yang khas serta menggugah selera. Salah satunya adalah masakan Padang, Sumatera Barat. Bukan hanya terkenal di Indonesia, masakan Padang bahkan sudah punya penggemarnya sendiri di kancah internasional. Tak heran apabila menu masakan Padang atau Minangkabau selalu menjadi andalan untuk acara-acara penting, termasuk pula pernikahan.

Selain terkenal akan kelezatannya, masakan Padang yang kaya akan bumbu dan aroma nikmat dari berbagai rempah-rempah asli Indonesia ini juga memiliki cita rasa yang universal dan cocok untuk hampir semua lidah. Saking populernya, masakan Padang kini menjadi umum hadir di deretan menu prasmanan pernikahan. Berbagai vendor catering pun biasanya memiliki beberapa menu masakan Padang andalan dalam paket yang ditawarkan. Beberapa diantaranya merupakan menu favorit yang bisa jadi opsi kamu untuk hidangan di pesta pernikahanmu kelak. Menu masakan Padang  yang jadi favorit untuk prasmanan pernikahan? Ini dia rekomendasinya untukmu!

1. Rendang  


Di urutan pertama dari daftar menu prasmanan favorit dari Sumatera Barat sudah tentu adalah rendang. Siapa yang tak kenal masakan khas Minangkabau satu ini?! Olahan daging yang dibuat dari aneka rempah, bumbu-bumbu dan santan ini merupakan menu andalan yang sering ditemui di restoran Padang. Kamu pun bisa menambahkannya ke dalam daftar menu prasmanan untuk pernikahanmu nanti. 

Dalam budaya masyarakat Minangkabau, rendang tak hanya merupakan masakan wajib yang selalu ada di setiap perayaan besar. Masakan yang satu ini juga memiliki filosofi yang sangat kental bagi masyarakat Minang dari empat bahan pokok yang digunakan untuk pembuatannya. Keempat bahan tersebut adalah daging, santan, cabai dan bumbu. Daging sapi (dagiang) menjadi simbol para pemimpin suku adat (niniak mamak), kelapa (karambia) melambangkang kaum intelektual (cadiak pandai), cabai (lado) melambangkan syariat agama yang tegas (aliam ilama), serta bumbu (pemasak) adalah simbol seluruh masyarakat Minangkabau.

Melihat filosofinya yang begitu dalam, menghadirkan rendang di pesta pernikahan secara tidak langsung menjadi sebuah kehormatan, bukan?! Selain memiliki cita rasa yang lezat, hidangan yang dimasak selama berjam-jam ini juga mampu bertahan berhari-hari, loh! Jadi, kamu tak perlu khawatir akan cepat basi. 

2. Dendeng 


Selanjutnya, masakan ala restoran Padang favorit yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menu prasmanan pernikahan yakni dendeng. Dendeng adalah masakan olahan daging yang dibuat membentuk irisan tipis dan lebar. Ada dua jenis dendeng yang terkenal dari Sumatera Barat, yakni dendeng batokok dan dendeng balado. Kedua masakan ini sama-sama terbuat dari daging, bisa dari sapi, kerbau ataupun kambing. Namun, yang membedakan keduanya adalah bumbu dan cara memasaknya.


Dendeng batokok yang berasal dari Bukittinggi, diolah dengan 'ditokok' atau dipukul menggunakan cobek. Dengan cara ini, daging menjadi lebih empuk sekaligus bumbu-bumbu dapat lebih meresap sempurna. Dendeng batokok biasanya disajikan dengan sambal cabai hijau atau lado mudo, yakni campuran cabai hijau, bawang merah, tomat hijau dan garam. 

Sementara itu, dendeng balado dibuat dengan cara direbus, dijemur lalu digoreng hingga garing. Kemudian dilumuri dengan sambal balado dari cabai merah, bawang merah serta garam yang ditumis hingga harum. Baik dendeng batokok maupun balado, keduanya sama-sama lezat dan nikmat. Jangan lupa tambahkan menu masakan Padang ini untuk prasmanan pernikahanmu nanti, ya!

3. Ikan Asam Padeh


Jika dua contoh menu prasmanan pernikahan sebelumnya merupakan olahan daging, selanjutnya ada opsi bagi kamu yang ingin menghadirkan bahan yang berbeda. Salah satu menu masakan Padang yang banyak digemari oleh orang Indonesia karena citarasanya yang asam, pedas dan gurih, yaitu ikan asam padeh atau asam pedas. Masakan ini biasanya menggunakan ikan tongkol, tetapi tak jarang pula orang-orang menggantinya dengan ikan patin, baung, selais atau gabus.

Hidangan berkuah yang rasanya begitu segar dan menggugah selera ini, terbuat dari racikan cabai merah, bawang merah, asam kandis serta bumbu aromatik seperti daun jeruk, daun salam, daun kunyit dan serai. Menghadirkan menu masakan ala restoran Padang ini di resepsi pernikahan, membayangkannya saja sudah sangat nikmat, bukan? 

4. Ayam Goreng Bumbu


Bagi para penggemar ayam goreng, masakan Padang yang satu ini juga tak boleh dilewatkan dari daftar menu prasmanan pernikahan, nih! Ayam goreng bumbu Padang adalah variasi ayam goreng dengan cita rasa yang gurih dan harum khas rempah-rempah. Racikan bumbu-bumbu yang sangat khas dari lengkuas muda, daun salam, daun jeruk, serai, dan bumbu halus lainnya membuat ayam goreng Padang menjadi begitu nikmat. Mencium aromanya saja bisa membuat para tamu undangan di pernikahanmu merasa lapar, loh! Gak heran, ayam goreng ini selalu jadi menu andalan yang paling diburu di meja prasmanan. 

5. Sate Padang


Selanjutnya rekomendasi menu masakan pernikahan yang wajib dicoba adalah sate Padang. Varian sate khas Sumatera Barat memiliki cita rasa yang gurih dan pedas berbeda dengan sate umumnya yang lebih manis dengan kuah kecap. Di Sumatera Barat, sebenarnya ada beberapa varian sate yang mirip sate Padang. Sate ini dibedakan berdasarkan daerah asalnya, seperti sate Padang Panjang dengan kuah berwarna kuning, sate Pariaman kuahnya berwarna kemerahan, dan sate Padang yang merupakan perpaduan kedua jenis sate tersebut.

Kamu bisa sajikan sate Padang bersama lontong, taburan bawang goreng, keripik singkong atau kerupuk kulit. Rasa pedas, gurih dan wangi rempah-rempah yang membalut daging sate menjadi pilihan yang pas bagi para tamu undangan di pernikahanmu nanti.

6. Soto Padang


Masih ada lagi menu spesial khas Minangkabau yang bisa menggoyang lidah para tamu spesial di pesta pernikahanmu nanti. Hidangan berkuah dengan rasa yang segar, terbuat dari rebusan kaldu sapi dan bumbu-bumbu ditambah dengan irisan daging sapi goreng, bihun dan perkedel kentang. Sangat nikmat disantap panas-panas, apalagi jika cuaca sedang mendung atau hujan. Dimakannya bersama nasi hangat, dijamin menu masakan Padang yang satu ini akan laris manis disantap. Jangan lupa masukkan dalam list menu prasmanan masakan Padang untuk pernikahan kamu!

7. Gulai Ikan Kakap


Kuliner Sumatera Barat juga terkenal dengan berbagai olahan bahari yang bercitarasa sedap. Salah satunya adalah gulai ikan kakap khas Padang. Ikan kakap sendiri merupakan salah satu pilihan menu prasmanan mewah, dengan rasa daging ikan yang lezat dan gurih. Ditambah dengan racikan bumbu khas Padang yang kaya akan rempah semakin menonjolkan kenikmatan masakan yang satu ini. Menu ini sudah pasti banyak peminatnya! Jangan heran kalau nanti para tamu undanganmu ingin nambah terus, ya!

8. Gulai Tunjang


Kamu pasti sudah tak asing lagi mendapati menu masakan yang satu ini di rumah makan Padang, bukan? Yup, gulai tunjang atau gulai kikil adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat yang banyak peminatnya. Gulai tunjang terbuat dari kulit kaki sapi yang dimasak hingga lunak dengan kuah santan kental dan bumbu-bumbu. Rasanya gurih dan nikmat, cocok sekali untuk menjadi menu prasmanan. Kapan lagi lihat tamu undangan bisa makan dengan lahap seperti di restoran Padang, bukan?!

9. Gulai Kalio


Ada kalanya mungkin kamu bosan dengan rendang karena terlalu umum dan sering dijumpai, ya? Tenang saja, kamu masih bisa menghadirkan versi lain dari rendang namun dengan cita rasa yang agak berbeda. Rendang dan gulai kalio pada dasarnya mirip. Apabila rendang dimasak selama berjam-jam hingga kuahnya mengering dan menjadi dedak berwarna kehitaman, gulai kalio membutuhkan proses memasak yang lebih cepat. Oleh sebab itu, tekstur gulai kalio lebih encer dan berwarna kecoklatan lebih cerah dibandingkan dengan rendang. Gulai kalio pun tak harus menggunakan daging, kamu bisa menggantinya dengan ayam atau bahkan jengkol. Soal rasanya? Tak kalah lezat dari rendang, loh!

10. Telur Dadar Padang


Mau contoh menu prasmanan sederhana, lezat, praktis dan hemat budget? Coba deh hadirkan masakan ala rumah makan Padang yang satu ini, telur dadar khas Padang. Teksturnya yang tebal, padat, dengan rasa pedas gurih serta harum dari daun jeruk dan daun kunyit sungguh sangat nikmat! Apalagi jika kamu juga menyediakan sambal untuk dicocol dengan telur dadar ini, pastinya menu yang satu ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Hidangan prasmanan yang praktis seperti telur dadar Padang juga bisa jadi opsi buat kamu yang punya budget pernikahan minim, nih!

Nah, itulah beberapa rekomendasi menu prasmanan pernikahan bagi kamu yang ingin menghadirkan cita rasa Padang, Minang atau Sumatera Barat secara umum di pestamu. Untuk rasanya sudah tak perlu diragukan, karena menu masakan tersebut sudah terbukti enak dan menjadi favorit banyak orang, terutama bagi mereka penggemar masakan ala restoran Padang. Simak juga 6 tips memilih vendor catering agar hidangan di hari pernikahanmu memuaskan. Lamak bana!

Temukan Vendor Catering Pernikahan Terbaik di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?