6 Menu Catering Pernikahan Favorit Semua Orang yang Bisa Kamu Coba - Wedding Market

6 Menu Catering Pernikahan Favorit Semua Orang yang Bisa Kamu Coba

21 May 2022 | By Nurul Fatimah WeddingMarket | Viewers: 400
6 Menu Catering Pernikahan Favorit Semua Orang yang Bisa Kamu Coba
Foto: Puspa Catering

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting bagi setiap calon pengantin. Setelah berhasil menghadirkan dekorasi pernikahan impian, memukau dengan penampilan yang menawan, tentunya di momen bahagia tersebut kamu dan pasangan pasti juga ingin menyuguhkan hidangan terbaik untuk para tamu undangan, bukan? Sajian santapan lezat ini akan menyempurnakan keseluruhan pesta pernikahan. Gak jarang malah makanan pernikahan menjadi hal yang paling diingat oleh para tamu undangan. 

Iya, sepenting itu memilih hidangan yang tepat untuk momen pernikahan! Karena tak mau repot, kebanyakan sih calon pengantin langsung memesan kepada vendor catering pernikahan, meskipun tak jarang juga ada pasangan yang memutuskan untuk memasak sendiri makanan untuk pernikahannya. Berbagai macam faktor bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain budget dan waktu yang tersedia. Tentu masing-masing pilihan tersebut ada plus dan minusnya.  

Omong-omong soal menu catering pernikahan, hidangan yang umumnya ditawarkan biasanya sudah terdiri dari makanan utama aneka lauk-pauk, sayuran dan juga hidangan pelengkap. Ada begitu banyak paket catering yang bisa kamu pilih, mulai dari yang harganya paling hemat hingga paket eksklusif yang lebih mahal. Saking banyaknya pilihan ini malah membuat kamu semakin bingung, ya? Eits! Tak perlu khawatir, karena sebenarnya kamu tak perlu memilih menu yang terlalu rumit untuk memuaskan perut para tamu undanganmu. Dengan beberapa menu rumahan yang sederhana saja, sudah bisa membuat keluarga, sahabat, maupun para kerabat yang hadir di pesta pernikahanmu kenyang dan bahagia!

Nah, cobain deh beberapa menu-menu rekomendasi WeddingMarket berikut ini. Pastinya menu ini adalah makanan yang sudah familiar dan sulit untuk ditolak oleh semua orang. Ada makanan apa saja? Yuk simak rekomendasinya.

  1. Ayam Goreng Lengkuas


Rekomendasi menu pertama yang harus ada dalam pesta pernikahanmu adalah ayam goreng lengkuas. Walaupun berbagai olahan ayam goreng banyak disajikan di berbagai pesta pernikahan, namun menu yang satu ini tak pernah peminatnya. Alasannya karena ayam goreng lengkuas cocok disandingkan dengan menu apapun. Rasanya yang gurih juga menjadi alasan lain mengapa makanan satu ini diminati oleh banyak orang. Di sisi lain, ayam goreng lengkuas cenderung mudah dibuat sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam proses memasaknya. Masakan olahan ayam yang satu ini juga termasuk menu catering ramah budget loh. Jangan skip, ya!

  1. Sate


Setelah ayam goreng lengkuas, sate merupakan menu populer yang sering dijadikan sebagai hidangan utama di pesta pernikahan. Sate cocok dijadikan sebagai alternatif bagi tamu yang bosan menyantap sesuatu yang digoreng. Ketika ada opsi lain seperti sate, maka mereka akan langsung memilihnya. Di sisi lain, sate yang aromanya begitu menggugah selera, serta perpaduan bumbu kacang dan irisan cabai membuat rasanya tidak bisa ditolak. Menu nusantara yang satu ini dijamin akan selalu menjadi primadona di antara daftar menu pada paket catering pernikahan.

  1. Bakso


Selain olahan yang dibakar dan digoreng, kamu juga bisa menyajikan makanan berkuah. Salah satu makanan berkuah yang menjadi favorit banyak orang adalah bakso. Rasanya yang segar dan gurih bisa dijadikan sebagai makanan penghangat membuatnya cocok untuk kamu jadikan salah satu menu catering di pernikahanmu. Selain mengenyangkan, bakso dengan kuah yang segar juga bisa meningkatkan mood para tamu yang datang ke pernikahanmu. Apalagi disajikan dengan saus dan sambal yang banyak, dijamin deh banyak tamu yang akan menyerbu olahan ini. Siapa sih yang tak suka bakso? 

  1. Nasi Goreng


Pada paket catering pernikahan umumnya, nasi yang disajikan adalah nasi putih. Alasannya tidak lain karena nasi putih merupakan makanan pokok yang paling umum untuk disajikan di catering pernikahan masyarakat Indonesia. Selain itu, orang-orang juga percaya bahwa nasi putih cocok disandingkan dengan makanan apa saja sebagai lauknya. Ternyata, tidak hanya nasi putih saja loh yang bisa kamu jadikan pilihan utama! Nasi goreng pun bisa menjadi menu alternatif yang menggugah selera. 

Adanya variasi nasi goreng pastinya akan menambah warna tersendiri dalam daftar menu catering pernikahan. Kamu tidak perlu khawatir jika nasi goreng tidak cocok disandingkan dengan menu lain, karena banyak juga masakan yang bisa disandingkan dengan nasi goreng. Beberapa contoh lauk yang bisa dikombinasikan dengan nasi goreng adalah olahan daging dan makanan laut, rendang, telor goreng, sate, dan lain-lain. Yang pasti, nasi goreng sendiri saja sudah lezat rasanya, apalagi jika diberikan lauk tambahan! Dijamin para tamu kepingin nambah lagi tuh!

  1. Ketupat Sayur


Ada banyak opsi menu karbohidrat yang bisa kamu pilih untuk acara pernikahan. Selain nasi, kamu juga bisa menggunakan ketupat sebagai sumber karbohidrat. Ketupat memang tidak sepopuler nasi, tapi menu ini bisa kamu jadikan sebagai variasi di catering pernikahanmu. Ketupat bisa menjadi pilihan terbaik bagi tamu yang bosan dengan nasi dan ingin sumber karbohidrat lain yang tetap mengenyangkan. Harga menu catering ini pun relatif murah sehingga bisa kamu jadikan pilihan ketika memiliki anggaran terbatas.

Ketupat biasanya cocok dikombinasikan dengan makanan berkuah seperti opor, sambal goreng ati maupun yang lain. Untuk menambah cita rasa dan menghindari rasa yang monoton, ketupat sayur biasa ditambah dengan berbagai lauk seperti telur balado, kentang mustofa, terong, dan lain-lain. Jangan lupa tambahkan kerupuk udang atau emping agar rasanya lebih nikmat. 

  1. Soto


Ada berbagai jenis soto di Indonesia, mulai dari soto ayam, Madura, Betawi hingga tangkar. Dari sekian soto yang ada, soto ayam dan betawi  yang paling sering dijadikan sebagai menu catering pernikahan. Alasan dipilihnya menu ini karena soto memiliki cita rasa khas yang dapat membuat para tamu memilihnya. Rasa soto yang gurih dan nikmat akan selalu cocok dengan lidah orang Indonesia. Rasa tersebut berupa perpaduan manis, pedas, segar dan asem yang dijadikan satu. Rasa-rasa tersebut didapatkan dari campuran kecap, sambal, dan jeruk nipis yang dicampur menjadi satu. Soto juga termasuk pada menu yang mudah untuk dibuat sehingga tidak membuat kamu kerepotan untuk menyiapkannya.

Itulah beberapa contoh menu catering rumahan yang bisa kamu coba untuk pesta pernikahan. Tentunya, masakan-masakan tersebut sudah tak asing lagi dengan lidah orang Indonesia. Semoga kamu gak bingung lagi untuk memilih menu yang akan dijadikan sebagai menu utama di pesta pernikahanmu nanti. Selain beberapa contoh menu masakan di atas, kamu juga bisa mencoba 15 Sajian Lezat Nusantara untuk Menu Catering dan Prasmanan Pernikahan yang juga tak kalah nikmat! Terakhir, jangan lupa pilih wedding catering berkualitas sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?