Rekomendasi Menu Prasmanan Pernikahan untuk Pesta Istimewa - Wedding Market

Rekomendasi Menu Prasmanan Pernikahan untuk Pesta Istimewa

14 Dec 2020 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 646
Rekomendasi Menu Prasmanan Pernikahan untuk Pesta Istimewa
Foto: Naim Benjelloun from Pexels

Selain masalah venue dan juga dekorasi, menu prasmanan pernikahan juga menjadi salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan. Kehadiran berbagai menu makanan tentu akan membuat pesta pernikahan yang kamu gelar menjadi semakin istimewa. Terlebih jika kamu bisa menghadirkan menu-menu populer yang banyak digemari oleh para tamu undangan.  

Dari sekian banyak jenis sajian untuk pesta pernikahan, catering pernikahan prasmanan menjadi salah satu bentuk sajian yang banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Banyak yang berpikiran bahwa menu-menu yang disajikan secara prasmanan akan memberikan ‘kebebasan’ kepada para tamu undangan untuk memilih menu-menu yang sesuai dengan selera mereka.

Meski demikian, memilih menu untuk pesta pernikahan tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan serampangan. Kamu tetap harus cermat dalam memilih menu sajian agar para tamu undangan yang hadir di pesta pernikahan pun tidak merasa ‘dikecewakan’ dengan menu yang ada.

Rekomendasi Menu Prasmanan Pernikahan untuk Sajian Pesta Istimewa

Rekomendasi Menu Prasmanan Pernikahan untuk Sajian Pesta Istimewa
Foto: Milan from Pexels

Sebenarnya ada cukup banyak menu-menu yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk prasmanan di pesta pernikahan. Namun jika kamu masih bingung dalam memilih menu-menu untuk pesta pernikahan, berikut adalah beberapa rekomendasi menu prasmanan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Aneka Menu Olahan Nasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa nasi merupakan makanan pokok yang sangat penting bagi orang Indonesia. Oleh karena itu, menyajikan aneka menu olahan dari nasi merupakan pilihan yang tepat pada pesta pernikahan. Beberapa pilihan menu olahan nasi yang bisa kamu pilih untuk disajikan pada pesta pernikahan antara lain adalah nasi goreng dan berbagai macam variannya.

Selain menyajikan aneka menu olahan nasi, pastikan juga kalau kamu tetap menyediakan pilihan menu berupa nasi putih karena masih cukup banyak para tamu undangan yang berminat dengan menu makanan yang satu ini karena bisa dikombinasikan dengan pilihan menu-menu olahan lauk yang lainnya.

2. Olahan Daging Ayam

Daging ayam menjadi salah satu menu lauk favorit yang digemari oleh banyak orang. Cita rasanya yang lezat nan menggoda membuat daging ayam menjadi salah satu menu yang hampir selalu ada dalam gelaran pesta-pesta pernikahan. Jika kamu bosan dengan olahan daging ayam yang terkesan ‘itu-itu saja’, beberapa olahan semisal ayam teriyaki, ayam lada hitam, sate ayam, ayam goreng kremes, ataupun rica-rica bisa menjadi alternatif pilihan untuk sajian istimewa.

Atau jika kamu ingin menghadirkan kesan kuliner yang ‘tradisional’ dengan menu ayam, kamu bisa menyajikannya ke dalam bentuk menu gulai, tongseng, semur ayam, dan ataupun bahkan bisa juga dalam bentuk opor ayam. Menu yang sangat istimewa, bukan?

3. Olahan Menu Daging yang Istimewa

Rekomendasi menu prasmanan pernikahan yang tidak kalah istimewa adalah aneka macam olahan daging. Menu ini juga menjadi pilihan menu favorit bagi banyak kalangan. Kamu bisa menyajikan menu olahan dari daging sapi ataupun daging kambing. Menu-menu prasmanan yang bisa disajikan dari olahan daging merah pun beraneka ragam bergantung pada konsep acara pernikahan yang kamu usung.

Sebagai contoh, kamu bisa menyajikan olahan daging berupa bistik, daging sapi lada hitam, teriyaki, rica-rica daging sapi, empal gentong, tongseng, dan ataupun bisa juga menyajikannya dalam bentuk olahan rendang. Beberapa menu istimewa tersebut termasuk menu yang populer dan banyak digemari oleh sejumlah kalangan.

4. Menu Makanan Berkuah

Menu prasmanan pernikahan yang bisa kamu pertimbangkaan berikutnya adalah menu-menu makanan yang berkuah seperti sop, soto, bakso, dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis olahan seperti sop dan yang lain sebagainya bisa menambah kesegaran dan juga nilai gizi karena memiliki kandungan sayuran yang cukup lengkap.

Makanan-makanan yang berkuah biasanya cukup laris diserbu oleh para tamu undangan karena menawarkan sensasi kesegaran yang cukup menggoda selera. Tak jarang bahkan menu-menu berkuah seperti bakso menjadi menu yang cukup sering lebih cepat habis bila dibandingkan dengan menu-menu sajian yang lainnya.

5. Berbagai Macam Olahan Mie yang Menggoda

Rekomendasi menu prasmanan pernikahan yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah menu berbahan dasar dari mie. Seperti yang sudah diketahui bahwa mie menjadi makanan yang memiliki cukup banyak penggemar. Mie sendiri bisa diolah dan disajikan ke dalam berbagai menu masakan yang istimewa dan bercita rasa lezat menggoda.

Beberapa jenis olahan mie seperti mie goreng oriental, mie goreng ayam, mie goreng seafood, dan lain sebagainya merupakan beberapa menu pilihan berbahan dasar mie yang bisa kamu pilih sebagai menu pelengkap catering pernikahan.

Tips Memilih Menu Prasmanan untuk Sajian Pesta Pernikahan

Tips Memilih Menu Prasmanan untuk Sajian Pesta Pernikahan
Foto: Thiago Patrevita from Pexels

Setelah kamu mengetahui beberapa rekomendasi menu prasmanan yang bisa dijadikan sebagai menu pesta pernikahan, hal lainnya yang tidak kalah penting yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah cara memilih menu prasmanan yang sesuai untuk kebutuhan pesta pernikahan. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicermati ketika ingin memilih menu prasmanan untuk pesta pernikahan.

1. Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Pernikahan adalah menu yang sakral dan juga istimewa. Oleh karenanya tak mengherankan bila banyak pasangan berupaya untuk menghadirkan hal-hal yang maksimal dan optimal dalam pesta tersebut. Termasuk salah satunya adalah pemilihan menu prasmanan pernikahan. Meski demikian, kamu tetap harus cermat dan tidak terburu-buru dalam memilih menu karena kamu juga perlu menyesuaikan dengan budget pernikahan yang kamu sediakan.

Jangan sampai pengeluaran untuk menu pernikahan tersebut jauh melebihi dari apa yang sudah dianggarkan karena hal itu bisa membebani cash flow yang kamu miliki. Jadi, pastikan bahwa kamu dapat catering pernikahan prasmanan murah.

2. Jangan Lupa untuk Mendiskusikannya Terlebih Dahulu

Pernikahan adalah prosesi yang melibatkan interaksi dengan keluarga. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu juga mendiskusikan terlebih dahulu dengan keluarga dan juga pasangan mu terkait dengan menu-menu apa saja yang akan dihidangkan. Terlebih sebisa mungkin kamu akan memilih menu-menu yang sesuai dengan tema pesta pernikahan yang kamu usung. 

Dengan demikian, kamu tidak perlu pusing-pusing sendiri karena akan banyak orang yang membantu mengarahkan pemilihan menu untuk pesta pernikahan tersebut.

3. Jangan Lupa Melakukan Test Food Jika Kamu Menggunakan Jasa Catering

Apabila kamu mempercayakan penyediaan menu prasmanan pernikahan kepada vendor atau jasa pernikahan, maka kamu perlu melakukan test food terlebih dahulu sebelum memesannya. Kamu perlu mencicipi terlebih dahulu masakan mereka apakah sudah memenuhi standar yang kamu inginkan atau belum untuk menu sajian tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan menu-menu sajian makanan yang istimewa dan memiliki kualitas terbaik karena bagaimanapun juga hidangan tersebut akan dinikmati oleh banyak orang termasuk keluarga dari pasangan. Tentu kamu harus memberikan yang terbaik, bukan?

Itulah beberapa rekomendasi menu prasmanan pernikahan yang bisa kamu pilih untuk disajikan sebagai menu istimewa pada pesta pernikahan. Kini dengan berbekal beberapa rekomendasi dan juga tips di atas, kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih menu hidangan yang sesuai untuk pesta pernikahanmu. Ketahui pula tips membuat dekorasi catering pernikahan prasmanan yang ditata cantik. 

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us