Pilih Kategori Artikel

Merancang Acara Nikah ala Festival Musik yang Meriah
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Semenjak Covid selesai, orang-orang merindukan adanya konser musik. Tak heran jika setelahnya para promotor berlomba-lomba membuat festival musik dengan banyak line up, bahkan bukan hanya di ibu kota, tapi juga sampai ke kota-kota di daerah lain. Selain dari pertunjukan musik itu sendiri, sebenarnya orang-orang juga merindukan suasananya yang meriah dan khas. 

Tahukah kamu kalau kamu bisa menggunakan konsep festival musik ini sebagai konsep untuk acara nikahmu nanti?

Acara pernikahan dengan konsep ini akan cocok jika kamu ingin membuat pernikahan yang lebih santai dengan tamu yang didominasi oleh anak muda. Tak perlu mengundang musisi yang ternama, kamu cukup membangun ambience-nya saja. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips dan tantangannya. Simak, yuk, selengkapnya!

Cara membuat pernikahan konsep festival musik

wm_article_img

Kamu harus mempertimbangkan beberapa elemen pernikahan untuk membuat konsep pernikahan ini sukses dilakukan. Tips berikut ini bisa kamu pertimbangkan.

1. Pilih lokasi yang tepat

Pilih venue outdoor yang agak luas, seperti di taman, halaman, atau tempat lainnya. Pastikan venue bisa menampung panggung, area makan, dan tempat duduk para tamu. Jangan lupa untuk memastikan bahwa lokasi mudah untuk diakses dan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir dan kamar mandi yang bersih.

2. Dekorasi yang sesuai

wm_article_img

Sediakan tenda besar dan untuk acara utama dan panggung untuk pertunjukan musik. Tenda yang dipilih bisa disesuaikan dengan acara pernikahan yang biasanya didominasi warna putih dengan konsep festival yang lebih meriah. Elemen dekoratif lain yang tak kalah penting adalah lighting atau lampu. Gunakan lampu gantung, lampu string, dan lampu sorot untuk menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan, apalagi jika pernikahan digelar di sore hingga malam hari. Bagian yang digunakan tamu duduk bisa dibuat dengan bean bags, bantal besar, dan tikar piknik supaya para tamu bisa lebih bersantai.

3. Susun line up dan set list menarik

Dalam pernikahan konsep ini, selain prosesi pernikahan itu sendiri, musik akan mengambil peranan penting dalam acara resepsi. Biasanya musisi yang mengisi acara pernikahan hanya satu saja. Namun, kamu bisa meminta beberapa musisi untuk mengisi acaramu. Susun line up yang bisa memberikan nuansa yang berbeda, seperti akustik atau folk yang santai hingga musik EDM dengan DJ. 

Jika satu grup bisa membawakan berbagai genre, kamu juga bisa menggunakan satu musisi saja. Pastikan mereka bisa membangun suasana menjadi lebih meriah. Band atau musisi ini tidak perlu terkenal asal profesional. Sound system yang memiliki kualitas tinggi juga harus dipastikan agar suara terdengar lebih jelas dan merata di seluruh area.

4. Makanan dan minuman

wm_article_img

Ingat bahwa makanan dan minuman merupakan teman yang baik untuk menikmati acara festival musik. Alih-alih menggunakan konsep prasmanan biasa, kamu bisa menggantinya dengan food truck yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan maupun berat dan minuman. Sediakan minuman dingin yang identik dengan acara festival musik.

5. Undangan yang unik

Buat undangan unik yang menyerupai poster festival lengkap dengan informasi acara, peta lokasi, hingga line up yang sudah kamu siapkan. Jangan lupa taruh juga dresscode yang nyaman untuk membuat suasana lebih mirip dengan festival sungguhan.

Mintalah para tamu untuk membawa undangan tersebut atau sediakan tempat untuk scan barcode supaya mereka bisa mendapatkan wristband sebagai tiket masuk ke venue. Hal yang satu ini juga bisa menjadi kenang-kenangan yang unik.

6. Aktivitas dan hiburan

Selain menyaksikan acara musik, kamu bisa menyediakan beberapa aktivitas atau permainan yang bisa digunakan oleh para tamu, seperti jenga atau berbagai jenis board games. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan photo booth dengan latar belakang dan aksesori yang sesuai sehingga tamu bisa bebas mengambil foto. Workshop, seperti face painting, henna, atau kerajinan tangan juga akan menambah keseruan acara. Jika banyak tamu yang membawa anak, sediakan juga area bermain atau kegiatan khusus untuk anak-anak.

7. Berikan pengalaman terbaik untuk tamu

wm_article_img

Selain memberikan informasi jadwal melalui undangan yang sudah diberikan sebelumnya, jangan lupa untuk memberikan peta dan jadwal untuk membantu mereka dalam mengetahui lokasi dan waktu setiap aktivitas yang sudah dirancang. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menyediakan area VIP untuk para tamu yang istimewa atau keluarga terdekat.

8. Pilih MC berpengalaman

Selain pengisi acara, kamu juga harus memilih tamu yang berpengalaman dalam membawakan acara festival dan pernikahan sekaligus sehingga ia akan lebih tahu cara untuk  menyatukan kedua elemen ini. Acaramu juga berjalan dengan lebih santai dan meriah, tapi tetap sakral sesuai dengan waktunya.

9. Tunjuk tim koordinasi

Walaupun kamu mungkin sudah berpengalaman dalam menangani event atau acara sejenis, kamu tetap perlu bantuan seorang koordinator acara saat hari-H.  Bentuk tim koordinasi yang akan mengelola setiap aspek acara, mulai dari kedatangan tamu hingga akhir acara. Kamu bisa menggunakan wedding organizer profesional atau meminta bantuan teman yang sudah berpengalaman. Siapkan juga acara cadangan apabila terjadi sesuatu selama acara, misalnya jika cuaca mendadak buruk.

10. Konsep mingle dengan tamu

Jika konsep pernikahan ini dipilih, fokus tamu mungkin akan terpecah pada pengisi musik maupun kegiatan yang dilakukan. Alih-alih hanya duduk di pelaminan, pengantin sebaiknya bisa mingle dengan para tamu. Kenakan baju yang lebih santai, misalnya gaun pengantin midi dengan sneakers untuk pengantin wanita dan kemeja berwarna dengan celana chino untuk laki-laki.

Tantangan pernikahan dengan konsep festival musik

wm_article_img

Tentu saja akan ada beberapa tantangan jika kamu menggelar acara pernikahan dengan tema festival musik. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya. Berikut ini beberapa tantangan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Cuaca yang tidak menentu

Seperti menggelar acara pernikahan outdoor dengan tema lainnya, cuaca akan menjadi tantangan tersendiri pada konsep pernikahan yang satu ini. Ada berbagai hal yang mungkin terjadi, seperti hujan, angin kencang, atau suhu ekstrim yang bisa mengganggu acara. Namun, ada cara untuk mengantisipasi hal yang satu ini, yaitu dengan menyediakan tenda atau ruangan tertutup sebagai cadangan jika terjadi cuaca buruk.

2. Anggaran yang lebih besar

Acara yang besar dengan penampil lebih dari satu akan memakan biaya yang lebih besar, apalagi jika ada elemen tambahan seperti food truck dan dekorasi ala festival dan berbagai aktivitas lainnya. Untuk mengelola anggaran, kamu bisa mengundang musisi yang merupakan temanmu atau sedang mempromosikan musiknya sehingga bisa mendapatkan harga yang miring.

3. Lebih sulit mengkoordinasi vendor

Terlepas dari apa konsep yang diterapkan, berkoordinasi vendor merupakan pekerjaan yang cukup sulit apalagi jika ada lebih banyak lagi vendor yang digunakan. Untuk mengatasi hal yang satu ini, buat jadwal yang tepat untuk setiap aktivitas yang ada. Minta bantuan orang lain untuk menjadi koordinator vendor selama acara berlangsung di hari-H. 

4. Memberikan pengalaman yang baik untuk tamu

wm_article_img

Memilih konsep acara yang jarang digunakan akan memberikan pengalaman baru bagi para tamu yang datang. Pengalaman yang didapatkan bisa bagus atau justru sebaliknya. Untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengantin. Makanya, persiapannya pun harus benar-benar dilakukan dengan matang.

5. Suara yang jelas

Kadang terjadi permasalahan teknis pada sound system yang menjadi salah satu hal krusial apalagi untuk acara pernikahan dengan konsep festival musik. Tak hanya itu saja, penyebaran suara juga harus terdengar jelas di berbagai penjuru. Usahakan untuk menggunakan jasa sound system terpercaya dengan kualitas yang bagus. Jangan lupa juga mengatasi kebisingan supaya tidak mengganggu sekitar atau mendapatkan izin gangguan.

6. Manajemen sampah

Dengan ruangan outdoor dan berbagai aktivitas yang ada, akan ada banyak sampah yang muncul. Jika tidak diatur dengan baik, venue akan menjadi kotor. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk menyediakan tempat sampah yang memadai sehingga venue bisa tetap bersih setelah acara selesai.

7. Keselarasan dengan tradisi

Pernikahan merupakan sebuah hal yang sakral dan sarat akan tradisi. Pastikan apakah keluargamu mendukung konsep pernikahan ala festival musik yang biasanya cenderung lebih modern. Jika ingin tetap menyeimbangkan keduanya, kamu harus melakukan tradisi yang mencakup upacara adat dan ritual lainnya terlebih dahulu sebelum menggelar resepsi yang lebih santai. Kamu bisa meminta bantuan wedding planner jika ingin mendapatkan gambaran pengaturan jadwal yang cocok.

Jika kamu memiliki ide untuk membuat acara pernikahan yang lebih unik, tak ada salahnya untuk mengeksekusi hal tersebut selama masih memungkinkan. Konsep acara nikah dengan konsep festival musik sangat memungkinkan untuk diwujudkan sehingga bisa kamu coba terapkan untuk pernikahan yang tak terlupakan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...