Pilih Kategori Artikel

Diam-diam "Sah"! Nino RAN Menikah dengan Adat Jawa yang Elegan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

“Kurasa ku tlah jatuh cinta, pada pandangan yang pertama” Sepenggal lirik ini tentu tak asing di telinga para millennials, pun lagu ini masih tetap sering diputar hingga kini. Nah, salah satu personil dari grup musik RAN yang mempopulerkan lagu iniNino Kayam atau Nino RAN, baru saja membagikan kabar bahagia pernikahannya dengan sang kekasih yang bernama Dhabitannisa Auni atau Ica.

Pada hari Jumat, 20 September 2024 bertempat di venue The Westin Hotel, Jakarta, pernikahan intimate itu dilangsungkan dalam suasana yang sakral dalam balutan adat Jawa. Nino berhasil mengucap ijab kabul dengan lancar dan lantang, ia kini sudah “Sah” menjadi suami seseorang! Yuk, kita intip gimana prosesi pernikahannya!

Armand Maulana Jadi Saksi di Momen Ijab Kabul

wm_article_img
Foto: Instagram/ninokayam

Momen akad nikah Nino dan Ica berlangsung pada pukul 09.23 WIB. Hotel Westin dipilih sebagai venue pernikahan.  Nino memberikan maskawin uang tunai senilai Rp9 juta dan 21 gram logam mulia. Dihadiri dan disaksikan oleh keluarga dan sahabat  keduanya, prosesi akad nikah tersebut berlangsung dengan khidmat dan lancar.

wm_article_img
Foto: Instagram/ninokayam

Sederet wajah-wajah yang familiar dari kalangan artis juga ikut hadir di momen bersejarah Nino ini. Diantaranya hadir teman satu grup Nino di RANRayi dan Asta,  Vidi Aldiano, Reza Chandika, Sal Priadi hingga musisi senior Armand Maulanayang juga sekaligus bertindak sebagai saksi nikah. 

Usut punya usut, ternyata Armand Maulana menjadi saksi pernikahan pria pemilik nama asli Anindyo Baskoro ini atas permintaan almarhum sang ayah. Saat momen sungkeman pun menjadi haru saat Nino mencium figura dengan foto almarhum sang ayah. 

Gunakan Adat Jawa Solo Putri Bernuansa Putih

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Instagram/ninokayam

Momen pernikahan Nino Kayam dan Ica berbalut kental dalam nuansa adat Jawa. Adapun busana pengantin Jawa yang digunakan oleh keduanya merupakan riasan pengantin Solo Putri. Dalam balutan baju beskap Jawa dan kain jarik, lengkap dengan aksesori blankon, keris, hingga selop yang senada dengan busana yang ia kenakan. 

Begitu pula dengan sang pengantin wanita, Ica pun tampil begitu anggun dalam balutan kebaya kutubaru dipadu kain jarik yang senada dengan busana pengantin Jawa yang dikenakan oleh Nino. Riasan paes Solo Putri dengan sanggul Jawa tradisional menghiasi wajahnya yang ayu. 

wm_article_img
Foto: Instagram/rhay_david

Menyoroti make up sang pengantin wanita, Ica memilih mengenakan riasan pengantin natural. Complexion yang menyatu dengan fitur wajah cantiknya, dipulas dengan blush on bernuansa peach yang senada dengan lipstick glossy yang ia kenakan, memberikan kesan segar dan anggun pada wajahnya. Untuk riasan mata pun, palet hitam lembut dengan efek smokey tipis dan winged eyeliner yang pas membingkai indah kelopak matanya. Memberikan kesan glamor dan tegas tanpa berlebihan. 

wm_article_img
Foto: Instagram/rhay_david

Penampilan wanita yang berprofesi sebagai dokter gigi ini pun semakin memikat dengan mengenakan aksesori pengantin wanita Jawa paes Solo Putri lengkap dengan atributnya. Mulai dari sanggul bokor mengkurep, cunduk mentul, gajahan, pengapit, penitis, untaian melati tibo dodo hingga giwang yang menyempurnakan seluruh tampilannya.

Dekorasi Bernuansa Putih dengan Gebyok Jawa Klasik

wm_article_img

wm_article_img
Foto: Instagram/ninokayam

Di samping pakaian, suasana ruangan akad nikah yang syahdu di pernikahan Nino dan Ica, juga dibalut dengan nuansa adat yang kental. Selain untaian bunga melati putih dan anggrek bulan yang digunakan sebagai ornamen bunga dekorasi pernikahan, kehadiran gebyok sebagai backdrop juga menambah ciri khas pernikahan adat Jawa. Dengan pencahayaan ruangan yang lembut dan hangat, suasana sakral pun semakin terasa.

Gebyok sendiri merupakan elemen dekorasi khas Jawa yang telah dipakai sejak dahulu sebagai partisi ruangan pada rumah Joglo. Namun, seiring berjalannya waktu gebyok Jawa kini dipakai luas sebagai elemen dekoratif yang tak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, tapi juga sebagai backdrop yang memberi kesan tradisional yang kuat, pada dekorasi pernikahan salah satunya.  

Tak hanya pada momen akad, di saat resepsi keduanya pun juga menggunakan adat Jawa namun dengan sentuhan yang lebih modern. Bedanya, untuk resepsi Nino dan Ica mengenakan busana pengantin Jawa bernuansa hitam dengan ornamen payet modern. Nino tampil gagah dengan busana pengantin adat Jawa lengkap dengan blangkon dan aksesori lainnya.

Sementara untuk riasan wajahnya, Ica memilih mengenakan make up bold, dengan polesan lipstick merah menyala. Kali ini Ica tidak menggunakan paes pada tampilannya, melainkan memadukan tatanan sanggul modern dengan aksesori kembang goyang. Pasangan serasi ini berjalan dengan elegan menuju pelaminan diiringi musik gamelan bak pangeran dan putri keraton.

Dress Code Para Bridesmaids dan Groomsmen dengan Adat Jawa

wm_article_img
Foto: Instagram story/afgan__

Nah, nggak cuma itu saja, di acara resepsi pernikahan Nino dan Ica, tamu-tamu para sahabat pengantin dari kalangan artis pun turut mengenakan dress code bertema adat Jawa yang bernuansa hijau dipadu dengan kain jarik cokelat. Para wanita tampil anggun dalam balutan kebaya brokat kutubaru berwarna hijau yang dipadu dengan selendang berwarna burgundy. Sementara para pria mengenakan beskap hijau, dengan aksesori blangkon hingga bros emas yang senada.    

Tentunya, pesta pernikahan Nino dan Ica semakin semarak tatkala para musisi-musisi yang hadir tersebut, seperti Vidi Aldiano, Afgan, Rosa, Yura Yunita, BCL hingga Isyana Sarasvati ikut menyumbangkan lagu-lagu. Kemeriahan acara semakin pecah saat sang pengantin pria sendiri ikut memberikan performance bersama teman segrup musiknya, RAN, yaitu Asta dan Rayi. 

Lamaran di Bulan Juni

wm_article_img
Foto: Instagram/rayiputra26

Tak banyak yang mengetahui, pasangan Nino dan Ica ternyata telah melangsungkan acara lamaran di Bulan Juni lalu. Tepatnya di tanggal 02-06-2024, acara lamaran tersebut berlangsung di Novotel Bogor, seperti yang dibagikan oleh Nino dalam unggahan di akun instagram pribadi miliknya @ninokayam. Berbulan-bulan menyimpan rahasia hubungannya yang tak sedikitpun terendus oleh awak media, akhirnya Nino bisa lega setelah membagikan kabar bahagia pernikahannya dengan sang pujaan hati.

wm_article_img
Foto: Instagram/ninokayam

Nah, itu lah dia potret pernikahan Nino RAN dan Ica yang dibalut tradisi Jawa. Pengantin masa kini yang masih menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat. Kami ucapkan selamat atas pernikahannya, semoga langgeng hingga maut memisahkan ya, Nino dan Ica! Happy Wedding!


Photo courtesy: Instagram @ninokayam, @rhay_david, @afgan__, @rayiputra26

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...