Panduan Memilih Makeup Artist (MUA) yang Tepat Untuk Pernikahan - Wedding Market

Panduan Memilih Makeup Artist (MUA) yang Tepat Untuk Pernikahan

06 Aug 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 190
Panduan Memilih Makeup Artist (MUA) yang Tepat Untuk Pernikahan
Foto: instagram/bubahalfian

Bagi pengantin wanita, makeup merupakan komponen penting yang menunjang penampilan di hari bahagianya. Karena sang pengantin akan menjadi pusat perhatian utama di pesta tersebut, maka sangat penting untuk memastikan riasan yang dikenakan sesuai dengan karakter pribadi dan konsep pernikahan. Oleh karena itu, dalam hal memilih makeup artist (MUA) untuk pernikahan, tidak boleh asal-asalan. 

Gaya makeup yang cocok untuk setiap orang mungkin berbeda-beda, akan tetapi yang terpenting riasan yang dikenakan di hari pernikahan tersebut haruslah membuat sang pengantin semakin percaya diri dan merasa menjadi wanita tercantik di pesta itu. Maka dari itu, sebelum memilih MUA untuk pesta pernikahanmu, ada baiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

1. Pilih MUA yang sesuai dengan Konsep Pernikahan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih MUA untuk calon pengantin adalah harus menyesuaikan dengan konsep pernikahan. Jika pernikahan menggunakan konsep tradisional, maka pastikan MUA yang akan kamu pilih menguasai seluk beluk gaya riasan ala pengantin adat tersebut. Begitupun apabila kamu memilih konsep lainnya. Sebagai contoh gaya internasional atau modern, maka riasan yang dikenakan juga sebaiknya menyesuaikan.

Matangkan konsep pernikahan yang kamu inginkan terlebih dahulu, barulah selanjutnya bisa dicocokan dengan style makeup MUA yang jadi incaranmu. Misalnya, kamu akan menggunakan konsep pernikahan minimalis, maka riasan flawless bisa jadi opsi terbaik untuk mendukung konsep tersebut. Sebaliknya, jika ingin memakai adat Jawa klasik, maka riasan bold dengan paes bisa menjadi opsi terbaik untuk menguatkan konsep pernikahan yang dipilih. 

Apabila kamu sudah yakin ingin menggunakan konsep pernikahan tertentu, kemudian bisa mulai melakukan riset kecil untuk menemukan MUA yang bisa mewujudkan riasan pengantin impianmu itu. Lebih baik lagi apabila kamu dapat menemukan MUA yang menguasai berbagai style makeup pengantin baik untuk pernikahan adat maupun modern.

2. Pelajari Portofolio MUA yang Ingin Digunakan


Perlu diingat bahwa setiap makeup artist memiliki style-nya masing-masing. Meskipun demikian, kamu tetap bisa melihat kecenderungan gaya riasannya dengan cara mempelajari portofolio sang makeup artist. Memang sih, di zaman sekarang kamu bisa saja menemukan banyak perias pengantin yang menjamur. Namun, alangkah baiknya untuk momen sakral seperti pernikahan ini, kamu tetap memercayakan riasan wajah pada tangan-tangan profesional yang terpecaya. 

Oleh sebab itu, penting sekali sebelum memilih makeup artist yang tepat, kamu perlu melihat rekam jejak sang MUA dari portofolionya. Ini bukanlah suatu hal yang sulit, lantaran sekarang sudah banyak MUA yang memamerkan hasil riasannya di media sosial seperti Instagram. Nah, dari situ kamu bisa melihat-lihat apakah gaya makeup yang dihasilkannya sesuai atau tidak dengan seleramu. Kamu tentu sudah memiliki preferensi pribadi yang ingin ditonjolkan pada hari bahagiamu nanti. 

Selain itu, cek juga reputasi sang MUA, ya! Kamu bisa menilai dari jam terbang yang sudah dimilikinya. Biasanya, semakin banyak klien yang ia tangani, kemungkinan besar reputasi MUA tersebut juga bagus. Apalagi bila ia biasa merias publik figur atau orang-orang terkenal, bisa dikatakan, MUA tersebut sudah sangat kredibel. Disamping itu, kamu pun juga bisa membaca testimoni dari klien-klien terdahulu agar semakin yakin menentukan MUA mana yang akan dipilih.

3. Pilih MUA Sesuai dengan Budget yang Dimiliki


Setelah menemukan beberapa kandidat makeup artist yang cocok dengan preferensi pribadi, langkah selanjutnya kamu perlu menanyakan pricelist MUA tersebut. Masing-masing MUA biasanya telah mematok standar harga tersendiri. Semakin terkenal seorang MUA, biasanya harganya pun cenderung lebih mahal dibandingkan MUA pemula. Reputasi, jam terbang serta jenis produk makeup yang digunakan oleh MUA umumnya yang mempengaruhi harganya. 

Well, memang benar memilih makeup artist yang bagus sangatlah penting. Namun, kamu tak perlu memaksakan diri untuk menggunakan jasa MUA terkenal apabila dana yang dimiliki terbatas. Pertimbangan budget pernikahan sebelum memilih MUA sangatlah perlu dilakukan. Sebab, pos-pos pengeluaran pernikahan yang lainnya juga sama pentingnya dengan makeup pernikahan.


Jangan sampai karena ingin memakai jasa MUA terkenal yang mahal, kamu terpaksa menaikan budget dan mengorbankan elemen-elemen pernikahan lainnya, ya! Jika dirasa harga yang diberikan tidak sesuai dengan budget-mu, maka kamu bisa beralih untuk mencari jasa MUA lain yang bisa menyesuaikan dengan anggaran untuk makeup pernikahan yang sudah ditargetkan. 

Selain itu, ada pula MUA memberikan tarif khusus per paket, misalnya paket makeup prewedding sekaligus pernikahan, makeup di hari H saja, atau paket makeup sekaligus untuk ibu pengantin dan anggota keluarga. Jika memungkinkan, kamu pun masih bisa menawar, loh! Tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu kamu bisa mendapatkan potongan harga. Apabila cocok, lanjut!

4. Sampaikan Kondisi Kulit  atau Request Khusus Kepada MUA


Sebelum hari H, kamu juga perlu menyampaikan kondisi kulitmu secara gamblang kepada makeup artist yang akan merias wajahmu, supaya ia bisa menyesuaikan produk yang akan digunakan dengan kondisi kulitmu. Misalnya, tipe kulitmu sensitif pada kandungan kosmetik tertentu. Dengan menyampaikannya dari jauh-jauh hari, MUA bisa menghindari kemungkinan menggunakan produk makeup yang akan memicu reaksi alergi pada kulitmu.

Apabila kamu memiliki request tertentu untuk gaya makeup yang diinginkan, juga bisa menyampaikannya sebelum hari H. Sebagai contoh, kamu tidak ingin alis dicukur atau ingin menggunakan lipstick dengan warna tertentu, dan lain sebagainya. Dengan komunikasi yang baik seperti ini, hasil riasan yang dibuat akan lebih maksimal dan tentunya sesuai dengan ekspektasimu.

5. Tanyakan Apakah MUA Menyediakan Test Makeup Sebelum Pernikahan


Pertanyaan ini juga tak kalah penting untuk ditanyakan kepada MUA, untuk mendapatkan hasil riasan yang paripurna di hari istimewamu nanti. Beberapa MUA biasanya juga menyediakan jasa test makeup yang dilakukan sebelum hari pernikahan. Tentunya, hal ini akan menjadi poin plus tersendiri untukmu mempertimbangkan memilih MUA tersebut. 

Test makeup ini bukan hanya dimaksudkan untuk melihat hasil riasan sang MUA secara langsung pada wajah calon pengantin, tetapi juga untuk memudahkan MUA mengenali karakter wajah kliennya. Agar pada hari H, ia bisa lebih terbiasa untuk bereksplorasi dengan teknik makeup terbaik yang dimilikinya. Selain itu, pada saat test makeup kamu juga bisa sekaligus mencoba produk-produk yang akan digunakan, supaya bisa mengetahui mana yang cocok atau tidak dengan kulitmu.

6. Jika Bisa, Pilihlah MUA Terdekat dengan Lokasi Tempat Pernikahan


Poin yang satu ini seringkali terlewatkan. Terkadang, karena terlalu excited memilih MUA, calon pengantin lupa mempertimbangka jarak lokasi si perias dengan tempat pernikahan akan dilangsungkan. Padahal, hal ini cukup penting, loh! Pasalnya, jika jarak tempuh MUA ke tempat pernikahahan terlalu jauh, hal-hal tidak diinginkan bisa saja terjadi sepeti MUA datang terlambat, terkena macet dan sebagainya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kecemasan pada saat hari H, alangkah baiknya apabila MUA yang jarak lokasinya dekat untuk lebih diutamakan. Apabila ternyata hal tersebut tidak memungkinkan, maka sebelum memilihkan jasa seorang MUA kamu perlu memastikan bahwa jarak tidak akan menjadi kendala berarti. Pastikan bahwa MUA siap sedia untuk datang tepat waktu. Jika ia berasal dari luar kota, maka mintalah untuk datang lebih awal, misalnya sehari sebelumnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Cek Kebersihan Alat-alat Makeup yang Digunakan 


Terakhir, kamu juga perlu mengecek kebersihan alat makeup yang digunakan oleh sang MUA. Seharusnya seorang MUA profesional sudah memiliki standar kebersihan untuk alat-alat makeup maupun aksesoris yang ia gunakan. Misalnya kuas lipstick atau brush yang dipakai, apakah ada banyak atau hanya menggunakan satu secara bergantian. Hal ini sangat penting untuk menghindari resiko penyebaran penyakit menular, apalagi di musim pandemi ini.  

Tampil cantik di momen pernikahan merupakan impian setiap brides. Oleh karenanya, para calon pengantin wanita perlu teliti dalam memilih makeup artist untuk hari spesialnya itu. Ikuti panduan memilih MUA di atas dan jangan lupa tanyakan juga 10 pertanyaan wajib pada saat test makeup pengantin. Semoga ulasan ini dapat membantumu menemukan MUA yang tepat untuk momen spesialmu nanti, ya!

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?