Pilih Kategori Artikel

Mencuri Perhatian! 15 Perpaduan Warna yang Cocok untuk Dekorasi Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sudah ada rencana menikah, tapi masih bingung ingin mulai mempersiapkan dari mana? Sepertinya kamu harus mulai memperhitungkan budget dulu. Setelah itu baru tentukan tema besar untuk pernikahan supaya bisa memecahkannya ke dalam detail yang lebih spesifik. Salah satunya adalah dekorasi. Pasalnya, dekorasi akan menjadi sebuah elemen yang membangun tema secara keseluruhan.

Dekorasi yang bagus dan masuk ke tema yang diinginkan tentunya harus memiliki komposisi warna yang harmonis. Beberapa perpaduan warna yang cocok untuk dekorasi pernikahan harus dipertimbangkan matang-matang. Nah, jika belum memiliki gambaran seperti apa kombinasi warna yang bisa dipilih, beberapa dekorasi ini bisa kamu jadikan inspirasi. Yuk simak selengkapnya!

1. Perpaduan warna pink dan putih yang klasik

wm_article_img
Dekorasi: Moelia Design

Perpaduan antara warna pink yang lembut dan putih yang bersih membuat dekorasi pernikahanmu tampak klasik dan romantis. Perpaduan ini bisa dibuat dari bunga mawar dengan dua warna tersebut yang diletakkan di sepanjang lorong menuju venue pernikahan. Bunga-bunga berwarna senada juga bisa ditaruh di pelaminan untuk membuatnya terlihat semakin manis.

2. Perpaduan berbagai jenis warna ungu

wm_article_img
Dekorasi: Royal Design | Stylist: Behind the Vows

Sering disalahartikan, ternyata warna ungu memiliki energi romantis yang kuat, lo. Selain itu, warna ini juga melambangkan kemuliaan, kemewahan, hingga kekuatan. Tak hanya memiliki makna yang kuat, warna ini juga memiliki berbagai shade yang bisa dipilih dan dipadukan.

Warna lilac bisa diterapkan di bagian papan welcoming dan board yang berisi berbagai kutipan di sisinya. Warna ungu ini sendiri merupakan perpaduan dari warna biru dan merah sehingga kamu bisa memadukannya dengan warna biru yang akan terlihat harmonis. 

3. Warna oranye dan biru yang kontras

wm_article_img
Dekorasi: Moelia Design

Memadukan warna yang soft dan cerah dalam satu tempat ternyata bisa membuat pernikahanmu menjadi tampak jauh lebih hidup. Ada sentuhan romantis, tapi sisi ceria kalian juga tidak ditinggalkan. Perpaduan warna ini bisa memberikan sentuhan modern yang kental, tapi juga tetap bisa digunakan untuk dekorasi pernikahan tradisional.

4. Warna hijau alami dan biru yang dreamy

wm_article_img
Dekorasi: The Rosevines Wedding

Perpaduan warna ini memberikan perpaduan antara konsep pernikahan di taman yang dreamy dan juga klasik. Warna-warna ini akan cocok digunakan untuk pernikahan yang digelar di luar ruangan. Warna hijau pada dekorasi yang dibuat dari dedaunan akan menyatu dengan warna hijau  dari pepohonan atau rumput di sekitar. Jangan segan untuk memberikan warna biru transparan dari kain yang digunakan untuk menghias arch untuk sentuhan dreamy pada dekorasi ini.

5. Kolaborasi tabrak warna

wm_article_img
Dekorasi: Sekala Mekar

Perpaduan warna yang satu ini akan cocok untukmu yang menyukai segala sesuatu yang dibuat secara ekstra. Jika biasanya dekorasi hanya terdiri maksimal dari tiga warna, kali ini kamu bisa menggabungkan beberapa warna sekaligus untuk mendapatkan hasil yang meriah. Bunga-bunga dengan warna cerah, seperti kuning, ungu, pink fanta, dan light cyan bisa dipadukan dengan pleated paper yang berwarna putih.

6. Warna musim gugur

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Ingin menghadirkan musim gugur ke dalam pernikahanmu? Kamu bisa membangun suasana ini dengan memilih palet warna yang hangat, seperti warna-warna dari kayu-kayuan, bambu, dan bunga kering. Artinya, kamu bisa memilih dominasi warna cokelat dalam dekorasinya. Warna putih atau merah muda yang sudah mengering bisa dimasukkan juga ke dalam elemen ini.

7. Warna biru, putih, dan emas

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Perpaduan warna tidak harus selalu dari bunga-bunga saja, tapi juga properti lain seperti frame hingga backdrop. Warna biru dari backdrop yang membentuk seperti pegunungan dan bunga dengan warna biru yang lebih terang akan menciptakan perpaduan yang cantik. Tambahan warna emas di beberapa bagian menambahkan kesan mewah pada dekorasi ini.

8. Warna merah dan emas

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Orang Tiongkok memiliki kepercayaan tertentu mengenai warna merah dan emas. Warna merah dipercaya membawa keberuntungan, sementara warna emas melambangkan kemakmuran dan perekonomian yang baik. Tak heran jika kita akan menemui perpaduan kedua warna ini di beragam acara besar yang diselenggarakan. Salah satunya adalah di acara pernikahan. Mulai dari bunga hingga properti lain yang digunakan biasanya akan memiliki kedua warna ini.

9. Perpaduan warna yang hangat

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Ketika menggelar pernikahan di dekat pantai biasanya kita akan mendapatkan kesan yang santai dan sejuk. Namun, ternyata suasana yang hangat juga bisa dibangun dengan pemilihan kombinasi beberapa warna seperti broken white, oranye yang cerah, dan peach yang lembut pada cascading yang digunakan sebagai centerpiece. Lighting berwarna temaram juga bisa ditambahkan untuk hasil yang paripurna.

10. Perpaduan rustic dari hijau, putih, dan kayu

wm_article_img
Dekorasi: Elior Design

Untuk tema pernikahan rustic, elemen utama adalah sesuatu yang dekat dengan alam atau biasanya direpresentasikan dengan kayu-kayuan dan dedaunan. Perpaduan warna cokelat, hijau, dan putih akan menciptakan harmoni yang indah untuk konsep besar pernikahan. Bunga yang dipilih bisa berwarna putih, sementara warna cokelat bisa diperoleh dari kayu dan gambas atau bunga kering.

11. Perpaduan lembut warna pastel

wm_article_img
Dekorasi: Azka Anggun Art Decoration

Warna-warna pastel bisa dipadukan untuk mendapatkan hasil yang manis dan elegan. Dekorasi ini cocok digunakan di area yang akan dipakai untuk melaksanakan ijab qabul karena warnanya yang lembut. Jika menggabungkan warna hijau dan putih terlalu membosankan, warna soft pink bisa ditambahkan untuk hasil yang lebih manis.

12. Perpaduan warna bold merah, magenta, dan ungu

wm_article_img
Dekorasi: Azka Anggun Art Decoration

Pelaminan dengan latar warna putih bisa dibuat lebih bold dengan bunga yang memiliki warna-warna dalam, seperti merah. Warna ini bisa dipadukan dengan warna lain yang juga bersifat berani, seperti magenta yang menjadi warna Pantone untuk tahun 2023. Cukup taruh berjajar di bagian tengah saja dan kamu bisa membiarkan bagian lain berwarna putih sehingga lebih clean dan tidak berlebihan.

13. Dominasi warna merah dan cokelat dari kayu dalam adat Jawa

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Pernikahan adat Jawa biasanya memiliki bunga tertentu yang digunakan sebagai dekorasi, seperti melati, mawar, dan kenanga. Pun, dekorasinya memiliki pakem tertentu yang harus dimasukkan. Namun, untuk memberikan sentuhan yang lebih modern, kamu bisa menggunakan mawar merah untuk dominasi dekorasi ini. 

Mawar merah merupakan lambang cinta sehingga akan cocok untuk diterapkan. Agar tidak membosankan, kamu juga bisa memberikan sedikit sentuhan berwarna ungu dan putih. Sementara itu, kursi kayu berwarna cokelat untuk pelaminan bisa dipilih untuk tetap memberikan sentuhan etnik.

14. Dekorasi dengan warna yang memiliki tone sama

wm_article_img
Dekorasi: Stupa Caspea

Dekorasi dari pernikahan Adinia Wirasti ini tampak indah dan memesona. Pasalnya, warna yang dipilih termasuk warna-warna yang jarang digunakan. Perpaduan antara warna desert rose, taupe, dan sandy beige ini memberikan kesan autentik dan feminin. Uniknya, warna-warna yang mendominasi dekorasi justru bukan dari bunga-bunga saja, melainkan dari backdrop kain-kain yang disampirkan di sana.

15. Perpaduan antara lilac dan putih

wm_article_img
Dekorasi: Elior Design

Menyukai dekorasi dengan perpaduan warna yang minimalis, tapi bosan dengan warna putih dan hijau? Kamu bisa menggantinya dengan memadukan warna putih dan lilac. Kesan minimalis didapatkan, tapi sentuhan manis juga berhasil ditambahkan. Buatlah agar konsep ini bisa ditemui sejak tamu masuk ke area venue pernikahan. Sambut mereka dengan bunga-bunga tinggi di sisi lorong tempat masuk.

Beberapa perpaduan warna yang cocok untuk dekorasi pernikahan tersebut bisa kamu terapkan. Perlu diingat bahwa warna-warna yang dipilih bukan hanya bunga-bunganya saja, tapi juga elemen-elemen lainnya yang digunakan untuk mendekorasi venue, misalnya papan selamat datang, meja dan kursi, hingga pencahayaan yang akan menentukan mood sepanjang acara.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...