Pilih Kategori Artikel

Persiapan untuk Kehidupan Pernikahan: Ini 21 Barang yang Harus Dibeli untuk Mengisi Rumah Baru
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Saat mempersiapkan pernikahan, kita biasanya akan fokus kepada hari-H pernikahan itu saja. Padahal ada begitu banyak hal yang juga harus dipersiapkan untuk kehidupan setelah acara pernikahan. Salah satunya adalah memikirkan tentang pindah ke rumah baru. Selain menyiapkan bangunannya, tentu ada berbagai barang yang harus kita persiapkan untuk mengisinya. Tanpa disangka, proses mengisi rumah ini ternyata akan memakan biaya yang cukup banyak, lo. Makanya, penting untuk mengetahui mana yang harus dibeli terlebih dahulu dan mana yang bisa dicicil sambil jalan nantinya. 

Supaya kamu tidak bingung dan khawatir, berikut ini beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk mengisi rumah baru sesuai dengan tingkat kepentingannya. Jadi, kamu bisa mulai menyusun prioritas dari sekarang. Simak sampai habis, ya!

Kebutuhan utama

wm_article_img

Kebutuhan ini sebaiknya sudah tersedia ketika kamu dan pasangan pindah ke rumah baru sehingga kalian bisa menjalani kehidupan baru dengan baik.

  1. Ranjang dan kasur yang nyaman

Istirahat merupakan sebuah kebutuhan dasar yang penting karena dengan cara inilah kita bisa mengisi kembali energi. Tidur yang berkualitas juga akan penting untuk kesehatan tubuh yang memengaruhi kegiatan lainnya. Investasi pada kasur yang baik membantu mencegah masalah punggung dan membuat tidur semakin nyenyak.

  1. Peralatan masak di dapur

Makanan juga menjadi kebutuhan dasar manusia. Meskipun kamu dan pasangan bisa mengandalkan layanan pesan antar, tetap ada beberapa hal yang membutuhkan peralatan ini, misalnya saat kalian membutuhkan air panas, ingin memasak masakan sederhana seperti membuat mi, atau sekadar menghangatkan makanan. Selain itu, memasak juga akan lebih menghemat pengeluaran kalian sebagai pengantin baru. Makanan pun lebih sehat karena bahannya terjamin. Kompor, panci, wajan, dan spatula adalah peralatan dasar untuk memasak makanan sehari-hari. 

  1. Peralatan makan

Selain peralatan dapur dasar, kamu juga membutuhkan peralatan makan untuk memudahkan kalian ketika akan mengonsumsi sesuatu. Piring, mangkuk, gelas, dan alat makan (sendok, garpu, pisau) adalah kebutuhan sehari-hari untuk menyantap makanan dengan nyaman.

  1. Sofa atau tempat duduk

Sediakan paling tidak satu atau dua sofa atau tempat duduk. Barang yang satu ini penting untuk ditaruh di ruang tamu atau ruang lainnya. Kegunaannya ada banyak, baik sekadar untuk bersantai maupun menerima tamu yang datang. Berkumpul bersama juga bisa lebih nyaman dengan keberadaan kursi ini.

  1. Lemari pakaian

Pakaian memerlukan tempat tersendiri untuk menatanya sehingga tidak berserakan di sembarangan tempat. Makanya, lemari pakaian menjadi sebuah barang penting untuk kamu dan pasangan yang akan menempati rumah baru. Dengan lemari, pakaianmu akan lebih rapi dan terorganisir.

  1. Kulkas

Bagi sebagian orang, kulkas bukan merupakan kebutuhan utama. Namun, jika kamu memiliki budget yang cukup untuk membelinya, kulkas masuk ke kebutuhan yang penting. Barang ini penting karena bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan awet. Kamu bisa berbelanja sekali dan bahan tetap segar untuk beberapa hari ke depan.

  1. Peralatan kebersihan

Meskipun ukurannya tidak sebesar barang lain, peralatan ini akan tetap dibutuhkan untuk menjaga rumah tetap bersih apalagi biasanya rumah yang baru ditempati akan memiliki banyak debu yang menyelimuti. Sapu, pel, ember, dan vacuum cleaner diperlukan untuk menjaga kebersihan rumah yang penting untuk kenyamanan dan kesehatan.

  1. Perlengkapan mandi

Kebutuhan yang satu ini juga merupakan kebutuhan dasar, jadi harus disiapkan sejak awal kepindahan. Namun, barang-barangnya cukup mudah didapatkan di minimarket terdekat sehingga tidak perlu terlalu dipusingkan. Beberapa barang yang perlu disiapkan, seperti sabun, sampo, sikat gigi, hingga handuk.

Kebutuhan sekunder

wm_article_img

Jika semua kebutuhan utama sudah tersedia dan kamu masih bisa menyediakan kebutuhan selanjutnya, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan.

  1. Meja makan dan kursi

Sebenarnya kamu bisa makan di ruang tamu atau menggunakan kursi yang sudah tersedia. Namun, memiliki meja makan dan kursi akan membuat pengalaman makanmu lebih nyaman. Meja dan kursi untuk makan bisa menjadi kebutuhan selanjutnya yang kamu sediakan. Selain untuk makan, di sini kamu dan pasangan juga bisa berkumpul dan mengobrol dengan santai.

  1. Rak atau lemari dapur

Walaupun beberapa bahan makanan sudah bisa disimpan di kulkas, tetap ada beberapa bahan lain yang perlu penyimpanan sendiri. Selain itu rak yang disediakan di dapur juga penting untuk menyimpan peralatan makan dan minum. Ada begitu banyak jenis dan bentuk dari rak yang bisa ditaruh di dapur ini yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Pencahayaan tambahan

Lampu menjadi salah satu hal dasar yang harus ada di setiap rumah supaya kegiatan di malam hari lebih lancar. Namun, pencahayaan tambahan juga bisa ditambahkan jika ingin menciptakan mood tertentu atau supaya mata lebih nyaman. Lampu meja dan lampu tidur bisa dibeli untuk menunjang kenyamanan ini.

  1. Cermin

Tak bisa dimungkiri, penampilan merupakan sebuah hal penting untuk mempresentasikan diri sendiri kepada orang lain. Oleh sebab itu, cermin menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan harus disiapkan untuk mengecek penampilan sehari-hari. Selain cermin kecil, miliki juga cermin berukuran lebih besar yang ditaruh di dalam kamar atau kamar mandi.

Kebutuhan pelengkap

wm_article_img

Sudah memiliki semua kebutuhan yang diperlukan untuk rumah baru, tapi masih merasa perlu menambah beberapa barang bermanfaat lainnya? Berikut ini beberapa kebutuhan pelengkap yang mungkin juga akan kamu butuhkan.

  1. Peralatan elektronik tambahan

Semakin ke sini semakin banyak barang elektronik yang diciptakan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan tugasnya sehari-hari. Kamu tidak harus memiliki barang-barang ini, tapi memilikinya akan banyak membantumu.  Peralatan seperti microwave, blender, atau oven listrik memudahkan memasak dan menyiapkan makanan dengan lebih variatif.

  1. Karpet

Lantai tanpa karpet sebenarnya tidak menjadi masalah besar. Namun, menambahkan barang yang satu ini akan memberikan kenyamanan dan estetika. Karpet bisa ditaruh di ruang tamu atau di kamar tidur. Lantai pun bisa lebih hangat sehingga bisa juga kamu gunakan untuk duduk jika ingin menonton televisi atau film.

  1. Dekorasi rumah

Selain bisa ditinggali, rumah juga sebaiknya menjadi tempat yang akan membuatmu betah. Berbagai dekorasi cantik dan sesuai dengan seleramu bisa ditambahkan ke dalamnya. Ada bermacam jenis dekorasi yang bisa kamu tambahkan, seperti  hiasan dinding, tanaman hias, dan foto-foto yang akan menambah keindahan rumah dan memberikan sentuhan personal.

  1. Barang untuk hiburan

Barang ini mungkin sebenarnya kurang penting bagi beberapa orang karena sekarang kita bisa mendapatkan hiburan melalui smartphone. Namun, tak ada salahnya membeli beberapa peralatan hiburan, seperti televisi dan sound system untuk mengisi waktu dengan maksimal saat sedang bersantai bersama.

Kebutuhan tambahan

wm_article_img

Barang-barang ini tidak harus kamu punyai saat baru pindah rumah. Kamu bisa menyediakannya seiring berjalannya waktu atau bahkan tidak sama sekali.

  1. Koneksi wi-fi

Beberapa orang menganggap bahwa wifi belum begitu penting saat baru pindah karena penggunaan internet masih bisa dipenuhi dengan kuota atau paket data. Namun, pemasangan wifi bisa kamu pertimbangkan karena bisa jadi pengeluaran untuk internet akan lebih hemat dengan pemasangan ini.

  1. Peralatan pertolongan pertama

Untuk mengatasi keadaan darurat biasanya setiap rumah tangga akan memiliki obat-obatan dasar. Supaya bisa lebih rapi, kamu bisa menyediakan kotak P3K dengan perlengkapan dasar seperti plester, antiseptik, dan obat-obatan ringan yang penting untuk keadaan darurat kecil di rumah.

  1. Peralatan dapur kecil

Selain barang-barang dasar yang dibutuhkan, beberapa alat tambahan yang akan membantu dalam proses memasak bisa dicicil seiring berjalannya waktu. Beberapa perlengkapan ini, seperti berbagai jenis pisau, talenan, alat pengukur, wadah dengan berbagai jenis dan ukuran untuk proses memasak, dll.

  1. Meja rias

Selain baju, peralatan makeup atau skincare juga perlu penyimpanan sendiri supaya tidak tercecer. Meja rias bisa diletakkan di kamar untuk menyimpan barang-barang ini supaya lebih rapi. Selain digunakan untuk menyimpan makeup dan skincare, meja ini juga bisa digunakan untuk menyimpan perhiasan dan printilan lainnya di dalam lacinya.

  1. Tempat penyimpanan ekstra

Selain beberapa barang yang sudah disimpan di lemari, biasanya tetap ada barang-barang lainnya yang membutuhkan tempat penyimpanan sendiri. Kamu bisa membeli tempat penyimpanan ekstra ini untuk membuat rumah lebih rapi. Nantinya barang ini juga akan bermanfaat saat ada barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Tips membeli barang untuk mengisi rumah

wm_article_img

Membeli barang untuk mengisi rumah baru akan menjadi tugas yang menyenangkan sekaligus menantang bagi para pasangan baru. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi beberapa kesulitan yang mungkin akan muncul.

  1. Buat daftar prioritas

Daftar yang sudah dibuat sebelumnya bisa kamu jadikan acuan dalam membeli barang-barang untuk mengisi rumah. Fokuskan dahulu pada barang-barang esensial yang dibutuhkan, baru setelah itu penuhi kebutuhan lain yang dibutuhkan, tapi kurang penting.

  1. Tetapkan anggaran

Tentukan berapa banyak uang yang ingin dan bisa kamu keluarkan untuk mengisi rumah. Bagilah anggaran menjadi beberapa kategori, misalnya untuk perabotan, elektronik, dekorasi, dan peralatan rumah tangga lainnya. Tahap ini penting karena kamu jadi memiliki batasan untuk tidak menghabiskan uang dengan jumlah yang melebihi anggaran sehingga kondisi finansial tetap aman.

  1. Riset dan bandingkan

Lakukan riset tentang barang-barang yang ingin dibeli untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Bandingkan harga dan kualitas dari berbagai toko dan merek sebelum membuat keputusan akhir. Minta rekomendasi orang yang berpengalaman mengenai perabotan rumah tangga untuk menambah wawasan.

  1. Pertimbangkan kualitas dan keawetan

Meskipun dibatasi dengan budget, usahakan untuk tetap mempertimbangkan kualitas dan keawetan dari barang yang akan dibeli. Investasi pada barang yang berkualitas tinggi dan tahan lama, terutama untuk perabotan utama seperti sofa, tempat tidur, dan peralatan dapur akan lebih menguntungkan. 

  1. Pikirkan ukuran, fungsi, dan kesesuaian

Sebelum membeli perlengkapan, terutama yang besar, pastikan kamu sudah tahu ukuran dari setiap ruangan sehingga ukuran barang yang dibeli lebih sesuai. Jangan lupa juga untuk memilih desain dan warna yang sesuai dengan konsep rumah secara  keseluruhan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mempertimbangkan barang yang memiliki fungsi tambahan, misalnya sofa dengan ruang penyimpanan tambahan atau rak dinding dan meja yang bisa dilipat.

  1. Beli secara bertahap di waktu yang tepat

Kamu mungkin bertanya-tanya, jika sudah bisa menentukan perabotan mana yang menjadi prioritas, kapan membeli sisanya. Jawabannya adalah tidak perlu terburu-buru. Belilah seiring berjalannya waktu ketika memang sudah sangat butuh atau sudah ada dana. Manfaatkan diskon, promosi, dan penjualan pada momen tertentu, seperti pada akhir tahun untuk menghemat uang.

Kegiatan mengisi rumah baru akan terasa menyenangkan. Namun, tanpa diketahui, membeli berbagai keperluan ini ternyata bisa cukup menguras kantong. Makanya, kamu bisa menggunakan panduan dan tips tersebut untuk bisa mengisi rumah secara bertahap. Selain mempersiapkan hari-H pernikahan, persiapkan juga kehidupan setelahnya dari sekarang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...