Pilih Kategori Artikel

Pilihan Baju Pengantin Pria, dari Jas hingga Pakaian Adat

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting dalam hidup seseorang dan menjadi hari yang penuh dengan harapan dan kebahagiaan. Dalam persiapan pernikahan, pemilihan pakaian menjadi salah satu hal yang tak kalah penting untuk memastikan penampilan yang paripurna pada hari bahagia tersebut. Namun, biasanya saat membicarakan tentang pakaian pernikahan, kita akan lebih fokus pada gaun atau kebaya yang dikenakan pengantin perempuan padahal pakaian untuk pengantin pria juga tak kalah penting, lo.

Baju pernikahan pria sebaiknya tidak hanya terlihat elegan dan formal, tetapi juga nyaman dan sesuai dengan tema acara pernikahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa pilihan baju pernikahan pria yang dapat dipertimbangkan untuk tampil tampan dan elegan di hari pernikahan. Yuk simak pilihannya!

1. Jas dan Celana 

wm_article_img
Jas: Wong Hang Tailor

Jas dan celana formal adalah pilihan klasik dan elegan untuk pengantin pria pada pernikahan dengan konsep formal. Jas dan celana biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas, seperti wol atau linen, dengan warna yang netral seperti hitam, abu-abu, atau biru navy.

Pilihan warna yang lebih cerah atau netral dapat disesuaikan dengan tema pernikahan. Misalnya, jas berwarna pastel atau jas dengan warna-warna terang dapat dipilih untuk pernikahan di pantai atau pernikahan yang lebih santai.

Jas biasanya memiliki bentuk fit body dengan tiga atau empat kancing depan dan memiliki kerah dengan dua atau tiga lubang untuk dasi atau aksesori leher lainnya. Pilihan kerah termasuk kerah peak, kerah shawl, atau kerah notch. Pada pernikahan formal, jas biasanya dipadukan dengan dasi kupu-kupu atau dasi yang tidak terlalu lebar.

Celana yang dipakai dengan jas biasanya memiliki potongan yang juga fit body dengan lipatan vertikal di bagian depan dan kancing yang juga berada di bagian depan. Namun, pada pernikahan yang lebih santai atau informal, pilihan celana bisa lebih fleksibel, seperti celana kain atau celana chino

Celana ini biasanya dipadukan dengan kaus kaki panjang yang sesuai dengan warna jas. Sepatu formal yang sesuai seperti oxford atau derby biasanya dipilih untuk dipadukan dengan jas dan celana formal.

Hal lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih jas dan celana untuk pengantin pria adalah ukuran dan potongan yang sesuai dengan tubuh pengantin pria. Pastikan untuk memilih jas dan celana yang nyaman dan memungkinkan pengantin nyaman bergerak pada hari pernikahan. Memilih jas dan celana yang tepat dapat memberikan kesan formal dan elegan pada pengantin pria dan pasti akan membuat tampil percaya diri dan tampan di hari spesialnya.

2. Waistcoat Style

wm_article_img
Jas: Wong Hang Tailor

Waistcoat adalah salah satu jenis pakaian formal yang biasa dipilih oleh pengantin pria untuk dipakai pada acara pernikahan. Waistcoat biasanya dikenakan sebagai pengganti jas atau sebagai tambahan pada setelan jas. Waistcoat memiliki potongan yang ramping dan elegan, dengan detail kancing pada bagian depan yang menjadi ciri khasnya.

Waistcoat tersedia dalam berbagai macam bahan seperti wol, linen, atau katun dengan berbagai pilihan warna dan corak. Pilihan warna yang umum dipilih untuk waistcoat pernikahan adalah warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau biru tua. Sedangkan untuk corak, waistcoat pernikahan biasanya dihiasi dengan motif bunga atau pola geometris yang memberikan sentuhan formal dan elegan pada penampilan pengantin pria.

Waistcoat biasanya dipadukan dengan kemeja berdasi atau kemeja klasik putih, celana formal, dan sepatu kulit formal seperti oxford atau derby. Penggunaan dasi atau bowtie dapat menjadi pilihan tambahan untuk melengkapi penampilan pengantin pria yang elegan dan formal.

Dalam memilih waistcoat pernikahan, kamu juga perlu memperhatikan tema acara pernikahan. Jika acara pernikahan mengusung tema yang lebih modern dan kasual, pengantin pria dapat memilih waistcoat dengan potongan yang lebih santai dan warna yang lebih cerah. Namun, jika acara pernikahan mengusung tema formal dan tradisional, pengantin pria disarankan memilih waistcoat dengan potongan fit body dan warna netral yang klasik.

Pemilihan waistcoat yang tepat dapat menambahkan sentuhan formal dan elegan pada penampilan pengantin pria di hari pernikahan. Pastikan untuk memilih waistcoat yang nyaman dan sesuai dengan selera dan tema acara pernikahan untuk tampil sempurna dan memukau di hari istimewa tersebut.

3. Batik

wm_article_img
Foto: Venema Pictures

Batik merupakan busana tradisional Indonesia yang menjadi pilihan populer untuk pria dalam acara pernikahan. Batik pria untuk pernikahan biasanya memiliki warna dan motif yang lebih formal daripada batik sehari-hari.

Motif batik yang cocok untuk pernikahan antara lain motif parang, truntum, kawung, atau lereng. Warna yang umum dipakai dalam batik pria untuk pernikahan biasanya adalah warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan cokelat.

Batik pria untuk pernikahan biasanya terdiri dari dua bagian yaitu baju dan celana. Baju batik pria biasanya memiliki potongan kemeja dengan kerah dan dibuat dengan bahan seperti katun atau sutra. 

Bawahan batik pria untuk pernikahan biasanya dibuat dari bahan kain dan dipotong dengan potongan yang ramping dan elegan. Bawahan batik biasanya dipadukan dengan sepatu formal seperti mules.

4. Pakaian Adat 

wm_article_img
Attire: Redberry Wedding

Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang memiliki pakaian adat masing-masing. Pakaian adat menjadi simbol penting dari identitas dan kekayaan budaya suatu daerah. Bagi laki-laki yang ingin menikah, memilih pakaian adat sebagai busana pernikahan bisa menjadi pilihan yang menarik dan unik. Berikut adalah beberapa contoh pakaian adat laki-laki yang sering dipilih untuk pernikahan di Indonesia.

Pakaian adat Jawa

Busana adat Jawa yang paling terkenal adalah beskap, yaitu baju lengan panjang dengan kancing di depan, dikenakan dengan kain batik dan ikat pinggang dari kulit atau anyaman. Beskap biasanya dipadukan dengan blangkon atau peci sebagai pelengkap. Untuk pengantin pria, beskap biasanya dibuat dengan bahan yang lebih mewah seperti sutra, dengan tambahan hiasan seperti payet atau manik-manik.

Pakaian adat Bali

Pakaian adat laki-laki Bali yang sering dipilih untuk pernikahan adalah baju kamen, yaitu baju lengan pendek dengan kancing di depan, dikenakan dengan kain sarung. Baju kamen biasanya dibuat dari kain songket atau tenun Bali yang cantik. Untuk pelengkap, pengantin pria Bali biasanya mengenakan udeng atau kain ikat yang diikat di kepala.

Pakaian adat Sumatera

Di Sumatera, terdapat beragam pakaian adat yang berasal dari berbagai suku seperti Minangkabau, Batak, dan Aceh. Untuk pernikahan, pengantin pria Minangkabau biasanya mengenakan baju kurung dan songkok, sedangkan pengantin pria Batak biasanya mengenakan baju ulos dengan kain ulos yang diikat di pinggang. Sementara itu, pengantin pria Aceh biasanya mengenakan baju rencong yang terbuat dari sutra atau songket.

Pakaian adat laki-laki untuk pernikahan biasanya dipadukan dengan sepatu kulit formal dan aksesori seperti kalung atau gelang. Pemilihan warna dan motif pakaian adat juga perlu diperhatikan sesuai dengan tema pernikahan dan selera pengantin pria. Memilih pakaian adat sebagai busana pernikahan bisa menjadi pilihan yang menarik dan unik untuk menambahkan nuansa tradisional pada momen yang sakral dan bersejarah ini.

5. Baju Koko

wm_article_img
Mandarin Suit: Wong Hang Tailor

Baju koko adalah busana tradisional laki-laki yang biasa dikenakan di Indonesia. Baju koko memiliki ciri khas baju dengan kerah yang berdiri dan lengan panjang. Saat ini, baju koko telah menjadi salah satu pilihan busana laki-laki yang cukup populer untuk acara-acara formal seperti pernikahan.

Untuk pernikahan, baju koko biasanya dipilih karena memberikan kesan elegan, sederhana, dan tetap terlihat formal. Pilihan warna yang umum digunakan untuk baju koko adalah warna putih atau warna pastel seperti krem, biru muda, atau pink muda. Namun, warna yang dipilih tentunya tergantung pada tema dan nuansa pernikahan yang diinginkan.

Baju koko yang dikenakan pada saat pernikahan biasanya dibuat dengan bahan yang berkualitas seperti katun, sifon, atau sutra untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Pada beberapa model baju koko, terdapat tambahan hiasan seperti bordir atau payet yang memberikan kesan lebih mewah dan elegan.

Untuk melengkapi penampilan baju koko, biasanya dikenakan celana panjang atau sarung yang dililitkan. Untuk sepatu, biasanya menggunakan sepatu formal seperti sepatu oxford atau sepatu loafer.

Secara keseluruhan, baju koko adalah pilihan yang sangat baik untuk busana laki-laki di acara pernikahan. Selain elegan dan formal, baju koko juga tetap memberikan kesan sederhana dan tidak terlalu mencolok. Karena itu, baju koko sangat cocok bagi laki-laki yang ingin terlihat klasik dan elegan pada acara pernikahan.

Nah, ternyata ada banyak sekali pilihan pakaian untuk pengantin laki-laki, ya. Tentu saja dalam memilihnya, ada beberapa hal yang perlu diperimbangkan, seperti tema acara pernikahan, preferensi, venue dan cuaca saat acara berlangsung, serta kecocokan dengan pakaian yang dikenakan pengantin perempuan.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi WeddingMarket Fair pameran pernikahan Internasional dan Tradisional Indonesia. Kamu bisa melengkapi seluruh kebutuhan pernikahan, termasuk pula menemukan baju pengantin pria sesuai dengan impian, karena akan ada desainer ternama serta 100+ booth vendor pernikahan terbaik lainnya dari 15+ kategori.

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2023  di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, para pengunjung pun akan disuguhi berbagai keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut: 

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize 
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Free test food

Dengan mengusung tema "Fairy Tale in The Ocean" pastinya pameran pernikahan unik ini sayang untuk dilewatkan. Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara gratis di tautan ini. Tiket tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, segera daftarkan dirimu ya!

Kunjungi WeddingMarket Festival Gratis!
Menangkan Berbagai Hadiah Menarik
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...