Pilih Kategori Artikel

Plus Minus Menggunakan Undangan Pernikahan Digital
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Di era digital yang serba cepat seperti saat ini, banyak pasangan yang memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital sebagai alternatif dari undangan pernikahan konvensional. Perlahan, surat undangan pernikahan fisik pun tergantikan oleh undangan digital yang dapat diakses secara online. 

Undangan pernikahan digital biasanya berupa file digital yang dikirimkan melalui WhatsApp, email atau media sosial. Meskipun demikian, ada beberapa plus dan minus menggunakan undangan pernikahan digital yang perlu diketahui sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jenis undangan ini. Yuk, simak ulasannya!

Kelebihan Undangan Pernikahan Digital

wm_article_img
Foto: viding.co

1. Biaya Lebih Murah

Tak bisa dipungkiri, salah satu keuntungan utama menggunakan undangan pernikahan digital adalah biaya yang lebih murah. Dengan Menggunakan undangan online ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak maupun biaya pengiriman undangan.

Cara membuat undangan pernikahan digital juga terbilang mudah. Cukup dengan menyiapkan sebuah desain undangan pernikahan digital, atau bisa juga dibeli dari vendor atau desainer tertentu. Agar lebih menarik, bisa juga ditambahkan lagu untuk undangan pernikahan digital yang kamu pilih. Selanjutnya kamu bisa mengirimkannya ke seluruh teman dan keluarga melalui email atau media sosial. Hal ini tentunya lebih hemat dan efisien dari segi biaya. 

2. Ramah Lingkungan

Poin plus menggunakan undangan pernikahan digital selanjutnya yakni lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan undangan pernikahan konvensional, karena tidak menggunakan kertas, tinta, dan bahan-bahan lainnya untuk mencetak undangan. Artinya, kamu dapat mengurangi limbah yang dihasilkan dari undangan pernikahanmu.

3. Mudah dan Cepat

Tak hanya sampai disitu saja, poin plus menggunakan undangan pernikahan digital. Dari segi pengiriman undangan pernikahan digital juga sangat mudah dan cepat. Hanya dengan beberapa klik melalui email atau media sosial, kamu bisa mengirim undangan pernikahan dalam waktu singkat kepada seluruh list tamu undangan. Bahkan, kamu juga dapat menjangkau teman dan keluarga yang berada di luar negeri dengan mudah dan cepat.

4. Desain yang Lebih Fleksibel

Dari segi desain, kamu pun dapat bebas memilih template undangan pernikahan digital yang sesuai dengan keinginanmu dan pasangan. Kamu dapat memilih dari berbagai contoh desain undangan pernikahan digital yang tersedia dan menyesuaikannya dengan tema pernikahanmu. Kamu pun bebas memilih warna dan font sesuai dengan selera.

Kekurangan Undangan Pernikahan Digital

wm_article_img
Foto: Seratulem Undangan

Meskipun ada berbagai poin plus dari penggunaan undangan pernikahan digital, tetapi di sisi lain ada pula minusnya. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Tidak Personal

Undangan pernikahan digital mungkin terasa kurang personal dibandingkan dengan undangan pernikahan tradisional. Hal ini karena undangan pernikahan digital dikirimkan melalui email atau media sosial, dan tidak ada kontak fisik dengan penerima undangan tersebut.

2. Kurang Formal

Bagi beberapa orang, undangan pernikahan digital dianggap kurang formal sebab hanya berupa link yang bisa diakses secara online atau berupa file digital yang dikirimkan melalui messenger, email atau media sosial. Beberapa orang mungkin mengharapkan undangan pernikahan yang dicetak dengan desain yang cantik dan dikirimkan melalui pos.

3. Tak Semua Orang Bisa Mengakses Teknologi yang Digunakan

Untuk menggunakan undangan pernikahan digital, kamu perlu memiliki akses ke teknologi seperti komputer, internet, dan media sosial. Jika kamu atau tamu undangan tidak terbiasa dengan teknologi ini, penggunaan undangan pernikahan digital mungkin menjadi sulit dan jadi tidak efektif.

4. Kemungkinan Tidak Diterima

Beberapa tamu undangan mungkin tidak menerima undangan pernikahan digital karena mereka tidak memeriksa email mereka secara teratur atau tidak memiliki akses ke internet. Ini dapat menyebabkan kehilangan informasi penting tentang pernikahan kamu.

Dalam memilih jenis undangan pernikahan yang tepat untuk hari istimewamu kelak, harus mempertimbangkan plus dan minus dari masing-masing jenis undangan. Jika kamu memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital, maka sesuaikan dengan peruntukkannya. 

Undangan digital akan cocok untuk dikirimkan kepada generasi millenial atau gen Z yang sudah dekat dengan teknologi dan internet. Namun, untuk para tamu undangan yang berusia lanjut, yang memiliki keterbatasan pengetahuan dan akses dengan teknologi, sebaiknya digunakan undangan fisik saja, ya! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...