Pilih Kategori Artikel

Plus Minus Venue Pernikahan Outdoor dan Indoor. Mana Venue Impianmu?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Memilih venue pernikahan menjadi salah satu langkah pertama yang harus dilakukan oleh pasangan calon pengantin supaya bisa mendapatkan lokasi yang paling sesuai. Pasalnya, venue pernikahan dengan lokasi yang bagus, fasilitas lengkap, dan harga yang masuk di kantong sudah banyak di-booking orang jauh-jauh hari. Namun, sebelum menentukan venue mana yang akan dipilih, kamu harus memutuskan terlebih dahulu apakah ingin menikah di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Baik venue pernikahan outdoor maupun indoor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk membantumu dalam memilihnya, berikut ini uraian yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Simak sampai habis, ya!

Pernikahan indoor

Pernikahan indoor dianggap menjadi venue pernikahan yang menawarkan kenyamanan dan aman dari segala badai. Namun, tentu saja ada juga kelebihan lain dan kelemahan yang dimiliki oleh venue pernikahan yang satu ini. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya.

Kelebihan 

wm_article_img

  1. Tidak perlu khawatir terhadap cuaca

Saat ini, cuaca menjadi sebuah faktor yang sulit ditebak. Padahal cuaca buruk seperti hujan deras dan petir tentu akan memengaruhi mood tamu dan suasana pernikahan. Namun, jika pernikahan digelar di dalam ruangan, hal ini tidak akan berpengaruh seburuk jika acara digelar di luar ruangan. Pengantin dan para tamu akan tetap aman berada di dalam ruangan walaupun cuaca di luar sedang buruk. Dengan demikian, pengantin pun tidak perlu tambah pikiran lagi.

  1. Lebih nyaman dengan fasilitas lengkap

Venue indoor biasanya memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti AC, sistem pencahayaan yang bisa diatur, dan kamar mandi. Berbagai fasilitas ini akan sangat penting untuk kenyamanan para tamu yang datang terutama apabila terdapat tamu dengan berbagai usia dan kondisi kesehatan yang memerlukan fasilitas tersebut.

  1. Lebih privat dan eksklusif

Venue pernikahan indoor merupakan sebuah ruangan tertutup sehingga memberikan privasi yang lebih. Hal ini penting untuk dipertimbangkan apabila kamu ingin membuat suasana yang lebih intim atau jika kamu khawatir ada gangguan yang mungkin muncul dari orang luar atau suara bising lingkungan sekitar. Keamanan juga bisa lebih dijaga karena biasanya hanya ada beberapa pintu masuk yang dijaga sehingga kemungkinan orang asing masuk lebih kecil.

  1. Akses listrik dan peralatan elektronik yang lebih mudah

Venue pernikahan dalam ruangan, apalagi yang memang digunakan untuk acara pernikahan biasanya memiliki akses listrik lebih mudah dan peralatan elektronik yang lebih lengkap. Misalnya, perlengkapan sound system yang lebih kompleks, layar proyektor yang untuk slideshow atau video, dan pencahayaan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan mempermudah dalam menjalankan agenda demi agenda, seperti saat melaksanakan upacara tradisi atau untuk hiburan.

  1. Dekorasi yang bisa disesuaikan dengan tema

Venue dalam ruangan umumnya tidak memiliki tema bawaan yang terlalu kental sehingga ruangan bisa disulap sesuai dengan tema yang diinginkan. Tema ini bisa diwujudkan dengan menambahkan berbagai elemen dekoratif, seperti bunga, tanaman, kain, hingga lampu-lampu. Untuk menciptakan mood yang tepat, kamu juga bisa memainkan pencahayaan dan menambahkan backdrop. Semua ini akan tampak sama di segala kondisi asal pencahayaan diatur dengan pengaturan yang sama pula walaupun cuaca mungkin berubah-ubah.

  1. Suara akan lebih aman

Adanya dinding atau tembok akan membuat suara cenderung lebih terkendali. Hal ini penting karena selain hiburan, akan ada momen-momen penting, seperti pidato, prosesi, atau pengucapan janji suci. Biasanya suara ini akan dipengaruhi oleh angin dan atau kebisingan yang membuat suara tidak konsisten jika digelar di luar ruangan.

Kekurangan 

wm_article_img

  1. Keterbatasan ruang

Venue pernikahan di dalam ruangan dibatasi oleh dinding-dinding sehingga kapasitasnya pun akan terbatas tergantung pada ukuran. Jika kamu berencana untuk mengundang tamu dalam jumlah yang banyak, artinya kamu juga harus menyewa venue pernikahan yang memiliki ruang lebih besar. 

  1. Biaya yang cenderung lebih tinggi

Biaya pernikahan ini tergantung pada lokasi beserta fasilitas yang disediakan. Namun, jika kamu ingin mendapatkan venue pernikahan indoor yang bagus, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih banyak. Selain fasilitas yang ditawarkan, biasanya akan ada biaya tambahan untuk dekorasi atau pencahayaan khusus.

  1. Kesan yang lebih kaku

Biasanya pernikahan yang digelar di dalam ruangan akan identik dengan konsep pernikahan formal dan tertutup. Jika kamu menginginkan suasana yang lebih santai dan alami atau terbuka dan bebas, hal yang satu ini akan menjadi kekurangan. Namun, kamu tetap bisa menyesuaikan kesan tersebut walaupun harus memikirkan ide dengan lebih ekstra.

  1. Keterbatasan dekorasi alami

Mengadakan pernikahan di dalam ruangan artinya kamu harus rela kehilangan elemen alami seperti sinar matahari, pepohonan, dan pemandangan alam lainnya yang akan menambah keunikan acara. Meskipun mungkin pemandangan ini tetap ada di luar gedung, selama acara berlangsung, pemandangan yang dilihat adalah dekorasi dalam ruangan.

Pernikahan outdoor

wm_article_imgwm_article_img

Venue pernikahan di luar ruangan sering dianggap sebagai venue yang memiliki pemandangan indah dan suasana yang lebih santai. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan

  1. Keindahan pemandangan alam

Elemen yang satu ini menjadi salah satu pertimbangan dasar saat seseorang ingin memilih venue pernikahan di luar ruangan. Keindahan alam bisa menjadi background yang cantik dan alami. Udara segar di ruang terbuka juga membuat para tamu yang terbiasa di dalam ruangan akan lebih bahagia. Beberapa lokasi bisa dipilih, mulai dari taman, pantai, hutan, atau pegunungan akan memberikan nuansa yang berbeda dan unik. 

  1. Ruang yang lebih luas dan terbuka

Meskipun tetap akan ada batasan, venue pernikahan outdoor menawarkan ruang yang lebih luas karena tidak ada dinding di sana. Dengan demikian, kamu bisa mengundang lebih banyak tamu. Pengaturan tempat duduk tamu dan layout lainnya juga bisa dilakukan dengan lebih fleksibel.

  1. Dekorasi dan tema yang lebih alami

Dengan latar belakang alam yang menakjubkan, kamu tidak perlu pusing memikirkan tema pernikahan. Ada berbagai konsep yang cocok, mulai dari garden party, pernikahan di tepi pantai, atau tema rustic dengan kain dan kayu. Biasanya elemen di sekitar venue juga sudah indah sehingga tambahan elemen dekoratif pun tidak perlu dipusingkan. 

  1. Suasana yang lebih santai dan natural

Jika ingin mendapatkan suasana pernikahan yang lebih santai dan akrab, venue outdoor akan lebih cocok untuk dipilih. Kamu bisa menghindari kesan kaku dari pernikahan formal yang biasanya digelar di dalam ruangan. Suara burung berkicau, angin sepoi-sepoi, dan aroma alami bisa menambah sentuhan magis pada acara.

  1. Cahaya alami

Pernikahan yang digelar di luar ruangan tidak memerlukan tambahan cahaya dari lampu atau perlengkapan tambahan lainnya kecuali jika digelar di malam hari. Cahaya alami yang diberikan akan membuat pernikahan lebih sempurna. Saat golden hour, yaitu ketika matahari akan tenggelam, cahaya ini juga akan membantu memberikan pencahayaan yang sempurna untuk foto pernikahan. Cahaya alami ini akan sulit ditiru saat di dalam ruangan.

Kekuragan

wm_article_img

  1. Kendala cuaca

Tantangan terbesar yang sudah menjadi rahasia umum adalah adanya kendala cuaca yang mungkin terjadi. Saat melakukan pernikahan di venue outdoor, hujan, angin, atau panas yang terlalu terik akan mengganggu berjalannya acara. Makanya, tak ada salahnya untuk menaruh tenda di beberapa bagian, seperti di pelaminan dan tempat makan. Jika tidak, kamu harus memiliki rencana cadangan yang memadai jika semua hal yang disebutkan terjadi.

  1. Kesulitan pengaturan lokasi

Biasanya ruangan outdoor yang terbuka akan memiliki lokasi yang tidak beraturan. Berbagai pengaturannya pun akan terasa lebih sulit, mulai dari pengaturan tempat duduk, pemasangan tenda atau panggung, jalur listrik atau sound system, hingga pencahayaan tambahan yang dibutuhkan di malam hari.

  1. Gangguan serangga dan berbagai binatang lainnya

Selain para tamu, ada juga berbagai “tamu lain yang tidak diundang” yang datang ke acara pernikahan outdoor. Berbagai jenis serangga, nyamuk, atau binatang lainnya bisa hadir dan mengganggu kenyamanan tamu. Jika kamu menemukan hewan-hewan ini, cobalah untuk mengatasinya dengan melakukan penyemprotan anti serangga.

  1. Suara yang bocor

Suara akan menjadi PR tersendiri ketika menggelar pernikahan di luar ruangan. Pasalnya, tidak ada dinding yang akan menghalangi suara. Suara di ruang terbuka bisa menjadi lebih sulit untuk dikendalikan karena dipengaruhi oleh angin, jarak, dan ruang terbuka. Hal ini akan berdampak pada kualitas suara selama upacara atau hiburan.

  1. Persiapan yang lebih kompleks

Dengan adanya kebutuhan detail tambahan dan rencana cadangan, persiapan pernikahan dengan venue pernikahan di luar ruangan akan terasa lebih kompleks. Pengantin harus banyak melakukan koordinasi dengan wedding organizer dan vendor. Ada kemungkinan rasa stres pun akan bertambah.

Masing-masing acara pernikahan, baik digelar di dalam ruangan maupun luar ruangan, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang harus dipertimbangkan. Untuk memutuskannya, perhatikan tema atau konsep pernikahan yang ingin dibangun dan risiko apa saja yang bisa kamu toleransi.


Fotografi: Captureyourmoment

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...