Referensi Backdrop Pelaminan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat

05 Aug 2019 | By Wedding Market | Viewers: 9680
Referensi Backdrop Pelaminan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat
Foto: nwandossignatureevents from Instagram

Saat memilih melangsungkan pernikahan di rumah, masalah keterbatasan tempat untuk pelaminan sering buat pusing. Karena keterbatasan ruang inilah pelaminan kerap tampak penuh dengan dekorasi yang kemudian menyulitkan pergerakan pengantin dan orangtua. Lalu, bagaimana membuat dekorasi pelaminan sederhana di rumah yang tidak makan tempat?

Sebetulnya, keterbatasan tempat ini bisa disiasati dengan berbagai hal, misalnya saja dengan membuat pelaminan tanpa panggung yang kemudian disulap dengan menggunakan backdrop yang dibuat seindah mungkin, sehingga pelaminan tidak memerlukan terlalu banyak dekorasi yang menyesakkan. Kini banyak backdrop atau latar belakang tempat pengantin kini banyak dibuat dengan indah tapi tetap minimalis.

Backdrop memang sesuatu yang penting dalam pelaminan sederhana di rumah, selain sebagai salah satu hiasan pelaminan backdrop juga menjadi sekat antara tempat pesta pernikahan dengan ruangan lain di dalam rumah. Inilah mengapa penting membuat latar pernikahan menjadi tetap menarik. Dan kali ini, kami akan memberikan referensi backdrop pelaminan sederhana tapi tetap mengesankan di rumah yang bisa kamu jadikan referensi pada hari bahagia nanti.

  • Membuat Latar Belakang Pelaminan Menjadi Unik dan Memiliki Banyak Warna

\Referensi Backdrop Pelaminan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat
Foto: deerpearlflowers.com

Pelaminan adalah dimana semua mata tertuju. Tidak hanya karena ada kamu sebagai pengantin, tapi karena pelaminan adalah center point dalam sebuah pesta pernikahan dan inilah mengapa pelaminan perlu memiliki sesuatu yang menonjol.

Supaya tidak monoton, membuat latar belakang pelaminan yang unik perlu dilakukan bukan?  Tidak perlu dibuat dengan bahan dan cara yang rumit. Kamu bisa menciptakan dekorasi pelaminan sederhana di rumah yang unik dengan kayu yang kemudian ditutupi dengan kertas krep warna-warni yang ditata memanjang sehingga keseluruhan kayu bisa tertutupi. Selain menjadikan potongan memanjang, kertas krep tadi juga bisa dibuat menjadi bentuk bunga yang cantik sebagai hiasan latar belakang pelaminan. Yang satu ini tak sekadar unik, tapi juga murah!

  • Pelaminan Minimalis untuk Pernikahan di Rumah yang Minim Ruangan

Referensi Backdrop Pelaminan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat

Foto: Love is a big deal

Menciptakan dekorasi pelaminan sederhana di rumah bukan sesuatu yang sulit seperti pelaminan mewah. Kamu bisa meminta vendor untuk menciptakan backdrop yang minimalis dengan gorden yang warnanya sesuai dengan warna utama konsep pernikahan kamu. Jika kamu ingin pelaminan yang terasa natural, kamu bisa memilih menggunakan gorden warna putih yang kemudian dihiasi dengan tanaman menjalar dan dilengkapi dengan adanya bunga-bunga warna senada.

Karena konsepnya minimalis, bunga pun tidak perlu diberikan secara berlebihan, cukup beberapa tangkai di berbagai sisi backdrop. Agar tidak terlalu polos, kamu bisa menambahkan lilin yang ditaruh di dalam lentera lama yang diletakkan pada sisi kanan dan kiri backdrop pelaminan.

  • Menambahkan Kutipan Romantis pada Backdrop Pelaminan untuk Menciptakan Kesan Berbeda

Referensi Backdrop Pelaminan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat

Foto: Jasmine Lee Photography

Punya lagu kesukaan dengan pasangan? Atau mungkin, kamu adalah perangkai kata romantis tapi bingung bagaimana cara menyampaikan kalimat tersebut kepada pasangan? Mungkin kamu akan menyukai ide yang satu ini.

Dengan backdrop yang terbuat dari kain polos, kamu bisa menambahkan kalimat puitis di sana dan menjadikannya sebuah latar belakang yang indah sekaligus penuh makna pada pelaminan sederhana di rumah kamu. Selain lirik lagu atau rangkaian kalimat yang dibuat sendiri, kamu bisa berdiskusi dengan pasangan mengenai kalimat yang akan dicetak pada kain tersebut.

Bisa kamu pilih dari kutipan ayat kitab, sumpah pernikahan, atau justru kalimat yang dirangkai berdua dengan pasangan. Tak sekadar menyentuh, tapi backdrop yang seperti ini masih jarang ada di Indonesia dan kamu bisa jadi trendsetter-nya!

  • Menyiasati Ruangan Terbatas dengan Backdrop Kayu ala Rustic yang Menarik

Referensi Backdrop Pernikahan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat 

Foto: mariage.com

Karena ruangan yang terbatas bukan berarti pelaminan sederhana di rumah kamu harus seadanya dan tanpa konsep. Coba contoh konsep backdrop pelaminan rustic yang tampak menarik tanpa memakan lebar ruangan yang terlalu banyak.

Karena rustic berarti alami dengan goals efek ala pedesaan, backdrop yang dipakai berbahan kayu polos tanpa diberi warna luarnya, benar-benar polos dan natural sesuai warna yang kecoklatan. Untuk pemanis, kamu bisa memberikan daun-daun yang menjalar pada bagian atas backdrop atau kamu bisa membubuhkan nama kamu dan pasangan juga tanggal pernikahan yang terbuat dari kayu maupun gabus untuk diletakkan pada tengah backdrop pelaminan. Dengan begitu, pelaminan kamu terasa lebih personal.

  • Membawa Masuk Kebun Bunga ke Dalam Pesta Pernikahan dalam Rumah

Referensi Backdrop Pernikahan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat

Foto: oosile.com

Meski dilakukan di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan pesta kebun. Ciptakan konsep garden party pada pelaminan sederhana di rumah kamu pun tidak memerlukan hal yang rumit. Kamu cukup membuat tiang yang dibentuk segi empat dari kayu, kemudian siapkan tanaman menjalar untuk menutupi keseluruhan tiang tersebut, lengkap dengan bunga mawar, peony, atau bunga hydrangea dengan memiliki warna senada. Lalu pada bawah tiang tadi, kamu bisa memberikan tanah dari halaman rumah kamu untuk memberikan efek bahwa tanaman menjalar tadi benar-benar hidup.

Selain dengan tiang, kamu bisa memilih dinding rumah yang kemudian ditempeli dengan berbagai macam daun lebar sehingga keseluruhan dinding tertutup oleh daun-daun tersebut. Pelaminan semacam ini biasanya disebut dengan konsep tropical dan daun yang digunakan biasanya seperti daun pisang, daun monster, daun dari pohon palem, dan masih banyak lainnya.

  • Backdrop yang dari Kain pun Bisa Menjadikan Pelaminan Sederhana di Rumah Tampak Modern 

Referensi Backdrop Pernikahan Sederhana di Rumah yang Tidak Memakan Banyak Tempat

Foto: CV Linens

Salah satu item yang akan selalu ada di pelaminan adalah kain. Walau hanya terdiri dari beberapa lembar kain, pelaminan kamu bisa tampak sempurna dan menarik mata. Kain-kain tadi bisa digantungkan secara horizontal maupun vertikal, sesuai dengan selera kamu dan pasangan untuk menutup dinding rumah.

Kain-kain tadi juga bisa dibuat pita, atau kemudian kamu menambahkan ornamen lain agar konsep dekorasi pelaminan sederhana di rumah tampak lebih manis seperti pita, lampu LED yang digantung memanjang, pigura foto lama agar pelaminan kamu memiliki konsep vintage, pun kamu juga bisa meletakkan sepasang standing flower yang mengapit kursi pengantin agar pelaminan tampak lebih segar walau dalam ukuran yang tidak luas.

Bagaimana? Keenam inspirasi backdrop pelaminan sederhana di rumah ini menarik dan layak dijadikan solusi dalam pernikahan kamu nanti, ‘kan? Jangan jadikan ruang dalam rumah yang mini sebagai alasan pelaminan kamu jadi biasa-biasa saja, sebab selalu ada banyak ide untuk menciptakan pelaminan yang kreatif dan menarik.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket