Pilih Kategori Artikel

7 Rekomendasi Masjid di Jakarta untuk Tempat Pernikahan yang Sakral dan Indah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memiliki pernikahan yang sakral dan indah adalah impian setiap pasangan calon pengantin. Hal tersebut bisa diwujudkan dari berbagai hal, diantaranya dengan memilih tempat pernikahan yang bisa mendukung terciptanya suasana pernikahan yang diimpikan.  

Bagi pasangan beragama Islam, melangsungkan akad nikah di masjid adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan suasana pernikahan yang sakral nan khidmat. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, sekarang pun banyak masjid yang juga menyediakan aula khusus untuk venue atau tempat melangsungkan akad nikah.

Selain melengkapi syarat dan rukun nikah, memilih venue pernikahan di masjid dianggap membuat prosesi ijab qabul berlangsung lebih sakral. Nah, sebelum memilih masjid sebagai tempat akad nikah, ada baiknya kamu pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Lokasi

Apabila kamu berniat menggelar akad nikah dan resepsi di hari yang sama, ada baiknya dalam memilih tempat pernikahan ini dipilih yang lokasinya berdekatan. Sebab, akan cukup merepotkan apabila jarak antara lokasi akad nikah dan resepsinya berjauhan. Maka dari itu, untuk mempermudah mobilitas, pilihlah masjid yang lokasinya mudah dijangkau dan paling dekat dengan venue resepsi pernikahan. 

  • Fasilitas 

Meski prosesi akad nikah umumnya hanya berlangsung beberapa jam saja, penting juga untuk memilih masjid yang memiliki fasilitas memadai. Selain memiliki aula, biasanya masjid-masjid yang bisa dijadikan tempat akad nikah juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti ruang serbaguna, ruangan untuk rias pengantin, kamar kecil, hingga lahan parkir yang cukup memadai. 

Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah Jakarta, ini dia beberapa rekomendasi masjid dengan arsitektur yang cantik dan indah  yang dapat  dijadikan opsi tempat untuk kamu mengikrarkan ijab qabul yang suci dan sakral. Tentunya, masjid-masjid yang berikut ini sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai untuk mendukung kelancaran acara pada momen pentingmu itu. 

1. Masjid At-Tin, Jakarta Timur

wm_article_img
Venue: Masjid At-Tin TMII | Foto: Askar Photography

Di kawasan Jakarta Timur ada Masjid At-Tin yang memiliki arsitektur nan megah, cocok untuk kamu yang ingin menggelar akad nikah sekaligus dengan resepsi pernikahan. Bangunan masjid ini terletak di kawasan area Taman Mini Indonesia Indah (TMII).  Memiliki luas area 70.000 meter persegi, masjid yang dibangun pada April 1997 ini mampu menampung hingga 9.000 orang di dalam area masjidnya, serta 11.859 orang di area selasar tertutup dan plaza. 

wm_article_img
Fotografi: Herru Fadhillah

Tak hanya untuk acara akad nikah, Masjid At-Tin juga bisa dijadikan venue untuk pernikahan. Masjid indah ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari aula untuk resepsi, meja untuk akad, sound system, kamar rias dan area parkir yang luas. Adapun biaya sewa ruangan Masjid At-Tin untuk akad nikah dengan fasilitas standar mulai dari Rp4 juta-an. Masjid At-Tin berlokasi di Jl. Taman Mini I No.3, RW.3, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

2. Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI, Jakarta Pusat

wm_article_img
Foto: Almaira Studio

Masjid yang berlokasi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat ini juga merupakan tempat favorit banyak pasangan untuk menggelar pernikahan. Masjid yang dikelola oleh Sekretariat Jenderal MPR/DPR ini, memiliki arsitektur kubah yang unik dengan bentuk geometris berupa segi delapan dengan garis-garis tebal dan ujung berbentuk lancip. Berwarna hijau  terang, masjid indah ini tampak begitu menarik.

wm_article_img
Fotografi: Nuning Capture

Selain menyediakan ruangan utama untuk tempat akad nikah, di lantai dasar masjid terdapat pula ruang serbaguna yang dapat difungsikan sebagai aula resepsi pernikahan. Di masjid Baiturrahman ini juga tersedia paket pernikahan dengan fasilitas yang lengkap seperti ruang rias, area parkir yang lega, hingga catering.  

Masjid yang diresmikan pada tahun 1997 ini berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi dan luas bangunan 1.240 meter persegi, mampu menampung hingga 4.000 orang. Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI beralamat di Jl. Gelora 1 Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

3. Masjid Al Bina, Jakarta Pusat

wm_article_img
Fotografi: Anantha Project

Ingin merasakan menikah dengan nuansa seperti masjid-masjid di Turki? Masjid Al Bina bisa menjadi pilihan yang tepat. Desain arsitektur bangunan masjid ini terinspirasi dari masjid Sultan Ahmed yang ada di Istanbul, Turki. Dengan bentuk bangunan berupa persegi dan memiliki kubah berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri.

wm_article_img
Fotografi: Muhammad Ali Vikry

Tak hanya itu, pada setiap sudutnya masjid indah ini dikelilingi oleh menara-menara dengan ukiran yang khas dan memukau. Pada saat memasuki plataran masjid, kamu pun disambut oleh pemandangan lengkungan payung besar yang tak kalah indahnya. Tak heran, banyak pasangan yang terpincut dengan keelokan masjid Al Bina sehingga memilih menggelar pernikahan di masjid bergaya khas Turki ini.

Masjid Al Bina beralamat lengkap di  Jalan Pintu Satu, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masjid ini mampu menampung hingga 1.000 orang. 

4. Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan

wm_article_img
Fotografi: Classigraf Photography

Jika Masjid Al Bina di Jakarta Pusat memiliki desain ala Turki, maka lain halnya dengan masjid Al-Azhar yang terdapat di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid indah berwarna putih ini dibangun pada tahun 1953, desain bangunan masjid ini sebenarnya sangat kental dengan unsur-unsur Timur Tengah yang merupakan perpaduan arsitektur dari Masjid Qibtiyah di Mesir dan Masjid Hij’ di Saudi Arabia.

Masjid Agung Al-Azhar merupakan masjid terbesar di Indonesia sebelum adanya Masjid Istiqlal yang baru didirikan pada tahun 1978. Sekaligus, menjadi masjid modern pertama yang ditunjang dengan berbagai fasilitas menawan baik untuk sarana ibadah maupun aktivitas lainnya, termasuk untuk menggelar pernikahan. 

wm_article_img
Fotografi: Betuttriarso (instagram)

Pesona masjid ini juga terlihat dari detail yang menghiasi bangunannya, mulai dari tangga yang terdapat di empat penjuru masjid, lukisan kaligrafi yang di berbagai sisi, hingga jendela-jendela kayu tinggi yang memperindah bentuk desain masjid ini. Bangunan masjid Agung Al-Azhar sendiri terdiri dari dua lantai, dimana pada lantai bawah terdapat ruang serbaguna yang bisa difungsikan sebagai tempat resepsi pernikahan, sementara itu di lantai kedua merupakan ruang utama masjid.

Selain karena keindahan dan kemegahan bangunannya, menggelar akad nikah dan resepsi di masjid Agung Al-Azhar tentunya akan menambah kesakralan momen pernikahanmu! Masjid Agung Al-Azhar berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No.1, RT. 2, RW. 1, Selong Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

5. Masjid Ramlie Musofa, Jakarta Utara

wm_article_img
Foto via instagram/nuurafifah

Dibandingkan masjid lainnya, Masjid Ramlie Musofa terbilang baru berdiri yakni pada 2011 silam. Masjid mewah yang dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi ini terinspirasi dari monumen Taj Mahal di India. Bukan hanya gaya desain arsitektur bangunannya, tetapi juga dari tujuan dibangunnya. Pemiliknya berharap masjid Ramlie Musofa ini bisa menjadi pembuktian cintanya terhadap Allah, Islam dan keluarga.

Dari segi desain arsitekturnya, Masjid Ramlie Musofa dihiasi dengan berbagai lampu pijar dan kaligrafi yang cantik. Selain itu, nuansa perpaduan etnis juga kental terasa dari adanya tulisan dalam tiga bahasa yakni Indonesia, Mandarin dan Arab yang menghiasi beberapa sisi masjid. Tak heran, pemilik masjid ini merupakan seorang mualaf keturunan Tionghoa, yakni Haji Ramli Rasidin. Nama masjid ini pun diambil dari inisial keluarganya yakni Ramli, Lie, Muhammad, Sofian dan Fabian (Ramlie Musofa).

wm_article_img
Fotografi: Rifky Widianto

Karena pesona keindahan dan kemegahannya, wajar saja masjid Ramlie Musofa menjadi tempat pernikahan impian para pasangan muslimah. Termasuk pula pasangan artis Roger Danuarta dan Cut Meyriska yang pernah melakukan sesi prewedding di masjid yang berhadapan langsung dengan pemandangan Waduk Sunter ini. Alamat masjid ini di jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No.12C – 14A, RT.13/RW.16, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat

wm_article_img
Fotografi: Azkiaproject

Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan salah satu masjid yang sering digunakan sebagai tempat menggelar akad maupun resepsi pernikahan. Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari aula untuk tempat resepsi pernikahan, sound system, pendingin udara, meja penerima tamu, meja dan kursi untuk akad, hingga jasa petugas kebersihan. Adapun aula yang ingin disewa bisa disesuaikan dengan kebutuhan si calon pengantin, pilihannya ada serambi Jayakarta dan aula Sakinah.

wm_article_img
Foto: masjid-sundakelapa.id

Selain fasilitasnya yang cukup lengkap, masjid yang sudah diresmikan sejak tahun 1969 ini punya arsitektur yang unik. Apabila kebanyakan masjid pada umumnya memiliki kubah yang berbentuk bulat atau limas, masjid Agung Sunda Kelapa justru atapnya berbentuk datar. Pada bagian gapura masjid, terdapat sentuhan kaligrafi khas Arab.

Usut punya usut, ternyata pemberian nama masjid ini merupakan representasi dari bentuk bangunan masjid yang menyerupai perahu yang sedang bersandar di pelabuhan Sunda Kelapa seperti di masa lampau. Alamat masjid ini di jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

7. Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

wm_article_img
Fotografi: Volka Stories

Siapa yang tak kenal dengan masjid yang satu ini? Ya, masjid Istiqlal merupakan masjid terindah untuk melangsungkan akad nikah karena suasananya yang sakral serta bangunannya yang begitu menawan. Tak heran mengapa banyak pasangan yang memimpikan untuk melangsungkan janji suci pernikahan di masjid terbesar se-Asia Tenggara ini. Salah satunya pasangan pemeran FTV, Masayu Clara dan Qausar Harta yang telah menggelar akad nikah di Masjid Istiqlal pada 2022 silam. 

wm_article_img
Fotografi: Azisakka

Untuk akad nikah, pengurus masjid menyediakan tempat di lantai utama. Sementara itu, apabila ingin menggelar resepsi bisa menggunakan gedung lain, salah satunya yakni aula Al-Fatah agar dapat didekorasi sesuai kebutuhan. Namun, untuk menggelar akad nikah maupun resepsi di Masjid Istiqlal ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi para calon pengantin. Diantaranya, mengajukan surat izin yang ditujukan kepada imam besar masjid.

Berikut beberapa syarat untuk melakukan akad nikah di Masjid Istiqlal:

  • Calon pengantin mengajukan surat permohonan tertulis ditujukan kepada Kepala Sekretariat BPMI
  • Selanjutnya pemohon akan mendapatkan persetujuan tertulis dari Kepala Sekretariat BPMI
  • Mengisi e-form ini selambat-lambatnya H-14 sebelum acara berlangsung, form dapat dilihat di link berikut: istiqlal.or.id 

Apabila kamu hendak mengadakan resepsi di Masjid Istiqlal, juga tidak bisa dilakukan secara besar-besaran. Sebab Aula Al-Fatah hanya memiliki kapasitas maksimal 150 orang. Selain itu, di aula tersebut juga tidak diperkenankan untuk menyediakan catering maupun prasmanan, sehingga acara yang memungkinkan hanya bersilahturrahmi saja.  

Itulah 7 rekomendasi masjid indah di kawasan Jakarta untuk menggelar akad nikah dan resepsi pernikahan. Tentunya di mana pun tempat yang kamu pilih, semoga prosesi ijab qabul dapat berjalan dengan sakral dan khidmat, ya!

Jangan lupa untuk kunjungi juga WeddingMarket Store untuk mendapatkan kebutuhan-kebutuhan pernikahan lainnya dari berbagai vendor-vendor profesional terbaik. Temukan juga penawaran eksklusif venue deals dengan harga terbaik. Yuk, wujudkan pernikahan impianmu bersama WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...