Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Makanan Sehat untuk Prasmanan Pernikahan, Nikmat tanpa Insecure!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Selain menjadi acara untuk berbagi kebahagiaan, pernikahan juga bisa digunakan untuk ajang mengkampanyekan sesuatu yang baik, seperti kesadaran akan kesehatan. Tidak perlu membuatnya terlalu berlebihan, kamu bisa memulainya dengan sesuatu yang kecil. Salah satunya adalah dengan menyediakan makanan yang sehat untuk para tamu yang datang.

Biasanya makanan yang disajikan pada acara pernikahan memiliki rasa yang lezat, tapi sering terbuat dari bahan yang kurang baik untuk tubuh. Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk memberikan makanan yang sehat untuk menggantikan hal ini. Meskipun makanan sehat, bukan berarti rasanya tidak lezat, ya. Kamu tetap bisa memadukan keduanya.

Penasaran apa saja makanan sehat yang bisa disajikan untuk prasmanan di pernikahan? Berikut ini beberapa inspirasinya. Simak selengkapnya, ya!

Kenapa menyajikan makanan sehat?

wm_article_img

Jawabannya mungkin sudah jelas, yaitu demi kesehatan. Namun, alasan ini saja mungkin kurang meyakinkan. Berikut ini beberapa alasan lain yang bisa memperkuat alasanmu untuk menyajikan makanan sehat.

  1. Menjaga pola makan tamu

Nyatanya tidak semua tamu bebas makan apa saja. Beberapa mungkin memiliki kebutuhan diet khusus karena memiliki risiko penyakit tertentu, seperti diabetes, hipertensi, atau alergi makanan. Dengan menyajikan makanan sehat, kamu bisa membantu mereka menjaga pola makan yang baik. Semua orang juga lebih merasa aman saat mengonsumsi hidangan.

  1. Menjaga kenyamanan

Makanan sehat yang mengandung lebih sedikit lemak jenuh, gula, dan garam akan membuat para tamu lebih nyaman dan memiliki energi sepanjang acara. Kondisi seperti perut kembung dan lemas bisa dihindari sehingga mereka bisa menikmati acara demi acara dengan lebih senang.

  1. Tren gaya hidup sehat

Saat ini gaya hidup sehat semakin populer dan semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan sehat. Menyajikan makanan sehat pada pernikahan akan menunjukkan bahwa kamu juga mengadopsi tren hidup sehat ini. Selain itu, para tamu yang belum memulai gaya hidup ini akan lebih memperhatikan pilihan makanan mereka di masa depan. Pernikahanmu pun bisa menjadi sarana edukasi.

  1. Mendukung produsen lokal

Jika kamu memilih untuk menggunakan bahan-bahan lokal yang segar, kamu juga mendukung petani dan produsen dengan membeli produk mereka. Hal ini akan memberikan dampak positif pada komunitas lokal.

Ciri-ciri makanan sehat

wm_article_img

Sebelum ke menu prasmanan makanan sehat, kita lihat dulu apa saja yang menjadi ciri-ciri makanan yang satu ini supaya tidak salah menyiapkan.

  1. Kaya akan nutrisi

Ciri utama dari makanan yang sehat adalah bahwa makanan tersebut memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tubuh, termasuk vitamin, mineral, serat, protein, dan lemak sehat.

  1. Rendah lemak jenuh

Makanan yang sehat mengandung sedikit lemak jenuh. Sebagai gantinya, makanan ini mengandung lemak tak jenuh yang lebih baik untuk jantung, seperti yang ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun.

  1. Rendah gula tambahan

Beberapa makanan sudah mengandung gula alami, seperti pada buah-buahan dan sayuran. Untuk menjaga supaya makanan tetap sehat, usahakan untuk menyajikan makanan yang memiliki sedikit gula tambahan.

  1. Rendah garam

Ada banyak penyakit yang bisa muncul karena kandungan garam yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, jika ingin menyajikan makanan sehat, kandungan garam sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Hal ini penting diperhatikan untuk membantu menjaga tekanan darah supaya tetap normal. 

  1. Minim pemrosesan

Untuk mendapatkan makanan yang terasa enak, biasanya beberapa makanan pada prasmanan pernikahan sudah melalui berbagai pemrosesan yang mengurangi nutrisi makanan. Pilih makanan yang lebih alami dan tidak terlalu banyak diproses. 

  1. Tidak mengandung bahan tambahan berbahaya

Biasanya untuk mendapatkan hasil makanan yang terlihat lebih menarik, beberapa bahan tambahan akan ditambahkan. Makanan sehat sebaiknya tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya, seperti pewarna buatan, perasa buatan, hingga pengawet kimia. 

  1. Seimbang

Biasanya akan ada beberapa jenis makanan yang disajikan dalam prasmanan pernikahan. Usahakan untuk menyajikan makanan dengan kandungan yang seimbang, seperti terdapat karbohidrat, protein, dan lemak. 

Menu makanan sehat pada prasmanan pernikahan

Setelah mengetahui beberapa alasan dan ciri makanan sehat, saatnya kita mengetahui apa saja contoh menu yang akan cocok disajikan sebagai menu prasmanan pernikahan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Makanan pembuka

wm_article_img

  1. Mini salad cups: Cangkir kecil yang berisi salad segar, seperti caesar salad atau salad Yunani dengan dressing yang ringan.

  2. Edamame: Kacang kedelai rebus dengan sedikit sea salt.

  3. Mini quiche sayuran: Quiche mini yang berisi bayam, jamur, dan keju rendah lemak.

  4. Tahu panggang atau kukus: Tahu yang dipanggang atau dikukus dengan bumbu rempah.

  5. Avocado toast bites: Potongan roti gandum utuh dengan olesan alpukat dan topping seperti tomat ceri atau biji wijen.

  6. Fruit skewer/sate buah: Biasanya buah-buahan akan disajikan dengan krim cokelat maupun gula seperti tanghulu yang sedang menjadi tren. Namun, buah-buahan saja sebenarnya sudah memiliki rasa yang cukup manis sehingga tidak perlu ditambahi lapisan lain lagi.

  7. Banana oat cookies: Kue yang terbuat dari pisang, oatmeal, dan kacang-kacangan tanpa tambahan gula. 

  8. Mini parfait: Yogurt rendah lemak yang di-layer dengan granola dan buah ceri dalam gelas kecil.

  9. Energy balls: Bola-bola kecil yang terdiri dari campuran kacang, oatmeal, kurma, dan madu.

  10. Apple slices with almond butter: Irisan apel yang disajikan dengan selai almond.

Makanan utama

wm_article_img

  1. Nasi merah: Nasi merah menjadi pilihan yang lebih baik untuk menggantikan nasi putih karena memiliki gizi yang lebih baik. Untuk menambahkan tekstur dan rasa, kacang-kacangan dan sayuran seperti wortel bisa ditambahkan.

  2. Sweet potato mash: Ubi jalar yang dihaluskan dengan sedikit minyak zaitun dan dibumbui dengan bawang putih dan rosemary.

  3. Gado-gado: Sayuran segar yang direbus, disajikan dengan tahu, tempe, dan saus kacang ini menjadi makanan sehat khas Indonesia.

  4. Pepes ikan: Makanan khas Indonesia lainnya yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

  5. Capcay: Dibuat dari berbagai jenis sayuran yang kaya nutrisi, seperti wortel, sawi, bunga kol, brokoli, dan jamur. Makanan yang satu ini bisa dibuat berkuah maupun tidak.

  6. Sup: Makanan ini juga berisi sayuran, tapi memiliki kuah yang lebih bening terbuat dari kaldu ayam. 

  7. Tahu dan tempe: Walaupun terdengar sederhana, lauk yang satu ini bisa disajikan sebagai makanan pendamping dengan cara digoreng saja maupun dimasak dengan lebih lezat seperti dibuat orek.

  8. Urap sayur: Campuran sayur segar, seperti kacang panjang, tauge, dan bayam yang dibalut dengan parutan kelapa.

  9. Pecel madiun: Sayuran rebus, seperti kacang panjang, tauge, dan daun pepaya yang disajikan dengan saus kacang.

  10. Lasagna sayuran: Lasagna yang dibuat dengan lapisan sayuran, seperti bayam, zucchini, wortel, dan dibaluri saus tomat dan keju rendah lemak.

Hidangan penutup

wm_article_img

  1. Frozen yogurt: Potongan yogurt beku yang dicampur dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan sedikit madu.

  2. Green tea mochi: Mochi yang diisi dengan pasta kacang merah manis, dengan sentuhan teh hijau untuk rasa unik.

  3. Sorbet buah: Sorbet yang terbuat dari buah-buahan segar tanpa tambahan gula, seperti sorbet mangga, stroberi, atau melon.

  4. Chia pudding cups: Puding cia dalam gelas kecil dengan topping buah segar dan granola.

Minuman

wm_article_img

  1. Infused water: Air mineral dengan irisan buah lemon, jeruk, mentimun, stroberi, dan daun mint.

  2. Smoothie buah segar: Terbuat dari campuran buah-buahan segar, yogurt rendah lemak atau susu almond, tanpa tambahan gula.

  3. Green smoothie: Smoothie hijau yang terbuat dari campuran bayam, kale, apel, pisang, dan air kelapa. Kaya akan serat dan nutrisi penting.

  4. Jus buah murni: Jus buah segar tanpa tambahan gula. Contohnya, jus jeruk, jus apel, jus semangka, atau jus nanas.

  5. Teh herbal: Pilihan teh herbal seperti chamomile, peppermint, atau teh hijau. Teh ini bisa disajikan hangat atau dingin dengan sedikit madu atau lemon.

  6. Kombucha: Minuman teh fermentasi yang rendah gula dan baik untuk pencernaan. Kombucha bisa disajikan dalam berbagai rasa seperti jahe-lemon, berry, atau mint.

  7. Air kelapa: Air kelapa segar yang langsung dari kelapa muda, kaya akan elektrolit dan sangat menyegarkan.

  8. Wedang jahe: Minuman hangat yang terbuat dari jahe segar yang direbus dengan sedikit gula merah dan pandan. Baik untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan.

  9. Air mineral: Tentu saja, air mineral merupakan minuman sehat yang wajib tersedia di pernikahan yang juga memiliki konsep prasmanan sehat.

Itu dia beberapa menu yang bisa kamu adopsi untuk menu prasmanan sehat yang tetap lezat untuk acara pernikahan. Supaya makanan tetap terlihat menggiurkan, padukan sayuran dan bahan lain yang memiliki warna beragam. Selain itu, kamu juga bisa memberikan keterangan informasi gizi sederhana atau cara mengolah di dekat tempat prasmanan untuk memberikan edukasi kepada tamu yang datang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...