Pilih Kategori Artikel

Resepsi Pernikahan dengan Kegiatan Amal, Sebarkan Kebahagiaan ke Sesama
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menggelar resepsi pernikahan bertujuan untuk menyebarkan kabar bahagia kepada lebih banyak orang yang datang. Biasanya resepsi digelar dengan berbagai prosesi dan makan bersama sehingga semua tamu yang datang bisa ikut bahagia. Namun, ternyata ada banyak cara lain untuk membagikan kebahagiaan ini, lo. Selain menggelar resepsi, kamu juga bisa merayakannya sambil melakukan kegiatan amal.

Merayakan pernikahan dengan berbagi juga akan meninggalkan kesan mendalam yang akan diingat banyak orang. Kebahagiaan pun tersalurkan pada mereka yang membutuhkan. Meskipun begitu, kamu juga tetap bisa melibatkan teman-teman maupun kerabat untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Jika tertarik untuk melakukannya juga, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan pernikahan dengan konsep amal. Simak sampai habis, ya!

Lokasi menggelar pernikahan amal

Ada beberapa pengantin yang memilih untuk menggelar pernikahan di lokasi pernikahan pada umumnya walaupun menerapkan konsep pernikahan amal. Namun, ada juga yang memilih untuk menggelar pernikahan di lokasi lain. Berikut ini beberapa inspirasi lokasi yang bisa dipertimbangkan.

  1. Tempat pernikahan

Jika kamu ingin menyelenggarakan acara amal sebagai bagian dari resepsi, kamu dapat memilih untuk menggunakan tempat yang memang sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar resepsi pernikahan. Ada beberapa tempat yang bisa dipilih, di luar ruangan seperti taman dan kebun atau di dalam ruangan seperti hotel, balai kota, atau gedung acara.

  1. Rumah pribadi

Jika rumahmu memiliki ruang yang cukup, kamu bisa memilih untuk mengadakan acara pernikahan dengan konsep amal ini di rumah. Dengan memilih rumah sebagai venue pernikahan, kamu pun bisa lebih fleksibel dalam mengatur acara dan kebutuhan.

  1. Gedung komunitas

Banyak komunitas yang memiliki gedung atau bangunan untuk pusat kegiatan yang dapat disewa untuk mengadakan acara seperti pernikahan dan acara amal. Biasanya tempat ini akan memberikan harga yang lebih terjangkau. Kamu sekaligus bisa memberi kesempatan untuk mendukung komunitas lokal.

  1. Tempat amal disumbangkan

Biasanya suatu organisasi akan memiliki gedung tertentu yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan. Kamu bisa datang sekaligus mengunjungi dan memberikan bantuan amal kepada mereka di tempat ini. Acara resepsi pun bisa digantikan dengan syukuran di tempat ini.

Ke mana dana atau sumbangan disumbangkan?

wm_article_img

Jika kamu masih belum tahu ke mana sumbangan yang terkumpul akan disumbangkan, beberapa pilihan organisasi dan lembaga ini mungkin bisa kamu pertimbangkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih organisasi yang paling sesuai dengan nilai yang kamu prioritaskan.

  1. Organisasi amal lokal

Banyak pasangan memilih untuk mendukung organisasi amal lokal di komunitas yang mereka ikuti. Organisasi amal ini bisa berfokus pada berbagai permasalahan, seperti bantuan kesejahteraan masyarakat setempat, pelayanan sosial, pendidikan, atau kesehatan.

  1. Organisasi amal nasional atau internasional

Jika kamu memiliki minat khusus dalam isu-isu global atau ingin membantu organisasi amal yang bergerak di tingkat nasional atau internasional, kamu dapat memilih untuk menyumbangkan dana kepada organisasi semacam itu. Contohnya, termasuk organisasi yang berfokus pada penanggulangan kemiskinan, penyelamatan lingkungan, atau bantuan kemanusiaan.

  1. Lembaga kemanusiaan atau bencana alam

Sumbanganmu juga dapat dialokasikan kepada lembaga kemanusiaan atau lembaga yang memberikan bantuan dalam situasi darurat, seperti bencana alam atau krisis kemanusiaan. 

  1. Organisasi yang bersangkutan dengan kebutuhan pribadi

Terkadang pasangan memilih untuk mendukung organisasi yang berhubungan dengan permasalahan pribadi atau kebutuhan perorangan. Contoh organisasi yang termasuk kategori ini adalah organisasi-organisasi kesehatan tertentu, seseorang yang memiliki kondisi medis atau penyakit yang mempengaruhi kondisi finansial seseorang atau anggota keluarga mereka.

  1. Organisasi pendidikan

Jika kamu dan pasangan memiliki perhatian terhadap pendidikan, kamu dapat memilih untuk mendukung organisasi yang berfokus pada akses pendidikan atau meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak atau komunitas tertentu.

  1. Panti asuhan atau lembaga perlindungan anak

Jika kamu peduli dengan kesejahteraan anak-anak, kamu dapat memilih untuk menyumbangkan dana kepada panti asuhan atau lembaga yang bergerak untuk melindungi dan memperjuangkan hak-hak anak.

Tips merayakan pernikahan dengan konsep amal

wm_article_img

Meskipun menggelar pernikahan yang berbeda dengan pernikahan pada umumnya, kamu tetap bisa merayakan pernikahan dengan cara yang menyenangkan layaknya resepsi pernikahan biasanya.

  1. Buat aktivitas yang seru

Meskipun acaramu memiliki sentuhan acara amal, kamu perlu merencanakan aktivitas yang menyenangkan dan meriah. Misalnya, pertimbangkan untuk menyewa band atau pengisi hiburan. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan permainan dan kegiatan yang akan membuat tamu terlibat. Kedua hal ini akan membuat acara tidak membosankan dan terlalu serius.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh tamu yang datang adalah permainan atau kontes dengan biaya pendaftaran yang disumbangkan kepada organisasi amal. Misalnya, kamu bisa menyelenggarakan kontes menari, permainan trivia, atau turnamen game.

  1. Masukkan elemen perayaan

Masukkan elemen-elemen perayaan ke dalam acaramu, seperti tarian, pemotongan kue pengantin, hingga prosesi tradisional. Hal ini akan membantu menciptakan suasana meriah dan menghormati tradisi pernikahan sambil sekaligus mempertahankan tujuan amal.

  1. Informasikan tamu

Sertakan informasi tentang organisasi amal yang kamu pilih dalam undangan pernikahan yang disebarkan. Jelaskan mengapa kamu memilih untuk mengubah atau mengkombinasikan konsep resepsi pernikahan menjadi acara amal. Berikan informasi tentang bagaimana tamu dapat berkontribusi, baik itu dengan memberikan sumbangan ke organisasi amal atau berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana yang kamu rencanakan.

  1. Rencanakan penggalangan dana

Rencanakan kegiatan atau cara untuk mengumpulkan dana selama acara. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti lelang amal, penjualan barang untuk amal, atau sesi sumbangan langsung yang bisa diikuti oleh para tamu. Pilih yang paling mungkin untuk dilakukan oleh tamu. Pastikan juga untuk membuatnya menyenangkan dan menarik. 

  1. Ucapkan terima kasih

Walau terdengar sederhana, ucapan terima kasih menjadi salah satu hal yang akan membuat para tamu merasa dihargai. Kamu bisa memberikan ucapan ini melalui suvenir, kartu ucapan, hingga e-mail atau text broadcast yang dipersonalisasi.

  1. Lakukan laporan

Setelah sumbangan diberikan kepada mereka yang membutuhkan, jangan lupa untuk melakukan laporan kepada orang yang menyumbangkan. Bagikan kisah sukses tentang bagaimana dana yang terkumpul telah memberikan dampak positif kepada organisasi amal yang kamu dukung. Selain memberikan bukti kepada penyumbang, hal ini juga bisa menyebarkan cerita positif tentang kegiatan yang kamu lakukan dan mungkin menginspirasi orang lain.

Cara menggalang dana

wm_article_img

Jika masih bingung juga tentang bagaimana caranya untuk menggalang dana atau sumbangan, beberapa cara berikut ini bisa kamu terapkan.

  1. Lelang amal

Kamu dapat mengadakan lelang barang atau jasa sebagai bagian dari acara pernikahan. Barang-barang yang dilelang bisa berupa hadiah-hadiah yang disumbangkan oleh sponsor, karya seni, atau barang-barang yang berkaitan dengan minat dan hobimu dan pasangan. Pastikan untuk meminta seseorang menjadi pemandu lelang yang dapat memandu acara dengan baik.

  1. Penjualan barang amal

Sediakan stan untuk menjual barang-barang amal seperti kaus, gelang, stiker, atau barang lain yang berhubungan dengan organisasi amal yang kamu dukung. Kamu juga bisa menjual barang-barang dari pengusaha lokal. Jika dirasa penjualan ini kurang pas dilakukan di hari-H pernikahan, kamu bisa melakukannya di hari sebelum pernikahan berlangsung.

  1. Sesi sumbangan langsung

Ajak tamu untuk memberikan sumbangan langsung kepada organisasi amal. Kamu bisa menyediakan kotak donasi di lokasi acara atau mengarahkan tamu untuk melakukan sumbangan melalui platform online. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang tujuan ini kepada mereka.

  1. Kegiatan penggalangan dana kreatif

Buat kegiatan kreatif yang melibatkan tamu untuk mengumpulkan dana sumbangan amal. Misalnya, kamu bisa mengadakan permainan atau kontes dengan biaya pendaftaran yang hasilnya akan disumbangkan kepada organisasi amal atau kamu bisa menyediakan photo booth dengan biaya yang akan digunakan untuk berdonasi.

  1. Aksi sosial

Buat program yang melibatkan tamu secara langsung dalam aksi sosial. Misalnya, kamu bisa mengadakan sesi bungkus bahan makanan yang akan didonasikan kepada lembaga amal setempat atau kamu bisa juga mengadakan sesi bersih-bersih lingkungan sekitar tempat acara.

  1. Pertunjukan amal

Jika kamu memiliki kenalan seorang artis atau seniman lokal, kamu bisa mengundang mereka untuk tampil di acaramu. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengumpulkan dana untuk amal. Kamu bisa menetapkan harga tiket untuk pertunjukan atau meminta sumbangan dari tamu setelah pertunjukan selesai.

  1. Sesi edukasi

Jika organisasi amal yang kamu dukung memiliki misi pendidikan, kamu bisa menyelenggarakan sesi pendidikan atau diskusi untuk menyoroti isu-isu yang relevan dan menggalang dana untuk tujuan tersebut.

Beberapa cara tersebut bisa kamu terapkan untuk mendapatkan pengalaman pernikahan dengan konsep amal. Bukan hanya kamu dan tamu saja yang datang, tapi kamu juga bisa membuat orang lain yang membutuhkan ikut berbahagia atas hari pernikahanmu.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...