Lebih Baik Mana: Sewa Dekorasi Pernikahan atau Buatan Sendiri? - Wedding Market

Lebih Baik Mana: Sewa Dekorasi Pernikahan atau Buatan Sendiri?

14 Jan 2021 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 3018
Lebih Baik Mana: Sewa Dekorasi Pernikahan atau Buatan Sendiri?
Foto: evlindecoration from Instagram

Jika berbicara terkait sewa dekorasi pernikahan pastinya akan berbicara terkait harga yang akan dikeluarkan oleh kamu sebagai calon pengantin. Untuk itu, kamu akan dituntut untuk berkelana mencari vendor-vendor pernikahan dan membandingkan harga dari setiap vendor dekorasi tersebut.

Tentunya sebelum menyewa dekorasi untuk acara pernikahan kamu, kamu juga harus memperhatikan budget khusus untuk dekorasi berapa dan untuk lainnya berapa. Jangan sampai over budget. Sehingga mencari harga sewa dekorasi untuk pernikahan yang ramah di kantong, tetapi punya kualitas sendiri.

Itu belum dengan kamu membandingkan harganya dengan membuat sendiri dekorasi pernikahan kamu. Untuk itu diskusi antar pasangan sebelum menentukan ini dan itu harus benar-benar matang agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam sewa dekorasi pernikahan.

Karena yang akan diurus cukup banyak tentang mengenai warna dekorasi, susunan dekorasi, tema pernikahan serta lainnya yang akan berpengaruh ke dalam harga sewa dekorasinya. Oleh sebab itu, setelah benar-benar tanggal ditentukan, kamu dan pasanganmu harus sudah menetapkan ingin menggunakan jasa vendor mana untuk mengurusi dekorasi pernikahan. Untuk itu simak beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum akhirnya menentukan menyewa dekorasi atau membuatnya sendiri untuk pernikahanmu.

Pertama-tama, tentukan konsep pernikahan. Salah satu konsep pernikahan adalah bicara tentang sewa dekorasi pernikahan. Untuk itu kamu harus benar-benar secara matang finansial akan bagaimana nantinya pernikahan yang diimpikan. Sebagai contoh saja kamu mengambil konsep pernikahan garden party. Otomatis kamu akan berbaur dengan alam dan mempersiapkan mulai dari tempat duduk para undangan, pelaminan, serta lainnya yang cocok dengan konsep garden party.

Kemudian juga perhatikan lokasi pernikahan. Lokasi pernikahan adalah hal penting lainnya dalam menerka kira-kira harga dari sewa dekorasi pernikahan kamu. Jika acara pernikahan kamu dilaksanakan dalam ballroom hotel atau gedung seperti wisma maka perkirakan ruangan yang akan di dekorasi serta keperluan dekorasi seperti bunga dan lainnya juga. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memahami lokasi pernikahan kamu nantinya.

Lantas, setelah mengetahui hal-hal di atas kamu pasti akan bertanya-tanya kira-kira berapa harga sewa dekorasi pernikahan untuk saat ini? 

Berapa Harga Sewa Dekorasi Pernikahan? Lebih Murahkah Dekorasi Buatan Sendiri?

Berapa Harga Sewa Dekorasi Pernikahan? Lebih Murahkah Dekorasi Buatan Sendiri?
Foto: lulladecora from Instagram

Sebenarnya mahal tidaknya suatu dekorasi adalah tergantung konsep atau tema seperti apa yang kamu inginkan untuk pernikahan kamu. Semakin rumit konsep yang kamu ajukan ke vendor, maka semakin mahal juga harga dekorasi pernikahan yang disewa.

Misalnya seperti ini, kamu ingin menggunakan pelaminan yang cantik dan mewah juga berasal dari bahan-bahan impor, tentu saja hal ini akan mahal dan menghabiskan uang khusus untuk pernikahan kamu. Belum lagi berbicara harga sewa dekorasi pernikahan lainnya seperti hiasan bunga yang biasanya dijadikan gerbang ketika hendak masuk ke acara pernikahan, di sekitaran sudut sudut ruangan hingga di pelaminan dan tamannya.

Setidaknya kamu akan menghabiskan lebih dari 5 juta hanya untuk hiasan bunga saja. Ini khusus untuk bunga hidup atau asli. Jika kamu menggunakan bunga mati alias bunga palsu maka sekitaran 1 juta saja. Belum lagi lampu LED yang berguna sebagai penerang di malam hari yang menghabiskan dana mencapai 20-35 ribu per meternya. Selain itu belum sewa karpet seharga kurang lebih 3 juta, kotak uang, kotak hadiah dan lainnya.

Kembali lagi semua tergantung dengan kamu ingin konsep  dan ide dekorasi pernikahan seperti apa. Bila kamu tidak ingin menggunakan bunga yang banyak banget dan lebih ke konsep minimalis tradisional atau modern, harga sewa dekorasi pernikahan juga akan terjangkau dan bahkan kamu bisa membuat dekorasi sendiri.

Sesungguhnya pesta pernikahan adalah kejadian seumur hidup dan diinginkan hanya sekali serta menjadi kenang-kenangan selama hidup. Untuk itu tentunya kamu perlu banyak barang pengingat pada saat itu. Kamu bisa menggunakan photobooth sebagai tempat untuk para tamu undangan berswafoto atau foto bareng bersama lainnya.

Berapa Harga Sewa Dekorasi Pernikahan? Lebih Murahkah Dekorasi Buatan Sendiri?

Foto: rafflesia_decorations from Instagram

Untuk harga photobooth sendiri sekitar 750 ribu dengan beraneka ragam kreasi baik berupa tulisan, latar dan lainnya. Tentu saja vendor yang akan menyediakan berbagai bentuk photobooth yang unik dan menarik.

Sedangkan bila kamu ingin membuat sendiri dekorasi pernikahanmu maka tidak ada salahnya. Jika kamu senang untuk merepotkan diri dan mempersiapkannya benar-benar dari nol dan membuat kepuasan dalam diri kamu. Jika mampu tidak mengapa bukan?

Apalagi jika konsep pernikahan yang kamu inginkan tidaklah rumit dan bisa dilakukan sendiri. sehingga kamu tidak perlu lagi menyewa vendor untuk mendekorasi pernikahan kamu. Hal ini akan mengham biaya yang keluar.

Namun, kamu juga harus memikirkan semuanya dengan matang, jangan sampai karena mengikuti ego untuk mendekorasi pernikahan sendiri membuat kamu salah dalam mengambil langkah dan tidak memperhitungkan semuanya. 

Oleh karena itu, kamu harus teliti dan jeli tentang barang yang akan dibeli dan digunakan juga tentang aksesoris pendukung yang membuat pernikahanmu unik dan menarik. Misalnya untuk masalah hiasan bunga, pelaminan, serta lainnya haruslah benar-benar diperkirakan dan jika bisa dibandingkan. Berapa pengeluaran apabila sewa dekorasi pernikahan dan berapa pengeluaran saat membuat dekorasi sendiri?

Setelah menemukan rincian dana dan segala konsekuensinya, maka kamu bisa menentukan hendak memilih menyewa saja atau membuatnya sendiri. dengan pengakuratan dalam perincian dana dan tentunya tenaga maka kamu bisa mewujudkan pernikahan yang diidam-idamkan tersebut.

Berapa Harga  Dekorasi Pernikahan? Lebih Murahkah Dekorasi Buatan Sendiri?
Foto: cake_me_pretty from Instagram

Jika dengan menyewa dekorasi pernikahan membuat kamu terlepas dari keribetan dan beban sebelum menikah, maka tidak menjadi masalah untuk menyerahkan semuanya ke vendor pernikahan. Namun, jika kamu yakin bahwa bisa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa meninggalkan kepentingan atau keperluan lainnya yang sama krusialnya dengan dekor pernikahan. Maka, ambillah dan lakukan dengan baik.

Sebenarnya apa yang sudah diberitahu di atas, tentunya pilihan terbaik adalah berada di tangan kamu dan pasanganmu. Apapun jika memang sudah direncanakan dan sudah dekat dengan hari pernikahan, maka akan berjalan dengan semestinya. Kamu dan pasanganmu hanya harus benar-benar merancang semuanya dengan baik.

Intinya adalah seperti kebanyakan orang berkata bahwa, “ada uang, ada jasa.” Artinya semua yang akan dikerjakan vendor untuk dekorasi pernikahanmu sesuai dengan permintaan atau konsep yang kamu kasih. Sudah dipastikan kamu dan pasanganmu akan mengeluarkan uang untuk hal itu.

Bagaimanapun, bila kamu sewa dekorasi pernikahan, vendor akan bekerja keras dan apabila hasilnya sesuai keinginan kamu. Maka kepuasan dalam diri terbayar dan tidak mempermasalahkan dengan seberapa banyak uang yang kamu dan pasanganmu keluarkan. Untuk itu menghindari penyesalan di akhirnya. Kamu harus mampu untuk benar-benar merincikan dana untuk pernikahanmu dengan baik.

Jadi, setelah menyimak penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk sewa dekorasi pernikahan saja atau membuatnya sendiri karena kamu rasa tidak memerlukan vendor dalam dekorasi pernikahan kamu. Silahkan dipilih mana yang lebih baik dan jangan sampai salah pilih! Bagaimanapun juga ini menyangkut kenangan indah dalam hidupmu sekali seumur hidup

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us