Pilih Kategori Artikel

Tantangan dan Tips Menggelar Pernikahan di Malam Hari
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Selain menentukan tanggal pernikahan, menentukan waktu berlangsungnya pernikahan juga tak kalah penting bagi para calon pengantin. Kamu bisa memilih menikah di siang hari maupun di malam hari. Tentunya, masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, siang hari biasanya suhu udara terasa panas, tapi ada pencahayaan alami yang lebih bagus. Sementara itu, menggelar pernikahan di malam hari akan memberikan kesan yang lebih romantis, tapi membutuhkan persiapan yang lebih ekstra.

Menggelar pernikahan kapan pun tidak masalah asal sudah dipertimbangkan matang-matang dari berbagai sudut pandang. Jika kamu memiliki niat untuk menggelar pernikahan di malam hari, kamu harus mengetahui beberapa tantangan dan tips persiapan pernikahan berikut ini. Kita simak yuk selengkapnya!

Tantangan menggelar pernikahan di malam hari

wm_article_img
Fotografi: Axioo via Bali Chemistry Wedding

Menggelar pernikahan di malam hari akan memberikanmu nuansa romantis yang lebih terasa daripada menggelarnya di siang hari. Namun, seperti yang kita tahu, cahaya saat malam lebih minim sehingga ada beberapa hal yang akan menjadi tantangan.

  • Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor kunci dalam pernikahan malam hari. Ketika pernikahan digelar di siang hari, kamu mungkin tidak perlu khawatir karena sudah ada cahaya alami dari matahari. Namun, saat pesta digelar di malam hari pencahayaan akan menjadi PR nomor satu.

  • Cuaca

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Cuaca malam hari cenderung bisa tidak stabil, terutama jika pernikahan dilangsungkan di luar ruangan. Angin hingga kemungkinan turunnya hujan akan cenderung lebih sulit diatasi.

  • Kenyamanan tamu

Akses ke tempat pernikahan hingga kenyamanan tamu saat datang akan menjadi tantangan tersendiri karena waktu di malam hari seharusnya digunakan oleh kebanyakan orang untuk beristirahat.

  • Makanan dan Minuman

Jika pada saat menggelar pernikahan di siang hari kita cenderung bisa menyajikan apa saja, pemilihan makanan di malam hari harus lebih diperhatikan karena ada yang sebaiknya tidak disajikan dan ada beberapa yang lainnya yang justru sebaiknya disajikan.

  • Pengambilan foto

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Mengambil foto tanpa adanya cahaya alami akan menjadi tugas tersendiri bagi para fotografer. Hal ini membuatmu harus memilih fotografer yang sudah terbiasa mengambil foto pernikahan di malam hari dan melihat hasilnya melalui portofolio yang mereka tunjukkan.

  • Biaya Tambahan

Mengadakan pernikahan malam hari dapat menambah biaya tambahan, seperti biaya pencahayaan tambahan, biaya keamanan, dan biaya peralatan tambahan. Oleh sebab itu, kamu harus menganggarkannya dengan lebih cermat.

  • Kesiapan tamu

Tamu yang datang ke pesta di malam hari juga harus menyesuaikan dress code dan bagaimana mereka akan datang ke pernikahanmu nantinya. Dua hal ini juga akan membuat mereka berpikir lebih ekstra.

  • Kehilangan detail dekorasi

wm_article_img
Dekorasi: Royal Design Decor

Di bawah pencahayaan yang redup, detail-dekorasi yang indah bisa hilang. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan banyak diskusi dengan vendor dan memilih dekorasi paling cocok dengan pencahayaan rendah.

  • Kehilangan kesan akrab

Pernikahan yang digelar di malam hari, khususnya yang digelar di dalam ruangan, biasanya akan terasa lebih sakral dan mengurangi suasana terbuka dan akrab yang biasanya dimiliki oleh pernikahan di luar ruangan. Kamu perlu bekerja lebih keras untuk menciptakan suasana yang sesuai.

  • Keselamatan tamu

Venue pernikahanmu mungkin memiliki pencahayaan tambahan. Namun, jalan menuju ke sana bisa jadi tetap masih gelap. Belum lagi jika terjadi sesuatu, penanganan yang dilakukan juga bisa saja lebih sulit untuk dilakukan.

Tips menggelar pernikahan di malam hari

wm_article_img
Foto via Ailuosi Decor

Meskipun ada begitu banyak tantangan, kamu tetap bisa menggelar pernikahan di malam hari dengan maksimal dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Pilih lokasi yang tepat

Pilih tempat yang memiliki suasana malam yang indah, seperti sebuah gedung pernikahan dengan pencahayaan yang cantik, taman dengan lampu-lampu hias, atau pantai dengan pemandangan menakjubkan. Pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan akses yang tidak sulit dijangkau.

  • Pencahayaan yang romantis

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Dekorasi pencahayaan memainkan peran penting dalam pernikahan malam hari. Gunakan lilin, lampu lentera, lampu gantung, atau lampu temaram untuk menciptakan suasana yang hangat dan romantis.

  • Pemilihan waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat untuk memulai upacara pernikahan. Sore hari adalah waktu yang ideal karena kamu bisa memulainya saat matahari terbenam dengan latar senja yang cantik. Kemudian, perayaan bisa berlanjut hingga malam hari.

  • Musik yang menyentuh hati

Musik memiliki efek yang besar dalam membangun suasana pernikahan. Pertimbangkan untuk menyediakan orkestra jika mengusung pernikahan mewah, grup musik akustik untuk suasana syahdu, atau DJ yang bisa memainkan lagu-lagu romantis sepanjang malam.

  • Pilih tema yang sesuai

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Pilih tema pernikahan yang sesuai dengan suasana malam hari. Misalnya, tema bintang-bintang atau pesta ala “Malam di Paris”. Dari tema ini, kamu bisa menyesuaikan dekorasi dan detail pernikahan lainnya supaya selaras dengan tema tersebut.

  • Pakaian yang tepat

Pakaian pengantin dan para tamu sebaiknya disesuaikan dengan waktu pernikahan. Pengantin bisa memilih gaun yang berkilauan dengan detail payet dan warna-warna yang cenderung lebih gelap, sementara para tamu bisa mengenakan pakaian semi formal atau formal.

  • Makanan dan minuman

Penyajian makanan dan minuman yang lezat adalah bagian penting dari pernikahan. Sesuaikan menu dengan suasana malam hari. Makan malam yang elegan dengan hidangan utama yang lezat adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu juga bisa menambahkan menu lain yang bisa menghangatkan tubuh para tamu, seperti minuman dengan jahe atau cinnamon.

  • Kembang api atau pertunjukan cahaya

wm_article_img
Foto via Riviera Event Organizer

Untuk mengesankan tamu yang datang, pertimbangkan untuk menyelipkan pertunjukan kembang api atau pertunjukan cahaya yang memukau saat pesta pernikahan akan berakhir. Kamu juga bisa menggunakan kembang api untuk menggantikan bunga-bunga atau confetti yang dibawa ketika kamu berjalan di aisle pernikahan.

  • Sediakan ruangan jika menggelar pernikahan outdoor

Jika pernikahanmu akan berlangsung di luar ruangan, pastikan ada ruangan yang tersedia untuk tamu yang ingin menepi dari cuaca yang tidak bersahabat. Pastikan ruangan ini terpisah dengan ruangan yang digunakan untuk bersiap.

  • Informasikan pada tamu

Pastikan para tamu tahu bahwa pernikahan akan berlangsung malam hari sehingga mereka dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai. Kamu juga bisa memberikan petunjuk berupa dress code yang bisa dikenakan. Jangan lupa untuk menyediakan penunjuk arah yang dilengkapi dengan penerangan yang cukup sehingga mereka tidak kebingungan.

  • Pilih fotografer yang berpengalaman

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Foto akan menjadi kenang-kenangan yang penting untuk dilihat lagi di masa depan. Pastikan fotografer yang kamu pilih memiliki pengalaman dalam mengambil foto di kondisi pencahayaan malam. Foto-foto malam hari dapat menjadi sangat dramatis dan indah di tangan orang yang tepat.

  • Keselamatan tamu

Selalu pastikan keselamatan para tamu adalah prioritas utama, terutama jika acara berlangsung di luar ruangan pada malam hari. Pastikan ada pencahayaan yang cukup, tanda-tanda evakuasi, dan pertolongan pertama yang siap digunakan jika diperlukan.

  • Buatlah rundown yang penuh pengertian

Kita mungkin memiliki banyak acara yang ingin dimasukkan ke dalam acara pernikahan karena ingin acara ini seru dan menyenangkan. Namun, ingatlah bahwa ada keterbatasan waktu di malam hari sehingga kamu juga harus mempertimbangkan hal ini.

Menikah di malam hari akan memberikan suasana romantis dan lebih sentimental. Namun, kamu harus melakukan beberapa persiapan pernikahan yang ekstra jika ingin membuatnya menyenangkan dan nyaman untuk semua pihak yang datang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...