Pilih Kategori Artikel

Tiba-tiba Sebar Undangan? Ini Plus Minus Persiapan Nikah Diam-diam
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Belakangan ini kita sering mendengar kabar pernikahan yang mengejutkan dari beberapa selebritas karena tidak ada kabar mereka memiliki hubungan atau rencana untuk melangsungkan pernikahan, tapi tahu-tahu mengunggah foto di hari-H.  Contohnya adalah Irish Bella  dan Pevita Pearce yang berita pernikahannya membuat banyak orang kaget dan turut berbahagia.

Jika kamu ingin memberikan kesan kejutan yang serupa, kamu mungkin juga bisa melakukan persiapan secara lebih privat. Mulai dari lamaran hingga persiapan, semuanya kamu lakukan secara diam-diam dan baru benar-benar mengumumkan ketika acara pernikahan berlangsung. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Simak sampai habis, ya!

Kelebihan dan kekurangan persiapan pernikahan diam-diam

wm_article_img
Foto: Instagram/pevitapearce

Kelebihan

  • Privasi akan lebih terjaga dengan baik

Tanpa memberitahukan bahwa kamu sedang melakukan persiapan pernikahan, maka privasimu akan lebih terjaga. Keputusan untuk menikah hingga detail persiapannya pun hanya akan diketahui oleh orang-orang terdekat saja. Hal ini akan membantumu dalam mengurangi potensi kebocoran informasi kepada pihak yang tidak diinginkan dan menghindari spekulasi yang mungkin akan mempengaruhi kondisimu. Karena privasimu dan pasangan lebih terjaga, kalian bisa lebih fokus pada persiapan tanpa adanya gangguan.

  • Mengurangi tekanan dari sekitar 

Ketika memutuskan untuk mengumumkan pernikahan kepada banyak orang, biasanya akan muncul berbagai opini dan komentar yang beragam. Banyak orang akan memberikan masukan atau saran, bahkan kritik mengenai berbagai hal seperti tanggal, tema, atau lokasi pernikahan. Tanpa pengumuman, pasangan dapat menghindari berbagai masukan ini dan lebih fokus pada keputusan yang sesuai dengan keinginan kalian sendiri, tanpa merasa harus memenuhi harapan pihak lain.

  • Menciptakan suasana yang lebih intim dan eksklusif

Jika pernikahan tidak diumumkan sebelumnya, acara pun akan terasa lebih intim karena hanya diketahui oleh para tamu yang datang. Acara juga bisa didesain dengan suasana yang lebih personal dengan para tamu yang lebih dekat dan benar-benar mengetahui pasangan. Pernikahan seperti ini biasanya akan lebih personal dan bermakna.

  • Menghindari ekspektasi orang lain

Tidak adanya pengumuman juga mengurangi ekspektasi dan tuntutan dari keluarga besar atau teman-teman. Dalam pernikahan konvensional, sering kali ada tekanan untuk memenuhi tradisi tertentu atau mengikuti pola tertentu. Tanpa pengumuman, pasangan lebih bebas untuk merancang acara yang sesuai dengan preferensi pribadi tanpa harus khawatir dengan standar yang ditetapkan oleh orang lain.

Kekurangan

  • Orang terdekat yang tidak tahu akan merasa kecewa

Meskipun privasi adalah sebuah hak masing-masing, beberapa orang mungkin merasa kecewa atau tersinggung jika tidak diberitahu tentang pernikahan. Keluarga besar atau teman-teman dekat mungkin menganggap keputusan untuk tidak mengumumkan pernikahan sebagai tanda bahwa mereka tidak dianggap cukup penting oleh pasangan. Hal ini bisa menimbulkan konflik atau ketegangan dalam hubungan. Untuk mengatasi supaya hal ini bisa dihindari, kamu harus memberikan pengertian kepada mereka sehingga tidak tersinggung.

  • Tidak mendapatkan banyak dukungan

Tanpa memberi tahu kepada lebih banyak orang, dukungan yang didapatkan pun akan berkurang. Dalam beberapa kasus, saat membutuhkan bantuan, kamu bisa meminta kepada teman-teman atau keluarga. Selain dalam bentuk materi, mereka juga bisa memberikan dukungan mental yang akan sangat berguna untukmu dan pasangan. Tanpa bantuan mereka, kalian akan menghadapi berbagai tantangan yang datang sendirian. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan beban pekerjaan dan stres.

  • Seolah dirahasiakan atau tidak serius

Tanpa pengumuman, beberapa pihak mungkin menganggap bahwa pasangan memiliki sesuatu yang ingin disembunyikan atau bahwa pernikahan ini tidak direncanakan dengan serius. Hal ini akan semakin kuat jika keluarga besar atau teman-teman dekat mengetahui tentang pernikahan tersebut setelah acara berlangsung. Persepsi negatif ini dapat mempengaruhi hubungan jangka panjang dengan orang-orang terdekat. Sebenarnya kamu tidak perlu memusingkan hal yang satu ini. Namun, jika kamu adalah tipe orang yang mudah kepikiran, sebaiknya pertimbangkan juga mengenai hal ini.

  • Kurang meriah

Dengan adanya pengumuman bahwa kamu akan menggelar pernikahan, akan ada suasana yang lebih festive di mana semua orang akan ikut antusias dalam menunggunya. Semua orang akan ikut berbahagia dan pengantin pun merasakan dukungan yang lebih banyak. Atmosfer ini akan berkurang atau bahkan tidak ada jika pengantin memutuskan untuk melakukan persiapan pernikahan tanpa mengumumkannya.

Pertimbangan mempersiapkan pernikahan secara terbuka

wm_article_img
Foto: Instagram/pevitapearce

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut mungkin kamu masih bingung, jadi apakah sebaiknya menutupi atau mengumumkannya. Berikut ini penjelasan untuk membantumu menyimpulkan.

  • Mengumumkan persiapan pernikahan 

Coba lihat kembali apakah kamu memiliki hubungan yang dekat dan terbuka dengan para keluarga dan teman-teman. Jika iya, kamu mungkin bisa mempertimbangkan lebih terbuka dengan mereka untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai dan membuat mereka merasa lebih terlibat dengan acara ini.

Kamu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan bantuan yang mungkin akan diperlukan. Bantuan ini bukan hanya berbentuk dana saja, kamu juga bisa mendapatkan bantuan lain, seperti pinjaman alat transportasi, tenaga, dan lain sebagainya.

  • Tidak mengumumkan

Jika kamu dan pasangan adalah orang yang lebih menginginkan suasana intim dan privat atau tidak begitu menyukai perhatian karena akan membuat stres, pilihan untuk menggelar pernikahan tanpa mengumumkan sebelumnya adalah pilihan yang bagus. Dengan begitu, kalian berdua bisa lebih fokus persiapan. Perbedaan pendapat dari orang di sekitar yang ingin memberikan masukan mereka juga bisa lebih dikurangi. 

Kesan kejutan pun akan lebih terasa apabila persiapan hingga pernikahan digelar dengan diam-diam. Hal ini akan menjadi cara yang menarik untuk merayakan cinta kalian berdua.

Hal yang tidak perlu diumbar

wm_article_img
Foto: Instagram/_irishbella_

Jika kamu dan pasangan berencana untuk mengumumkan rencana pernikahan kalian, ada baiknya untuk tetap menjaga informasi mengenai beberapa hal berikut ini.

  • Detail masalah keuangan

Informasi mengenai anggaran, jumlah pengeluaran, atau masalah keuangan lainnya sebaiknya tidak diumbar. Membagikan detail keuangan bisa memicu komentar negatif atau opini yang tidak diinginkan, bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman tentang kemampuan finansial pasangan. Tetap jaga informasi ini supaya hanya antara pasangan dan orang-orang yang terlibat langsung, seperti perencana keuangan atau vendor pernikahan yang tahu.

  • Perubahan tanggal pernikahan

Jika tanggal pernikahan masih belum pasti atau ada kemungkinan rencana untuk menggantinya, sebaiknya tanggal ini jangan diumumkan dahulu. Mengubah tanggal yang sudah diumumkan dapat membingungkan banyak orang dan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman hingga penilaian negatif. Pastikan semua sudah pasti sebelum berbagi informasi ini.

  • Masalah hubungan dengan pasangan

Jika ada konflik atau ketidaksepakatan selama masa persiapan pernikahan, sebaiknya jangan diumbar kepada orang lain, terutama di media sosial. Menceritakan masalah hubungan secara terbuka dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman atau bahkan memberikan komentar yang tidak membantu. Sebaiknya, selesaikan masalah secara pribadi atau jika sudah parah, kamu juga bisa meminta bantuan profesional seperti konselor.

  • Jumlah mahar atau mas kawin

Sebaiknya jangan mengumumkan kepada publik mengenai berapa jumlah mahar atau mas kawin yang akan diberikan. Hal ini bisa dianggap sebagai pamer atau dapat menimbulkan kecemburuan di kalangan orang lain. Cukup jadikan hal ini sebagai informasi pribadi antara pasangan dan keluarga dekat.

  • Hal yang berkaitan dengan daftar tamu undangan

Mengumumkan siapa saja yang diundang atau tidak diundang bisa menjadi hal sensitif. Daftar tamu adalah keputusan pribadi bersama dengan pasangan. Membagikan informasi ini dapat menimbulkan perasaan tersinggung atau kecewa dari mereka yang tidak diundang. Sebaiknya simpan daftar tamu sebagai informasi pribadi.

Persiapan nikah bisa dilakukan secara terbuka maupun diam-diam tergantung dari kenyamanan masing-masing pengantin. Namun, tetap untuk selalu mengingat bahwa ada beberapa hal privat yang memang sebaiknya tidak perlu dibagikan kepada banyak orang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...