Pilih Kategori Artikel

Timeline dan List Persiapan Menikah Tanpa WO untuk Calon Pengantin Mandiri
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tak ada cara lain membuktikan hubungan yang serius selain dengan memantapkan buat siap nikah. Baik digelar secara meriah atau sederhana, pernikahan tentunya harus dipersiapkan dengan matang, loh. Ada dua pilihan, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer atau menyusun sendiri rencana pernikahanmu. 

Jika memilih menyusun pernikahan hanya dengan bantuan keluarga dan pasangan sering kali memang lebih rumit, tapi bukan berarti semuanya tak bisa berjalan baik. Bersama pasangan, setidaknya kalian harus bersama meredam ego, bersedia meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga, dan mengikuti daftar persiapan nikah yang telah disusun tim WeddingMarket ini. 

List ini dibuat untuk membantu kamu tetap on track dan on time dalam meski yang harus disusun ada banyak sekali. Yuk, simak daftar persiapan lengkap dengan timeline berikut! 

12 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Stupa Caspea | Foto: Venema Pictures.

  • Menentukan budget

12 bulan adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan pernikahan, tak buru-buru tapi juga tak terlalu lama. Nah, langkah pertama yang perlu dilakukan kamu dan pasangan adalah menentukan anggaran pernikahan. Yang satu ini memang tak terlalu menyenangkan karena kamu akan dikagetkan dengan sederet angka yang 'lumayan' menguras tabungan demi pesta pernikahan. 

Diskusikan dengan pasangan mengenai sejumlah angka maksimal yang bisa kalian keluarkan saat pernikahan nanti. Nantinya jumlah angka ini akan dibagi-bagi, lalu dialokasikan untuk membayar katering, venue, dan lain sebagainya. Menetapkan sejumlah angka di awal akan membantu kamu dan pasangan supaya tak terjadi pembengkakan biaya. 

  • Membuat daftar tamu

Persiapan nikah selanjutnya yang perlu dilakukan pada awal waktu yaitu membuat daftar tamu. Kamu dan pasangan mungkin memiliki banyak kenalan, tapi tak semuanya harus diundang. Jumlah tamu akan mempengaruhi anggaran pernikahan, loh, sebab semakin banyak tamu jumlah makanan yang dipersiapkan pun kian banyak. 

Jika bingung soal siapa saja yang baiknya diundang, pertimbangkan mereka yang masih secara intens berhubungan denganmu baik bertemu atau berkomunikasi secara daring. Ini berlaku baik dengan teman kantor atau teman sekolah, ya. Perhitungkan tamu dari orang tuamu dan orang tua pasangan, mereka pasti juga ingin membagikan kabar bahagia tersebut dengan rekan terdekat. 

Jangan lupa jumlah tamu tadi dikalikan dua karena biasanya tamu akan hadir berdua baik dengan pasangan atau teman lainnya. Contoh, jika jumlah undangan ada 200 maka jumlah tamunya adalah 400. Jika tak dihitung seperti itu sangat rawan terjadi kekurangan suguhan.

  • Memilih tema besar pernikahan

Mungkin kamu berpikiran, "ah, masih lama. Apa iya harus memikirkan tema pernikahan sejak sekarang?" Justru karena masih 12 bulan lagi, ini adalah waktu yang cukup untuk menentukan keseluruhan tema. 

Sediakan waktu luang dengan pasangan, kemudian bicarakan berdua soal pernikahan impian masing-masing dari hati ke hati. Pernikahan ini bukan hanya soal kamu, tapi juga pasangan, makanya untuk tema keseluruhan perlu dibicarakan apa yang terbaik. 

  • Pilih venue terbaik

Karena kamu memutuskan menggunakan list persiapan pernikahan tanpa WO, memilih venue juga baiknya dilakukan jauh-jauh hari. Selain agar bisa dipesan sesuai tanggal pilihan, venue pun mempengaruhi segalanya sehingga setelah memilih tempat langkah selanjutnya akan terasa lebih ringan.

Hal pertama yang bisa dipertimbangkan dalam memilih venue pernikahan adalah kapasitasnya, apakah bisa menampung seluruh tamu atau tidak. Selanjutnya adalah musim yang sekiranya akan terjadi saat tanggal pernikahan. Apabila memasuki musim hujan, venue indoor akan lebih tepat buat dipilih. Tak lupa, pertimbangkan juga apakah harga sewa venue masuk dalam anggaranmu atau tidak, ya!

10 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

  • Menentukan katering terbaik 

Jelang 10 bulan sebelum pernikahan, saatnya memilih vendor katering yang terbaik. Pastinya di kotamu ada banyak pilihan katering, tapi menentukan yang affordable tapi tetap menyajikan aneka makanan enak perlu waktu yang tak sebentar. Biasanya para vendor katering akan menyediakan test food agar calon pengantin bisa memiliki gambaran soal makanan yang mereka miliki. 

Ajak pasangan atau kerabat yang kamu anggap memiliki penilaian soal rasa yang baik. Mereka akan memberikan saran yang berguna alih-alih jika kamu datang sendiri. Jangan ragu juga jika ingin berkreasi dengan mengundang jajanan kaki lima kesukaanmu untuk turut bergabung dalam jajaran suguhan pernikahan.

  • Mencari inspirasi desain dan tema pernikahan

Setelah memilih mau konsep pernikahan yang formal atau santai di bulan dua bulan lalu dengan pasangan, saatnya mengumpulkan inspirasi soal warna, desain backdrop, sampai pemilihan bunga pernikahan yang akan dipakai. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari mana saja, termasuk Pinterest atau sosial media. 

Lagi-lagi, libatkan pasangan soal pemilihan desain pernikahannya. Pasti kalian akan menemukan perbedaan  dalam hal selera, tapi justru di momen tersebut kalian belajar berkompromi dan menerima, mana yang baiknya dipilih atau tidak.

  • Mengajukan kerja sama dengan berbagai vendor

Biar makin siap nikah, segera pesan vendor yang kamu yakini terbaik untuk diajak bekerja sama demi pesta pernikahan impian. Vendor ini termasuk fotografer, wedding singer, videografer, sampai vendor suvenir. 

Namun jika sampai pada detik tersebut kamu belum menemukan yang sesuai, jangan ragu buat bertanya pada teman atau kerabat yang sudah lebih dulu menikah. Lakukan riset mendalam juga penting loh sebelum mengajukan kerja sama pada vendor.

  • Foto prewedding

Ini waktu yang tepat buat bergaya di depan kamera! Tentu kamu dan pasangan tak akan melewatkan kesempatan foto prewedding 'kan? Foto prewedding bisa dijadikan hiasan dalam pesta pernikahan, pun momennya bisa semakin mempererat kamu dan kesayangan. 

Ada banyak konsep yang bisa dijajal, misalnya prewedding dalam studio yang lebih hemat waktu tapi tetap menawan. Atau bisa juga foto prewedding outdoor yang lebih banyak pilihan tempat. Selain pemilihan tempat, konsep dan outfit pun terbilang penting buat diperhatikan supaya hasil foto makin maksimal!

8 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Undangan: Pemberley Paperie

  • Mempersiapkan desain dan memesan undangan pernikahan

Persiapan menikah selanjutnya yaitu mencari dan membuat desain undangan pernikahan. Rundingkan dengan pasangan apakah kamu akan menggunakan undangan digital atau undangan pernikahan cetak. Lalu, persiapkan desain yang sebaiknya masih satu konsep dengan pesta pernikahannya. 

Kenapa? Undangan adalah first impression di hari besar nanti, jadi sebaiknya beri 'bocoran' agar tamu nantinya bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin juga. Tim WeddingMarket memiliki beberapa vendor undangan pernikahan terbaik yang siapa tahu, berjodoh dengan seleramu.

  • Menentukan pakaian pernikahan

Yang terpenting dari segalanya, apalagi kalau bukan mempersiapkan pakaian pernikahan. Di delapan bulan sebelum menikah, kamu masih punya waktu buat memilih gaun yang sesuai tema, warna, dan yang sesuai bentuk tubuh. 

Ada banyak desain gaun pengantin yang mungkin membuatmu kian sulit untuk memilih. Sementara itu kamu juga harus menentukan apakah harus beli, sewa, atau custom sesuai keinginan. Sangat memakan waktu, makanya perlu pertimbangan di jauh-jauh hari.

6 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Aksesoris: Rinaldy Yunardi

  • Mengatur agenda bulan madu

Setelah segala kesulitan dan drama persiapan sebelum menikah, kamu dan pasangan berhak mendapatkan bulan madu yang indah di tempat impian. Dan untuk honeymoon terbaik bisa dipersiapkan enam bulan sebelum pernikahan. 

Perencanaan ini tak hanya soal lokasi, tapi juga anggaran, waktu, sampai dengan akomodasi. Tanya pada pasangan, apakah dia memiliki keinginan mengunjungi tempat tertentu. Atau apa saja yang ingin dia lakukan selama bulan madu. Terdengar sederhana, tapi tak kalah rumit, loh.

  • Aksesoris pernikahan 

Karena gaun pernikahan telah fix dipilih, jangan lupa buat mencari referensi makeup dan hair do. Sama halnya untukmu yang berhijab, ini saatnya buat mencari riasan hijab pernikahan yang sesuai dengan gaun hingga bentuk muka. Kamu bisa memilih gaya yang modern, bold, atau tradisional. 

Tak sampai di makeup dan hair do, aksesoris yang akan digunakan sebagai penunjang penampilan pun perlu dipikirkan segera. Apakah kamu akan mengenakan wedding veil atau mahkota? Ingin kenakan kalung emas putih atau yang berbahan tiara?

3 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

  • Membeli suvenir dan packing secantik mungkin

Jumlah tamu sudah diketahui, saatnya mempersiapkan suvenir, nih. Memilih suvenir pernikahan bisa berupa apa saja memang, tapi sebaiknya yang bermanfaat bagi penerimanya. Misalnya seperti sedotan dari stainless steal yang bisa digunakan ulang, bibit pohon, atau yang lagi naik daun yaitu hand sanitizer. 

Supaya makin menawan, lengkapi suvenir dengan packaging yang cantik. Sematkan inisial namamu dan pasangan supaya tamu ingat kalau barang istimewa itu didapat dari pernikahanmu.

  • Membuat susunan acara pernikahan

Jangan lupa membuat susunan acara saat hari pernikahan, ya. Kamu bisa menyusunnya dengan pertimbangan keluarga atau bantuan MC yang akan memandu acaramu. MC pernikahan yang berpengalaman cukup paham soal susunan acara. 

Jika akan ada acara pembacaan ayat kitab suci atau khotbah pernikahan, pilih orang terpercaya yang memiliki suara merdu juga. Dalam menyusun acara pernikahan juga perhatikan jeda antara satu acara dengan acara lain, sehingga tak berkesan buru-buru.

  • Bertemu semua vendor dan pembayaran lunas

Siap nikah tiga bulan lagi, pastikan buat bertemu para vendor dan memastikan mereka juga telah bersiap dan tidak lupa pada keinginanmu. Biasanya di waktu ini kamu dan vendor katering juga akan merapatkan soal fix menu yang akan disajikan. Bagikan juga susunan acara kepada vendor dan venue supaya mereka tahu kapan waktu buat bersiap. 

Nah, kamu bisa mengajak para vendor buat bertemu bersamaan di venue sekalian memberi gambaran soal tata letak pelaminan, lokasi untuk tamu VIP, hingga dekorasi di acara nanti. Jika bisa, sekalian saja untuk full payment kepada vendor dan venue supaya hatimu pun lega.

1 bulan jelang pernikahan

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

  • Menyebarkan undangan pernikahan

Waktu pernikahan semakin dekat! Ini saatnya kamu menyebarkan berita kebahagiaan tersebut kepada sahabat dan rekan dengan membagikan undangan pernikahan. Jika menggunakan undangan digital mungkin akan lebih hemat waktu dan tenaga. Namun jika akan membagikan undangan cetak, setidaknya luangkan waktu beberapa hari dengan pasangan untuk menyebarkannya.

  • Memanjakan diri

Ah, kamu telah melalui banyak hal dan hampir selesai melaksanakan segala kegiatan yang ada pada list persiapan pernikahan tanpa WO yang telah tim WeddingMarket buat. Kini saatnya kamu menangkan dan memanjakan diri. 

Gunakan satu bulan tersisa untuk makan makanan yang lebih sehat, olahraga ringan tapi rutin, dan pergi ke salon. Tak apa juga kalau kamu ingin pijat relaksasi sampai memperbarui warna rambut. Kamu berhak satu bulan yang bahagia setelah semua kesulitan yang ada.

Nekat mempersiapkan segala sesuatunya tanpa bantuan WO sudah membuktikan bahwa kamu dan pasangan memiliki kerja sama dan komunikasi yang baik. Tak heran kalau di kehidupan pernikahan nanti, kalian tak sering ribut karena masalah sepele. Definisi siap nikah yang sebenarnya! Nah, untuk membantu kamu dan pasangan dalam persiapan pernikahan, temukan berbagai vendor pernikahan terbaik di WeddingMarket atau klik di tautan ini.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...